Carisinyal / Vivo 2019 / 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19 yang Harus Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y19 yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2019

Namanya adalah vivo Y19, sebuah ponsel kelas harga Rp2 jutaan dari vivo. Seri ini hadir sebagai pelengkap dari seri Y lainnya yang dijual di rentang harga yang sama, yakni vivo Y12, vivo Y15, dan vivo Y17.

Ponsel ini sendiri hadir dengan “konsep” yang bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan vivo Y17. Harganya juga tidak jauh berbeda dengan vivo Y17. Hanya, vivo Y19 dijual dengan harga yang lebih mahal. Lantas, seperti apa vivo Y19 ini? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari vivo Y19 berikut ini.

Spesifikasi vivo Y19

vivo Y19

Kelebihan Vivo Y19

Ada delapan poin kelebihan yang ada di vivo Y17. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Daya Tahan Baterai Lama

baterai vivo Y19

Baterai pada vivo Y19 tergolong besar. Masih dengan kapasitas baterai yang sama dengan vivo Y17, vivo Y12, dan vivo Y15, yakni 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tentu tergolong besar. Daya tahannya bisa dibilang lebih dari cukup untuk bertahan lebih dari sehari.

Fakta menarik, bahwa ternyata, vivo Y19 ini bisa bertahan sampai 2 hari lebih. Hal ini disampaikan oleh Krida dari channel Youtube Teknologue. Menurut pengalamannya, vivo Y19 bisa dipakai sampai 2 harian dengan pemakaian untuk internetan, main media sosial, dan main gim COD Mobile. Hal ini menunjukan kalau daya tahan baterai ini tergolong impresif.

2. Dual Engine Fast Charging

dual engine fast charging vivo Y19

Selain memiliki daya tahan baterai yang tergolong lama, vivo Y19 sudah dibekali teknologi pengisian cepat khas vivo, dual engine fast charging. Teknologi ini juga tersemat di vivo Y17. Lantas, seberapa lama pengisian daya ponsel ini?

juga sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat. Teknologi pengisian cepat yang ada di HP ini adalah dual engine fast charging, sebuah teknologi pengisian cepat yang benar-benar bagus. Dengan teknologi ini, vivo Y19 dapat terisi penuh selama 2 jam. Selain itu, vivo Y19 ini memiliki fungsi reverse charging yang memungkinkan ponsel ini berfungsi sebagai power bank.

3. Desain Lebih Baik

vivo Y19

Desain vivo Y19 bisa dikatakan memiliki peningkatan jika dibandingkan vivo Y17. Dimensi ponsel ini terasa lebih tipis jika dibandingkan dengan vivo Y17. Seperti kata David dari channel Youtube GadgetIn. Menurutnya, feel yang diberikan dari vivo Y19 terasa lebih tipis berkat bagian sisinya yang melengkung. Bandingkan denga vivo Y17 yang terasa lebih bongsor.

Padahal kedua ponsel ini sama-sama memiliki ketebalan 8,9 mm. Pengaruh bagian sisinya yang melengkung jelas membuat feel genggaman ponsel ini terasa lebih enak. Hal ini jelas membuktikan kalau desain dari vivo Y19 lebih baik.

4. Peningkatan di Sektor Kamera

vivo Y19

Serupa dengan vivo Y17, vivo Y19 juga dibekali dengan tiga kamera belakang yang sering vivo sebagai AI Triple Camera. Hanya saja, kali ini, kamera belakang memiliki peningkatan resolusi untuk kamera utamanya.

Kamera utama vivo Y19 dibekali dengan sensor 16 MP yang memiliki bukaan f/1.8 dan fitur PDAF. Bandingkan dengan kamera dari vivo Y17 yang hanya 13 MP. Selebihnya, kamera kedua dan ketiganya serupa dengan vivo Y17. Kamera kedua adalah kamera ultrawide 8 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera untuk memberikan efek bokeh, yakni kamera 2 MP.

Bagaimana dengan hasil tangkapan kameranya? Untuk hasil tangkapan kameranya, kualitas kamera utama vivo Y19 tergolong bagus. Seperti yang dikatakan oleh David dari channel GadgetIn. Menurutnya, hasil tangkapan kamera utamanya tergolong bagus di kondisi cahaya yang cukup dan memiliki dynamic range yang oke.

Sementara kamera ultra-wide di ponsel ini memang tidak bisa mendapatkan hasil foto yang detail. Hanya saja, kameranya mampu menangkap gambar dengan sudut pandang yang luas. Untuk kamera makro, hasilnya tergolong cukup bagus untuk menangkap foto dengan jarak dekat.

Bisa dibilang secara keseluruhan, kamera utama dari vivo Y19 ini dapat menghasilkan foto dengan baik. Lebih baik jika dibandingkan vivo Y17.

5. Layar Full HD

layar vivo y19

Untuk sektor layar, vivo Y19 hadir dengan dimensi layar 6,53 inci. Dimensi layar ini tergolong lebih luas dibandingkan vivo Y17 yang hanya menawarkan layar 6,35 inci. Selain lebih luas, vivo Y19 hadir dengan resolusi Full HD+1080 x 234 piksel. Resolusi yang memang seharusnya hadir di harga Rp2 jutaan.

Dengan menawarkan resolusi Full HD+, jelas vivo Y19 lebih menarik karena menghadirkan resolusi layar yang lebih tinggi jika dibandingkan vivo Y17. Padahal kedua ponsel-ponsel sama berada di kelas harga Rp2 jutaan.

6. Memori dan RAM Besar

ram vivo y19

 

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh vivo Y19 ada di sektor memori. Di bagian memori internal, ponsel ini dibekali penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas yang juga sama seperti vivo Y17. Tentu kapasitas ini tergolong besar.

Yang menarik, bukan di bagian penyimpanan internal, tetapi di bagian RAM. Di sektor ini, vivo Y19 dibekali dengan RAM 6 GB. Dengan RAM yang besar tersebut, jelas membuat vivo Y19 mampu menghadirkan kemampuan multitasking yang baik sehingga membuka banyak aplikasi tergolong cepat.

7. Fitur di Funtouch OS

FUNTOUCH OS VIVO y19

Ponsel ini menawarkan antarmuka Funtouch OS 9.2 berbasis Android 9 Pie. Funtouch OS hadir dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah mode untuk anak-anak, yakni sebuah fitur yang memungkinkan ponsel digunakan untuk anak-anak. Mode ini memungkinkan anak-anak hanya mengakses aplikasi tertentus aja dan membatasi waktu penggunaan.

Fitur untuk bermain gim juga hadir di Funtouch OS ini. Fitur tersebut bernama Ultra Game Mode. Dengan fitur ini, pengalaman bermain gim di vivo Y19 lebih menyenangkan karena memungkinkan untuk bermain tanpa gangguan notifikasi. Selain itu, ada fitur untuk mengubah suara ke mode tertentu saat bermain gim. Fitur yang tergolong menarik tentunya.

8. Chipset Lebih Baik

performa vivo Y19

Ponsel ini dibekali dengan chipset Mediatek MT6768 Helio P65. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55) dengan pengolah grafis Mali-G52 MC2.

Penggunaan chipset ini jelas lebih baik jika dibandingkan vivo Y17 yang hanya dibekali Helio P35. Lantas, berapa nilai Antutu dari vivo Y19 ini? Nilai Antutu ponsel ini ternyata mencapai 179 ribuan untuk pengujian menggunakan Antutu 8.

antutu vivo y19

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HrZutDdz0i0

Dengan nilai Antutu tersebut, performa dari vivo Y19 tergolong cukup untuk menjalankan berbagai gim kekinian. Contohnya adalah PUBG Mobile. Berdasarkan pengalaman Krida dari Teknologue, vivo Y19 ini dapat menjalankan PUBG Mobile dengan grafis “balanced” dan frame rate ultra. Tergolong cukup bagus tentunya.

Kekurangan Vivo Y19

Ada dua kekurangan dari vivo y17 ini, apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Resolusi Kamera Selfie Menurun

selfie vivo y19

Di sektor kamera depan, vivo Y19 hanya dibekali dengan kamera depan 16 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.0 dan mendukung fitur HDR. Tidak ada LED Flash di kamera depan ini.

Hasil kamera depannya tergolong bagus. Sayangnya, resolusi kamera yang ditawarkan di ponsel ini hanya 16 MP. Padahal, vivo Y17 hadir dengan kamera depan 20 MP. Tentu ini jadi kekurangan tersendiri meski sebenarnya tidak terlalu signifikan.

2. Speaker Masih Kurang Kencang

speaker vivo Y19

Kekurangan lain dari vivo Y19 ada di bagian speakernya. Speaker di ponsel ini terasa kurang kencang. Menurut David dari channel Youtube GadgetIn, speaker ponsel ini kurang bagus alias cempreng, sama seperti kualitas speaker vivo Y17. Artinya, tidak ada peningkatan di sektor kualitas suara.

Simpulan

Menilik kelebihan dan kekurangan dari vivo Y19, bisa dibilang vivo Y19 menawarkan hal yang lebih baik jika dibandingkan vivo Y17. Ponsel ini memiliki keunggulan di bagian layar, desain, RAM yang besar, dan juga chipset-nya yang lebih baik dibandingkan saudaranya.

Dengan harga resmi Rp2.999.000, jelas vivo Y19 adalah salah satu ponsel yang cukup layak dilirik. Masalahnya, di kisaran harga tersebut, vivo punya seri lain, yakni vivo S1 yang harganya tidak terlalu jauh tetapi menawarkan kualitas kamera yang lebih baik.

Tentu vivo Y19 memiliki kelebihan lain yang membedakannya dengan vivo S1. Karena itu, ponsel ini masih tergolong layak dibeli. Tertarik? Silakan beli vivo Y17  ini di Bukalapak lewat link ini atau Shopee di link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *