carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 23 September 2021

Pada akhir Agustus 2021, vivo Y21 dirilis di pasar smartphone India. Masih dengan rentang harga entry level, vivo benar-benar harus suguhkan penawaran unggul jika ingin vivo Y21 laku keras di pasaran.

Pasalnya, persaingan di kelas harga ini begitu ketat. Terlebih jika vivo Y21 harus diadukan dengan para petangguh Xiaomi seperti Redmi 9T, Redmi 10, ataupun Redmi Note 10.

Di sisi lain, Infinix juga telah hadirkan beragam kelebihan unik yang tidak dimiliki pesaingnya seperti ukuran layar super jumbo serta chipset yang gahar. Mampukah vivo Y21 mengalahkan HP-HP tersebut?

Apa saja kelebihan yang ditawarkan vivo Y21 yang membuatnya layak dilirik ketimbang para pesaingnya? Untuk menjawabnya, simak kelebihan dan kekurangan vivo Y21 berikut ini.

Spesifikasi vivo Y21

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 1
  • Rilis: Agustus, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,51 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan vivo Y21

Punya budget terbatas tetap bisa memiliki HP vivo yang berkualitas. Namun apakah kelebihan-kelebihan HP ini cukup layak untuk membuat Anda tertarik? Simak beberapa poin kelebihan di bawah ini.

1. Desain Bodi Belakang yang Premium

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 3

vivo Y21 hadir dengan desain yang memukau, memiliki ketebalan hanya 8 mm dan menawarkan bobot ringan untuk kemudahan saat dibawa ke mana-mana. Beratnya yang hanya 182 gram menjadikannya salah satu ponsel yang ringan di kelas harga entry level.

Bukan itu saja, keberadaan modul kamera yang simpel dan tidak neko-neko menjauhkan kata "norak" dari desain HP 2 jutaan tersebut. Desain HP mengusung teknik AG Coating yang membuatnya tampak berkilau, menyuguhkan warna biru yang begitu gelap pada varian warna Midnight Blue.

Bagi pengguna yang seringkali berpergian ke pesta, bisa memilih varian warna Diamond Glow yang memberikan corak berlian dengan balutan nuansa putih yang cemerlang.

Ponsel yang ramping ini dihadirkan dengan form factor berupa bingkai 2.5 D yang berestetika dan modis. Jika Anda merupakan seorang fashionista sejati, tampilan ponsel ini bisa membuat Anda terpana.

Bila kita berkaca pada sebagian ponsel 2 jutaan dari brand lain, sungguh sulit menemukan desain bodi sebagus vivo Y21. Hal ini membuatnya tampak seperti ponsel kelas atas dan premium tanpa harus menuntut calon konsumen merogok kantong dalam-dalam.

2. Baterai 5.000 mAh yang Langgeng

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 5

Sebagai ponsel yang menggunakan layar IPS LCD, vivo Y21 turut dibekali dengan baterai berukuran besar agar tetap tahan lama meski layarnya tidak hemat daya.

Baterai 5.000 mAh adalah kapasitas terbesar yang dimiliki mayoritas ponsel Rp2 jutaan. Meski tidak seperti Redmi 10 Prime yang suguhkan 6.000 mAh, pengguna tetap dipastikan akan dapat masa pakai selama seharian penuh atau bahkan hingga hari kedua pada satu siklus pengecasan.

Dilansir dari Notion Hub, penggunaan ponsel saat bermain game PUBG M selama 16 menit hanya memakan baterai sebesar 4 persen. Ini artinya kemungkinan ponsel akan kuat menunjang kegiatan gaming selama kurang lebih 5 jam. Sebuah performa baterai yang cukup awet.

Ponsel juga hadir dengan kemampuan fast charging 18 W pada port pengisian USB Type-C. Memang bukan besaran daya yang terhitung cepat, namun mayoritas HP 2 jutaan memiliki fast charging serupa.

3. Hadir dengan Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 7

vivo Y21 menghadirkan sensor sidik jari di samping alih-alih di belakang. Ada sebuah kelebihan dari lokasi fingerprint scanner di samping bodi, yakni tidak akan "mengotori" sisi estetika saat dilihat dari belakang.

vivo Y21 memang dirancang untuk memberikan tampilan bodi yang premium dan ringkas, membuatnya terlihat memiliki banderol harga yang berlipat-lipat lebih mahal.

Seperti fitur sensor pemindai sidik jari pada umumnya, pengguna bisa menginputkan lebih dari satu jari ke dalam sistemnya. Anda pun dapat memilih apakah hanya akan menggunakan sensor saat membuka layar saja atau sekaligus untuk membuka aplikasi dan mengakses hal-hal privasi lainnya.

Sensor di samping membuka kesempatan pada pengguna untuk tetap tampil secara modis tanpa mengorbankan sisi fungsionalitas sebuah HP.

4. Ada Slot MicroSD Khusus, 3.5 mm Jack Audio, dan USB Type-C

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 9

Opsi memori internal pada vivo Y21 ada dua, yakni 64 GB dan 128 GB saja. Bagi pengguna yang sering menginstal aplikasi berukuran besar seperti game, kapasitas ini akan terkuras dengan begitu cepat.

Untung saja, vivo Y21 menawarkan slot memori eksternal terpisah agar pengguna dapat menyematkan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB tanpa harus korbankan slot SIM kedua. Dengan begini, file-file penting dapat disimpan pada tempat terpisah tanpa mengambil sepeser pun ruang bagi aplikasi.

Bukan itu saja, ponsel yang tampil modis ini juga turut menawarkan jack auido 3,5 mm untuk menunjang penggunaan earphone maupun speaker eksternal. Anda pun tidak perlu menggunakan adapter jika ingin gunakan headset kesayangan.

Adapun konektivitas lainnya yang tidak ketinggalan adalah port pengisian daya yang sudah modern, yakni USB Type C 2.0. Sudah tidak lagi menggunakan microUSB seperti beberapa HP 2 jutaan yang lain, vivo Y21 memberikan kenyamanan pengguna saat mencolokkan kabel casan.

Kini, kabel akan lebih mudah dimasukkan ke lubang dalam sekali coba, berbeda ketika gunakan port microUSB yang seringkali gagal colok karena posisinya terbalik.

USB Type-C juga memiliki tingkat kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan microUSB. Port ini juga mendukung antarmuka OTG (on-the-go) supaya ponsel bisa membaca isi flashdisk dan juga hardisk eksternal.

5. Memiliki Fitur Extended RAM

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 11

Hadir dengan dua opsi memori internal rupanya tidak mendorong vivo untuk hadirkan dua opsi pada RAM. Ya, vivo Y21 memang hanya memiliki RAM 4 GB saja tanpa tawarkan opsi kapasitas lain.

Sebenarnya, kapasitas RAM ini sudah terbilang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Namun bagi seorang gamer atau yang hobi buka puluhan aplikasi sekaligus, RAM 4 GB terkadang terasa kurang.

vivo pun putuskan untuk membawakan fitur Extended RAM 4 GB + 1 GB yang dapat meningkatkan kapabilitas multi-tasking ataupun bermain game. Adapun jenis memori RAM yang digunakan HP ini adalah LPDDR4x yang terdiri dari dua keping.

FItur Extended RAM berfungsi dengan "meminjam" sisa ruang memori internal yang tidak terpakai untuk dialokasikan sebagai ruang di RAM. Agar fitur ini lebih nyaman pada sisi pengguna, sebaiknya pilih vivo Y21 varian 128 GB supaya tidak harus berebut ruang antara internal storage atau RAM.

6. Bisa Dijadikan Power Bank

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 13

Sebelumnya telah disebutkan bahwa vivo Y21 hadir dengan port USB Type C dan kapasitas baterai yang besar. Tidak berhenti di situ saja, vivo melanjutkan fungsionalitas dengan menawarkan fitur reverse charging yang membuatnya bisa digunakan sebagai power bank.

Caranya bekerja cukup dengan menggunakan kabel OTG berantarmuka USB Type-C ke USB Type-C, dan vivo Y21 pun sudah bisa digunakan untuk mengisikan baterai perangkat lain.

Kabel OTG ini sayangnya tidak tersedia dalam boks pembelian sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah. Dengan menggunakan reverse charging, Anda bisa berbagi isi baterai dengan teman di saat genting, atau sekadar mengisikan daya aksesoris seperti smartwatch atau smartband tanpa harus mencari stop kontak.

Kekurangan vivo Y21

Jika mencari HP vivo 2 jutaan, tentu saja seri Y21 ini bisa dibilang menarik. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli, sebaiknya ketahui dulu beberapa poin kekurangan di bawah ini, ya!

1. Chipset Helio P35 yang Kurang Cocok untuk Gaming

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 15

Di tahun 2021, persaingan ponsel di rentang harga 2 jutaan sangatlah ketat. Banyak yang berlomba-lomba tawarkan performa chipset tinggi agar dapat menjadi sarana gaming yang layak. Meskipun vivo Y21 bukan tergolong HP gaming, kami tetap menyayangkan penggunaan Helio P35 dengan kemampuan yang kalah bersaing.

Performa tinggi tidak hanya berlaku pada kegiatan bermain game saja, tapi juga pada penggunaan sehari-hari. Dengan chipset yang andal, Anda pun mampu membuka aplikasi dengan lebih cepat serta bisa melakukan rendering video dan pengeditan foto dengan lancar.

Helio P35 sendiri merupakan SoC entry-level dengan proses fabrikasi 12 nm, hadirkan konfigurasi delapan inti. Chipset ini mencakup empat core ARM Cortex A53 (2,5 GHz) dan empat core ARM Cortex A53 (1,8 GHz). Tidak adanya Cortex A7x memang menandakan kalau chipset tersebut bukan diperuntukkan untuk gaming kelas berat.

Menurut video pengujian yang dipublis Notion Hub, vivo Y21 masih mampu untuk memainkan game seberat PUBG M pada pengaturan grafis Balanced dan frame rate Medium.

Untuk sekadar bermain kasual, permainan dapat berjalan dengan cukup mulus. Namun dilihat dari gerakan layar yang agak patah-patah, kami rasa frame rate yang didapat agak struggle di 30 FPS.

2. Resolusi Layar Belum Full HD

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 17

Bagian layar ponsel memiliki desain poni tetesan air atau yang biasa disebut waterdrop notch. Bezel pada ponsel ini terhitung tebal, namun tidak begitu mengurangi pengalaman dalam menonton ataupun aktivitas lainnya. vivo Y21 menghadirkan layar panel IPS LCD dengan bentang 6,5 inci pada resolusi rendah.

Ya, resolusinya hanya 720p (tepatnya, 1.600 x 720 piksel) dan bukan Full HD seperti beberapa HP 2 jutaan lain. Contohnya, produk terjangkau brand Xiaomi, ataupun Infinix Note 10. Ini tentu jadi sebuah kekurangan karena tampilan HD+ akan membuat layar terlihat agak buram.

vivo umumnya memang selalu punya kekurangan di sektor resolusi layar, terutama jika kita membahas ranah entry level. Cukup jarang ada HP vivo 2 jutaan yang sudah gunakan layar Full HD+.

3. Tidak Hadirkan Lensa Ultrawide

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 19

vivo memang umumnya brand yang identik dengan kegiatan berfoto ria, terutama selfie. Hal ini benar adanya, tapi memang tidak semua ponsel hadir dengan setup kamera yang ideal.

Di belakang bodi vivo Y21, hanya tersedia konfigurasi Dual Camera yang terdiri dari lensa utama 13 MP (wide-angle) dengan bukaan f/2.2 dan satu lensa 2 MP (makro), f/2.4. Menemani kedua lensa adalah lampu LED Flash yang bisa diaktifkan di kala gelap.

Entah mengapa vivo Y21 hanya menyajikan sensor makro ketimbang ultrawide. Padahal, lensa makro seringkali dinilai useless oleh penggemar fotografi ponsel. Fungsi makro bisa diintegralkan pada sisi software HP tanpa harus memiliki lensa terdedikasi.

Sayang, pengguna vivo Y21 pun takkan bisa mengambil foto pemandangan atau foto grup dengan sudut keluasan yang lebih tinggi.

Kalau memang mencari ponsel murah yang sudah tawarkan sensor ultrawide, Anda dapat mempertimbangkan beberapa pesaingnya seperti Samsung Galaxy A22 atau Redmi Note 10. HP vivo lainnya di rentang harga serupa sebenarnya ada yang sudah tawarkan sensor ultrawide, seperti vivo Y51 atau vivo Y17.

4. Tanpa Stereo Speaker

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y21 yang Perlu Diketahui 21

vivo Y21 boleh jadi merupakan ponsel yang tawarkan konektivitas cukup lengkap, termasuk keberadaan 3.5 mm jack audio yang membuat penggunanya dapat leluasa mencolokkan earphone tanpa adapter. Kualitas suara memang penting jika kita ingin merasakan immersion yang mendalam saat menonton ataupun bermain game.

Namun apa jadinya kalau tidak memiliki earphone? Alhasil speaker ponsel pun dimanfaatkan. Sayangnya, vivo Y21 tidak memiliki speaker yang ideal karena tidak menawarkan stereo speaker.

Apakah pantas mengharapkan dua speaker yang seimbang pada HP 2 jutaan? Nyatanya, HP dari brand lain sudah ada, kok! Seperti Redmi 9T dan Redmi Note 10, mampu berikan suara nendang dan simetris berkat hadirnya stereo speaker. Lagi-lagi vivo Y21 tampak kalah saing dibanding kompetitornya.

Simpulan

Harga yang ditawarkan untuk vivo Y21 di India adalah sebesar 14.000 rupee atau sekitar Rp2,7 jutaan (RAM 4 GB/64 GB). Sedangkan untuk varian keduanya (RAM 4 GB/128 GB), ponsel dijual seharga 15.500 rupee atau setara Rp3 jutaan. Kedua harga ini merupakan harga ritel, dan kemungkinan akan berbeda jika vivo Y21 resmi hadir di Indonesia.

vivo Y21 adalah ponsel yang layak dimiliki penggemar fashion. Desain bodinya yang ciamik tidak hanya tampil secara estetika namun juga punya sisi fungsionalitasnya sendiri, yakni memudahkan pengguna untuk menggenggamnya berkat ketebalannya yang tipis.

Meskipun hanya andalkan chipset Helio P35 yang tergolong kurang berdaya saing, setidaknya masih terdapat fitur Extended RAM sebagai cara unik ponsel dalam tingkatkan kapasitas perangkat pada aktivitas multi-tasking.

Apakah Anda tertarik dengan ponsel ini? Atau justru masih ingin mencari HP murah lain yang lebih pas untuk kebutuhan Anda? Yuk, intip beberapa HP 2 jutaan terbaik yang telah kami sajikan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram