Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Pro

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo memperkenalkan vivo X80 Pro pada April 2022. HP ini dirancang sebagai ponsel flagship andalan baru vivo. Kehadiran si ponsel pun sekaligus menggantikan kedudukan pendahulunya, yakni vivo X70 Pro, yang merupakan ponsel flagship untuk tahun 2021.

Sektor yang paling ditonjolkan vivo pada vivo X80 Pro masih sama seperti flagship-flagship mereka sebelumnya, yaitu kamera. Dua faktor yang membuat sektor kamera menonjol tak lain karena kolaborasi vivo dengan Zeiss serta adanya komponen berupa sistem stabilisasi optik berbasis gimbal.

Walau begitu, vivo X80 Pro tak melulu soal kemampuan kamera tingkat tinggi. Sebagai salah satu HP terbaik vivo, ponsel ini dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek. Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai vivo X80 Pro?

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo X80 Pro ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan vivo X80 Pro

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada vivo X80 Pro. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain

vivo x80 pro

Penampilan bagian depan vivo X80 Pro sangat mirip dengan vivo X70 Pro. Oleh sebab itu, jika hanya melihat sisi mukanya, kemungkinan Anda tidak akan bisa membedakan kedua ponsel. Maklum, layar X80 Pro mengikuti "kakaknya" dengan lengkung di sisi kanan dan kiri.

Selain itu, posisi kamera depan juga sama-sama berada pada bagian tengah atas layar. Namun, saat melihat sisi belakang ponsel, tampaklah perbedaannya. Benar, vivo X80 Pro mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian modul kamera.

Modul kamera si ponsel tidak lagi berbentuk persegi panjang vertikal, melainkan persegi panjang yang membentang nyaris selebar penutup belakang. Di dalam modul berkelir hitam itu terdapat kompartemen berwujud lingkaran.

Kompartemen yang reflektif seperti cermin itu menjadi tempat untuk tiga lensa kamera dan logo Zeiss. Adapun satu lensa kamera berada di luar kompartemen tersebut.

Selain modul kamera yang berbeda, vivo X80 Pro juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 164,57 x 75,3 x 9,1 mm dengan bobot 219 gram. Sang pendahulu hanya memiliki ketebalan 8 mm dan berbobot 183 gram atau 184 gram (tergantung pilihan warna).

vivo menyebut bahwa bodi X80 Pro memakai bahan kaca. Namun, Ben Sin dari XDA Developers mengatakan, bagian depan dan belakang vivo X80 Pro memakai kaca Gorilla Glass Victus.

Sementara itu, vivo X80 Pro kini sudah dilengkapi sertifikasi IP68. Sertifikasi ini belum ada di vivo X70 Pro. Dengan IP68, vivo X80 Pro dijamin tahan terhadap debu di seluruh bodinya.

HP ini juga kedap hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Adapun vivo X80 Pro hadir dalam satu varian warna, yakni Cosmic Black.

Adapun menurut Ben Sin bodi vivo X80 Pro memiliki build quality yang bagus dengan tombol-tombol yang clicky. Pujian mengenai desain HP ini juga diberikan oleh Chriss Hall dari Pocket Lint. Menurut Hall, HP ini memiliki finishing yang bagus.

Finishing alias polesan bodinya berjenis matte. Terasa lembut seperti sutra dan tampak berkilau ketika terkena paparan cahaya. Indah, begitu kata Chris Hall.

2. Tampilan dan Pemindai Sidik Jari

vivo x80 pro

Layar vivo X80 Pro mengalami kenaikan bentang sebagai konsekuensi peningkatan ukuran bodi. Kini sektor tampilan si ponsel memiliki bentang 6,78 inci, pendahulunya hanya 6,56 inci. Namun, bukan cuma itu peningkatan layar X80 Pro.

Resolusinya pun naik jadi 2K (1440 x 3200 piksel), sehingga kepadatan pikselnya tembus 517 ppi. Lalu layar dengan panel AMOLED E5 ini didukung backplane berteknologi LTPO generasi ketiga (LTPO3).

Untuk diketahui, backplane adalah sebuah transistor yang dipasang di belakang panel layar. Fungsi komponen ini banyak, salah satunya adalah untuk menciptakan refresh rate adaptif. LTPO3 pun diklaim mampu membuat refresh rate turun ke angka 1 Hz, sehingga konsumsi daya buat layar bisa irit.

Oh iya, layar vivo X80 Pro mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 300 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif.

vivo menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit atau sebanyak 1,07 miliar. Layar vivo X80 Pro juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 1500 nit, punya rasio kontras 8 juta:1, dan keluaran warnanya akurat yang ditunjukkan oleh nilai DeltaE 0,45.

Seluruh penguji merasa puas dengan kualitas layar vivo X80 Pro. Menurut Ewdison Then dari Slash Gear, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya benar-benar hidup. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

Selain berfungsi sebagai penampil konten, layar vivo X80 Pro juga memikul tugas sebagai penyedia fitur keamanan. Pasalnya, di dalam layar HP ini ditanami sensor pemindai sidik jari.

Yang spesial, vivo memakai teknologi ultrasonik bikinan Qualcomm. Nama resmi teknologi tersebut adalah Qualcomm 3D Sonic Max. Berkat teknologi ini, wilayah pemindaian sidik jari jadi lebih luas. vivo mengeklaim luas wilayah pemindaian meningkat 11,1 kali ketimbang ponsel flagship mereka sebelumnya.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram