carisinyal web banner retina

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 23 September 2021

Pada Agustus 2021, vivo mengeluarkan ponsel kelas menengah baru dengan harga terjangkau. Nama ponsel tersebut adalah vivo Y21. Ponsel ini diposisikan sebagai penerus dari vivo Y20 yang dirilis pada Agustus 2020. Ia juga merupakan penyempurna dari vivo Y20 2021.

Dalam terminologi vivo, seri Y adalah ponsel yang dirancang untuk mengejar price to value tinggi. Oleh sebab itu, jajaran ponsel seri Y umumnya memiliki harga terjangkau, tetapi fitur-fiturnya sudah lebih dari cukup buat sebuah smartphone.

vivo Y21 pun patuh terhadap kriteria tersebut. Hanya saja, konsumen tentu akan selalu mempertanyakan apa saja inovasi dan perubahan yang diberikan pada sebuah produk baru, sehingga membuatnya berbeda dari generasi sebelumnya.

Untuk itulah Carisinyal menyajikan artikel perbedaan vivo Y20 dan vivo Y21 ini. Melalui artikel ini, Anda akan tahu perbedaan kedua ponsel baik secara penampilan maupun apa yang terkandung di dalamnya. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, silakan simak pembahasan dimulai dari sajian spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut.

Spesifikasi vivo Y20

vivo Y20
  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,51 inci, HD+
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi vivo Y21

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 2
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,51 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Perbedaan vivo Y20 dan vivo Y21

Setelah menyimak spesifikasi utama yang ada di atas, Anda tentu sudah menandai apa saja sektor yang membedakan vivo Y20 dan vivo Y21. Karena itu, kita cocokkan saja dengan apa yang kami temui dalam pembahasan berikut.

1. Desain

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 4Sumber: vivo.com

Anda akan mengetahui dengan cepat mana yang vivo Y20 dan mana yang vivo Y21 setelah melihat masing-masing penutup belakang. Ya, karena vivo mendesain penutup belakang kedua ponsel secara berbeda. Untuk vivo Y20, penutup belakangnya memiliki kilauan yang khas.

Efek kilauan tersebut muncul dari modul kamera belakangnya dan menyebar ke segala arah. Kemunculan efek ini tidak lepas dari pilihan warna yang diberikan, yaitu Nebula Blue dan Dawn White.

Di lain pihak, penutup belakang vivo Y21 tidak kalah keren. Untuk varian warna Midnight Blue, ia punya dua kepribadian. Pertama, ia punya kesan kalem karena vivo melapisinya dengan lapisan antisilau (AG) berwarna biru gelap. Kedua, ia tampak indah karena ada bagian yang berkilau di tengah-tengah permukaan yang gelap.

Sementara itu, untuk varian Diamond Glow, sensasinya seperti penutup belakang vivo Y20 yang cemerlang. Namun, ia punya ornamen seperti potongan berlian yang mengisi seluruh bagian.

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 6Sumber: vivo.com

Perbedaan mengenai desain berlanjut pada bentuk modul kamera belakang. Untuk vivo Y20, modul kamera belakangnya berbentuk persegi panjang dan berkelir hitam. Lensa kamera ditata satu baris, dengan lampu flash di posisi paling belakang.

vivo Y21 lain dari kakaknya itu. Ia memakai modul hitam dengan bentuk yang lebih mengotak. Lingkaran lensa ditata secara bertumpuk dengan formasi 1-2. Di bagian bawah modul ada kompartemen terpisah yang warnanya selaras dengan penutup belakang. Di situlah tempat lampu flash berada.

Lanjut ke bagian rangka, jika vivo Y20 memakai rangka melengkung, vivo Y21 menggunakan rangka datar. Walau begitu, kedua rangka kedua ponsel sama-sama disambung dengan kaca lengkung 2,5D yang mengisi bagian depan HP.

Gaya layar kedua HP pun sama, menganut desain ala tetesan air. Lalu, apakah masih ada bagian yang membedakan kedua ponsel? Ada, bagian itu adalah dimensi dan bobot.

vivo Y20 memang sudah masuk kategori nyaman dipegang karena tidak terlalu lebar dan cukup tipis. Ukurannya yakni 164,4 x 76,3 x 8,4 mm. Bobotnya pun tidak terlalu berat: 192,3 gram. Namun, vivo Y21 ternyata lebih kompak dan lebih ringan dengan dimensi 164,3 x 76,1 x 8 mm, serta bobotnya 182 gram saja.

2. Chipset

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 8Sumber: vivo.com

Sektor dapur pacu kedua HP ditenagai oleh chipset yang berbeda. vivo Y20 mengandalkan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 460. Sementara itu, vivo Y21 memakai chipset bikinan MediaTek, yakni Helio P35.

Snapdragon 460 merupakan chipset delapan inti keluaran Januari 2020 yang dibikin melalui fabrikasi 11 nm. Di dalam chipset ini terdapat dua klaster CPU. Klaster pertama adalah empat inti Kryo 240 Gold (1,8 GHz), sedangkan klaster kedua adalah empat inti Kryo 240 Silver (1,8 GHz).

Kryo 240 Gold merupakan modifikasi dari Cortex A73, sedangkan Kryo 240 Silver dibuat berdasarkan arsitektur asli Cortex A53. Adapun Snapdragon 460 didukung GPU (prosesor grafis) Adreno 610 (600 MHz).

Sementara itu, Helio P35 memiliki delapan inti CPU berbasis Cortex A53. Empat inti di antaranya disetel pada frekuensi 2,35 GHz, sedangkan empat inti sisanya maksimal melaju pada frekuensi 1,8 GHz. Delapan inti CPU tersebut diikat dengan beberapa komponen lain, seperti GPU Power VR GE8320 (680 MHz), via fabrikasi 12 nm.

Jika melihat clockspeed-nya saja, Helio P35 tentu lebih tinggi. Namun, chipset yang dirilis pada Desember 2018 ini tertinggal dari segi teknologi. Hal itu terlihat dari tidak adanya arsitektur Cortex A7x yang biasanya dipakai buat inti CPU berperforma tinggi.

Cortex A53 dengan clockspeed lebih tinggi akan kalah dari Cortex A73 dengan clockspeed yang lebih rendah. Alasannya, Cortex A73 punya IPC (Instruction per Clock) lebih tinggi. IPC sederhananya adalah jumlah tugas yang bisa diselesaikan sebuah inti CPU dalam setiap MHz.

Skor benchmark sintetis AnTuTu 8 dapat memberi gambaran lebih jelas. Mengutip situs NanoReview, Snapdragon 460 memiliki skor AnTuTu 8 146.855, 51% lebih tinggi daripada Helio P35 (97.311).

3. Kamera

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 10Sumber: vivo.com

vivo Y20 dibekali dengan tiga kamera belakang. Tiga kamera itu terdiri atas kamera utama 13 MP, f/2.2; kamera makro 2 MP, f/2.4; dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4. Jumlah kamera ini lebih banyak ketimbang vivo Y21 yang hanya memiliki dua biji kamera belakang.

Ya, vivo Y21 tak punya sensor kedalaman. Sementara itu, kamera utama dan kamera makro yang ia miliki punya spesifikasi yang sama dengan vivo Y20.

Untuk kamera depan, vivo Y20 dan vivo Y21 sama-sama memiliki kamera swafoto beresolusi 8 MP. Hanya saja, milik vivo Y20 sedikit lebih unggul karena bukaannya lebih besar, yaitu f/1.8. Milik vivo Y21 hanya f/2.0.

4. Konfigurasi Memori

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 12Sumber: vivo.com

vivo Y20 yang diluncurkan secara resmi di Indonesia memiliki konfigurasi memori 3 GB RAM dengan storage 64 GB. Konfigurasi ini tertinggal dari vivo Y21 yang varian tertingginya memiliki 4 GB RAM plus memori internal 128 GB. Ada juga varian lain dengan 4 GB RAM dan penyimpanan internal 64 GB.

Lebih keren lain, vivo Y21 sudah mendukung teknologi extended RAM yang memungkinkan ponsel mengubah sebagian ruang di dalam memori internal untuk difungsikan sebagai RAM. Fitur ini membuat RAM vivo Y21 bertambah 1 GB, sehingga secara teori ia punya RAM 5 GB.

Adapun kedua ponsel punya slot microSD khusus untuk meningkatkan ruang penyimpanan. Bedanya, kartu microSD paling besar yang bisa dipasang pada vivo Y20 adalah 256 GB, sedangkan vivo Y21 adalah 1 TB.

5. Port dan Sensor

Melihat 5 Perbedaan HP vivo Y20 dan vivo Y21 Lebih Jauh 14Sumber: vivo.com

Kedua HP dengan konektivitas 4G ini ternyata memiliki port yang berbeda. Satunya memakai USB C, sedangkan yang lain masih menggunakan microUSB. Yang memakai USB C adalah vivo Y21. Dengan demikian, pengguna vivo Y21 tak perlu khawatir akan salah colok seperti ketika menggunakan vivo Y20.

Kemampuan USB C untuk bisa dicolok terbalik tentu saja membuat usia pakainya jauh lebih panjang ketimbang microUSB. Masalah port selesai, mari kita beranjak ke perihal sensor.

Kedua HP sebetulnya sudah mengantongi sensor-sensor penting yakni sidik jari (samping), akselerometer, cahaya, proksimitas, dan kompas. Namun, vivo Y21 lebih lengkap karena memiliki sensor giroskop fisik, bukan lagi sensor giroskop virtual seperti vivo Y20.

Sensor giroskop fisik lebih akurat dan responsif dalam menentukan arah. Pemain game PUBG Mobile pun dapat memanfaatkan sensor ini untuk mengarahkan karakter dan membidik lawan sebelum menembak.

Simpulan

vivo Y21 dirancang sebagai ponsel dengan penampilan dan isi yang berbeda. Ia punya desain, kamera, chipset, memori, port, dan sensor yang tidak sama dari pendahulunya, vivo Y20. Hanya saja, tidak setiap perbedaan yang diberikan merupakan peningkatan.

Yang paling krusial tentu saja soal chipset. vivo sepertinya sengaja mengorbankan sisi chipset demi memberikan pengalaman yang lebih baik pada sektor lain. Kalau menurut Anda, apakah perubahan yang ada pada vivo Y21 merupakan hal positif? Lalu, apakah seseorang sebaiknya memilih vivo Y20 saja meski vivo Y21 sudah ada?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram