Carisinyal / Vivo 2019 / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Pro!

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Vivo V17 Pro adalah HP yang dihadirkan Vivo sebagai penerus dari Vivo V15 Pro. HP ini hadir dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tetapi pertanyaannya, apakah Vivo V17 Pro layak dipilih? Apakah HP ini memiliki peningkatan yang cukup banyak jika dibandingkan Vivo V15 Pro?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan soal kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro berikut ini. Tapi, mari simak terlebih dahulu spesifikasi dari Vivo V17 Pro berikut ini.

Spesifikasi Vivo V17 Pro

vivo V17 Pro

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    159 x 74.7 x 9.8 mm
  • Berat
    201.8 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED
  • Ukuran
    6,44 inci
  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20: 9 (kepadatan ~409 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver)
  • GPU
    Adreno 612

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 13 MP + 2 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.8, 26mm (lebar), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/4", 1.12µm
    13 MP, (telephoto), PDAF, 2x optical zoom
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam
    Fitur: LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    Pop-up bermotor 32 MP, f/2.0, (lebar) + 8 MP, 17mm (ultra lebar)
  • Fitur
    HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4100 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 18W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layarl), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Crystal Black, Crystal Sky, Midnight Ocean

Kelebihan Vivo V17 Pro

Jika ingin membeli Vivo V17 Pro sebaiknya ketahui juga beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh HP ini. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Vivo V17 Pro? Simak ulasannya berikut ini!

1. Empat Kamera Belakang yang Bagus

vivo v17 pro

* sumber: www.smartprix.com

Empat kamera belakang, satu hal yang jadi tren. Bahkan, kehadiran empat kamera jadi tampak hal biasa karena ada HP di kelas harga terjangkau yang memiliki empat kamera. Yang tinggal jadi masalah, seperti apa kualitas keempat kamera yang ditawarkan oleh HP yang menawarkan empat kamera? Sekadar gimmick atau memang benar-benar menawarkan fungsi yang baik?

Jelas, di kelas harganya, Vivo V17 Pro tidak menawarkan sekadar gimmick saja. Empat kamera yang ditawarkan tergolong memiliki fungsinya sendiri. Kamera pertama, adalah kamera 48 MP yang tampak jadi terlihat umum. Kamera ini memiliki bukaan f/1.8 dan mendukung PDAF. Sensor kamera yang digunakan di kamera ini adalah Sony IMX582.

Kamera kedua adalah kamera 8 MP yang berfungsi sebagai kamera ultrawide. Kamera ketiga adalah kamera telefoto yang mendukung fitur PDAF dan 2x optical zoom. Sementara kamera keempat dari HP ini adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. 

Bagaimana lantas kualitas empat kamera yang ditawarkan oleh Vivo V17 Pro ini? Mari simak contoh hasil tangkapan kamera dari Vivo V17 Pro berikut ini.

hasil tangkapan kamera vivo v17 pro

* sumber: www.indiatoday.in

hasil tangkapan kamera vivo v17 pro

* sumber: www.indiatoday.in

hasil tangkapan kamera vivo v17 pro

* sumber: www.indiatoday.in

Tampak kalau hasil tangkapan kamera dari Vivo V17 Pro ini tergolong bagus, baik untuk foto dengan cahaya cukup maupun di kondisi minim cahaya. Seperti kata situs Indiatoday.in, kualitas tangkapan kamera Vivo V17 Pro ini tergolong bagus, memiliki detail yang luar biasa, dan memiliki warna yang tampak seperti aslinya. Rentang dinamisnya juga tergolong bagus.

Situs Tabloid Pulsa juga mengatakan kalau secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera Vivo V17 Pro tergolong bagus, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Hasil foto bokeh juga tergolong bagus. 

Situs AndroidAuthority juga memuji kualitas kamera belakang Vivo V17 Pro. Menurut mereka, kamera 48 MP dan kamera telefoto di HP ini mampu menghadirkan foto dengan kualitas fantastis di kelas harganya. Fotonya memiliki kualitas HDR, eksposur, dan tingkat warna yang baik.

Dari berbagai pendapat tersebut, tampak kalau kamera belakang Vivo V17 Pro bukanlah kaleng-kaleng. Bisa dibilang, empat kamera belakang HP ini benar-benar berkualitas.

2. Dua Kamera Selfie

Vivo V17 Pro

Jika di kamera belakang, terdapat empat kamera, maka di bagian depan, terdapat dua kamera selfie. Hal ini membuat Vivo V17 Pro memiliki predikat sebagai HP dengan enam kamera, dan tentu saja hal ini tergolong patut diapresiasi.

Dua kamera depan Vivo V17 Pro terdiri dari kamera utama 32 MP dan kamera kedua 8 MP yang berfungsi sebagai ultrawide. Hal ini jelas membuat HP ini memungkinkan penggunanya selfie dengan sudut pandang yang lebar. Selain itu, dua kamera selfie di HP ini mengusung konsep motorized pop-up.

3. Desain yang Cantik

vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro hadir dengan desain yang cantik dan terasa mewah. Seperti kata Youtuber AD REVIEW, desain Vivo V17 Pro terasa mewah berkat adanya lapisan kaca di bagian belakang. Selain itu, tidak adanya warna gradasi membuat tampilan desain Vivo V17 Pro terasa lebih beda jika dibandingkan HP lain.

Selain memiliki desain yang cantik, bodi ponsel ini terasa solid dan bagus. Hal ini dipertegas oleh Tabloid Pulsa, yang mengatakan kalau Vivo V17 Pro memiliki bodi ponsel yang terasa cukup solid dengan rancang bangun yang sangat baik.

4. Layar Super AMOLED 20:9

vivo v17 pro

* sumber: www.tabloidpulsa.co.id

Vivo V17 Pro menawarkan layar 6,44 inci. Layarnya menawarkan resolusi 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan layar sebesar 409 ppi. Layarnya menawarkan rasio 20:9 sehingga angka resolusinya jadi berbeda dengan ponsel lain yang menawarkan rasio layar 18:9 atau 19:9. Untuk screen-to-body-ratio, Vivo V17 Pro hadir dengan rasio layar ke bodi sebesar 91,65%

Yang menarik dari layar Vivo V17 Pro ini adalah teknologi layarnya. Layarnya ini menggunakan panel Super AMOLED dengan teknologi E3 OLED. Vivo menyebut layarnya ini sebagai Ultimate All Screen. Hal ini tidak berlebihan karena HP ini memiliki bezel yang tergolong tipis.

Menurut channel Youtube AD REVIEW, layar Super AMOLED di Vivo V17 Pro ini membuat warna layarnya terasa lebih hidup. Pujian juga diungkapkan oleh AndroidAuthority. Menurut situs teknologi terkemuka tersebut, layar Vivo V17 Pro tergolong bagus dengan rasio 20:9 dan layarnya memiliki tingkat kecerahan yang baik.

5. Sensor Sidik Jari di Layar yang Akurat

vivo v17 pro

* sumber: www.tabloidpulsa.co.id

Vivo V17 Pro didukung dengan teknologi sensor sidik jari di layar atau in-display fingerprint. Teknologi ini jelas bukan sesuatu yang unik lagi karena semakin banyak HP yang menerapkan teknologi ini.

Yang jadi pertanyaan sekarang, tinggal seberapa baik performa sensor sidik jari di layar ini? Kalau berdasarkan penuturan AndroidAuthority, performa sensor sidik jari di layar pada HP ini tergolong fantastis dan bisa diandalkan. Pengguna bakalan jarang memakai Face Unlock lantaran performa sensor sidik jari di HP ini tergolong oke.

6.  Daya Tahan Baterai Oke

vivo v17 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Vivo V17 Pro dibekali dengan baterai Li-Po 4.100 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup besar meski memang kapasitas baterai di atas 4.000 mAh tak lagi spesial. Tinggal, apakah HP ini memiliki daya tahan baterai yang lama atau tidak?

Kalau menurut situs Indianexpress.com, daya tahan baterai HP ini bisa lebih dari satu hari. Jika  penggunaan sedang, bahkan bisa mencapai dua hari. Sementara menurut situs Indiatoday, dengan penggunaan seperti WhatsApp, media sosial, kirim email, dan lainnya, daya tahan baterai ini mencapai seharian.

Dengan hasil tersebut, dapat dibilang kalau daya tahan baterai HP ini tergolong cukup bagus untuk kelasnya. Memang tidak terlalu spesial, tetapi sudah dikatakan jadi satu kelebihan tersendiri.

7.  Dual Engine Fast Charging

Vivo V17 Pro Fast Charging

Selain didukung dengan daya tahan baterai yang lama, HP ini juga didukung dengan teknologi pengisian cepat Dual Engine Fast Charging. Dengan teknologi ini, Vivo V17 Pro dapat terisi dengan cepat. Seperti kata Indiatoday, Vivo V17 Pro dapat terisi penuh dengan memakan waktu 90 menit saja. Waktu yang tergolong cepat tentunya.

Kekurangan Vivo V17 Pro

Di balik kelebihan yang dimiliki, ternyata HP ini juga memiliki beberapa kekurangannya. Apa saja itu? Mari simak beberapa kekurangan dari Vivo V17 Pro berikut ini.

1. Masih Bertahan dengan Snapdragon 675

Performa Vivo V17 Pro

Vivo V17 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 675. Chipset ini terdiri dari delapan prosesor inti yang terdiri dari dua prosesor Kryo 460 Gold 2.0 GHz untuk performa dan enam prosesor Kryo 460 Silver 1.7 GHz. Untuk pengolah grafis, tersemat Adreno 612. Dengan spesifikasi tersebut, Vivo V17 Pro bisa mencapai nilai Antutu di angka 210 ribuan.

antutu vivo v17 pro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=xwh7h2ZLgQo

Dengan nilai Antutu tersebut, performa Vivo V17 Pro tergolong bagus untuk bermain gim. Hanya saja, penggunaan Snapdragon 675 di HP ini seolah jadi tidak terasa spesial. Pasalnya, Vivo membenamkan chipset Snapdragon 675 di Vivo V15 Pro. Sehingga untuk performa, tidak ada peningkatan yang dibandingkan versi sebelumnya.

2. Speaker Mono

Vivo V17 Pro

Kekurangan lain dari Vivo V17 Pro adalah bagian speaker. Di bagian ini, Vivo hanya membenamkan satu speaker alias speaker mono saja. Di kelas harganya, jelas hal ini jadi kekurangan tersendiri mengingat banyak HP lain di kelas harga yang bahkan di bawah HP ini, membenamkan speaker stereo.

3. Funtouch OS yang Masih Terasa Kurang

Funtouch OS Vivo V17 Pro

Kekurangan selanjutnya dari Vivo V17 Pro adalah soal penggunaan Funtouch OS. Antarmuka ini masih kurang terasa begitu nyaman. Seperti kata AndroidAuthority, Funtouch OS bukanlah antarmuka yang fun dan terasa seperti duplikat dari iOS semata.

Simpulan

Vivo V17 Pro pada dasarnya adalah HP yang tergolong menarik. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh HP ini.  Kamera jadi sektor paling menonjol dari Vivo V17 Pro. Sementara untuk sektor lain, jika dibandingkan seri sebelumnya, yakni Vivo V15 Pro, terasa seperti biasa saja.

Vivo V17 Pro lebih cocok untuk pengguna yang memang butuh HP dengan keunggulan di sektor kamera. Sebagai catatan juga, HP ini menarik dibeli jika sebelumnya belum membeli Vivo V15 Pro. Mengapa? Karena jika sudah membeli Vivo V15 Pro, agak disayangkan jika harus membeli HP ini. Berminat membeli HP ini? Silakan beli di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar