Carisinyal / Vivo 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17 yang Harus Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y17 yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Vivo seri Y hadir sebagai HP Vivo dengan rentang harga di bawah Rp3 juta dan Rp2 juta. Ada banyak HP Vivo seri Y yang dijual di kelas ini. Beberapa di antaranya adalah  Vivo y93, Vivo Y91, Vivo Y71, dan masih banyak lainnya.

Salah satu HP Vivo lainnya yang pernah dibahas juga adalah Vivo Y15. HP ini dijual dengan rentang harga Rp2 jutaan. Namun, selain Vivo Y15, ada juga HP Vivo seri Y yang lebih terkenal, yakni Vivo Y17. Seperti apa HP ini? Simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Spesifikasi Vivo Y17

Umum

  • Diumumkan
    Mei, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    159.4 x 76.8 x 8.9 mm
  • Berat
    190.5 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6.35 inci
  • Resolusi
    720 x 1544 piksel (~ kepadatan 268 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    3 GB
  • Memori Internal
    64 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    13 MP + 8 MP + 2 MP
  • Fitur
    13 MP, f/2.2, PDAF
    8 MP, f/2.2, 16mm (lensa ultra lebar)
    2 MP, f/2.4, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    16 MP, f/2.0
  • Fitur
    -
  • Video
    -

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    -

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Sidik jari (dipasang di belakang), akselerometer, proksimitas, kompas
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Aqua Blue, Burgundy Red
  • Lainnya
    -

Harga

    Kelebihan Vivo Y17

    Terdapat tujuh poin kelebihan yang ada di Vivo Y17. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

    1. Daya Tahan Baterai Lama

    baterai vivo y17

    Vivo Y17 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Kapasitas baterai HP ini adalah 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini sama besarnya dengan kapasitas baterai yang ada di Vivo Y15. Sama-sama 5.000 mAh.

    Lantas, berapa lama daya tahan baterai HP ini? Berdasarkan pengalaman penggunaan dari GadgetsNDTV, Vivo Y17 ini dapat bertahan sampai satu setengah hari. Durasi yang didapatkan dari penggunaan ponsel untuk kebutuhan fotografi, streaming video, dan juga memakai beberapa aplikasi sekitar satu jam.

    Sementara untuk tes video, Vivo Y17 ini dites dengan video looping berkualitas HD. Durasi yang dicapai mencapai 18 jam 57 menit. Hasil yang tergolong impresif dan menunjukan kalau HP ini memiliki daya tahan yang lama.

    2. Dual Engine Fast Charging

     

    Selain memiliki daya tahan baterai yang lama, Vivo Y17 juga sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat. Teknologi pengisian cepat yang ada di HP ini adalah dual engine fast charging, sebuah teknologi pengisian cepat yang benar-benar bagus.

    Dual engine fast charging di HP ini adalah teknologi yang ada di ponselnya, bukan di kabel charger-nya. Dual engine fast charging  ini bisa aktif jika HP ini diisi memakai powerbank dengan dukungan Quick Charge 3.0. Satu kelebihan tersendiri tentunya mengingat Vivo Y17 adalah seri Y pertama yang memiliki teknologi dual engine fast charging,

    3. Desain Terkesan Mewah

    Vivo Y17 hadir dengan desain yang terlihat mewah dan menarik. Di Indonesia, HP ini hadir dengan dua model, yakni mineral blue dan pearl pink. Kedua model sama-sama menawarkan desain yang cantik dan tampak mewah.

    Hal ini senada seperti yang disampaikan oleh channel Youtube Cunchienlife yang mengatakan kalau Vivo Y17 ini memiliki desain bodi belakang halus yang bisa memantulkan cahaya. Bodi belakangnya tampak seperti kaca padahal bodinya adalah polikarbonat. Hal ini menunjukan kalau bodi HP ini memiliki kesan yang mewah. Satu kelebihan tersendiri tentunya.

    4. AI  Triple Camera AI

    vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Vivo Y17 dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 13 MP dengan bukaan f/2.2 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera untuk memberikan efek bokeh, yakni kamera 2 MP.

    Kombinasi tiga kamera tersebut, Vivo sebut sebagai AI Triple Camera. Lantas, seperti apa kualitas kamera belakang dari Vivo Y17 ini? Berikut contoh hasil tangkapan kamera Vivo Y17!

    hasil kamera vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    hasil kamera vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    hasil kamera vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Vivo Y17 terbilang memiliki kamera dengan kualitas yang oke untuk penangkapan gambar di siang hari. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Smartprix. Menurut mereka, kamera Vivo Y17 dapat menangkap gambar dengan detail yang luar biasa di siang hari. Fokusnya juga cukup cepat dan umumnya gambar memiliki dynamic range yang baik.

    Meskipun memiliki foto detail yang baik saat kondisi cahaya yang cukup, Vivo Y17 memiliki kinerja yang kurang bagus saat menangkap foto di kondisi low light. Menurut Smartprix, hasil tangkapan kameranya tidak terlalu mengesankan di kondisi kurang cahaya. GadgetsNDTV juga mengatakan hal yang sama, kalau foto di kondisi gelap memakai HP ini gambarnya kurang impresif.

    Memang ada kekurangan di sektor penangkapan kamera di kondisi kurang cahaya. Hanya saja, fotonya masih terbilang bagus untuk kondisi penggunaan terang. Gambar yang dihasilkan masih cukup oke untuk kelas harganya.

    5. Kamera Depan Cukup Oke

    vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Untuk sektor kamera depan, Vivo tidak pernah mengecewakan konsumen. Kamera depan selalu jadi keunggulan tersendiri. Begitu juga dengan Vivo Y17 ini. Kamera depan HP ini dibekali kamera 20 MP dengan bukaan f/2.0.

    Kalau menurut GadgetsNDTV, kamera depan HP ini mampu menangkap foto selfie dengan baik di siang hari. Fitur “beautification” pun jadi fitur yang membantu membuat HP memiliki hasil tangkapan foto yang baik. Sayangnya, rekaman video depannya hanya HD 720 piksel saja.

    6. Penyimpanan Besar di Kelas Harganya

    vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Vivo Y17 unggul di sektor memori. Betapa tidak, HP ini dibekali dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Dengan harga Rp2 jutaan saja, jarang ada HP yang menawarkan memori internal sebesar Vivo Y17.

    Karena alasan itulah, bisa dibilang Vivo Y17 memiliki keunggulan di sektor penyimpanan. Terlebih HP ini juga mendukung triple SIM tray alias mendukung tiga slot, 2 slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk microSD. Penyimpanan eksternal microSD-nya sendiri mendukung penyimpanan mencapai 256 GB.

    7. Fitur di Funtouch OS

    vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Vivo Y17 didukung dengan tampilan antarmuka Funtouch OS berbasis Android 9 Pie. Funtouch OS ini kini memiliki tampilan yang lebih segar. Selain itu, Funtouch OS memiliki beberapa fitur menarik. Fitur seperti Game Cube, mode penggunaan di sepeda motor (motorbike moto), dan mode penggunaan satu tangan (One-handed mode).

    Selain itu, ada juga fitur lainnya yang ada di Vivo Y17 ini. Fitur-fitur tersebut adalah App Clone untuk menggandakan aplikasi, easy touch, Smart motion, Smart split, Smart mirroring, dan masih banyak lainnya. Dan fitur paling menarik adalah Jovi Smart Assistant.

    Kekurangan Vivo Y17

    Ada tiga kekurangan dari Vivo y15 ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

    1. Chipset Kalah dari Kompetitor

    performa vivo y17

    Vivo Y1 dibekali dengan chipset Mediatek MT6765 Helio P35 yang dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki prosesor Octa-core yang terdiri dari quad core 2.3 GHz Cortex-A53 dan quad core 1.8 GHz Cortex-A53.  Sementara untuk pengolahan grafis, chipset ini dibekali PowerVR GE8320. Bagaimana performanya? Simak gambar berikut ini!

    antutu vivo y17

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YtFffkwWjfI

    Terlihat pada gambar di atas, kalau HP ini memiliki nilai Antutu di angka 87 ribuan. Untuk kelas harga Rp2 jutaan, jelas nilai Antutu bukanlah yang terbaik. Terlebih banyak HP lain di kelas harga yang sama atau malah lebih murah memiliki nilai Antutu lebih tinggi.

    Kalau berdasarkan pengalaman Smartprix, Vivo Y17 ini dapat menjalankan Asphalt 8 dan PUBG Mobile. Namun dengan catatan grafisnya ada di pengaturan rendah. Hal sedikit berbeda dirasakan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, performa HP ini malah mengecewakan.

    GadgetsNDTV juga menjalankan gim Asphalt 8 dan PUBG Mobile di Vivo Y17. Saat bermain PUBG Mobile, gim banyak berjalan kurang lancar dan menemukan freeze. Sementara ketika membuka Asphalt 8, proses memuat gim cukup lama. Hal ini menunjukan kalau performa Vivo Y17 ini memang kurang mengesankan meskipun memiliki RAM 4 GB.

    2. Layar Hanya HD Saja

    layar vivo y17

    * sumber: www.smartprix.com

    Vivo Y17 hadir dengan dimensi layar 6,35 inci. Layarnya ini mengusung panel IPS LCD dan menawarkan resolusi 720 x 1544 piksel. Layarnya menawarkan rasio bodi ke layar sebesar 81,4% dengan kerapatan layar mencapai 268 ppi. Spesifikasi layar ini sangat mirip dengan saudaranya, yakni Vivo Y15.

    Dengan resolusi tersebut, ada keuntungan dan kekurangan tersendiri. Keuntungannya, dengan layar HD, konsumsi daya HP ini jadi lebih rendah sehingga baterai lebih awet. Kekurangannya jelas layar HD tidak menampilkan kualitas layar tajam.

    Dan di kelas harga yang sama, banyak HP lain yang menawarkan resolusi layar yang lebih baik, yakni resolusi layar Full HD. Sebut saja HP semacam Redmi Note 7 atau Asus Zenfone Max Pro M1, Asus Zenfone Max Pro M2, dan HP lainnya yang menawarkan resolusi Full HD>

    3. Tidak Mendukung Streaming HD

    Hal yang disayangkan dari Vivo Y17 adalah dukungan streaming. HP ini hanya memiliki sertifikasi Widevine DRM L3. Apa artinya? Artinya, HP ini tidak mendukung streaming kualitas HD ketika digunakan menonton layanan video seperti Netflix ataupun Amazon Prime. Sehingga bisa dibilang, hal ini jadi kekurangan tersendiri.

    Simpulan

    Vivo Y17 adalah HP Vivo yang bisa dibilang unggul di beberapa sektor tetapi di sektor lain kurang menarik. Sektor paling unggul dari HP ini daya tahan baterainya yang awet serta teknologi pengisian dayanya. Fitur di Funtouch OS juga jadi keunggulan lain dari Vivo Y17.

    Sayangnya, untuk kelas harganya, HP ini memiliki banyak kekurangan. Layar yang masih HD, serta performa yang mengecewakan jelas jadi kekurangan dari HP ini. Untuk fitur lainnya, seperti kamera bisa dibilang masuk kategori biasa saja karena kadang bagus kadang tidak.

    Terlepas dari kekurangan yang ada, HP ini masih tergolong menarik untuk dibeli. Tertarik? Silakan beli Vivo Y17  ini di Bukalapak lewat link ini.

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar