Carisinyal / Vivo 2018 / Kamu Perlu Tahu Nih 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y91

Kamu Perlu Tahu Nih 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y91

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Menjelang akhir tahun 2018, Vivo menghadirkan ponsel baru dengan spesifikasi yang wah namun dijual dengan harga yang terbilang murah. Ponsel itu bernama Vivo Y91 dan membawa keunggulan di sektor daya serta kamera. Vivo Y91 ini sendiri adalah ponsel yang masih satu kelas dengan ponsel Vivo lainnya seperti Vivo V71 misalnya.

Ponsel ini sudah berbedar di pasaran dan bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online. Ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 juta dengan paket penjualan yang terdiri dari ponsel, chargerm kabel data Micro USB, serta bonus sebuah casing transparan.

Seperti apa performa dari Vivo V91 ini? Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini Carisinyal akan menyajikan soal kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini.

Spesifikasi Vivo Y91

Vivo Y91

Umum

  • Diumumkan
    November, 2018
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    155.1 x 75.1 x 8.3 mm
  • Berat
    163.5 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.22 inci
  • Resolusi
    720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x1.95 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53)
  • GPU
    Adreno 505

Memori

  • RAM
    2 GB
  • Memori Internal
    16 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    13 MP + 2 MP
  • Fitur
    f/2.2, PDAF + f/2.4, depth sensor + LED flash, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP
  • Fitur
    f/1.8
  • Video
    -

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    Non-removable 4030 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    -

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Starry Black, Ocean Blue
  • Lainnya
    -

Harga

    Kelebihan Vivo Y91

    1. Baterai Jumbo

    Vivo Y91 Battery

    Salah satu yang diunggulkan pada ponsel Vivo Y91 adalah kapasitas baterainya yang terbilang jumbo, yaitu 4030 mAh berjenis Li Po. Dengan daya sebesar ini, Vivo Y91 bisa kamu andalkan cukup lama untuk penggunaan sehari-hari.

    Baterai sebesar ini juga telah dilengkapi dengan sistem manajemen daya yang cerdas sehingga smartphone Vivo Y91 dapat bertahan lebih lama saat kamu gunakan untuk bermultimedia. Kalau menurut channel Youtube 805Gadget, VIvo Y91 ini dapat bertahan sampai seharian atau bisa lebih dari sehari. Nilai benchmark PC World baterai ini bahkan mencapai 15 jam lebih.

    2. Layar Lebar dengan Notch Kecil

    Bagian Depan Vivo Y91

    Vivo Y91 mengusung layar berukuran 6,22 inch dengan resolusi HD+ atau 1520× 720 pixels. Panel yang digunakannya adalah IPS dengan 16 juta warna. Tampilan yang lebar ini disebut Vivo sebagai Ultra All Screen. Selain itu, ukuran notch-nya juga semakin diperkecil dan membuat layar terasa lebih lebar namun tetap nyaman dan mudah dioperasikan.

    Dengan layar yang sedemikian lega, kamu bisa merasakan kenyamanan saat bersenang-senang dengan ponsel ini seperti menonton video, bermedia sosial, berselancar di dunia maya, dan bermain game.

    3. Sudah Dual Kamera

    Bagian Belakang Vivo Y91

    Untuk melengkapi hari-harimu dengan foto-foto yang cukup berkualitas, Vivo telah menghadirkan teknologi kamera utama ganda pada ponsel Vivo Y91 dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Kedua kamera belakang itu masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP plus LED flash untuk optimalisasi pengambilan gambar saat kondisi cahaya rendah.

    Hasil tangkapan dari kedua kamera utama Vivo Y91 ini cukup mengagumkan, terutama saat kondisi cahaya cukup. Kamu juga dapat menghasilkan foto berefek bokeh dengan detail yang cukup baik. Bantuan algoritma AI terlihat cukup kentara dalam setiap foto yang diambil dengan kamera belakang Vivo Y91 ini.

    Untuk mewadahi kegiatan selfiemu, sebuah kamera depan beresolusi 8 MP telah disiapkan untukmu. Sensor ini mampu menghasilkan gambar yang tajam serta dapat menangkap lebih banyak detail wajahmu (sekali lagi terutama dalam kondisi cayaha yang cukup). Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur AI Face Beauty untuk menghasilkan foto selfie yang lebih menarik.

    4. Performa yang Cukup Oke untuk Penggunaan Sehari-hari

    AnTuTu Y91

    * sumber: www.youtube.com

    Jeroan ponsel ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan proses manufaktur 12 nanometer dan CPU yang terdiri dari delapan inti. Untuk memorinya sendiri, Vivo Y91 dibekali dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB dengan slot tambahan untuk Micro SD hingga 256 GB.

    Ponsel ini mampu menghasilkan skor AnTuTu hingga 79.212 dan ini tergolong bagus untuk ponsel semurah Vivo Y91. Performa yang dihasilkan ponsel ini cukup memuaskan dan mampu menghemat energi. Kamu bisa membuka sebuah aplikasi dengan cepat serta berpindah ke aplikasi lain dengan lancar.

    Untuk penggunaan sehari-hari, Vivo Y91 cukup bisa diandalkan. Apalagi dengan dayanya yang besar, ponsel ini mampu menemanimu lebih lama saat sedang digunakan untuk bermultimedia. Untuk bermain game berat dengan grafis rendah, Vivo Y91 juga cukup bisa menyenangkanmu.

    5. Tampilan dengan Gradasi Warna yang Cantik

    Gradasi Warna Vivo Y91

    * sumber: www.noypigeeks.com

    Body belakang ponsel ini dibalut dengan gradasi warna yang cantik dan mengkilap. Vivo Y91 Starry Black misalnya, warna hitamnya yang pekat dipadukan dengan warna biru terlihat sangat elegan.

    Dilihat dari sisi manapun, body ponsel ini tetap nyaman dilihat. Selain itu, desain body-nya yang melengkung membuat perangkat ini tetap nyaman saat digenggam. Ponsel ini cocok dimiliki oleh para pembaca Carisinyal yang ingin memiliki hp keren tapi dengan harga yang terjangkau.

    6. Harga Murah Plus Bonus Casing

    Casing Vivo Y91

    * sumber: www.youtube.com

    Vivo Y91 dapat kamu bawa pulang ke rumah dengan harga Rp 1,9 jutaan. Dengan berbagai kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ponsel ini cukup terjangkau dan memuaskan untuk dimiliki. Daya tahannya yang cukup lama serta dual kamera belakangnya yang cukup memukai membuat Vivo Y91 ini berjodoh dengan siapa pun yang menyukai kegiatan outdoor.

    Hal itu karena kamu tidak perlu ribet ngecas hp ini berkali dalam satu hari. Kamu juga bisa melakukan jeprat-jepret dengan hasil foto yang terlihat layaknya profesional. Dalam paket penjualannya, kamu akan menemukan casing berwarna transparan sebagai proteksi tambahan dari serangan-serangan ringan ke body Vivo Y91.

    7. Akses Ponsel Lebih Mudah

    Vivo Y91 FP

    Sebagai akses untuk membuka kunci ponsel, Vivo Y91 dilengkapi dengan rear-mounted fingerprint atau sensor sidik jari yang terletak di bagian body belakang tepat di atas logo Vivo. Dalam beberapa deskripsi disebutkan bahwa ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Face Access di mana wajahmu adalah kunci untuk mengakses ponsel pintar tersebut.

    Kekurangan Vivo Y91

    1. No Fast Charging

    Fast Charging

    * sumber: www.pinterest.co.uk

    Sayangnya teknologi pengisian cepat tidak dibenamkan dalam ponsel berbaterai jumbo ini. Hal ini memang cukup dimaklumi mengingat banderol harga ponsel pintar ini cukup terjangkau untuk beberapa kelebihan yang dimilikinya.

    Jadi, agar baterai ponsel ini bisa terisi penuh tanpa banyak membuang waktumu, sebaiknya Vivo Y91 ini dicas di malam hari atau saat waktu senggangmu cukup banyak.

    2. Memori Kecil

    Beberapa reviewer di YouTube menyebut kalau ukuran memori yang digunakan pada smartphone Vivo Y91 cukup kecil, yaitu RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Belum lagi memori sebesar itu terpakai oleh sistem dengan jumlah cukup banyak.

    Untuk itu, kamu harus hemat-hemat dalam konsumsi memori jika perangkat ingin tetap berjalan lancar. Namun, untuk ROM kamu masih bisa memperluasnya lagi hingga 256 GB menggunakan Micro SD (dedicated slot).

    3. No Headset

    No Earphone

    * sumber: www.methodshop.com

    Dalam paket penjualan Vivo Y91, kamu tidak akan menemukan headset yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan audio atau menelepon. Oleh karena itu, kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk aksesoris tersebut. Walaupun demikian, absennya headset sudah tergantikan dengan casing transparan sebagai proteksi tambahan untuk ponsel tersebut.

    Simpulan

    Smartphone Vivo Y91 ini cukup bisa diandalkan untuk menemani kegiatanmu baik di dalam dan luar ruangan dengan durasi yang lebih lama dibanding ponsel sejenisnya. Harganya yang cukup murah sangat sebanding dengan berbagai keunggulan yang dibawanya.

    Memang absennya beberapa fitur pada ponsel ini cukup disayangkan, namun sepertinya hal itu dapat terobati dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Tertarik dengan HP ini? Dapatkan ponsel berkualitas ini di Bukalapak dengan klik link ini.

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar