Carisinyal / Smartphone / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V11 Pro!

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V11 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2018

Vivo V11 Pro adalah HP Vivo terbaru yang menggebrak. Mengapa menggebrak? Karena Vivo Vi11 Pro datang dengan berbagai keunggulan dan harga yang tergolong menarik. Alasan lain adalah, karena Vivo biasanya hanya mengeluarkan HP kelas menengah dengan spesifikasi biasa saja, harganya overpriced, dan dibungkus dengan peluncuran produk yang mewah.

Vivo melakukan hal tersebut pada produknya Vivo V9 yang diliput banyak TV swasta. Tapi, beberapa bulan kemudian, Vivo memperbarui lini Vivo V9 dengan spesifikasi yang lebih baik, yakni Vivo V9 6 GB. Kamu yang penasaran dengan Vivo V9 6 GB, bisa membaca artikel kelebihan dan kekurangan Vivo V9 6 GB terlebih sebelum lanjut membaca artikel ini.

Balik lagi ke Vivo V11 Pro, ponsel ini diluncurkan oleh Vivo bersamaan dengan Vivo V11. Acara peluncuran Vivo V11 series ini tidak semewah saat peluncuran Vivo V9. Tetapi, tentu bukan masalah karena fokusnya adalah HP. Lantas, seperti apa sebenarnya Vivo V11 Pro? Simak ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Vivo V11 yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Spesifikasi Vivo V11 Pro

Vivo V11 Pro

  • Rilis: September 2018
  • Layar: Super AMOLED 6.41 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2340 pixels 19,5:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
  • CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • Memori Internal: 64/128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB  (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Dual: 12 MP, f/1.8, 1/2.8″, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama,[email protected], [email protected]
  • Kamera Depan: 25 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3400 mAh

Kelebihan Vivo V11 Pro

1. Fingerprint  di Bawah Permukaan Layar

vivo V11 screen touch ID

Hal yang membuat Vivo V11 Pro istimewa adalah kehadiran sensor sidik jarinya. Vivo V11 Pro menawarkan sensor sidik jari alias fingerprint berada di balik layar atau di bawah permukaan layar. Fitur ini jadi kelebihan karena Vivo adalah pionir yang memperkenal fitur ini.

Vivo V11 Pro sebenarnya bukan HP pertama yang memiliki ftur ini. Vivo memperkenalkan sensor sidik jari di bawah permukaan layar ini di HP demo bernama Vivo Apex. Vivo Apex ini adalah cikal bakal hadirnya Vivo Nex. Sementara sensor sidik jari di bawah permukaan layar, atau Vivo menyebutnya sebagai under display (UD) fingerprint, hadir secara komersial di Vivo X20 UD. Hanya saja varian X series tidak dibawa Vivo ke Indonesia.

Vivo justru menghadirkan under display (UD) fingerprint ini di seri Vivo V11 Pro, yang merupakan ponsel kelas menengah. Kehadiran fitur ini jadi salah satu unggulan dan nilai jual. Bahasa marketing Vivo untuk fitur ini adalah “Screen Touch ID”. Screen Touch ID ini bekerja di bawah panel layar Super AMOLED agar bisa mendeteksi jari pengguna dengan mudah. Hanya harus diingat, Screen Touch ID ini adalah fitur yang cukup sensitif.

Seperti kata Yangcanggih.com, performa Screen Touch ID bisa menurun jika layar Vivo V11 Pro dipasang tempered glass murahan. Selain Screen Touch ID, Vivo V11 Pro juga sudah dibekali dengan Face Acess. Face Acess ini mirip dengan face unlock, fitur pengenalan wajah yang umum hadir di smartphone zaman sekarang. Hanya saja Face Acess Vivo V11 Pro ini tidak hanya memanfaatkan kamera depan tetapi juga kamera infrared.

Berdasarkan penuturan Yangcanggih, Face Acess ini bekerja dengan cara memindai 1024 titik wajah dengan baik, bahkan jika dilakukan pada kondisi cahaya rendah atau gelap sekalipun. Respon Face Acess juga tergolong cepat dan tentu ini sangat baik.

Fitur Screen Touch ID dan Face Acess tentu jadi kelebihan tersendiri dari Vivo V11 Pro. Terlebih Screen Touch ID bisa dibilang kelebihan yan utama dari ponsel ini mengingat (saat artikel ini dibuat), belum ada ponsel lain yang menghadirkan sensor di bawah layar  yang masuk resmi ke Indonesia.

2. Layar Super AMOLED

* sumber: yangcanggih.com

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, Vivo V11 Pro ini hadir dengan panel Super AMOLED. Layarnya ini hadir dengan dimensi layar 6.41 inches. Layarnya hadir dengan rasio layar 19,5:9 dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Layar ponsel ini hadir dengan notch tipis. Vivo menyebutnya sebagai Ultra All Screen. Kombinasi layar Super AMOLED dengan resolusi full HD+, tentu bisa menghasilkan tampilan visual yang menarik. Bahkan, boleh dibilang, Vivo V11 Pro ini adalah HP dengan layar terbaik yang dibawa Vivo Indonesia secara resmi.

Langkah Vivo menghadirkan panel Super AMOLED di HP ini adalah langkah bagus yang patut diapresiasi. Pasalnya, HP yang dihadirkan Vivo Indonesia sebelumnya cenderung biasa saja.

3. Performa Masih Menarik

* sumber: www.youtube.com

Vivo V11 Pro dibekali dengan hardware yang serupa dengan hardware Vivo V9 6 GB. Karena itu, boleh dibilang performa Vivo V11 Pro ini tidak jauh berbeda dengan Vivo V9 6 GB. Kapasitas RAM yang digunakan di Vivo V11 Pro juga mengusung RAM 6 GB.

Nilai Antutu Vivo V11 Pro sendiri ada di angka 129 ribuan. Angkanya sedikit berbeda dengan Vivo V9 6 GB yang mendapat skor Antutu sampai 140 ribuan. Perbedaan 10 ribuan sebenarnya tidak terlalu signifikan, lagipula nilai Antutu tidak menggambarkan performa secara keseluruhan.

Yang pasti, performa Vivo V11 Pro ini terbilang baik. Snapdragon 660 dengan embel-embel AIE atau Artificial Intelgence Engine di belakang nama prosesor ini adalah “otak” yang menggambarkan performa Vivo V11 Pro berada di performa terbaiknya.

Seperti yang diungkapkan oleh Yangcanggih, performa Vivo V11 Pro ini dapat memainkan gim PUBG Mobile dan Mobile Legends dengan lancar. Gim PUBG Mobile bahkan berjalan lancar tanpa kendala, tentu bukan grafis tinggi melainkan dengan pengaturan grafis medium.

Gadgetsnow malah menguji sedikit lebih dalam perrforma Vivo V11 Pro ini. Menurut mereka, performa Vivo V11 Pro tidak buruk. Performa Vivo V11 tergolong cukup. Digunakan untuk menjalankan aplikasi pun lancar tanpa ada lag ataupun performa yang lambat saat membuka aplikasi.

Performa Snapdragon 660 AIE di Vivo V11 Pro juga tergolong optimal untuk menjalankan video edit 4K atau video dengan resolusi 1080p. Kemampuan mengedit di ponsel ini menurut Gadgetsnow ini bekerja di atas rata-rata. Selain itu, Vivo V11 Pro ini cukup adem, bahkan digunakan bermain gim PUBG Mobile selama 4 sampai 5 jam.

Pemaparan soal performa rasanya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. Sudah terbukti kalau performa Vivo V11 Pro ini menghadirkan sebuah performa yang tergolong layak di kelasnya.

4. Dual Engine Fast Charging 

* sumber: www.youtube.com

Vivo V11 Pro tidak dibekali dengan pengisian cepat Quick Charge. Hanya saja Vivo memiliki fitur pengisian cepat sendiri yang dinamakan dual engine fast charging. Pengisian daya ini mampu mengisi daya Vivo V11 Pro sampai 50% dalam tempo 30 menit saja.

Jika ingin terisi penuh, dual engine fast charging akan bekerja sampai 90 menit untuk mendapatkan daya penuh 100%. Teknologi pengisian daya yang cepat ini bisa dibilang merupakan salah satu teknologi pengisian daya terbaik selain VOOC flash charge.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, Vivo V11 Pro yang dibekali dengan baterai 3400 mAh, ternyata dapat menyala seharian. Seperti kata Yangcanggih.com, baterai ponsel ini bisa bertahan dari pagi sampai malam hari.

5. Kamera Sangat Baik di Kelasnya

Vivo V11 Pro dibekali dengan kamera ganda 12 MP + 5 MP. Kamera ganda ini hadir dengan fitur dual pixel PDAF + 5 MP dan kemampuan merekam video sampai 2160p. Kamera pada ponsel ini bisa dibilang layak.

Banyak reviewer yang mengatakan kalau performa Vivo V11 Pro ini tergolong yang terbaik di kelasnya. Yangcanggih misalnya mengatakan kalau kamera belakang Vivo V11 Pro ini memiliki peningkatan kualitas fotografi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Selain Yangcanggih, SobatHape juga memuji kamera belakang Vivo V11 Pro sebagai salah satu yang terbaik dan layak dipilih.  Gadgetsnow juga mengatakan kalau kamera Vivo V11 Pro tegolong layak untuk sebuah ponsel kelas menengah. Agar tidak penasaran, berikut contoh hasil tangkapan kamera belakang Vivo V11 Pro.

* sumber: www.youtube.com

*

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

Kamera belakang Vivo V11 Pro ini sudah dilengkapi dengan teknologI AI. Beberapa contoh teknologi AI di HP ini adalah AI Backlight HDR, AI Scene Recognition, dan AI Portrait Framing. AI Backlight HDR adalah fitur yang menarik karena mampu menghadirkan foto dengan kualitas yang baik bahkan di belakang objek yang terang sekalipun.

Selain kamera belakangnya yang baik, Vivo V11 Pro juga hadir dengan kamera depan alias kamera selfie yang baik. Kamera selfie ini memiliki fitur yang dinamakan AI Face Shaping dan AI Selfie Lighting. Dengan fitur ini, hasil selfie jadi lebih baik bahkan di atas rata-rata.

Hanya saja, terkadang fiturnya bisa dibilang terlalu berlebihan. Pasalnya, ada fitur yang memungkinkan wajah bisa diatur sesuka hati, semisal wajah yang terlihat gemuk ditiruskan. Tidak ada yang salah untuk lucu-lucuan tetapi jadinya terkesan “membohongi”.

6. Triple Slot

* sumber: www.youtube.com

Vivo V11 Pro ini menjadi menarik karena menawarkan tiga slot. Artinya, Vivo V11 Pro dapat digunakan untuk dua kartu SIM secara bersamaan plus bisa menambah memori. Memori internal Vivo V11 Pro sebenarnya sudah cukup lapang dengan 64 GB tetapi tentunya dengan tambahan memori eksternal, kapasitas penyimpanan menjadi lebih lega. Satu poin kecil yang patut diapresiasi.

7. Price to Performance 

* sumber: www.youtube.com

Vivo dikenal sebagai ponsel yang tidak memedulikan spesifikasi. Vivo lebih dikenal menjual “gimmick” dengan membanderol ponsel yang terkadang terasa overpriced. Namun, hal tersebut dipatkan Vivo saat memperkenalkan Vivo V9 6GB yang dibanderol dengan harga Rp 4.299.000.

Kehadiran Vivo V9 6GB ini jadi jawaban dari Vivo kalau mereka juga mampu menghadirkan sebuah ponsel price to performance yang baik. Hal tersebut berlanjut dengan kehadiran Vivo V11 Pro.

Maklum saja, VIvo V11 Pro ini dijual pada rentang harga di bawah Rp5 juta. Harga Vivo V11 Pro ini berada di angka Rp4,8 sampai Rp4,9 juta. Menilik harga serta spesifikasi yang ditawarkan, jelas kalau Vivo V11 Pro ini disebut sebagai salah ponsel dengan price to performance terbaik.

Kekurangan Vivo V9 6GB

1. FunTouch OS kurang menarik

Vivo V11 Pro hadir dengan FunTouch OS, sebuah antarmuka dari Vivo. FunTouch OS di Vivo V11 Pro ini hadir dengan beberapa fitur tambahan, salah satunya Jovi, asisten pintar besutan Vivo. Hanya saja Jovi ini kemampuannya masih di bawah Google Assistant.

Selain itu, FunTouch OS ini sering identik dengan tampilan yang mirip dengan iOS. Bahkan, ada opsi di FunTouch OS untuk melakukan navigasi dengan cara gesture seperti yang tersemat di iOS. Kemiripan ini bisa dibilang baik tetapi malah terkesan kurang menarik, karena sifatnya malah jadi ikut-ikutan saja.

FunTouch OS juga tidak menawarkan fitur yang membuat OS ini lebih istimewa. Karena itu, bisa dibilang FunTouc OS ini adalah tampilan antarmuka yang biasa saja.

2. Tidak ada NFC

bentuk vivo v11 pro

Satu kekurangan lain dari Vivo V11 Pro adalah tidak adanya fitur NFC. Untuk sebuah ponsel di kisaran Rp4,8 jutaan, sudah seharusnya ada fitur yang belakangan memang dibutuhkan ini. Tetapi, tampaknya untuk menekan biaya jual ponsel, beberapa produsen memang cenderung meniadakan fitur NFC ini.

Bisa jadi alasan karena penggunaan NFC masih sedikit dan hanya ada di kota besar. Tetapi tidak, ada salahnya jika kedepannnya nanti ada ponsel kelas menengah dari Vivo yang hadir dengan fitur NFC.

3. Hanya Menggunakan microUSB

* sumber: www.youtube.com

Kekurangan lain dari Vivo V11 Pro adalah penggunaan slot microUSB. Sebenarnya penggunaan slot microUSB di ponsel ini masih bisa dimaafkan karena Vivo masih mampu menghadirkan fitur pengisian cepat. Hanya saja, tentu alangkah lebih baik jika Vivo V11 Pro ini menggunakan port USB Type-C.

Simpulan

Vivo V11 Pro adalah jawaban dari Vivo atas kritikan yang sering menganggap HP Vivo dianggap overprice. Dan Vivo mampu menjawab kritikan tersebut dengan Vivo V11 Pro yang dari sisi performa, layar, baterai, dan fitur sensor sidik jarinya yang tergolong baik. Plus banderol harga ponsel ini lebih masuk akal dibandingkan HP Vivo seri V sebelumnya.

Vivo V11 Pro cocok untuk yang membutuhkan ponsel harga Rp4 jutaan dengan keunggulan performa dan kamera yang baik. Tertarik dengan ponsel ini? Silakan langsung dapatkan ponselnya di Bukalapak lewat link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment