carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y75 5G!

Belum memiliki HP 5G di tahun 2022? Pusing memilih HP 5G dengan harga murah namun juga punya bodi ringkas dan berkelas? Nah, kami punya kabar bagus untuk Anda. Soalnya, tepat pada Februari 2022, vivo meluncurkan anggota vivo Y series pertama yang sudah pakai 5G di Indonesia, yakni vivo Y75 5G.

Berbeda dengan vivo Y series murah yang mungkin selama ini Anda tahu, seri vivo Y yang satu ini mendatangkan sejumlah keunggulan yang membuatnya terlihat seperti vivo V series. Apa sajakah itu? Tanpa berlama-lama, yuk simak poin-poin kelebihan dan kekurangan vivo Y75 5G berikut ini!

Spesifikasi vivo Y75 5G

vivo Y75 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y75 5G

Bicara soal HP vivo, salah satu kelebihannya sih sudah pasti desain bodi yang memukau, ya. Tapi apa saja kelebihan-kelebihan lainnya? Simak beberapa poin berikut ini.

1. Dukungan Chipset Dimensity 700 5G yang Powerful

dimensity-700-5g

Jika Anda sering melihat spesifikasi vivo Y series yang lain, mungkin Anda tidak akan mengharapkan dapur pacu yang bertenaga pada seri vivo Y75 5G ini. Pasalnya, vivo Y series memang seringkali tidak dibekali dengan chipset bertenaga, misalnya saja vivo Y21 dengan SoC Helio P35 ataupun vivo Y20 dengan SoC Snapdragon 460.

Namun jangan salah, rupanya vivo Y75 5G mengemas chipset yang bertenaga yakni MediaTek Dimensity 700 5G. Ini merupakan chipset 5G kelas mid-range yang dirilis pada Q4 2020, dibangun atas proses fabrikasi 7 nanometer sehingga membuatnya sungguh hemat baterai.

Spesifikasi MediaTek Dimensity 700 5G

Chipset MediaTek tersebut menghadirkan set instruksi ARMv8.2-A yang memiliki besaran TDP (Thermal Design Power) sebesar 10 W. Sementara untuk spesifikasi CPU-nya, ini menyuguhkan konfigurasi delapan inti yang mencakup dua buah inti powerful ARM Cortex A76 (2.2 GHz) dengan enam inti hemat daya ARM Cortex A55 (2 GHz).

Pengguna juga bisa merasakan pengalaman gaming yang luar biasa berkat adanya kartu pengolah grafis (GPU) berupa ARM Mali G57 MC2 yang berjalan pada clock speed 950 MHz.

Menyoal fitur multimedia, Dimensity 700 5G juga turut mendukung 90 Hz Display pada resolusi Full HD+ (1080p), serta kamera dengan resolusi 64 MP. Namun ini kembali lagi ke masing-masing produsen smartphone yang pakai chipset ini, apakah akan memanfaatkan dukungan kamera dan layar tersebut atau tidak.

Benchmark dan Performa Gaming vivo Y75 5G

Jika melansir dari situs Unite4buy.com, vivo Y75 5G ini meraih skor Geekbench 5 yang cukup bagus, yakni sebesar 521 (single core) dan 1669 poin (multi-core). Adapun untuk skor benchmark AnTuTu 9, ponsel ini meraih angka 326.363 poin, seperti yang dilansir dari sebuah channel YouTube atas nama YT EXOTIC.

YouTuber tersebut juga telah menguji kebolehan HP ini saat dimainkan PUBG Mobile. Hasilnya? Cukup memuaskan. HP tersebut bisa disetel pada pengaturan Smooth - Ultra, dan menghadirkan gameplay yang terbilang lancar tanpa tersendat-sendat. Ini bukti kalau vivo Y75 5G adalah kontestan yang kuat di harganya jika menyoal urusan performa.

2. Hasil Foto Triple Camera 50 MP yang Jernih

kamera vivo y75 5g

Kini saatnya membahas sektor yang sudah menjadi keunggulan vivo sejak lama, yakni fotografi. Terutama pada vivo Y75 5G, Anda benar-benar akan dimanjakan dengan kualitas Triple Camera 50 MP yang sangat profesional, mampu hasilkan foto-foto dengan detil tinggi dan pencahayaan yang baik.

Secara spesifikasinya, vivo Y75 5G membawakan lensa utama 50 MP (f/1.8) disertai PDAF, lensa 2 MP (f/2.4) makro, dan lensa 2 MP (f/2.4) dengan fungsi sensor kedalaman (depth). Untuk memudahkan pengguna merekam dengan stabil, tersedia pula fitur gyro-EIS. Kamera belakang pun mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS.

Sedangkan untuk kamera depannya, vivo Y75 5G menyematkan sensor berkekuatan 16 MP (f/2.0) untuk keperluan selfie, Face ID, ataupun video call, yang vivo rancang dalam bentuk desain poni tetesan air (waterdrop notch).

Agar Anda dapat gambaran jelas mengenai kualitas kamera pada HP ini, berikut kami sajikan beberapa contoh hasil foto yang diambil dari seorang tech reviewer bernama Tech Mumbaikar di YouTube.

3. Hadir dengan NFC Multifunctions

NFC

Kemampuan smartphone juga diukur dari seberapa banyak fitur konektivitas yang didukungnya. Dalam hal ini, kami patut mengapresiasi vivo Y75 5G yang sudah mendatangkan fitur NFC (Near Field Communication).

Ini merupakan fitur yang dapat menghubungkan dua perangkat yang kompatibel (alias sama-sama memiliki NFC) dengan jarak yang begitu dekat, 4 cm atau kurang. Dengan NFC, Anda bisa melakukan pengiriman data dengan cepat. Seperti melalui Bluetooth, namun tanpa harus melakukan setup pairing yang cenderung lebih ribet.

Pengguna bisa menempelkan kartu eMoney atau eToll pada punggung ponsel untuk mengecek sisa saldo. Bahkan, ponsel dengan NFC pun bisa menjadi sarana pembayaran yang praktis pada mesin transaksi seperti saat hendak menaiki transportasi umum.

Mengingat yang hadir pada ponsel ini adalah NFC Multifunction, maka vivo Y75 5G pun bisa menyalin kredensial kartu akses pintu kantor dan apartemen, sehingga Anda hanya perlu menempelkan punggung HP ke pintu untuk membuka akses.

4. Desain Bodi Belakang yang Glossy dan Memukau

desain bodi vivo y75 5g

Brand vivo nyaris tidak pernah gagal dalam menghadirkan desain terbaik dari produk smartphone yang mereka keluarkan. Kita sudah sering lihat inovasi desain bodi pada HP vivo yang cemerlang, contohnya saja seperti vivo V23 dan vivo V23 Pro yang bodinya bisa berubah warna.

Meski tidak dapat melakukan hal serupa seperti vivo V23 series, namun Anda tetap dapat melihat keindahan bodi pada vivo Y75 5G yang bertemakan Dynamic Color, menggunakan teknik Crystalline Matte yang dikombinasikan dengan dua warna berbeda, Alhasil, panel belakang tidak hanya terlihat cantik melainkan juga bebas debu, sidik jari, dan goresan.

Tersedia dua varian warna yang distinctive satu sama lain, tergantung dari selera dan kepribadian Anda. Jika Anda seseorang yang festive dan lebih ingin menonjolkan sisi estetika yang wah, ada opsi warna Glowing Galaxy berwarnakan campuran ungu dan biru.

Namun jika Anda seseorang yang lebih kalem dan tidak neko-neko, atau sekadar ingin memiliki warna yang bisa blending dengan situasi profesional seperti di kantor, maka Starlight Black akan menjadi pilihan yang tepat.

Diketahui, bodi HP ini juga terbilang cukup ramping. Dengan panjang sebesar 164 mm dan lebar sebesar 75,9 mm, ponsel ini memang terbilang mungil dari simenisnya. Wajar saja, karena memang hanya mengemas layar 6,58 inci.

Sementara untuk kenyamanan saat digenggam, vivo Y75 5G memiliki bobot 187 gram dengan tingkat ketebalan 8.3 mm. Untuk seukuran HP vivo, ini bukanlah yang terbaik dari sisi dimensi maupun bobotnya. Namun tetap saja terbilang layak di kelas harganya, terlebih saat dibandingkan dengan beberapa pesaingnya yang lebih berat dan tebal.

5. Vivo Y Series Pertama yang Hadirkan 5G

vivo y75 5g seri 5g pertama

vivo Y75 5G merupakan yang pertama di seri vivo Y untuk menghadirkan jaringan 5G. Ini berkat penggunaan chipset yang hadirkan modem 5G yakni Dimensity 700. Melihat dari laman penjualan, tertara bahwa HP ini mendukung Dual SIM 5G. Dengan gunakan dua jaringan 5G yang berbeda, Anda bisa berganti-ganti provider dengan mudah tanpa harus melakukan cabut-pasang.

vivo Y75 5G mendukung jaringan NR NSA (non-stand-alone) dan SA (stand-alone) pada pita jaringan n1, n3, dan juga n40. Tandanya, ia sudah mendukung semua jaringan 5G yang tersedia di Indonesia, menggunakan provider seperti Telkomsel, Indosat, dan juga XL.

6. Hadir dengan Fitur Extended RAM 8 GB + 4 GB

vivo y75 5g ram extended

Fitur Extended RAM telah menjadi tren yang sedang berlangsung sejak tahun 2021. Anda mungkin masih ingat dengan vivo V21 5G yang merupakan salah satu HP pertama hadirkan fitur ini, kemudian berlanjut pada vivo Y75 5G.

Sebagai informasi, Extended RAM merupakan salah satu cara yang vivo lakukan untuk meningkatkan kemampuan hardware dalam menunjang aktivitas multi-tasking. Dengan meminjam sebagian kecil dari kapasitas memori internal dan mengalihkannya ke RAM, vivo Y75 5G bisa membuka lebih banyak aplikasi tanpa membuatnya mengalami isu force close.

Ponsel ini membawakan RAM sebesar 8 GB pada tipe LPDDR4x beserta memori internal 128 GB UFS 2.2, serta menyediakan slot Hybrid Dual SIM yang dapat diselipkan kartu microSD hingga 1 TB.

Berkat fitur Extended RAM, ponsel bisa mendapatkan tambahan 4 GB untuk dijadikan RAM virtual, sehingga performa dalam game maupun penggunaan normal sehari-hari bisa lebih lancar.

Kekurangan vivo Y75G

Jangan hanya melihat kelebihannya saja. Pasalnya, vivo Y series yang satu ini masih hadirkan beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli.

1. Tanpa Lensa Ultrawide

vivo y75 5g tanpa sensor ultrawide

Anda sungguh akan terpukau dengan hasil foto ponsel ini, terlebih dengan beragam fiturnya yang menarik dan dapat memberikan efek istimewa pada foto Anda. Akan tetapi, sayangnya Anda tidak akan dapat memotret pada mode ultrawide.

Ya, konfigurasi kameranya hanya terdiri atas lensa utama wide-angle, makro, dan sensor kedalaman. Lantas ini menyebabkan ponsel tidak dapat melakukan zoom 0,5x untuk menangkap sudut yang lebih luas. Di harganya yang sebesar 4 juta kurang seribu, ini tentu jadi kekurangan yang disayangkan.

Jika memang Anda ingin HP 5G dengan kamera ultralebar, mungkin POCO X3 GT bisa menjadi pilihan yang cocok dengan harga Rp4,4 juta. Atau jika tidak memerlukan 5G, Anda bisa mendapatkan POCO X3 Pro dengan harga rilis lebih murah, sekitar Rp3,4 juta, ataupun vivo V23e di harga Rp4,4 juta.

2. Daya Fast Charging yang Kurang Cepat di Kelasnya

fast charging 18 w vivo y75 5g

Jika mendengar ada ponsel seharga 4 jutaan, mungkin Anda sudah mengekspektasikan fast charging dengan daya yang begitu cepat. Namun sayangnya, Anda hanya akan menemukan daya 18 W pada HP vivo Y75 5G ini.

Besaran daya tersebut tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya di harga yang sama, sebut saja POCO X3 Pro dan vivo V21 5G dengan fast charging 33 W, atau vivo V23e dengan fast charging 44 W. Bahkan, realme 8 Pro saja sudah dibekali fast charging 50 W.

vivo Y75 5G memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan port pengisian USB Type-C yang mengusung antarmuka USB OTG (On-The-Go), agar bisa mendeteksi keberadaan flashdisk ataupun storage eksternal lainnya saat dihubungkan.

Saat mengujikan durasi pengisian daya oleh YouTuber bernama I am Keshav, vivo Y75 5G hanya meraih kondisi baterai 43% saat dicas selama 2 jam 50 menit, menggunakan casan 18 W yang disertakan dalam boks pembelian.

3. Single Speaker

vivo y75 5g single speaker

Salah satu kekurangan lainnya yang mungkin tidak dapat ditolerir penikmati multimedia adalah absennya stereo speaker. Ya, vivo Y75 5G hanya mengeluarkan suara dari satu-satunya speaker yang terletak di bawah bodi, sehingga ia tidak akan memberikan imersi sedalam HP 4 jutaan lain yang sudah pakai dual stereo speaker.

4. Layar tanpa Refresh Rate Tinggi

layar vivo y75 5g

Tidak ada yang begitu menonjol dari spesifikasi layar vivo Y75 5G. Ia memiliki panel IPS LCD dengan ukuran 6,58 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel). Layar tersebut memiliki aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel sebesar 401 ppi.

Belum hadir dengan layar AMOLED, ponsel ini tidak akan menampilkan kontras rasio dan jumlah variasi warna yang setingkat dengan beberapa ponsel pesaingnya. Bahkan, kekurangan di sisi layar ini turut diperparah dengan absennya refresh rate tinggi yang akan membuat pengalaman scrolling jadi lebih menyenangkan.

Ia hanya didukung dengan refresh rate 60 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz. Yang artinya, saat layar menampilkan animasi (seperti saat digulir ataupun dalam memainkan game), Anda tidak akan merasakan pengalaman yang mulus seperti para pesaing yang sudah pakai refresh rate 90 Hz dan bahkan 120 Hz.

Simpulan

Sebuah kata yang bisa diberikan pada vivo Y75 5G: magnificent. Ia sungguh mendobrak stereotip yang seringkali menempel pada vivo Y series, yakni hanya mementingkan desain dan kamera saja.

Nyatanya, vivo Y75 5G juga menawarkan sejumlah keunggulan lainnya, seperti kencangnya performa chipset, konektivitas 5G yang berlipat-lipat lebih cepat dibanding 4G, juga hadirnya NFC untuk memudahkan keseharian pengguna.

Walau begitu, memang masih ada beberapa hal yang masih lekat dengan identitas vivo Y series, seperti fast charging yang kurang memadai, juga dengan sisi layar yang kurang nendang di kelasnya. Pun tanpa hadirnya stereo speaker, membuatnya tampak setara dengan HP di kelas bawah.

Sekarang Anda yang tentukan, apakah kelebihan ponsel ini lebih banyak dan berarti bagi Anda ketimbang kekurangannya, atau malah sebaliknya? Yang pasti, vivo Y75 5G adalah salah satu pilihan yang ideal bagi Anda yang mencari HP 5G cantik di harga 4 juta kurang seribu.

Anda tentunya bisa memutuskan untuk memilih HP vivo lainnya, seperti salah satu dari HP vivo terbaru misalnya. Jika menginginkan HP lainnya di rentang harga serupa, bisa mengunjungi artikel HP 4 jutaan terbaik, atau HP 5G termurah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram