Carisinyal / Vivo 2019 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V15 Pro!

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V15 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Beberapa waktu lalu, Vivo kembali memperkenalkan dan meluncurkan HP terbarunya, yakni Vivo V15 dan Vivo V15 Pro. Kehadiran kedua HP ini tentu menjadi angin segar di kalangan para pencinta gadget, khususnya para pencinta HP besutan Vivo.

Nah, kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai salah satu dari kedua HP terbaru Vivo tersebut, yakni Vivo V15 Pro. Yup, khusus untuk Anda yang penasaran, kami akan mengupas tuntas mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V15 Pro ini. Mau tahu? Simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

Spesifikasi Vivo V15 Pro

Vivo-V15-Pro-FULL

  • Chipset: Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
  • RAM & Memori: 8 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 48 MP + 8 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3700 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 5.999.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Vivo V15 Pro

1. Desain Kekinian

vivo v15_pro_smartprix3

* sumber: www.smartprix.com

HP Vivo V15 Pro hadir dengan desain kekinian ala HP-HP zaman sekarang. HP ini tampil dengan bezel yang minim namun tanpa adanya notch di bagian depan layarnya. Selain itu, kover belakangnya juga hadir dengan warna gradasi yang cantik, yakni Topaz Blue, Coral Red, dan juga Ruby Red. Dinilai dari segi tampilannya, HP ini sudah memenuhi standar HP zaman now.

2. Layar Besar dan Jernih

perbedaan hp vivo v15 dan v15 pro vivo v15_pro_smartprix

* sumber: www.smartprix.com

Selain desain keseluruhannya yang sudah memenuhi standar HP kekinian, layar dari HP Vivo V15 Pro juga sama-sama sudah memenuhi standar HP zaman sekarang, lho. Vivo V15 Pro ini hadir dengan layar berukuran 6.39 inci. Seperti yang sudah disebutkan di atas, layarnya sendiri memiliki bezel atau tepian yang sangat tipis sehingga tampilan layarnya ini terasa lebih lega. Absennya notch juga menambah kesan luas pada layar HP ini.

Layarnya sendiri menggunakan panel OLED. Dengan begitu, tampilan layarnya juga menjadi lebih jernih. GSMArena menuturkan, meski panel OLED yang digunakan bukanlah yang terbaik dan warnanya kurang akurat, namun tampilan layar HP ini masih tetap bagus dan tentunya tetap nyaman untuk digunakan di bawah terik sinar matahari.

Layar HP ini sudah beresolusi full HD+ 1080 X 2316 piksel. Menariknya lagi, layar Vivo V15 Pro sudah didukung teknologi DCI-P3. DCI-P3 sendiri merupakan standar warna terbaru yang digunakan di industri perfilman Hollywood. Teknologi ini membuat tampilan warna di film-film menjadi lebih nyata dan lebih hidup.

Ya, dengan HP ini, Anda dapat menikmati pengalaman menonton film favorit Anda dengan nyaman. Apalagi ukuran layarnya juga sangat besar. Sayangnya, layar HP ini belum mengantongi pelindung layar Gorilla Glass.

3. Kamera Pop-Up

vivo v15_pro_smartprix2

* sumber: www.smartprix.com

Beralih ke sektor kameranya. Vivo V15 Pro dilengkapi tiga lensa kamera di bagian belakang bodinya. Masing-masing ada lensa kamera primer berukuran 48 MP yang sudah didukung dengan phase detection auto focus untuk penguncian fokus pada objek foto dengan lebih baik.

Kemudian, ada lensa 8 MP berjenis ultra wide untuk memotret dengan jangkauan yang luas, serta lensa depth sensor untuk menghadirkan efek background blur alias bokeh pada foto yang berukuran 5 MP. Kameranya sudah didukung fitur HDR, panorama dan ada LED Flash untuk hasil foto maksimal.

Nah, menurut GSMArena, hasil jepretan dari kamera utama HP ini memiliki detail, dynamic range serta reproduksi warna yang bagus. Kamera HP ini juga sudah dibekali teknologi kecerdasan buatan yang mampu membedakan objek foto,semisal makanan, manusia atau bangunan. Teknologi AI yang ada juga dapat membuat warna dari foto yang diambil menjadi terlihat lebih hidup.

Lalu, bagaimana dengan kamera selfie-nya? Ya, inilah yang menjadi salah satu nilai jual dari Vivo`V15 Pro. Kamera pop-up!

Vivo membekali HP ini dengan kamera selfie 32 MP berjenis pop-up yang dapat muncul dan ‘bersembunyi’ dengan sendirinya. Kamera selfie-nya ini sudah didukung fitur HDR untuk hasil foto yang lebih tajam. Bila kamera belakangnya sudah mendukung perekaman video beresolusi [email protected], kamera depannya ini hanya mampu merekam video beresolusi [email protected]

Hasil jepretan kamera selfie-nya juga tidak kalah keren dari kamera belakangnya. Warna yang dihasilkan sangat natural dan detail-nya juga bagus. Berikut saya sertakan beberapa foto hasil bidikan kamera Vivo V15 Pro.

gsmarenacamsample_2

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_3

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_4

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_6

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_7

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_8

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_10

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_9

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_12

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarenacamsample_13

* sumber: www.gsmarena.com

4. Performa Lancar

vivo-v15-pro-yuga-4

* sumber: www.yugatech.com

Kehadiran layar yang keren juga kamera mumpuni terasa kurang lengkap tentunya, bila tanpa dibarengi dengan performa yang lancar dari HP itu sendiri. Beruntung, di sektor dapur pacunya, Vivo membekali HP ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 675. Meskipun chipset ini termasuk chipset kelas menengah, namun performanya juga tak bisa dianggap remeh.

vivo v15 pro_geekbench multi

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena melakukan geekbench test (multi core) untuk HP ini. Hasilnya, Vivo V15 Pro mampu mengungguli Oppo R17 Pro dengan Snapdragon 710-nya juga Oppo F11 Pro yang menggunakan chipset Mediatek Helio P70 yang sama-sama ada di kelas menengah.

vivo v15 pro_geekbench single

* sumber: www.gsmarena.com

Selain itu, GSMArena juga melakukan geekbench test (single core) untuk HP ini. Serupa dengan hasil geekbench test multi core-nya, Vivo V15 Pro juga mampu mengungguli Oppo R17 Pro dengan perolehan skor sebesar 2386.

vivo v15 pro_antutu

* sumber: www.gsmarena.com

HP ini memperoleh skor antutu sebesar 180774, lagi-lagi berhasil mengungguli Oppo R17 Pro dan juga Oppo F11 Pro.

Yup, HP Vivo V15 Pro dapat Anda andalkan dalam keseharian, baik untuk menjalankan aplikasi ringan seperti sosial media, hingga bermain game yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti PUBG Mobile pun masih bisa.

Berdasarkan pengalaman dari Dhiarcom, HP ini mampu menjalankan game PUBG dengan setting grafis smooth dan frame rate ultra ataupun dengan setting grafis HD dan frame rate high.

5. Baterai Tahan Lama

vivo v15 pro_battery

* sumber: www.gsmarena.com

Di sektor baterai, Vivo membekali HP ini dengan baterai berkapasitas standar, yakni 3700 mAh. GSMArena melakukan endurance test untuk menguji ketahanan baterai HP ini. Hasilnya, baterai HP Vivo mampu bertahan selama kurang lebih 92 jam lamanya dengan rincian 27:53 jam untuk 3G talk time, 11:22 jam untuk browsing internet dan 15:03 jam untuk memutar video.

HP ini juga sudah mendukung teknologi fast charging. Berdasarkan pengalaman dari Dhiarcom, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi baterai HP ini sampai penuh.

6. Under Display Fingerprint Sensor

kelebihan dan kekurangan vivo v15_pro_smartprix4

* sumber: www.smartprix.com

Jangan heran kalau Anda tidak menemukan sensor sidik jari berbentuk fisik di bagian belakang bodinya. Yup, HP ini sudah mengusung teknologi sidik jari di bawah layar alias under display fingerprint sensor yang mampu membuka kunci layar dengan sangat cepat.

Selain dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar, HP ini juga sudah punya fitur face unlock yang dinamakan screen touch ID untuk membuka kunci layar dengan cara memindai wajah.

7. Dilengkapi Audio Jack 3.5mm

Vivo-V15 pro_smartprix10

* sumber: www.smartprix.com

Kalau Anda suka mendengarkan musik menggunakan earphone, Anda patut berbahagia karena HP ini masih mengusung audio jack berukuran 3.5 mm di bagian atas bodinya. Jadi, Anda tak memerlukan konverter untuk memasang earphone.

Kekurangan Vivo V15 Pro

1. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo-v15-pro-yuga-8

* sumber: www.yugatech.com

Terlepas dari segala fitur keren yang dimiliki, HP Vivo V15 Pro ini juga memiliki kekurangan tersendiri. Salah satunya adalah, HP ini belum mengantongi sertifikasi IP yang artinya Vivo V15 Pro ini tidak memiliki resistensi terhadap air dan debu. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati.

2. Port Micro-USB

vivo v15_pro_smartprix5

* sumber: www.smartprix.com

Selain tidak tahan terhadap air dan debu, HP Vivo V15 Pro juga memiliki satu kekurangan lainnya, yakni masih menggunakan port USB bertipe mikro yang tergolong jadul. Sementara, saat ini HP-HP lain dari vendor pesaing sudah menggunakan port USB tipe-C yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik.

3. Bodi Berbahan Plastik

vivo-v15-pro-yuga-10

* sumber: www.yugatech.com

Kover belakang dari HP ini memang keren, karena memiliki warna gradasi yang cantik. Sayang, bodi belakangnya ini ternyata terbuat dari plastik yang dibuat menyerupai kaca. Seperti yang kita ketahui, HP dengan bahan plastik ini cukup licin dan tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat digenggam. Selain itu, bagian kover belakang dari yang terbuat dari plastik juga rentan terkena bekas sidik jari tangan.

Simpulan

Nah, kalau Anda ingin memiliki HP dengan kamera selfie berjenis pop-up dengan performa yang oke di kelasnya, kemudian juga layar yang lebar serta desain yang cantik, Anda dapat memilih HP ini.

Di kelas harga yang sama, ada juga HP dari vendor pesaing yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan alternatif, terlebih bila Anda sangat mementingkan performa dapur pacu ketimbang yang lain. Ada Xiaomi Pocophone F1. HP ini memang tidak dibekali dengan kamera selfie berjenis pop-up, namun performanya lebih kencang ketimbang Vivo V15 Pro berkat hadirnya chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V15 Pro yang perlu Anda ketahui. Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk membeli HP yang satu ini?

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment