10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20s G

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Ada ponsel menarik dari vivo yang masuk ke pasaran, Y20s [G]. Atau mari sebut saja Y20s G saja. Ponsel ini bisa dibilang melengkapi vivo Y20 series yang terdiri dari vivo vivo Y20 dan vivo Y20s. Kedua ponsel ini punya perbedaan spesifikasi seperti perbedaan kapasitas RAM dan memori internal

Hal yang sama juga terjadi pada Y20s G. Ponsel ini punya perbedaan dengan vivo Y20 dan vivo Y20s.Harga jualnya pun cukup beda, yakni kisaran Rp2,5 juta. Lantas, seperti apa Y20s G?Untuk tahu jawabannya, yuk baca artikel tentang kelebihan dan kekurangan vivo Y20s G berikut ini.

Spesifikasi vivo Y20s G

Vivo Y20s G
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan vivo Y20s G

Punya harga yang lebih murah dari vivo Y20s, mampukah vivo Y20s G menarik minat para fans vivo? Berikut adalah beberapa kelebihannya yang patut Anda pertimbangkan.

1. Chipset Gaming di Kelas Harganya

vivo Y20s G

Harus diakui, kehadiran chipset Mediatek seri G membuat banyak produsen ponsel melirik untuk memakai chipset tersebut. Hal itu pula yang dilakukan vivo dengan vivo Y20s G, yakni hadirkan dapur pacu MediaTek Helio G80.

MediaTek Helio G80 merupakan System-on-chip yang mengusung CPU Octa-core terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang memiliki clock spead 1,8 GHz. Di bagian pengolah grafis, chipset ini hadirkan tampilan grafis yang maksimal berkat dukungan dari GPU Mali-G52 2EEMC2.

Sokongan Helio G80 ini membuat pengalaman bermain gim di vivo Y20s G tergolong menarik. vivo sendiri mengklaim jika penggunaan chipset ini dapat menawarkan kemampuan daya 98% lebih besar, kualitas gambar lebih tinggi, dan kinerja lebih kuat dari seri terdahulunya, yakni vivo Y20 dan vivo Y20s.

vivo Y20s G hadir sebagai ponsel dengan kemampuan prosesor untuk mendukung berbagai hiburan dan gim. Selain itu, ponsel ini dilengkapi fitur Teknologi HyperEngine Game. Teknologi ini dapat menghadirkan manajemen dinamis pada CPU, GPU dan memori, sehingga performa ponsel lebih stabil.

Jika dibandingkan dengan vivo Y20 dan vivo Y20s, skor Antutu vivo Y20s Gtergolong tinggi. Ponsel vivo Y20 dan vivo Y20s memiliki skor Antutu 149.824 sementara vivo Y20s G memiliki skor 180.990. Itu artinya, performa Y20s G 20,8% lebih optimal.

Ponsel vivo Y20 dan vivo Y20s sendiri hadir dengan Qualcomm Snapdragon 460. Kedua ponsel pintar tersebut menggunakan teknologi fabrikasi 11 nano meter terdiri dari CPU Octa-core dengan konfigurasi 4 inti Kryo 240 Gold yang memiliki clock spead 1,8 GHz dan 4 inti Kyro 240 Silver yang berlari dengan kecepatan 1,6 GHz. Untuk pengolah grafisnya, hadir GPU Adreno 610.

2. Sokongan RAM dan St0rage Oke untuk Kelas Harganya

vivo Y20s G

Jika dibandingkan dengan  vivo Y20s yang punya RAM 8 GB, vivo Y20s G hanya punya RAM 4 GB. Namun, hal ini bukan masalah besar karena dengan RAM 4 GB, kemampuan ponsel masih tergolong mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan secara bersamaan.

Yang patut diapresiasi, vivo Y20s G masih mempertahankan storage  128 GB yang tentunya bakal berguna untuk menyimpan data dan menginstal aplikasi. Selain itu, vivo Y20s G punya slot  tiga kartu yang mendukung ekspansi memori hingga 1TB, sehingga semua musik, film, foto, dan video kesayangan Anda tersimpan dengan mudah tanpa khawatir cepat kehabisan memori.

3. Layar yang Tergolong Lebar

vivo y20s layar

Pada ponsel vivo Y20s G memiliki dimensi dan spesifikasi layar yang sama dengan vivo Y20s.  Ponsel ini hadir dengan layar 6,51 inci yang berjalan pada aspek rasio 20:9. vivo sendiri mengklaim jika layar ponsel ini dapat menghasilkan kualitas warna yang lebih baik berkat tampilan yang dipadukan dengan teknologi In-Cell terbaru.

Se;ain itu, Ultra All Screen ini pun dapat melindungi mata penggunanya dari bahaya sinar biru berkat kehadiran mode Eye Protection. Melakukan scrolling di YouTube, bermain game, dan menonton drakor kesukaan kini bisa dilakukan dengan lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah.

4. Baterai Tahan Lama

vivo y20 baterai

Satu hal yang perlu diapresiasi dari seri vivo Y20 series adalah kapasitas baterainya yang besar, termasuk vivo Y20s G. Seri ponsel ini hadirkan baterai  5.000 mAh yang menggunakan tipe baterai LiPo. Tipe baterai yang dipasang adalah abterai yang tidak bisa dilepas. Cukup standar untuk HP  Rp2 jutaan.

Dengan sokongan chipset Helio G80 dengan fabrikasi 12 nm, tentunnya Anda bisa memperhitungkan kalau vivo Y20s  Gtidak kalah saing dengan ponsel lain dalam hal ketahanan baterai, termasuk tipe ponsel dengan chipset, layar, dan bateria berkapasitas yang sama.

Terlebih, vivo hadirkan  dukungan teknologi AI yang bisa membuat baterainya bisa sangat irit. Bahkan, vivo mengklaim jika baterai ponsel ini bisa bertahan selama 20 jam saat menonton film HD, atau bermain gim yang butuh daya besar selama 8jam. Untuk pemakaian normal, umumnya baterai 5000 mAh pasti bisa bertahan dari pagi sampai malam.

5. Pemindai Sidik Jari dan Face Unlock Responsif

vivo y20s pemindai sidik jari

Saat ini, Anda dan sebagian besar pengguna ponsel memakai sistem keamanan tidak lagi mengetikkan kata kunci pada layar atau menorehkan pattern yang berbelit-belit Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur lebih praktis yaitu sensor pemindai jari yang umumnya ada di bagian belakang ponsel ataupun di layar.

Namun, sensor sidik jari di layar hanya berlaku pada ponsel dengan panel AMOLED. Ponsel dengan panel IPS tidak memungkinkan menghadirkan sensor sidik jari di lyar.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram