Carisinyal / Vivo 2020 / Wajib Tahu, Ini Dia Perbedaan Vivo Y20, Y20i, dan Y20s!

Wajib Tahu, Ini Dia Perbedaan Vivo Y20, Y20i, dan Y20s!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Vivo sebagai salah satu merk ponsel yang cukup dikenal di Indonesia, telah merilis tiga HP sebagai anggota vivo Y20 series. Yang pertama tentu ada vivo Y20, lalu ada vivo Y20i yang dianggap sebagai “versi ringan”-nya, dan terakhir adalah vivo Y20s.

Kalau dilihat sekilas memang sulit untuk mengetahui perbedaan ketiga ponsel tersebut. Tapi, nyatanya memang ada spesifikasi teknis yang membuat vivo Y20s dibandingkan yang lain. Mau tahu perbedaan selanjutnya? Simak beberapa poin perbedaan vivo Y20 series berikut ini.

Spesifikasi vivo Y20

vivo Y20

  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi vivo Y20s

  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi vivo Y20i

vivo Y20i

  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan vivo Y20, Y20s, dan Y20i

Si trio kembar ini memang terasa seperti tiga HP yang sama. Untuk itu, perlu pengamatan lebih jeli untuk bisa tahu perbedaan antara vivo Y20, Y20i, dan Y20s, seperti yang berikut ini.

1. Varian RAM dan Memori Internal

vivo y20 ram dan memori internal

Yang membedakan ketiga ponsel vivo Y20 series ini adalah besaran RAM dan kapasitas memori internalnya. Pertama-tama, model yang paling ringan adalah vivo Y20i yang menawarkan RAM 3 GB saja dengan memori internal 64 GB.

Lanjut ke varian vivo Y20, di perangkat ini Anda bisa menemukan RAM dan memori internal yang lebih besar lagi, yakni 4 GB RAM dan 64 GB. Nah, vivo Y20 inilah yang terasa lebih sesuai standar 2020 untuk HP entry-level. Karena, untuk bisa menikmati kegiatan sehari-hari dengan lancar, RAM 4 GB memang terbilang lebih cocok ketimbang 3 GB.

Kemudian, varian teratasnya adalah vivo Y20s yang memang menjadikan kapasitas memori internal dan RAM sebagai sorotan utamanya. Bagaimana tidak? Untuk sekelas HP Rp3 jutaan, vivo Y20s yang punya memori internal 128 GB dan RAM hingga 8 GB sungguh membuatnya worth it untuk dibeli.

2. Harga

vivo y20s hdplus

Perbedaan berikutnya adalah harga yang dibanderol pada masing-masing ponsel. Yang paling murah di antara ketiganya adalah vivo Y20i. Saat pertama dirilis di India, HP ini dilepas dengan harga $155 atau sekitar Rp2,2 juta. Sedangkan, vivo Y20 reguler sedikit lebih mahal di harga $175 atau sekitar Rp2,5 jutaan.

Adapun vivo Y20s yang hadir dengan RAM dan memori internal berkapasitas bongsor punya harga yang jauh di atasnya, yakni Rp3,1 jutaan. Ini jelas menunjukkan kalau vivo Y20s memang lebih menawarkan value yang tinggi, terlepas ketiganya sungguh terasa kembar luar dan dalam.

3. Desain Bodi

vivo y20s desain bodi

Hampir tidak ada satupun yang bisa membedakan tampilan dari ketiga ponsel ini, kecuali dari varian warnanya. Pasalnya, baik vivo Y20, Y20i, maupun Y20s sama-sama menggunakan desain layar berponi dengan ukuran diagonal 6,51 inci pada resolusi HD Plus.

Begitu pun dengan modul kamera belakang yang disusun secara vertikal memanjang ke bawah, hingga ke corak dan tulisan “vivo” di pojok kiri bawah.

Kendati demikian, ketiganya ini punya warna yang berbeda-beda. Seperti vivo Y20i misalnya yang tidak menawarkan warna hitam, tapi punya pilihan warna Dawn White seperti putih susu dan juga Nebula Blue yang memadukan biru dan ungu.

Sedangkan, warna biru di vivo Y20s diganti dengan Purist Blue yang lebih muda atau soft, bersamaan dengan warna hitam Obsidian Black. Terakhir adalah vivo Y20, menghadirkan warna Nebula Blue dan juga Dawn White.

Persamaan vivo Y20, Y20i, dan Y20s

Sebenarnya, ketiga ponsel ini lebih banyak kesamaannya ketimbang perbedaannya. Nah, mau tahu apa saja persamaannya yang paling layak disorot? Berikut adalah poin-poin persamaan yang bisa Anda simak.

1. Chipset

oppo a53 snapdragon 460

Baik vivo Y20, vivo Y20i, dan vivo Y20s sama-sama menghadirkan chipset dari Qualcomm, yakni Snapdragon 460. Apakah chipset ini sudah layak berada di ketiga ponsel ini? Untuk vivo Y20 dan vivo Y20i, penggunaan Snapdragon 460 masih dimaklumi. Ini adalah SoC yang banyak dimiliki oleh ponsel seharga Rp2 jutaan, termasuk OPPO A53 yang pertama kali menggunakan chipset ini.

Memiliki peningkatan performa cukup signifikan dari Snapdragon 450, SoC Qualcomm yang satu ini rasanya tidak cocok untuk berada di balik cangkang vivo Y20s. Pasalnya, HP ini harganya sudah di rentang Rp3 jutaan dan sebaiknya memakai chipset lebih bertenaga agar tidak kalah saing dengan para kompetitor di harga yang sama.

2. Kamera

vivo y20s kamera

Trio vivo Y20 ini punya konfigurasi Triple Camera dengan resolusi yang sama. Di belakangnya ada modul kamera vertikal yang merumahi lensa utama 13 MP, lensa 2 MP makro, dan terakhir lensa 2 MP sensor kedalaman.

Sementara itu, di bagian depannya tersemat kamera selfie yang menghiasi poni tetesan air, memiliki resolusi 8 MP. Ketiga ponsel ini terbilang cukup mampu untuk menghasilkan gambar berkualitas di kelas entry level. Sementara itu, di bagian fitur perekamannya, tiga ponsel ini mendukung resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS.

3. Baterai

vivo y20s fast charging

Ketahanan baterai ketiga ponsel ini juga sama, memiliki kapasitas baterai besar yakni 5.000 mAh. Dan menariknya lagi, ketiganya juga sama-sama dibekali dengan fitur fast charging 18 W yang bisa mempercepat pengisian daya.


Walau begitu, ternyata port pengisian dayanya masih menggunakan microUSB yang biasanya hanya ditemukan pada HP di harga Rp1 jutaan. Untuk vivo Y20 dan vivo Y20i hal ini mungkin masih terasa wajar, berbeda dengan vivo Y20s. Sungguh sebuah kekurangan yang disayangkan mengingat harga vivo Y20s yang lebih tinggi, ternyata tidak membuatnya menghadirkan USB tipe-C.

4. Ukuran Layar dan Dimensi Bodi

vivo y20s layar

Untuk dapat memenuhi kebutuhan menonton yang baik, layar ketiga HP ini punya ukuran cukup besar yakni 6,51 inci. Meski begitu, sayang resolusinya hanyalah HD Plus padahal ponsel lain di harga Rp2 jutaan sudah cukup banyak yang sudah Full HD Plus.

Persamaan ukuran layar ini berlanjut pada persamaan dimensi bodi, di mana ketiganya memiliki ukuran 164.4 x 76.3 x 8.4 mm dengan bobot sebesar 192,3 gram. Ya, setidaknya bobotnya terbilang ringan sehingga nyaman digenggam berlama-lama.

Simpulan

Itu tadi beberapa perbedaan dan juga persamaan dari vivo Y20, vivo Y20i, dan juga vivo Y20s. Hampir tidak ada yang berbeda kecuali dari harga, kapasitas RAM dan memori internal, dan juga varian warnanya.

Tapi kalau mau dicari yang mana di antara ketiganya yang paling menonjol, kami akan mengatakan vivo Y20s (bisa dibeli di link ini seharga Rp3 jutaan). Soalnya, dari harganya saja terlampau lebih tinggi dan menawarkan kapasitas RAM dan memori internal yang berdaya saing tinggi di pasar harga Rp3 jutaan.

Sementara, antara vivo Y20 dan Y20i perbedaannya sangat sedikit. Malah, hampir bisa dikatakan keduanya merupakan ponsel yang sama. Anda bisa beli vivo Y20 melalui link ini atau bawa pulang vivo Y20i di sini. Jadi, ingin membeli yang mana? Pastikan Anda menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *