carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Yuk, Gali Lebih Dalam Perbedaan vivo V20 dan vivo V21!

Yuk, Gali Lebih Dalam Perbedaan vivo V20 dan vivo V21!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 4 Mei 2021

Setidaknya butuh hampir sembilan bulan bagi perusahaan ponsel pintar asal Tiongkok, vivo untuk melahirkan penerus dari vivo V20 yang tidak lain adalah vivo V21. Dicanangkan rilis pada Mei 2021, vivo V21 masih membawa beberapa identitas serupa dengan pendahulunya dalam beberapa aspek.

Salah satu aspek mencolok dari kedua ponsel vivo ini adalah penanaman baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh yang mampu menyala dalam waktu lama. Tidak hanya itu, vivo V20 dan vivo V21 disokong dengan kehadarian teknologi pengisian cepat 30W yang menjanjikan daya perangkat akan terpenuhi sebanyak 63% hanya dalam 30 menit saja.

Keduanya juga punya teknologi Bluetooth 5.1 yang dapat bekerja lebih cepat 2 Mbps dan konsumsi daya yang irit. Selain itu, kedua perangkat dari vivo ini sama-sama menghadirkan sejumlah sensor mulai dari gyro, kompas, proksimiti, akselerometer, dan pemindai sidik jari yang terletak di bawah layar serta secara optik.

Di balik beberapa persamaan adapun perbedaan yang ada di antara vivo V20 dan vivo V21. Seperti pada fitur NFC yang hanya tersedia pada vivo V20, sebaliknya sebagai ponsel teranyar vivo V21 justru tidak menyematkan teknologi ini. Dengan demikian, vivo V21 belum bisa menikmati manfaat dari NFC yang mampu mempermudah proses transaksi secara digital.

Pada dasarnya vivo V20 dan vivo V21 masih menyimpan disimilaritas pada beberapa aspek. Agar tidak penasaran, kamu bisa melihat spesifikasi kedua ponsel vivo tersebut di bawah ini:

Spesifikasi vivo V20

  • Rilis: September 2020
  • Layar: AMOLED 6,44 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi vivo V21

vivo V21
  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: AMOLED 6,44 inci
  • Chipset: MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm)
  • GPU: Mali-G57 MC3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh

Perbedaan vivo V20 dan vivo V21

Dari spesifikasi di atas sudah tampak jelas terdapat beberapa perbedaan di antara vivo V20 dengan vivo V21. Namun, bagi kamu yang masih bingung mencari perbedaan dari kedua ponsel vivo tersebut, Carisinyal akan menjabarkannya secara lengkap berikut ini:

1. Tampil "Stand Out" dalam Distingsi

vivo v20 bodi carisinyal

Seperti biasa produk besutan vivo mampu tampil mencolok akan penampilan yang disuguhkan untuk penggunanya. Baik vivo V20 maupun vivo V21 hadir dengan konsep embun pada layar tengah atasnya. Sedangkan, pada area belakang muncul wadah berwarna hitam berbentuk persegi panjang sebagai tempat beristirahatnya para sensor dari kamera utama.

Di sisi kanan bingkai yang terbuat dari bahan plastik hadir tombol volume up-down dan power. Tidak lupa sisi lainnya ada pangkalan untuk melabuhkan kartu SIM, hanya saja dalam hal ini mulai terkuak perbedaannya. Pada port milik vivo V20 diperuntukkan bagi Dual SIM, sementara vivo V21 mengusung pangkalan berbasis Hybrid Dual SIM.

Di antara kedua ponsel ini, vivo V20 terlahir dengan bobot lebih ringan yaitu 171 gram yang punya dimensi panjang 161.3 mm, lebar 74.2 mm, dan ketebalan 7.4 mm. Sedangkan, vivo V21 dibesut oleh berat badan yang mencapai 176 gram dengan dimensi yang sedikit agak mungil yaitu panjang 159.7 mm, lebar 73.9 mm, dan ketebalan 7.3 mm.

2. Layar Serupa Nyatanya Tak Sama

vivo v21 camera carisinyal

Layar dari kedua ponsel vivo ini memang tampak sama apalagi dengan ukuran seimbang yaitu 6.4 inci dengan panel berteknologi AMOLED, yang mampu menyajikan kontras dan saturasi yang ciamik. Kemudian, vivo V20 dan vivo V21 juga sepadan dalam urusan aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full-HD+. Kerapatan piksel 409 ppi tatkala membuat layar kedua ponsel ini menjadi tajam dan jelas.

Kompakan dalam mengadopsi desain berponi dengan bezel yang terbilang tipis, vivo V20 dirancang dengan rasio layar-ke-bodi mencapai 83.7% dan vivo V21 berhasil mengumpulkan rasio perbandingan bodi banding layar yang lebih besar yaitu 84,8%. Dengan demikian, layar vivo V21 dapat dipastikan lebih lega dibandingkan suksesornya.

Pada vivo V20 memiliki mesin layar yang dapat melaju hingga 60Hz, namun tampaknya hal tersebut mesti disalip oleh vivo V21 yang laju penyegarannya mencapai 90Hz. Sebuah ponsel dengan refresh rate yang tinggi memungkinkan pergerakan animasi atau responsivitas layarnya bekerja dengan mulus, akurat, dan gesit.

Bila mengungkit tentang tingkat kecerahan, vivo V20 dengan standar kualitas HDR10 mampu menghasilkan kecerahan hingga 438 nits.

Sementara itu, vivo V21 mendapatkan kesempatan menjajal HDR10+ dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nits. Layar kedua ponsel ini bisa dibilang mampu menghalau pantulan Matahari saat digunakan di luar ruangan, tetapi milik vivo V21 lebih baik.

3. Punya Ciri Khas pada System on Chip

Qualcomm vs Mediatek

Kendati kedua ponsel produksi vivo ini punya sistem operasi yang serupa yaitu Android 11 dengan Funtouch 11, tetapi soal System on Chip (SoC) keduanya saling adu.

Pasalnya vivo V20 ditopang oleh prosesor Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G yang berbasis 8 nm, sedangkan vivo V21 memutuskan memakai prosesor dari MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G bermanufaktur 7 nm.

Kinerja dari vivo V20 didongkrak dengan CPU Octa-core yang terdiri dari dua buah Kryo 465 Gold berkecepatan 2.3 GHz dan enam inti Kryo 465 Silver yang melaju hingga 1.8 GHz. Berbeda pada vivo V21 yang bermodalkan CPU Octa-core yang diracik dari dua biji Cortex-A76 dengan clock speed 2.4 GHz dan enam buah Cortex-A55 bertenaga 2.0 GHz.

Kedua ponsel vivo tersebut didukung oleh kartu grafis berbeda tetapi dengan tujuan yang sama yakni untuk mempersembahkan tampilan visual yang menarik dan maksimal. Pada vivo V20 pengguna bisa merasakan kehebatan GPU yang datang dari Adreno 618, sementara vivo V21 mengutus Mali-G57 MC3 sebagai pengolah grafisnya.


Performa keduanya semakin lantang berkat penyematan ruang penyimpanan yang terbilang besar. Dengan dijalankan oleh teknologi UFS 2.2, vivo V21 hadir dengan RAM berkapasitas 8 GB dan memori internal berukuran 128 GB. Lain halnya pada ruangan penyimpanan milik vivo V20 yang menawarkan dua kombinasi antara lain 8/128 GB dan 8/256 GB.

4. Lika-liku di Pengaturan Kamera

vivo v21 main camera

Kalau mengangkat isu tentang kamera, vivo sudah tidak diragukan lagi. Baik kamera depan ataupun kamera belakang, sebuah perangkat vivo akan disematkan dengan modul kamera yang berkualitas dan mumpuni. Hal tersebut dapat dibuktikan pada konfigurasi kamera punya vivo V20 dan vivo V21.

Berawal dari kamera depan, kedua ponsel vivo ini dianugerahi oleh resolusi 44 MP dengan aperture f/2.0 disertai fitur HDR untuk memproduksi gambar lebih berwarna dan tajam. Namun, pada vivo V21 terdapat tambahan berupa teknologi OIS dan fitur Dual-LED flash.

Lalu, untuk sistem videografi dari kamera selfie kedua ponsel ini membawa resolusi [email protected] dan [email protected]/60fps, yang sangat cocok untuk melakukan live streaming atau video conference. Beruntungnya vivo V20 mendapatkan support dari teknologi gyro-EIS yang membuat proses perekaman akan stabil.

Di bagian belakang sudah menanti kamera utama, yang lagi-lagi baik vivo V20 maupun vivo 21 punya kesamaan yaitu hadir dengan triple camera. Pada sensor premier keduanya berkonfigurasi 64 MP akan tetapi aperture dari vivo V21 lebih baik dengan ukuran f/1.8, sedangkan vivo V20 hanya mampu menyuguhkan diafragma sebanyak f/1.9.

Selanjutnya ada sensor ultrawide yang kembali memiliki ukuran seimbang yakni 8 MP dengan bukaan f/2.2. Akan tetapi, untuk lensa ultrawide vivo V21 belum dilampirkan oleh teknologi AF (Auto Focus) sebagaimana yang terdapat pada vivo V20.

Di sensor ketiga dari kamera utama rupanya ada sedikit distingsi antara vivo V20 dengan vivo V21. Untuk sensor ketiga yang berukuran 2 MP berdiafragma f/2.4, vivo V20 menjatuhkan pilihan ke sensor kedalaman. Sedangkan, vivo V21 menyuruh sensor makro untuk mendapatkan resolusi 2 MP ber-aperture f/2.4 tersebut.

Kamera utama dari kedua perangkat vivo ini mengundang dua fitur yang sama antara lain panorama dan HDR. Kemudian, untuk vivo V20 menghadirkan satu bintang tamu lagi yakni Dual-LED dual-tone flash. Tidak ingin ketinggalan, vivo V21 juga turun mengenalkan fitur cahayanya bernama LED flash.

Untuk juru rekam pada kamera utama seperti modul di kamera selfie yang ternyata menyajikan resolusi dan teknologi tidak jauh berbeda. Keduanya memboyong pengaturan [email protected] dan [email protected]/60fps, spesial untuk vivo V20 disertai oleh teknologi gyro-EIS.

5. Lain-lain

Vivo v20 warna Carisinyal

Di samping perbedaan yang sudah disebutkan sebelumnya, vivo V20 dan vivo V21 masih punya slek dalam beberapa kategori minor. Seperti alih-alih mempertahankan 3.5mm jack, vivo V21 harus kehilangan fitur tersebut. Berbeda pada vivo V21 yang mempunyai 3.5mm jack lengkap dengan audio 24-bit/192kHz.

Kompakan tidak dirancang memiliki pangkalan Infrared, tetapi soal fitur radio beda cerita. Bagi pengguna yang gemar menyimak berita di radio, vivo V20 siap memfasilitasi lewat FM Radio. Naas, untuk pengguna vivo V21 sepertinya sudah tidak bisa mendengarkan ocehan penyiar radio karena fitur FM Radio sudah tidak dihadirkan kembali.

Dilansir dari portal resmi vivo, saat ini vivo V20 bertipe 8/128 GB dijual pada kisaran Rp4,39 jutaan yang tersedia dalam beberapa pilihan warna antara lain Sunset Melody, Midnight Jazz, dan Moonlight Sonata. Sedangkan, vivo V21 dengan suguhan corak Dusk Blue dan Sunset Dazzle siap memasarkan seharga Rp5,6 juta per perangkatnya untuk model 8/128 GB.

Simpulan

Dari pembahasan di atas bisa dilihat kembali kalau vivo V20 punya dimensi yang lebih besar, prosesor dari Qualcomm, hadir dalam dua kombinasi memori, fitur kamera dan sistem perekaman yang baik berteknologi gyro-EIS, menghadirkan teknologi NFC, masih memiliki 3.5mm jack, dan FM Radio.

Sedangkan, vivo V21 menawarkan tubuhnya yang lebih ringan, tingkat kecerahan yang tinggi, laju penyegaran yang cepat, HDR10+, rasio bodi banding layar yang lega, chipset terbuat dari MediaTek, diafragma pada sensor wide lebih kecil sehingga efek bokehnya kian jelas, dan kamera selfie yang disertai oleh teknologi OIS.

Itulah tadi ringkasan mengenai perbedaan vivo V20 dan vivo V21. Nah, kamu mau pilih vivo V20 atau vivo V21? Berikan alasannya di kolom komentar, yah! Tidak bosan untuk mengingatkan, jangan lupa ikuti terus Carisinyal supaya kamu lebih dekat dengan perkembangan teknologi dan gadget masa kini!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram