Carisinyal / Vivo 2019 / Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y81!

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y81!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Februari 2019

Vivo kembali menghadirkan ponsel terbarunya, Vivo Y81 yang punya desain kekinian dengan notch atau poni di bagian tengah atas layarnya. Selain punya desain yang kekinian dan elegan, ada banyak kelebihan lain dari Vivo Y81 yang menarik untuk dibahas.

Tidak cuma memiliki kelebihan saja, HP ini tentu juga memiliki kekurangannya tersendiri. Nah, untuk itu, saya akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y81 ini. Anda penasaran, bukan? Simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

Spesifikasi Vivo Y81

  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: 13 MP
  • Baterai: Li-Po 3260 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.499.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Vivo Y81

1. Desainnya Modern

kelebihan dan kekurangan vivo y81_805gadget_1

* sumber: www.youtube.com

Vivo Y81 hadir dengan desain modern dan kekinian. HP ini dibekali dengan layar lega bertepian tipis, sehingga membuatnya tampil cantik dan mewah, meski HP ini termasuk ke dalam jajaran HP mid-low, bukan HP kelas atas.

Bodinya juga masih berlapis plastik polikarbonat, bukan metal. Namun, menurut teknologue, bahan plastik polikarbonat ini bisa membantu perangkat untuk menangkap sinyal dengan lebih baik. Selain itu, bodi dari HP ini juga menjadi lebih ringan.

Terlepas dari apapun bahan pelapis yang digunakan, seperti yang sudah disampaikan tadi, HP ini tetap tampil elegan dan memukau. Vivo Y81 tersedia dalam pilihan warna dengan gradasi yang cantik, ada warna hitam dan emas.

2. Layar Lega Berkualitas Baik

vivo y81_teknologue_5

* sumber: www.youtube.com

Vivo Y81 dilengkapi dengan layar berukuran 6.22 inci beresolusi HD+. Layarnya menggunakan panel berteknologi IPS LCD, yang tentunya memiliki tingkat ketajaman yang baik.

Warna yang dihasilkan layarnya juga tergolong bagus, meski tidak sebagus HP dengan layar ber-panel OLED. Namun, tentu layar HP ini masih sangat nyaman digunakan, baik untuk aktivitas menonton video hingga bermain game. Apalagi, bezel atau tepiannya juga sangat tipis, sehingga membuatnya terasa lebih luas lagi.

3. Performa Lancar

vivo y81_805gadget_3

* sumber: www.youtube.com

Di sektor dapur pacunya, Vivo Y81 ini mengusung chipset Mediatek Helio P22. Ya, meski tidak se-powerful chipset Helio P60 ke-atas, namun dengan adanya chipset Helio P22 dan dukungan RAM sebesar 3 GB serta memori internal berukuran 32 GB (yang masih bisa diperluas dengan microSD hingga 256 GB), Anda sudah bisa menikmati performa yang lancar.

Ya, jika digunakan untuk membuka aplikasi media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook, streaming via YouTube hingga chatting, HP ini tentu bisa diandalkan.

Vivo Y81 ini juga cocok untuk digunakan bermain game. Berdasarkan pengalaman dari TeknoLoGue, HP ini mampu menjalankan game sekelas Mobile Legends dengan setting grafis paling tinggi.

Sayangnya, HP ini kurang pas jika digunakan untuk memainkan PUBG. Menurut TeknoLoGue, Vivo Y81 ini hanya mampu menjalankan game populer PUBG dengan pengaturan grafis yang rendah.

4. Kualitas Kamera Cukup

vivo y81_805gadget_4

* sumber: www.youtube.com

Nah, Anda pasti penasaran dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera HP Vivo Y81 ini, bukan? For your information, HP Vivo Y81 ini mengusung satu lensa kamera saja di bagian belakang bodinya. Yup, lensa kamera dari Vivo Y81 ini berukuran 13 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur seperti HDR hingga panorama untuk hasil foto yang lebih baik.

Menurut 805Gadget, hasil gambar dari kamera utama HP Vivo Y81 ini memiliki warna yang tajam, meskipun detailnya terasa kurang.

Sementara untuk kamera selfie-nya, Vivo membekali HP ini dengan lensa 5 MP saja. Namun tentu kameranya masih mampu menunjang kebutuhan swafoto Anda. Jika Anda penasaran, berikut kami lampirkan hasil jepretan dari kamera utama dan selfie camera dari Vivo Y81 ini.

vivo y81_805gadget_camsample1

* sumber: www.youtube.com

vivo y81_805gadget_camsample2

* sumber: www.youtube.com

vivo y81_805gadget_camsample3

* sumber: www.youtube.com

vivo y81_805gadget_5

* sumber: www.youtube.com

5. Dilengkapi Audio Jack 3.5 mm

vivo y81_teknologue_2

* sumber: www.youtube.com

Satu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Vivo Y81 ini adalah masih dilengkapi dengan audio jack berukuran 3.5 mm. Ya, rata-rata HP keluaran saat ini sudah tidak memiliki audio jack berukuran 3.5 mm dan perannya digantikan oleh USB bertipe-C.

Adanya audio jack berukuran 3.5 mm ini membuat Anda tidak perlu repot mengoneksikan earphone dengan konektor USB-C dan bisa langsung menggunakan earphone dengan nyaman.

Kekurangan Vivo Y81

1. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

vivo y81_805gadget_2

* sumber: www.youtube.com

Satu hal yang menjadi kekurangan dari HP Vivo Y81 ini adalah tidak adanya sensor sidik jari alias fingerprint sensor yang sudah sangat lazim digunakan saat ini.

Namun, untuk mengatasi kekurangan ini, Vivo menyediakan teknologi face unlock yang kecepatan membuka kunci layarnya tidak secepat fingerprint sensor atau sensor sidik jari, tapi tentunya masih bisa diandalkan sebagai sistem keamanan ponsel.

2. Belum Menggunakan Port USB Tipe-C

vivo y81_teknologue_1

* sumber: www.youtube.com

Anda sudah mengenal USB bertipe-C? USB tipe-C ini sudah banyak digunakan pada ponsel-ponsel keluaran saat ini. USB tipe-C ini memiliki kecepatan transfer data yang bagus. Selain itu, dengan adanya USB tipe-C Anda dapat melakukan pengisian daya baterai dengan lebih cepat.

Sayangnya, Vivo masih menyematkan port USB bertipe mikro di bodi HP Vivo Y81 ini. Tentunya, Anda tak akan bisa menikmati pengalaman mengisi daya baterai dan melakukan transfer data dengan cepat jika menggunakan HP Vivo Y81 ini.

3. Tidak Ada LED Notifikasi

vivo y81_teknologue_4

* sumber: vivo%20y81_teknologue_4

Bagi sebagian orang, kehadiran LED notifikasi ini sangatlah penting. Mengapa? Karena itu akan memudahkan mereka untuk mengetahui saat ada pesan baru yang diterima. Sayangnya, HP Vivo Y81 ini tidak dilengkapi dengan LED notifikasi. Sehingga Anda mungkin harus mengatur volume nada dering hingga sesuai.

4. Tidak Didukung Teknologi Fast Charging

vivo y81_805gadget_6

* sumber: www.youtube.com

Satu lagi kekurangan yang dimiliki oleh HP Vivo Y81 ini. Yep, HP ini belum didukung dengan teknologi fast charging alias pengisian daya cepat. Sehingga Anda perlu menunggu dengan sabar untuk mengisi daya baterai HP ini hingga benar-benar penuh.

By the way, HP Vivo Y81 ini dibekali dengan baterai berkapasitas standar, yakni 3260 mAh. Menurut tabloidPULSA, baterainya mampu bertahan cukup lama meski digunakan untuk mendengarkan musik, menonton video dan bermain game.

Namun sekali lagi, sangat disayangkan karena HP ini tidak memiliki teknologi fast charging yang mampu mempersingkat waktu pengisian daya baterai.

5. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo y81_teknologue_6

* sumber: www.youtube.com

HP Vivo Y81 termasuk ke dalam jajaran ponsel yang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan juga debu. Yup, tepat sekali! HP ini belum mengantongi sertifikasi IP yang dimiliki HP kelas atas. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya, jangan sampai nyemplung ya!

Simpulan

Nah, bagaimana, sekarang Anda sudah tahu, kan, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y81 ini? HP ini cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di media sosial atau streaming video via YouTube. HP ini memang kurang pas jika digunakan untuk bermain game yang membutuhkan spesifikasi cukup tinggi, seperti PUBG atau Fortnite.

Nah, bila Anda menginginkan HP dengan spesifikasi tinggi untuk bermain game, mungkin pilihan Anda bisa dijatuhkan kepada HP Asus ROG, Xiaomi Pocophone F1 hingga Razer Phone 2.

Kalau Anda menginginkan HP dengan performa lebih baik namun dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda, Anda dapat memilih HP Asus Max Pro M1. Anda hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan maupun budget yang dimiiliki.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y81 dari Carisinyal. Jika Anda tertarik untuk membeli Vivo Y81, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment