carisinyal web banner retina

Wajib Tahu, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo V23e!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 7 Desember 2021

Jika ada first impression yang melekat di benak kita saat mendengar frasa vivo V series, hal itu sudah pasti desainnya. Ya, kendati umumnya ia dibanderol dengan harga mulai dari 4 jutaan saja, tapi penampilannya sungguh terlihat premium sehingga siapa pun yang melihat Anda pakai salah satu HP ini pasti langsung otomatis merasa respect.

Nah, pada kuartal keempat tahun 2021, vivo V23e pun ditelurkan ke pasaran. Dan seperti yang diduga, ia kembali suguhkan keunggulan desain yang memang sudah menjadi trademark vivo. Lalu bagaimana dengan keunggulan lainnya? Yuk, ketahui jawabannya pada poin-poin kelebihan dan kekurangan vivo V23e berikut.

Spesifikasi vivo V23e

vivo V23e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4050 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo V23e

Embel-embel huruf "e" pada produk ini menandakan bahwa vivo V23e adalah varian lebih sederhana ketimbang vivo V23. Kendati begitu, ia tetap menyuguhkan beragam kelebihan yang dapat membuat hidup pengguna lebih praktis, yakni sebagai berikut ini.

1. Punya Bodi yang Begitu Ringkas

vivo v23e hanya seberat 172 gram

Perihal bodi, percayakan saja pada brand vivo. Ya, perusahaan asal Tiongkok tersebut memang seringkali menghadirkan desain bodi terdepan dari segi keindahan serta sisi ergonomisnya.

Bagaimana tidak? vivo V23e sendiri diketahui hanya memiliki bobot seberat 172 gram yang pastinya akan membuat nyaman pengguna pada pemakaian berdurasi panjang.

Bukan hanya itu, varian warnanya yang berupa Sunshine Coast juga punya finishing dua lapisan warna yang indah, sehingga bisa menampilkan dua warna berbeda saat dilihat dari sudut pandang berbeda.

Tekstur bodinya yang halus pun membuatnya semakin enak digenggam. Ditambah, perangkat diketahui hanya punya ketebalan 7,4 mm. Semakin mudah muat di kantong!

Selain varian Sunshine Coast yang mengingatkan pengguna akan penampakan aurora, vivo V23e juga menyuguhkan varian warna hitam bernama Moonlight Shadow. Aura bodinya yang kalem akan mmbuat terpesona siapa pun yang melihatnya, dan tentunya pengguna juga semakin mudah membaur dalam ruang lingkup profesional.

2. 64 MP Triple Camera yang Impresif

64 MP Triple Camera pada vivo V23e

vivo V23e juga merupakan ponsel yang kemampuan fotografinya bisa diandalkan. Mengusung teknologi Triple Camera, vivo V23e tersusun atas lensa utama wide-angle pada resolusi 64 MP (f/1.8) dengan focal length 26 mm, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) pada sudut keluasan 120 derajat, hingga kamera makro untuk lakukan foto close up, punya resolusi 2 MP (f/2.4).

Adapun urusan perekaman video, vivo V23e hadirkan beragam dukungan resolusi yakni [email protected] hingga [email protected] Cukup sayang tidak disediakan kualitas 60 FPS. Namun setidaknya perangkat menyuguhkan gyro-EIS (Electronic Image Stabilizer) agar perekaman video tetap berlangsung stabil.

Tidak lupa, tersedia pula lampu flash Dual LED dual-tone, dan beragam fitur-fitur software lainnya seperti mode panorama, mode HDR, dan sebagainya. Kamera depan dan belakang juga bisa digunakan bersamaan dengan fitur Dual View Video.

Ada juga fitur Double Exposure untuk menggabungkan dua foto jadi satu, menimbulkan hasil karya foto yang unik dari biasanya dan pastinya sangat Instagram-worthy.

Hasil foto dari HP ini, seperti yang biasa, tentu saja menakjubkan. Ia menawarkan detail yang begitu bagus bahkan memiliki tingkat kecerahan yang baik pula saat pemotretan minim cahaya. Berikut adalah beberapa sampel foto yang kami lansir dari beberapa sumber.

vivo v23e hasil foto malam hariSumber: YouTube/Main Lagi
vivo v23e hasil foto main camera dan ultrawideSumber: YouTube/Main Lagi
vivo V23e Main Camera (kiri) dan ultrawide (kanan)

3. Kualitas Layar AMOLED yang Terang dan Penuh Warna

desain bodi vivo v23e

Siapa pun tidak dapat menyangkal keindahan layar AMOLED yang ditawarkan vivo V23e. Panel layar AMOLED memang lebih unggul dibandingkan IPS LCD yang biasa dimiliki ponsel di harga murah, karena punya kecerahan yang lebih tinggi serta dukungan tampilan warna yang lebih luas.

Secara spesifikasi dasar, vivo V23e hadir dengan bentang diagonal layar 6,44 inci, pastinya berada pada resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Layar yang mengusung aspek rasio 20:9 ini juga berada pada tingkat kerapatan piksel 409 ppi yang terbilang tinggi, serta punya perbandingan layar ke bodi sekitar 83,8 persen.

Kualitas layar yang dibawakannya sangat menjanjikan dengan tingkat kecerahan tipikal yang mencapai 550 nit, sehingga dibawa ke tempat-tempat outdoor pun masih asyik-asyik saja dan menampilkan keterbacaan ideal di bawah terik sinar matahari.

4. Kamera Depan Punya Resolusi 50 MP + Fitur Unik dan Beragam

lensa selfie vivo v23e

Sebagai salah satu anggota vivo V series yang paling bergengsi, jelas saja vivo V23e disuguhkan kemampuan kamera selfie terbaik di kelas menengah. Perangkat ini diketahui mencakup teknologi 50 MP AF Night Portrait, hadir dengan apertur f/2.0, mendukung mode HDR, serta mampu merekam video pada resolusi 4K dan 1080p pada frame rate 30 FPS.

Kamera selfie ini dibentuk pada desain waterdrop notch alias poni tetesan air, alih-alih berbentuk tompel seperti rival-rivalnya. Meskipun begitu lensa depan memiliki bentuk yang kecil sehingga tetap tidak akan mengganggu pemandangan pengguna saat tengah menikmati konten visual.

vivo V23e juga dibekali dengan sejumlah fitur yang membuat pengalaman selfie jadi lebih menyenangkan. Misalnya saja seperti AI Extreme Night yang dapat meningkatkan exposure pada bagian-bagian gelap saat melakukan pemotretan malam hari, ataupun Steadiface Video agar video tetap stabil saat vlogging sambil berjalan.

Adapun fitur Multi-Style Portrait yang dapat mengaplikasikan sejumlah filter agar hasil foto selfie jadi lebih beragam. Lanjut lagi, fitur autofokus juga akan memastikan agar fokus senantiasa "menempel" pada subjek foto demi menghindari blur pada hasil foto.

Seperti yang mungkin sudah bisa ditebak khalayak, vivo V series memang tidak pernah mengecewakan perihal kinerja kamera depannya. Sungguh cocok bagi Anda yang hobi vlogging ataupun berkecimpung di dunia kreasi konten profesional.

5 Fast Charging yang Super Ngebut

vivo v23e fast charging 44 w

Nyatanya, vivo V23e selain dirancang untuk memenuhi kebutuhan fotografi, juga dimaksudkan untuk membuat keseharian pengguna menjadi lebih lancar dan produktif. Oleh karena itulah HP ini dibekali dengan kemampuan pengisian daya cepat 44 W yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 69% dalam waktu 30 menit.

Kemampuan pengisian tersebut (atau yang biasa disebut fast charging) ternyata alami peningkatan dibandingkan vivo V21e dan vivo 21 yang hanya dibekali daya pengisian 33 W. Kendati begitu sebenarnya peningkatan di dunia nyata tidak begitu signifikan.

Lantas, apakah klaim 69% dalam waktu 30 menit sesuai dengan praktek nyata? Kami melansir dari sebuah video pengujian di YouTube yang diunggah Infofull.

Nyatanya ketika dicas selama 30 menit menggunakan adapter bawaan 11V/4A, daya yang diisi hanyalah 52%. Ya, sedikit lebih rendah dari yang diklaim perusahaan, namun tetap sebuah pengalaman yang cepat di harganya. Sedangkan untuk meraih 100%, membutuhkan waktu sekitar 70 menit.

Lain lagi dengan hasil pengujian yang dilakukan GadgetIn yang mengungkapkan bahwa vivo V23e akan meraih baterai 66% saat diisi selama 30 menit menggunakan casan bawaan 44 W.

Adapun untuk pengisian dari nol hingga full, David GadgetIn menuturkan butuh waktu satu jam (60 menit) pengisian. Ya, hasilnya memang bisa beda-beda tergantung dari kondisi penggunaan, salah satunya seperti tingkatan brightness yang digunakan.

vivo V23e yang mengemas daya pengisian 44 W ini dinilai lebih unggul dibanding salah satu rivalnya, yakni Samsung Galaxy A71 dengan daya 25 W saja. Kendati begitu, vivo V23e ini memang masih kalah dibandingkan POCO X3 GT yang mengemas fast charging 67 W.

6. Dapur Pacu Helio G96 yang Cukup Gahar + Extended RAM

helio g96Sumber: realme

Hadir di rentang harga 4 jutaan, vivo V23e ini memiliki kemampuan dapur pacu yang berdaya saing. Ponsel ini menawarkan SoC (System-on-Chip) berupa MediaTek Helio G96 yang masih terbilang baru saat vivo V23e dirilis.

Ia merupakan versi yang sedikit lebih unggul ketimbang Helio G95 yang performanya sudah teruji pada ponsel-ponsel mid-range ternama, sebut saja realme 8 dan juga Infinix Zero X Pro.

Dari spesifikasinya, Helio G96 sama sekali tidak berubah dibanding Helio G95, sama-sama membawakan konfigurasi octa-core yang mencakup dua unit bertenaga berupa ARM Cortex A76 (2.05 GHz) dan juga enam unit efisiensi yang dinamakan ARM Cortex A55 (2.0 GHz).

Banyak yang mengira Helio G96 lebih baik dari segi pengalaman grafis, walau nyatanya ia justru hadir dengan GPU berupa Mali G57 MC2 yang tenaganya lebih rendah dibanding Mali G76 pada Helio G95. Dari segi frekuensi GPU-nya pun, Helio G96 hanya berada di angka 850 MHz, sedikit lebih rendah dari Helio G95 di angka 900 MHz.

Kendati GPU-nya mengalami penurunan performa, namun Helio G96 mendukung resolusi kamera hingga 108 MP, serta memiliki dukungan juga terhadap layar Full HD+ yang sekaligus menawarkan refresh rate 120 Hz.

Chipset yang dibangun pada proses fabrikasi 12 nanometer tersebut memiliki skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 341 ribuan, dengan skor Geekbench 5 yang mencapai 543 (single core) dan 1890 (multi-core). Begitulah yang dilansir dari NanoReview.net.

Jika dilihat-lihat, performanya ini setara dengan Snapdragon 730G (skor AnTuTu v9 sebesar 331 ribuan) atau 720G (336 ribuan). Artinya, secara teknis Helio G96 bisa dibilang sedikit lebih unggul dibandingkan mayoritas HP 4 jutaan lainnya. Tapi performa secara real pasti tidak akan begitu terasa bedanya, sih.

Yang akan membedakan performa HP ini dengan para pesaingnya bukan hanya chipset melainkan juga konfigurasi RAM-nya. Diketahui, vivo V23e menghadirkan RAM sebesar 8 GB LPDDR4x dan memori internal berkapasitas 128 GB berjenis UFS 2.1.

Ditambah lagi, vivo V23e juga mengusung teknologi Extended RAM yang dapat mengalokasikan 4 GB dari memori intenal sebagai tambahan RAM virtual. Sehingga, perangkat pun jadi bisa membuka 25 aplikasi sekaligus dalam sekali waktu.

Dalam hal pengalaman game, vivo V23e ini dapat menunjang permainan seberat Genshin Impact dengan cukup lancar. GadgetIn menuturkan kalau frame rate terendah yang bisa didapatkan saat bermain adalah 28 FPS. Memang bukan pengalaman yang terbaik, namun setidaknya Anda tidak akan menemukan lag atau stutter yang game-breaking banget.

7. Konektivitas Cukup Lengkap

NFC

vivo V23e yang hadir secara resmi di Indonesia memiliki konektivitas yang cukup lengkap, termasuk salah satunya NFC Multifunctions yang dapat digunakan untuk mengecek saldo eMoney ataupun eToll hanya dengan menempelkan kartu ke bodi HP.

Selain itu, NFC pada vivo V23e juga berfungsi untuk menduplikasi kartu akses pintu apartemen atau kantor. Sehingga, Anda tinggal perlu menempelkan ponsel ke scanner setiap kali hendak buka pintu tanpa harus melulu bergantung dengan kartu yang aslinya. Asyik, bukan?

Selain NFC, vivo V23e turut dilengkapi dengan Bluetooth 5.2 yang dapat menunjang transmisi aksesoris audio nirkabel dengan optimal, serta WiFi Dual Band pada protokol 802.11 a/b/g/n/ac. Namun sayangnya, perangkat ini tidak dibekali dengan port 3.5 mm jack audio, sehingga Anda harus siapkan adapter setiap kali mau gunakan earphone kabel.

Kekurangan vivo V23e

Terlepas dari beragam kelebihannya, vivo V23e memang memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kalah saing ketimbang rival-rivalnya.

1. Kapasitas Baterai yang Kurang Kompetitif

vivo v23e baterai

Di tahun 2021, begitu banyak produsen smartphone yang hadirkan kapasitas besar pada ponselnya. Baik itu dari rentang entry-level, menengah, hingga kelas atas, tampaknya semua sudah ditopang dengan kapasitas baterai 5000 mAh. Namun anehnya, vivo V23e masih dibekali dengan baterai 4.050 mAh.

Imbasnya, vivo V23e pun tentu tidak akan sebaik perangkat kelas 4 jutaan lainnya yang baterainya berkapasitas besar-besar. Tampaknya, vivo sengaja hadirkan baterai kecil demi memberikan bodi yang lebih ringkas.

Dan karena ia tidak menghadirkan refresh rate tinggi, alhasil ketahanan baterainya pun tetap terbilang baik secara keseluruhan. Baik, namun tidak sebaik POCO X3 GT ataupun POCO X3 Pro dengan baterai sekitar 5000-an mAh. Bahkan saat dibandingkan dengan Samsung Galaxy A71 (4500 mAh) pun, vivo V23e tetap kalah.

2. Tanpa Stereo Speaker

tanpa stereo speaker vivo v23e

Seorang pecinta film tentu tak hanya menilai sebuah pengalaman berdasarkan visualnya saja, melainkan juga dari audionya. Terlepas dari tidak adanya keluhan soal kualitas layarnya, vivo V23e sayangnya terbilang kalah saing dari segi speaker.

Pasalnya, ponsel besutan vivo tersebut memang belum menawarkan stereo speaker alias speaker ganda, masih sediakan satu speaker saja di bagian bawah bodi. Jelas saja, kualitas pengalaman audionya tidak akan sebaik ponsel yang gunakan dual speaker.

Setidaknya speaker vivo V23e ini sudah dibekali dengan Hi-Res Certification yang membuat kualitas audio jadi lebih kaya dan jernih.

3. Hanya Membawakan Refresh Rate Standar

vivo v23e refresh rate 60 hz

Layar pada vivo V23e tergolong bagus di harganya karena menggunakan panel AMOLED, sehingga lebih nyaman saat dipakai menonton ataupun konsumsi konten secara berkala. Akan tetapi, kalau soal kinerja layar saat dipakai scrolling, ia hanya andalkan laju penyegaran 60 Hz konvensional saja.

Hampir semua ponsel 4 jutaan yang dirilis pada 2021 sudah mengantongi refresh rate tinggi, minimal 90 Hz apabila bukan 120 Hz. Dengan hanya andalkan 60 Hz biasa, baterai pun bisa lebih terjaga. Namun hal ini berimbas pada pengalaman scrolling yang terasa kurang mantap di mata ketimbang RR tinggi.

Ini pun membuat vivo V23e tampak seperti kurang up-to-date dalam hadirkan teknologi terkini. Seolah membuatnya seperti ponsel keluaran 2020 yang memang refresh rate tinggi belum begitu menjamur di kelas harga menengah.

Simpulan

vivo V23e memang bukan untuk semua orang. Ya, ia memang hadirkan performa yang lumayan, namun tetap masih ada yang lebih baik di harga 4 jutaan. Contohnya saja seperti POCO X3 GT dengan chipset Dimensity 1100 atau POCO X3 Pro dengan Snapdragon 860.

Bagaimana dengan segi layar? Well, panel AMOLED membuatnya tampak decent. Namun absennya refresh rate membuatnya sungguh terdengar so last year, alias tidak menghadirkan inovasi terkini sebagaimana kebanyakan pesaingnya.

Nah, barulah dari segi kamera selfie, vivo V23e pastinya merupakan salah satu yang terbaik (jika memang bukan yang terbaik). Hadirnya resolusi kamera 50 MP di depan merupakan sebuah game-changer bagi kreator konten ataupun vlogger. Kini, hasil foto kamera depan bisa tampil dengan kualitas setara dengan kamera belakang.

Jadi, apakah Anda termasuk salah satu orang yang merupakan target audiens dari vivo V23e? Apa yang Anda sukai dari HP seharga Rp4.399.000,- ini? Bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram