Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V7 yang Wajib Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V7 yang Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2018

Vivo V7 adalah HP Vivo terbaru yang tergolong menarik perhatian. HP ini ditawarkan dengan harga yang lebih masuk akal, yakni sekitar 3 jutaan. Dengan harga tersebut, Vivo V7 memberikan spesifikasi yang terbilang mumpuni. Kamera depan masih jadi nilai jual utama HP ini sesuai dengan tagline mereka “Clearer Selfie.”

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah Vivo V7 ini cukup worth it sebagai HP dengan harga 3 jutaan? Bagaimana kelebihan dan kekurangan HP Vivo V7 ini? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan HP Vivo V7. Tapi sebelumnya, mari lihat spesifikasi HP Vivo V7.

Spesifikasi Vivo V7

Vivo V7

  • Rilis: November, 2017
  • Layar: IPS LCD 5.7 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1440 pixels 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 450
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • Memori Internal: 32 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Kelebihan Vivo V7

1. Kamera Depan Layak Selfie

Vivo V7 Clearer Selfie

“Clearer Selfie” bukan slogan semata. Tagline itu bukan sekadar gimmick untuk menarik para pencinta swafoto (selfie). Vivo memberi bukti dengan kehadiran kamera depan beresolusi 24 MP. Kamera ini punya sensor proximity dan ambient light, dan LED flash.

Dengan kamera 24 MP, Anda bisa selfie dengan hasil yang memuaskan, terlebih lewat fitur portrati mode. Dailysocial.id membuat HP ini memungkinkan Anda selfie dengan efek bokeh. Dan juga mereka menyebut hasil selfie memakai Vivo V7 tampak lebih hidup. Fitur Smart Beauty pada kamera depan tampak memberi pengaruh.

Kamera selfie Vivo V7 bisa menghasilkan foto selfie yang memukau. Seperti yang dikatakan GSMArena, hasil foto selfie memakai Vivo V7 bisa mendapatkan foto yang  jauh di atas rata-rata, memiliki kontras yang baik, warna yang lebih hidup, dan tak ketinggalan dynamic range fotonya cukup bagus. Berikut contoh hasil selfie nya.

hasil selfie Vivo V7

* sumber: www.gsmarena.com

2. Kamera Belakang yang Mumpuni

Fokus pada selfie ternyata juga tidak membuat kamera belakang Vivo V7 “di-anak-tiri-kan” oleh Vivo. Kehadiran kamera belakang 16 MP yang punya fitur phase detection autofocus dan LED flash membuat hasil fotonya juga tergolong bagus, seperti gambar di bawah ini.

hasil jepretan kamera belakang Vivo V7

* sumber: dailysocial.id

Hasil jepretan kamera belakang ternyata dapat menghasilkan gambar yang detail. Warna dan dynamic range juga tegolong baik. Masih kata GSMArena, warna pada hasil foto kamera belakang memang cenderung jenuh tapi masih dalam tahap yang baik. Berikut foto lain hasil jepretan kamera belakang Vivo V7.

hasil jepretan kamera belakang Vivo V7

* sumber: www.gsmarena.com

Secara keseluruhan, kamera belakang Vivo V7 tergolong dalam tahap baik. Memang tidak terlalu sempurna, tapi cukup untuk kelasnya. Untuk kamera depannya, tidak perlu dipertanyakan, para pecinta selfie akan suka dengan kamera depan HP ini. Bisa dibilang hasilnya cukup bersaing dengan kamera selfie pada Oppo F5.

3. FullView Display 18:9

Vivo V7

Layar Vivo V7 mengusung layar fullview display alias layar penuh. Layarnya memiliki dimensi 5.7 inch dengan tipe layar IPS LCD. Layar yang penuhnya membuat HP ini tergolong nyaman digunakan untuk menonton video. Memang bezel bagian atas dan bawah tampak masih tebal tapi tidak terlalu mengganggu.

Layar Vivo V7 mengusung rasio 18:9 yang membuat HP tampak lebih memanjang. Sementara resolusi yang diusung HP ini hanya HD+. Dengan layar 5.7 inch tapi mengusung resolusi 720 x 1440 pixels tentu akan membuat orang mengerenyitkan dahi. Pasalnya, hal ini akan membuat pixels tampak lebih renggang sehingga gambar tampak pecah.

buktinya, GSMArena sudah menyatakan kalau dengan layar 5.7 inch HD+ masih tergolong baik untuk digunakan menonton. Kerapatan layar HP ini adalah 282 ppi yang menurut GSMArena cukup untuk spesifikasi layarnya. Karena itu, bagian layar yang Fullview Display ini juga jadi nilai lebih.

4. Fingerprint yang Cepat + Face Acess

Vivo V7 Camera Fingerprint Scanners

* sumber: gadgetren.com

Vivo V7 punya sensor sidik jari atau sensor fingerprint, sensor ini terbilang cepat respon. Pemindai sensor sidik jari pada Vivo V7 berada di bagian belakang yang nyaman diakses oleh jari. Dan seperti yang sudah dikatakan, proses pemindaian sensor sidik jarinya tergolong cepat dan akurat.

Selain dengan sensor fingerprint, Vivo V7 juga fitur kemananan lain untuk membuka kunci smartphone secara singkat, yakni fitur Face Acess. Sesuai namanya, Anda bisa membuka layar HP Vivo V7 dengan cepat melalui pemindaian wajah. Namun, fitur ini kurang disarankan untuk digunakan oleh Vivo sendiri karena masalah keamanan. Tapi terlepas dari itu, kehadiran fitur Face Acess jadi kelebihan tersendiri.

5. Performa Tergolong Baik

* sumber: gadgetren.com

Vivo V7 dibekali Snapdragon 450. Pada awalnya, banyak yang menyayangkan penggunaan Snapdragon 450 pada HP ini. Tampaknya mereka lebih menginginkan Snapdragon seri 6 dibanding seri 4. Tapi, Snapdragon 450 ini bisa dibilang adalah Snapdragon seri 4 yang punya kinerja baik.

Secara keseluruhan, kinerja Snapdragon 450 tidak mengecewakan. Performa yang ditawarkan HP ini setara dengan banderol harganya. Mengapa? Karena Snapdragon 450 adalah Snapdragon seri 4 pertama yang dibuat dengan proses fabrikasi 14nm. Qualcomm sendiri menjanjikan performa HP ini 25% lebih baik dibanding Snapdragon 435.

GSMArena menguji beberapa game 3D di Vivo V7 dan hasilnya tergolong memuaskan dan terbilang bisa menikmati untuk main games. Selain itu, ketika digunakan main game, HP tidak panas. Hal ini karena Snapdragon 450 dibangun dengan fabrikasi 14nm yang tidak mengeluarkan panas berlebih alias output panas yang rendah.

Gadgetren yang menguji Vivo V7 juga menyatakan kalau Vivo V7 memiliki kinerja yang baik di kelasnya. Performanya tergolong cepat dan bermain game tergolong lancar juga bisa diandalkan. Untuk multitasking juga baik karena HP sudah punya RAM 4 GB dan hal ini sudah dicoba oleh Dailysocial.

Kekurangan Vivo V7

1. Bodi Plastik

kelebihan dan kekurangan HP Vivo V7 Body

 

Harus diakui, desain bodi Vivo V7 cukup menarik dan terlihat premium. Desain bodinya tampak seperti memakai metal. Padahal, VIVO V7 memakai desain unibody aluminum alias desain bodi plastik. Salut sama Vivo yang mampu mendesain bodinya tampak premium. Tapi yah bagaimanapun bodi plastik tetaplah plastik.

Apakah penggunaan bodi plastik menjadi kekurangan? Untuk sebuah HP yang dijagokan oleh Vivo, tentu jadi kekurangan tersendiri. Hanya saja saat ini orang sering memakai casing yang pada akhirnya kebanyakan orang kadang tak peduli bodinya memakai desain plastik atau tidak. Tapi buat yang peduli, tentu ini nilai minus.

2. Merekam Video yang Tak Optimal

* sumber: www.yangcanggih.com

Vivo V7 memang punya kualitas foto yang bagus, baik kamera depan maupun kamera belakang. Sayangnya, untuk perekaman video menggunakan kamera belakang terasa kurang optimal. Penyebabnya karena kamera depan dan belakang Vivo V7 hanya mampu merekam video 1080p alias Full HD.

Seandainya Vivo V7 punya dukungan untuk merekam video sampai 4K, terutama untuk kamera belakang, tentu akan lebih menarik. Karena itu bisa dibilang untuk perekaman video, Vivo V7 kurang optimal. Terlebih karena tidak adanya fitur OIS atau EIS yang bisa membuat gambar bisa lebih stabil.

3. Tidak ada Fast Charging

quick charge qualcomm

* sumber: www.androidbeat.com

Chipset Snapdragon 450 pada Vivo V7 sudah mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0. Itu artinya, HP ini punya potensi agar pengisian daya lebih cepat. Sayangnya, Vivo menghilangkan fitur ini. Mungkin untuk memangkas biaya agar harga HP ini tidak terlalu mahal.

Padahal fitur fast charging saat ini tergolong dibutuhkan oleh pengguna ponsel pintar. Anda pun pasti akan mengutamakan HP yang punya pengisian daya yang cepat. Karena tidak mendukung teknologi fast charging, HP ini memakan waktu sampai 3 jam untuk pengisian penuh.

4. Tidak ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Mengapa NFC sangat penting? Karena saat ini banyak orang yang memanfaatkan NFC dan tidak sedikit orang saat ini butuh HP Android dengan fitur NFC. Sayangnya, Vivo V7 tidak memiliki fitur ini.

Sebagai pembanding, di kelas harga yang sama, ada HP yang sudah mendukung NFC seperti Moto G5s Plus dan Huawei Nova 2i. Sebagai daya tarik lain, memang sangat disayangkan ketidakhadiran fitur NFC ini.

5. UI yang Mirip iOS

* sumber: dailysocial.id

Vivo V7 mengusung UI Funtouch v3.2 yang berbasiskan Android 7.1.2 Nougat OS. Funtouch v3.2 sebenarnya tergolong menarik. Sayangnya, tampilan antarmuka ini sangat mirip dengan iOS. Navigasinya juga mirip dengan iOS. Sebagai brand yang tergolong besar, sebaiknya punya identitas tersendiri jika mengusung kostumisasi OS Android.

Tidak masalah sebenarnya memiliki tampilan antarmuka yang mirip, tapi antarmuka Funtouch v3.2 kemiripannya hampir keseluruhan denga iOS. Karena inilah, Vivo V7 bisa dibilang HP dengan OS kloningan dari iOS. Nilai gengsi dari HP ini tentunya jadi berkurang.

Simpulan

Vivo V7 merupakan HP yang masih layak beli. Hanya saja HP ini tidak untuk semua orang. HP ini cocok digunakan untuk Anda yang suka selfie dan sering pamer di media sosial.

Anda yang sering live  di Instagram atau posting  kumpulan foto selfie di Facebook cocok memiliki HP ini. Tidak hanya itu, Anda yang suka main game juga masih bisa memilih HP ini sebagai andalan. Performanya tergolong mumpuni meski tentunya dibanding HP kelas flagship, performanya masih kalah.

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan HP Vivo V7. Semoga membantu untuk Anda yang sedang menimbang-nimbang untuk beli Vivo V7. Jika Anda sudah tertarik dan yakin beli, Anda bisa beli Vivo V7 melalui Lazada di link ini atau Blibli di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment