carisinyal web banner retina

Jago Fotografi, Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo X90 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selain vivo x90 dan vivo X90 Pro+, perusahaan di bawah naungan BBK Electronics ini juga meluncurkan vivo X90 Pro sebagai varian yang berada di tengah. Sebagai HP flagship, ponsel ini memiliki harga rilis yang fair untuk fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Perangkat dilengkapi dengan persenjataan fotografi mutakhir yang menjadikannya salah satu HP dengan kamera terbaik di dunia. vivo X90 Pro juga turut membawakan peningkatan signifikan pada sisi chipset, kemampuan baterai, konektivitas, dan sedikit pembaharuan desain. Untuk sedikit bocoran tentang kelebihan dan kekurangannya, bisa dilihat sebagai berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Chipset Dimensity 9200, hadirkan performa lebih kencang
FunTouch OS hadir dengan bloatware
Pengalaman fotografi premium dengan konfigurasi kamera lengkap
Tidak memiliki Gorilla Glass
Baterai awet, punya fast charging 120 W yang berkelas
Sejumlah spesifikasi mengalami penurunan
Layar dengan kualitas menakjubkan
Mendukung konektivitas lengkap
Desain bodi berkelas
Suara yang dikeluarkan stereo speaker terdengar bagus

Awalnya, vivo X90 series hanya dimunculkan di pasar Cina pada bulan November 2022. Namun, vivo akhirnya meluncurkan seri ini ke pasar global pada akhir bulan Januari 2023. Apakah Anda seorang fotografer yang turut menantikan HP ini? Jika iya, yuk simak sekilas review dari vivo X90 Pro berikut ini!

Spesifikasi vivo X90 Pro

vivo X90 Pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9200
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50.3 MP (wide) 50 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4870 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo X90 Pro

Fotografi komputasional sudah menjadi teknologi yang umum di masa sekarang. Namun, vivo X90 Pro mampu membawa kemampuan fotografinya ke jenjang yang sulit disaingi oleh rivalnya. Selain kamera, masih banyak kelebihan lain yang patut dibanggakan pada HP ini, yakni sebagai berikut.

1. Chipset Dimensity 9200, Hadirkan Performa Lebih Kencang

MediaTek Dimensity 9200

Salah satu daya tarik utama dari smartphone ini adalah kehadiran Dimensity 9200 dari MediaTek. Chipset ini berada di kelas flagship dan merupakan seri lanjutan dari Dimensity 9000. Mengingat Dimensity 9000 adalah "saingan" bagi Snapdragon 8 Gen 1, maka sudah jelas bahwa Dimensity 9200 ini adalah tandingannya Snapdragon 8 Gen 2.

Sebenarnya sudah ada vivo X90 series yang gunakan Snapdragon 8 Gen 2, namun hanya tersedia pada varian Pro+ saja. Dimensity 9200 ini dibangun pada fabrikasi 4 nm+ TSMC sehingga mendapatkan efisiensi daya lebih tinggi pada kinerja lebih baik.

Dimensity 9200 diklaim mengalami peningkatan pemrosesan AI sebanyak 35% lebih cepat sekaligus efisiensi daya yang 45% lebih baik. vivo X90 Pro merupakan salah satu ponsel pertama di dunia yang menawarkan Dimensity 9200 tersebut.

Secara spesifikasinya, Dimensity 9200 menjadi salah satu yang pertama untuk menghadirkan ARM Cortex X3 dengan clock speed hingga 3.05 GHz. Pada klaster high performance-nya, chipset menggunakan tiga buah Cortex A715 berkekuatan 2.85 GHz dan empat inti hemat daya Cortex A510 dengan frekuensi 1.8 GHz,

Dimensity 9200 juga diketahui memiliki kartu pengolah grafis Immortalis G715 MC11 yang sanggup mendukung ray tracing pada gim, membuat kualitas grafisnya semakin terasa nyata. Terutama di bagian pantulan cahayanya.

Chipset ini juga merupakan salah satu yang pertama dalam menghadirkan Wi-Fi 7, mendukung hingga kecepatan transfer rate 6.5 Gb per detik. Menawarkan Imagiq 890 sebagai image signal processor-nya, ponsel dengan SoC ini sanggup menghasilkan foto dengan kualitas jempolan, baik pada pencahayaan terang atau saat malam hari.

Melansir dari temuan data di kimovil.com, vivo X90 Pro berhasil meraih skor AnTuTu v9 sebesar 1.282.779 poin. Selaras dengan hasil penelusuran GSM Arena, ponsel ini disinyalir meraih skor AnTuTu v9 sebesar 1.228.735 poin. Menjadikannya salah satu kandidat HP dengan performa terbaik hingga Februari 2023 saat artikel ini ditulis.

Performanya yang tinggi juga terlihat pada pengujian Geekbench 5, di mana ponsel mendapatkan skor 4273 poin untuk multi-core dan 1387 poin untuk single core. Bahkan dibandingkan dengan ASUS ROG Phone 6D Ultimate, performa vivo X90 Pro masih lebih unggul.

Dari segi kinerja benchmark sintetis, ponsel dengan Dimensity 9200 memang tampak berada di bawah Snapdragon 8 Gen 2. Tapi kalau bicara soal kinerja di dunia nyata, vivo X90 Pro sanggup menghadirkan pengalaman lancar jaya dan bebas kendala.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Stuff.tv, vivo X90 Pro mampu menjalankan semua gim di Google Play Store pada pengaturan grafis tertinggi (Highest). Saat memainkan gim kompetitif seperti Call of Duty: Mobile, permainan terasa begitu mulus dan ponsel pun tetap terasa dingin.

Bahkan untuk gim open-world terberat di Android bernama Genshin Impact, vivo X90 Pro memiliki performa memukau tanpa ada penurunan frame rate sama sekali. Terlihat dari video yang diunggah Tech Spurt di YouTube, ponsel dapat memainkan gim tersebut pada grafis tertinggi dan pengalaman yang smooth.

2. Pengalaman Fotografi Premium dengan Konfigurasi Kamera Lengkap

vivo x90 pro camera 3__1

Tidak ada yang dapat menyangkal kalau kekuatan terbesar vivo itu terletak pada kameranya. Terlebih pada smartphone flagship yang satu ini, vivo X90 Pro menawarkan aspek fotografi jempolan berkat hadirnya kamera 50 MP (wide-angle), kamera 50 MP (telefoto), serta kamera 12 MP (ultrawide) dengan FOV 108 derajat.

Kamera utama 50 MP tersebut mengusung ukuran sensor 1 inci dengan apertur f/1.8, menggunakan sensor Sony IMX 989. Ia memiliki fitur stabilisasi OIS dan Dual Pixel PDAF untuk bantu pengguna mendapatkan foto dengan detail dan fokus yang sesuai.

Sensor utama 50 MP juga dilengkapi dengan tuning-an dari Zeiss Optics, salah satu perusahaan lensa legendaris di dunia. Memiliki sertifikasi Zeiss T* Lens Coating, membuatnya sanggup hasilkan jepretan terbaik tanpa terkendala isu flaring.

Perusahaan vivo juga turut membekali HP ini dengan chipset pengolahan gambar custom yang dinamakan V2. Berkat chip tersebut, ponsel pun dapat menggunakan beragam mode pemotretan unik, seperti HDR Night Video, efek miniatur, mode malam olahraga (night sports mode), Zeiss Cine-fare Portrait, dan lain-lain.

Kamera ultrawide 12 MP di HP ini menggunakan apertur f/2.0, sudut penglihatan 108 derajat, serta sudah dibekali dengan AF (autofokus). Adapun pada sisi telefotonya, memiliki ukuran sensor 1/2.4 inci dengan apertur lensa f/1.6 dan disertai OIS. Kemampuan pembesaran zoom optisnya mencapai hingga 2x. Agak menurun dari vivo X80 Pro yang mendukung hingga 5x.

Sebagaimana layaknya sebuah flagship sejati, vivo X90 Pro juga dibekali persenjataan videografi yang mumpuni. Resolusi perekaman tertinggi yang didukungnya adalah 8K, dengan dukungan 4K di kecepatan 30 FPS dan 60 FPS.

vivo X90 Pro mendapatkan skor keseluruhan DxOMark sebesar 136 poin, menempatkannya pada urutan ke-14 sebagai HP dengan kemampuan kamera terbaik per 15 Januari 2023. Menariknya, rupanya HP ini masih kalah dengan vivo X80 Pro varian Snapdragon yang meraih skor 137 poin.

Disebutkan bahwa kekuatan terbesar pada kamera HP ini terletak pada kemampuannya menangkap detail dan meminimalisir noise di kondisi malam hari. Selain itu, tekstur hasil foto yang ditampilkan juga tampak memukau, serta memiliki rentang dinamis luas.

vivo x90 pro camera sample backlight_Sumber: DxOMark
Hasil foto saat membelakangi sumber cahaya (backlight)
vivo x90 pro camera sample portrait bokeh_Sumber: DxOMark
Portrait
vivo x90 pro camera sample ultrawide_Sumber: DxOMark
Ultrawide
vivo x90 pro kamera night mode_Sumber: YouTube/GadgetByte
Mode normal vs. mode malam

Dilihat dari beberapa contoh di atas, vivo X90 Pro memang punya kualitas foto yang baik, bukan? Bahkan ketika dalam kondisi tersulit pada saat backlight, ponsel cenderung masih sanggup berikan detail yang baik pada bagian wajah.

Mode pemotretan portrait juga menghadirkan estimasi kedalaman yang bagus, sehingga mampu melakukan separasi dengan latar belakang dengan cukup akurat. Lalu, berlanjut ke kinerja fotografi malam.

Saya pribadi lebih menyukai mode normal, karena masih memberikan exposure yang cukup terang. Mode malam justru membuatnya terlalu terang, seolah memberikan kesan bahwa rumah di dalam foto bisa mengeluarkan cahayanya sendiri. Pihak vivo juga telah merancang pemrosesan fotonya agar sanggup menangkap detail bulan dengan jelas.

vivo X90 Pro juga membawakan kamera selfie yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Resolusinya mengusung 32 MP dengan apertur f/2.5, punya ukuran sensor 1/2.8 inci, serta focal length sebesar 24 mm. Pengguna dapat dengan mudah menghasilkan konten vlog dengan ketajaman baik, karena mampu merekam hingga resolusi 4K di 30 FPS.

3. Baterai Awet, Punya Fast Charging 120 W yang Berkelas

vivo x90 pro baterai_

Untuk membuatnya tahan dengan durasi panjang, vivo X90 Pro dikemas dengan kapasitas baterai 4.870 mAh, sedikit lebih besar dari vivo X80 Pro dengan baterai 4.700 mAh.

Ponsel ini memiliki endurance rating sebesar 96 jam versi GSM Arena, yang notabene lebih rendah dari Samsung Galaxy S23 dengan durasi 101 jam. Entah apa yang membuat ketahanan baterai vivo X90 Pro tidak lebih baik dari pesaingnya tersebut, padahal Samsung Galaxy S23 hanya dibekali baterai 3.900 mAh.

Menurut video yang diunggah di kanal Tech Spurt, vivo X90 Pro akan tahan hingga seharian penuh meskipun sudah digunakan untuk streaming video dan memotret. Di sisi lain, vivo X90 Pro juga disebutkan tidak setahan HP iQOO 11 dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Di saat ponsel kehabisan baterai, vivo X90 Pro bisa meraih kondisi full battery kembali dengan durasi yang begitu singkat. Ini karena perangkat dibekali fitur fast charging 120 W yang hanya makan waktu 8 menit untuk isi daya dari 0-50%.

Menurut pengujian oleh Tech Spurt, vivo X90 Pro butuh waktu sedikit lebih lama ketimbang klaim tersebut. Bukan 8 menit, perangkat justru baru mencapai 50% setelah 13 menit. Tetap durasi yang membanggakan.

Yang membuat HP ini semakin terlihat berkelas adalah hadirnya pengisian tanpa kabel (wireless charging) yang mendukung daya 50 W. Sepanjang sejarah, hanya ada segelintir HP saja yang sajikan daya sebesar ini untuk pengisian nirkabel.

4. Layar dengan Kualitas Menakjubkan

vivo x90 pro layar 2_

Tidak lagi menggunakan panel IPS LCD, ponsel vivo X90 Pro ini sudah dilengkapi dengan panel AMOLED yang cerah dan terang. Layar mendukung kualitas 1 miliar warna yang dapat meningkatkan tampilan visual saat melihat konten.

Berada pada dimensi diagonal 6,78 inci, sayangnya resolusi yang dipakai masih Full HD+ 1260 x 2800 piksel. Beda dengan varian di atasnya (vivo X90 Pro+) yang gunakan resolusi 1440 x 3200. Lebih disayangkannya lagi, vivo X80 Pro yang jadi pendahulunya saja sudah menggunakan resolusi 1440p tersebut.

Layar mengandung material Q9 Luminescent yang aman bagi mata. Selain itu, terdapat juga teknologi PWM 2.160 yang dapat meminimalisir flicker pada layar ketika dilihat pada tingkat kecerahan rendah.

Panel layar pada vivo X90 Pro juga telah tersertifikasi TUV Rheinland yang membuat keamanannya sungguh terjamin. Untuk mata yang jeli terhadap warna yang ditampilkan, dijamin akan mengapresiasi gamut warna DCI-P3 100% pada layar HP ini. Sebab, warna yang ditampilkan sudah pasti lebih memukau dan akurat.

vivo juga turut sematkan tingkat kecerahan layar puncak yang begitu tinggi di angka 1300 nit. Memiliki standar kualitas HDR10+, rentang dinamis pada konten HDR di YouTube pun akan terlihat lebih kontras.

Dilansir dari kanal YouTube GadgetByte, panel AMOLED yang digunakan di HP bukan buatan Samsung seperti flagship lain pada umumnya. Manufaktur AMOLED di HP ini berasal dari perusahaan Cina bernama BOE.

Layar perangkat disuguhkan dengan refresh rate 120 Hz sehingga memastikan pengalaman berselancar yang lebih mulus dan licin. Dikombinasikan dengan touch sampling rate hingga 300 Hz, semua sentuhan yang Anda berikan pasti akan direspons dengan cepat.

vivo X90 Pro juga turut mengusung desain layar melengkung yang cukup terlihat kentara, sehingga membuat bezel di sekelilingnya nyaris tidak ada sama sekali. Layar smartphone ini dikatakan sebagai salah satu yang terbaik, mengusung warna 10-bit yang memukau, dan menawarkan opsi filter warna yang bisa Anda pilih sesuai selera.

5. Mendukung Konektivitas Lengkap

vivo x90 pro nfc_

Semakin teknologi berkembang, semakin banyak pula cara perangkat berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Konektivitas adalah salah satu kunci fitur yang cukup esensial bagi ponsel mana pun. Dalam hal ini, vivo X90 Pro layak dipuji karena suguhkan konektivitas lengkap.

Tidak mau kalah dengan flagship dari Apple dan Samsung, vivo juga menghadirkan dukungan Wi-Fi 6 dan konektivitas 5G untuk memastikan kecepatan internet yang cepat di setiap waktu. Ponsel ini juga mendukung penggunaan eSIM bagi siapa pun yang tertarik untuk mengusung gaya hidup cardless.

Uniknya lagi, vivo X90 Pro menjadi satu dari segelintir HP flagship yang masih menyediakan infrared. Padahal, penggunaan infrared lebih sering ditemukan pada HP Xiaomi atau POCO. Berkat infrared tersebut, ponsel bisa digunakan sebagai remote darurat.

Host pada video yang diunggah di kanal GadgetByte mengatakan kalau HP ini adalah salah satu flagship dengan kinerja sensor sidik jari dalam layar paling responsif.

Adapun pada versi konektivitas lainnya, perangkat membawakan Bluetooth 5.3 dengan antarmuka A2DP, LE, dan juga aptX HD. Ponsel juga tentunya mendukung fitur NFC yang berguna untuk melakukan pengecekan saldo eMoney dengan hanya tempelkan kartu ke belakang bodi.

Menariknya lagi, port yang digunakan sudah mengusung salah satu versi tertinggi di industri yaitu USB Type-C 3.2, tentunya dilengkapi dengan antarmuka OTG (on the go) agar dapat terhubung dengan flashdisk, HDD, SSD, mouse, gamepad, atau peripheral berkabel lainnya.

6. Desain Bodi Berkelas

vivo x90 pro desain bodi_

Sudah semestinya HP flagship hadir dengan desain yang membuatnya terlihat premium, dan hal ini cukup tercermin pada tampilan bodi vivo X90 Pro. Dilihat dari belakang, vivo jelas ingin mengedepankan aspek fotografi. Cukup sekali lihat dan semua orang akan tahu kalau vivo X90 Pro adalah HP yang dikhususkan untuk fotografi.

Kita bisa melihat bangun lingkaran yang menjadi "rumah" bagi sekumpulan kamera belakang. Lingkaran ini punya ukuran lebih besar ketimbang pendahulunya, vivo X80 Pro. Perangkat ini menggunakan bahan material kulit imitasi (eco leather) di sisi belakang, memberikan sensasi sentuhan yang beda dari ponsel kebanyakan.

Pada bingkainya pun sudah menggunakan bahan metal aluminium alih-alih plastik polikarbonat, memberikan kesan premium dan kokoh yang juga jarang dirasakan pada ponsel murah.

Di bawah lingkaran kameranya yang besar, terdapat sebuah garis atau bar yang memanjang dari ujung kiri ke ujung kanan. Bar ini menampung tulisan Xtreme Imagination yang menjadi slogan pilihan vivo untuk keluaran X series di tahun 2023.

Review dari pocket-lint.com mengatakan bahwa ponsel juga memiliki sisi ergonomika yang bagus. HP ini memang bukan ditujukan untuk orang yang mencari bodi compact, karena memiliki bobot sebesar 214 gram dengan ketebalan 9,3 mm.

Jendolan kameranya juga terasa begitu tebal, namun tidak membuat ponsel mudah goyang saat ditaruh di atas meja. Malahan, HP ini jadi nyaman dipakai satu tangan, karena jari telunjuk bisa bertumpu pada camera bump agar ponsel tidak mudah tergelincir.

Bagi yang suka berkelana ke daerah dengan curah hujan tinggi, jangan khawatir. vivo X90 Pro nyatanya disertai dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tetap aman meski terendam di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit.

7. Suara yang Dikeluarkan Stereo Speaker Terdengar Bagus

vivo x90 pro speaker_

vivo X90 Pro dihadirkan dengan dual stereo speaker yang vivo klaim dapat hasilkan suara yang dalam dengan detail yang kaya. Setup yang digunakan sudah sering dijumpai pada sejumlah ponsel lain, yaitu main speaker di bawah bodi dan speaker kedua di atas, menggunakan earpiece.

Ulasan dari stuff.tv menyebutkan bahwa ponsel dapat mengeluarkan suara yang cukup lantang dan memiliki frekuensi mid-range yang terdengar jelas. Menurut author di laman tersebut, HP ini akan sangat cocok dipakai untuk mendengarkan podcast dan menonton YouTube dengan nyaman.

Yang cukup disayangkan, vivo X90 Pro tidak menghadirkan 3.5 mm earphone jack untuk menghubungkan speaker eksternal atau headset berkabel. Padahal, menurut sumber, bass pada speaker ponsel tidak terlalu terdengar dan akan lebih bagus jika mendengarkan musik menggunakan headset.

Kekurangan vivo X90 Pro

Punya segudang kelebihan tidak lantas membuat vivo X90 Pro sempurna. Di bawah ini adalah sejumlah kekurangan yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli HP ini.

1. FunTouch OS Hadir dengan Bloatware

vivo x90 pro camera__1

Jika pernah mencicipi ponsel di harga terjangkau, mungkin Anda familier dengan bloatware yang menyertainya. Salah satu alasan mengapa produsen bisa menekan harga begitu murah adalah dengan menyertakan bloatware dan iklan.

Singkatnya, bloatware adalah aplikasi bawaan yang tidak dapat dihilangkan, sehingga memenuhi sebagian ruang pada penyimpanan internal yang semestinya bisa dipakai untuk aplikasi lain yang kita inginkan.

Rupanya, sekalipun vivo X90 Pro merupakan salah satu seri flagship, ia tetap tidak luput dari bloatware tersebut. Di dalamnya bahkan terdapat app store terpisah yang berbeda dengan Google Play Store, yang sudah dipastikan tidak akan digunakan oleh pengguna.

Versi global dari vivo X90 Pro namun untungnya sudah menggunakan versi Android 13 yang merupakan versi terbaru saat HP tersebut dirilis. Menawarkan antarmuka FunTouch OS 13, pengalaman navigasi yang didapatkan akan terasa nyaman dengan desain ikon dan tata letak yang cukup optimal.

Hanya saja, kehadiran bloatware di HP flagship tentu bukan hal yang menyenangkan. Beberapa di antaranya sama sekali tidak dapat dihapus tanpa bantuan jailbreak. Ulasan dari pocket-lint.com mengatakan bahwa jumlah bloatware di HP flagship ini terasa tidak wajar alias terlalu banyak.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan hide pada sejumlah bloatware yang tidak dapat dihapus. Tapi, HP semahal vivo X90 Pro sebaiknya tidak perlu membuat pengguna harus melakukan effort sebesar ini untuk sekadar hilangkan bloatware.

2. Tidak Memiliki Gorilla Glass

vivo x90 pro layar_

Saat saya mencari informasi mengenai jenis proteksi layar yang digunakan, rupanya vivo X90 Pro tidak dilapisi oleh Gorilla Glass. Untuk konsumen yang selalu khawatir ponsel mudah rusak, tentu absennya kaca pelindung tersebut jadi hal yang disayangkan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan sejumlah flagship lain, banyak yang sudah pakai Gorilla Glass Victus atau setidaknya Gorilla Glass 6.

Bahkan pada Samsung Galaxy S23, sudah menggunakan Gorilla Glass Victus 2 yang merupakan versi tertinggi dan terkuat. Tanpa kaca pelindung yang dapat menjaga layar ponsel dari keretakan saat terjatuh, Anda mesti lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel.

3. Sejumlah Spesifikasi Mengalami Penurunan

vivo x90 pro camera 2__1

Produk smartphone generasi berikutnya tidak selamanya lebih baik dari generasi sebelumnya. Ya, meski vivo X90 Pro membawakan sejumlah peningkatan ketimbang vivo X80 Pro, namun ponsel mengalami beberapa kemunduran juga.

Ini terlihat pada sisi layarnya yang menggunakan panel AMOLED sedangkan varian vivo X80 Pro sudah dibekali LTPO3 AMOLED. Perbedaan ini terkait dengan kemampuan ponsel dalam menjaga keawetan baterai, karena layar LTPO3 AMOLED sanggup meraih refresh rate lebih rendah ketika tidak ada aktivitas di layar (idle).

Masih berhubungan dengan layar, vivo X90 Pro hana memiliki resolusi Full HD+ alias 1260 x 2800 piksel, sedangkan vivo X80 Pro punya resolusi 1440 x 3200 piksel.

vivo X80 Pro juga memiliki kemampuan kamera telefoto lebih baik lantaran bisa lakukan pembesaran optis hingga 5x, alih-alih vivo X90 Pro dengan optical zoom hingga 2x.

vivo X80 Pro bahkan menghadirkan dua kamera jarak jauh, yaitu kamera 8 MP periskop telefoto dan kamera 12 MP telefoto. Sudah dibekali juga dengan gimbal OIS. Lain halnya dengan vivo X90 Pro yang hanya punya satu kamera telefoto.

Bagi sebagian orang, beberapa penurunan ini mungkin bukan menjadi deal-breaker. Tapi jika Anda merupakan pengguna vivo X80 Pro yang berniat ingin meng-upgrade ke yang lebih baru, setidaknya hal-hal ini bisa memberikan alasan untuk mempertimbangkan kembali niat tersebut.

Simpulan

Pada saat peluncurannya di Cina di kuartal keempat tahun 2022, vivo X90 Pro dibanderol dengan harga cukup terjangkau untuk seukuran HP flagship.

Varian termurahnya menggunakan memori internal 256 GB dengan RAM 8 GB, memiliki harga rilis 4.999 yuan atau setara dengan Rp10,9 juta. Adapun untuk varian keduanya, menggunakan penyimpanan 512 GB dengan RAM 12 GB, hadir dengan harga 5.999 yuan atau sekitar Rp13,1 juta.

Akan tetapi, menjelang peluncuran global pada akhir bulan Januari 2023, vivo X90 Pro dikatakan memiliki banderol harga lebih mahal yaitu 5.299 ringgit Malaysia atau sekitar Rp18,4 jutaan, dilansir dari 91mobiles.com.

vivo X90 Pro adalah opsi HP premium dengan value for money yang unggul, terlebih jika Anda memprioritaskan performa dapur pacu dan fotografi di atas segalanya. Kemampuan kamera di HP ini tidak hanya sanggup untuk memotret pada kondisi umum, melainkan bisa juga untuk memotret bulan dan bintang tanpa harus gunakan tripod.

Hasil foto pada HP ini bahkan bisa dibilang setara dengan kamera mirrorless dan DSLR, loh. Kehadiran Dimensity 9200 di HP ini juga membuatnya siap untuk menunjang ray-tracing jika suatu saat sudah ada developer yang menyertakan teknologi grafis tersebut pada gim buatan mereka. Jadi, bagaimana? Tertarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram