Carisinyal / Vivo 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y93 yang Harus Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y93 yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Februari 2019

Setelah merilis HP yang banyak dicari dan hits di kalangan masyarakat, Vivo kembali merilis Vivo Y93 yang merupakan versi lain dari Vivo Y91 dan Y95, juga Vivo V11 secara tampilan.

Vivo Y93 ini hadir dengan desain yang sesuai standar kekinian, sehingga tidak sedikit orang yang tertarik untuk membelinya, terutama kaum wanita, nih.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari HP Vivo Y93 yang punya desain cantik ini. Anda penasaran? Simak langsung saja pembahasannya di bawah, agar Anda dapat mempertimbangkan pilihan sebelum membeli.

Spesifikasi Vivo Y93

 

  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Po 4030 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.500.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Vivo Y93

1. Desain Cantik

kekurangan dan kelebihan vivo y93_arrinish_1

* sumber: www.youtube.com

Vivo Y93 juga hadir dengan desain cantik nan menarik ala HP kekinian. HP ini mengusung layar luas dengan bezel tipis dan notch alias poni berbentuk water drop sehingga tampilannya terkesan elegan.

Meski bodi belakangnya masih dilapisi bahan plastik, HP ini tetap tampil bak HP mewah kelas atas. Jika dilihat sekilas, bodi belakang HP ini tampak mirip dengan HP Vivo V11.

Di bagian belakang bodinya terdapat dua lensa kamera dengan LED flash, ada juga sensor sidik jari atau fingerprint sensor yang dapat Anda gunakan untuk membuka kunci layar. Serupa dengan Vivo V11, Vivo Y93 tersedia dalam pilihan warna dengan gradasi yang terlihat cantik, yakni starry black dan ocean blue.

2. Kualitas Layar Baik

vivo y93_do2n_3

* sumber: www.youtube.com

Di sektor layar, Vivo membekali HP ini dengan layar besar dengan panel IPS LCD yang dinamakan dengan Ultra Screen. Layarnya berukuran 6.22 inci ini beresolusi 720 x 1520 piksel. Yup, meski layarnya belum Full HD, layar dari HP ini tetap jernih dan nyaman untuk digunakan. Kalau Anda hobi bermain game dan menonton video atau film dengan menggunakan ponsel, HP ini masih bisa Anda andalkan.

3. Performa Oke

vivo y93_ardhianw_2

* sumber: www.youtube.com

Vivo Y93 dilengkapi dengan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P22. Kalau Anda menggunakan HP ini untuk sekadar membuka aplikasi sosial media, chatting atau streaming video, HP ini masih bisa ngangkat, kok.

Namun, untuk bermain game sekelas PUBG, jangan harap Anda dapat memainkannya dengan menggunakan pengaturan grafis tertinggi. Namun, Mas Ardhian Wardhana dalam video-nya menyampaikan, HP ini masih tetap nyaman digunakan untuk bermain game populer yang banyak digandrungi tersebut.

Nah, kalau Anda menggunakan HP ini untuk melakukan aktivitas secara wajar, seperti yang saya sebutkan di muka, HP ini bisa dibilang cocok deh. Oh ya, Vivo Y93 ini didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal 32 GB yang masih dapat diperluas dengan microSD.

4. Kualitas Kamera Lumayan

vivo y93_do2n

* sumber: www.youtube.com

Di sektor kamera, Vivo Y93 dilengkapi dengan dua lensa kamera utama, masing-masing berukuran 13 dan 2 MP khusus untuk menciptakan efek bokeh atau background blur dan sensor kedalaman. Pada foto Kamera dari Vivo Y93 ini sudah didukung teknologi AI atau artificial intelligence yang mampu ‘menyesuaikan diri’ dengan objek yang akan dibidik.

Untuk kamera selfie-nya, Vivo membekali Vivo Y93 ini dengan lensa sebesar 8 MP yang juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI dan ada juga fitur face beauty untuk mempercantik wajah Anda pada foto yang diambil.

Hasil jepretan kameranya memang tidak sebagus HP kelas menengah atau kelas atas lainnya, namun, ketiga kamera yang dibawa HP ini masih bisa menunjang kebutuhan Anda dalam mengabadikan setiap momen berharga. Berikut hasil jepretan dari kamera utama dan selfie Vivo Y93.

vivo y93_ardhianw_camsample1

* sumber: www.youtube.com

vivo y93_ardhianw_5

* sumber: www.youtube.com

vivo y93_ardhianw_camsample2

* sumber: www.youtube.com

vivo y93_do2n_4

* sumber: www.youtube.com

5. Baterai Tahan Lama

vivo y93_arrinish_3

* sumber: www.youtube.com

Vivo Y93 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4030 mAh yang tergolong besar. Dilansir dari tabloidPULSA, baterai HP ini dapat bertahan cukup lama, dari pagi hingga malam hari meski digunakan untuk melakukan segala aktivitas seperti bermain game, foto-foto hingga streaming video. Nah, kalau Anda membutuhkan HP Vivo di kelas menengah kebawah yang punya daya tahan baterai bagus, Anda dapat memilih Vivo Y93 ini.

6. Dilengkapi dengan Audio Jack

vivo y93_do2n_2

* sumber: www.youtube.com

Vivo masih melengkapi HP ini dengan audio jack berukuran 3.5 mm yang mulai jarang ditemukan pada HP keluaran saat ini, karena rata-rata HP keluaran sekarang sudah mengusung USB tipe-C dan Anda harus menggunakan konektor untuk sekadar mendengarkan musik dengan menggunakan earphone.

Namun, di luar sana tak sedikit HP-HP yang meski sudah menggunakan USB tipe-C, HP tersebut masih dilengkapi dengan audio jack berukuran 3.5 mm ini.

Kekurangan Vivo Y93

1. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo y93_ardhianw_4

* sumber: www.youtube.com

Jika Anda penasaran dengan apa saja yang menjadi kekurangan dari HP Vivo Y93, maka saya akan memberikan informasinya untuk Anda.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh HP Vivo Y93 ini, HP ini belum memiliki sertifikat IP. Biasanya HP dengan sertifikasi IP ini sudah bisa dikategorikan sebagai HP yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Nah, jadi kalau Anda menginginkan HP yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu, menurut hemat saya, Vivo Y93 ini bukanlah pilihan yang tepat.

2. Tidak Ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Selain tidak memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan debu, Vivo Y93 juga tidak dilengkapi dengan teknologi NFC atau Near Field Communication. Nah, teknologi NFC ini berfungsi untuk menggantikan uang tunai pada saat melakukan transaksi. Jadi, Anda tidak perlu repot membawa banyak uang tunai lagi. Selain dapat menyulap ponsel Anda menjadi alat transaksi, NFC juga dapat membantu Anda untuk membuka aplikasi secara otomatis, lho.

3. Tidak Didukung Teknologi Fast Charging

vivo y93_ardhianw_1

* sumber: www.youtube.com

Meski sudah mengusung baterai dengan kapasitas yang besar, yakni 4030 mAh, HP Vivo Y93 ini belum didukung dengan teknologi pengisian cepat atau fast charging. Nah, jadi, jika ingin mengisi baterai HP hingga penuh, Anda perlu menunggu dengan sabar. TabloidPULSA menuturkan, untuk mengisi baterai HP Vivo Y93 sampai terisi penuh, Anda memerlukan waktu sekitar 135 menit.

4. Masih Menggunakan Port MicroUSB

vivo y93_ardhianw_3

* sumber: www.youtube.com

Jika kebanyakan HP-HP keluaran saat ini sudah menggunakan port USB bertipe-C, HP Vivo Y93 ini masih menggunakan port USB bertipe micro yang tergolong ketinggalan. Hal ini sangat disayangkan, karena USB bertipe-C ini sudah mampu mendukung pengisian daya baterai dan transfer data dengan lebih cepat.

Simpulan

HP Vivo Y93 ini cocok untuk Anda yang membutuhkan HP dengan desain cantik, performa yang oke untuk menjalankan aplikasi sosial media atau streaming video hingga kamera dengan hasil yang cukup untuk mengabadikan setiap momen berharga Anda.

Namun, jika Anda menginginkan performa yang lebih baik, Anda dapat memilih HP Asus Max Pro M1 yang bisa Anda beli di kelas yang sama. Dan jika Anda membutuhkan HP dengan ketahanan terhadap air dan debu, sudah mengusung teknologi NFC dan wireless charging, Anda bisa memilih HP Samsung Galaxy S9+ atau yang sekelas dengan HP tersebut.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y93 dari Carisinyal. Jika Anda tertarik untuk membeli Vivo Y93, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment