carisinyal web banner retina

Yuk, Baca Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan HP vivo Y21T!

vivo diam-diam meluncurkan ponsel baru pada awal tahun 2022. Ponsel tersebut adalah vivo Y21T yang dirilis dengan harga ritel Rp3.099.000. Kedatangan HP ini melengkapi dua ponsel vivo Y21 Series yang meluncur lebih dahulu pada 2021, yaitu vivo Y21 dan vivo Y21s.

Jika melihat banderol harganya, vivo Y21T ditujukan untuk pasar kelas menengah. Segmentasi itu juga terlihat dari penyematan SoC baru Snapdragon 680 di sektor dapur si ponsel. Beberapa orang mungkin akan menanyakan apa beda HP ini dengan vivo Y21s.

Mengenai hal itu, Anda bisa mencari tahunya dalam artikel perbedaan vivo Y21s dan vivo Y21T. Ada pun yang akan Carisinyal bahas dalam artikel ini adalah kelebihan dan kekurangan vivo Y21T. Kami berharap Anda dapat memberi penilaian secara menyeluruh terhadap ponsel 4G ini dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Artikel ini juga bisa dijadikan salah satu rujukan bila Anda hendak mencari ponsel dengan value for money terbaik pada rentang harga Rp3 jutaan. Baiklah, sebelum memasuki pembahasan, silakan simak spesifikasi umum dari vivo Y21T sebagai berikut.

Spesifikasi vivo Y21T

vivo Y21T
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan vivo Y21T

Pada kisaran harga Rp3 jutaan, Anda boleh berharap lebih terhadap apa yang ditawarkan sebuah ponsel. Ponsel di kelas harga ini, seperti vivo Y21T, umumnya adalah pilihan aman dan akan cocok buat sebagian besar orang. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang ditawarkan vivo Y21T.

1. Desain

Desain Y21T

Anda boleh jadi melihat bahwa vivo memakai bahasa desain yang itu-itu saja pada ponsel seri Y mereka. Bodinya tipis, rangka flat, tepi layar melengkung, dan penutup belakang reflektif, begitulah kira-kira ciri khas ponsel vivo seri Y. Namun, ciri khas tersebut tentu tidak buruk, bukan?

Ingat, ponsel ini adalah seri vivo paling terjangkau, bukan seri X. Biaya untuk melakukan riset desain tentu dipangkas demi memaksimalkan sektor lain yang esensial. Lagipula desain vivo Y21T juga jauh dari kata murahan, cukup mewah.

Baik itu untuk varian warna Midnight Blue, Pearl White. vivo bahkan menjamin pengalaman genggam yang enak karena vivo Y21T bisa dikemas dengan ketebalan hanya 8 mm dan berat 182 gram. Ukuran mungkin membuat orang tak menyangka bila ponsel ini menggendong baterai sebesar 5000 mAh.

Hal menarik lain dari desain HP ini adalah tersedia triple slot dua kartu SIM plus satu kartu microSD, serta jack audio 3,5 mm. Adapun menurut kanal YouTube TeknoLoGue, slot SIM dan microSD HP ini dilapisi karet, sehingga tahan terhadap percikan air dan debu.

Sementara itu, sensor sidik jari vivo Y21T ditempatkan di sisi kanan - merangkap tombol power. Posisi ini dianggap sebagai posisi paling nyaman bagi ibu jari.

2. Dapur Pacu

snapdragon 680 y21t

vivo Y21T mengalami upgrade dapur pacu yang cukup terasa jika dibandingkan dengan vivo Y21s. Upgrade pertama ada di sektor SoC yang kini memakai Qualcomm Snapdragon 680. Sang pendahulu, Y21s, menggunakan MediaTek Helio G80.

Sementara itu, upgrade kedua adalah RAM yang kini 6 GB dari yang sebelumnya 4 GB pada vivo Y21s. Kapasitas RAM ini juga dapat ditambah hingga 2 GB melalui fitur extended RAM. Fitur ini bekerja dengan meminjam sebagian ruang kosong dalam memori internal.

Adapun memori internal vivo Y21T berjenis UFS 2.1 dengan ukuran 128 GB. Anda bisa menambah kapasitas ruang simpan hingga 1 TB lewat slot kartu microSD khusus.

Sebelum ke pengujian, perlu kami jelaskan profil SoC Snapdragon 680. SoC ini diperkenalkan Qualcomm pada kuartal keempat 2021. Snapdragon 680 sebetulnya masih mirip-mirip dengan Snapdragon 665 atau 662. Pasalnya, konfigurasi CPU-nya sama-sama berbasis Cortex A73 dan Cortex A53.

Cortex A73 jadi dasar untuk merancang empat core kencang Kryo 265 Gold (2,2 GHz). Sementara itu, Cortex A53 adalah basis dari empat core hemat daya Kryo 265 Silver (1,8 Ghz). Untuk prosesor grafis alias GPU, masih menggunakan Adreno 610.

Yang bikin Snapdragon 680 istimewa dibanding 665 atau 662 adalah litografinya yang jauh lebih modern, yakni 6 nm. Bukan lagi 11 nm seperti Snapdragon 665 dan 662. Litografi yang modern ini berimbas pada konsumsi daya dan temperatur operasi yang jadi lebih rendah.

Nah, berdasarkan pengujian tim internal vivo, Y21T mencetak skor 276.473 pada AnTuTu 9. Menurut vivo, skor itu 20% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Besar kemungkinan generasi sebelumnya yang dimaksud vivo adalah vivo Y21s atau Y20s (G) yang memakai SoC MediaTek Helio G80.

Skor hasil uji benchmark sintetis tersebut memang tidak bisa dijadikan patokan untuk melihat performa harian dari sebuah ponsel. Mengenai hal ini, kami paparkan pengalaman dari para penguji.

Pertama dari kanal YouTube Ramesh Bakotra yang melakukan uji kegegasan pemindai wajah dan pemindai sidik jari si ponsel. Berdasarkan pengujian Bakotra, vivo Y21T punya respons yang cepat terhadap dua fitur keamanan tersebut. Hal itu mengindikasikan bahwa tugas-tugas ringan bisa ditangani dengan baik oleh Y21T.

Kedua, kami merujuk uji main gim yang dilakukan oleh kanal YouTube TeknoLoGue. Gim yang diujikan adalah PUBG New State. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa vivo Y21T bisa menjalankan gim tersebut dengan lancar pada setelan grafis ultra dengan frame rate sangat tinggi.

3. Kamera

kamera y21t

Ada tiga kamera yang bertengger di modul kamera belakang vivo Y21T. Deretan kamera tersebut meliputi kamera utama 50 MP f/1.8, serta kamera makro dan sensor kedalaman yang sama-sama 2 MP f/2.4. Menurut hemat kami, hanya kamera utama bakal efektif digunakan.

Tiga kamera belakang tersebut ditemani satu lampu flash. Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Sementara itu, kamera depan vivo Y21T beresolusi 8 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera ini bisa menghasilkan video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Pada dasarnya, spesifikasi kamera ini tidak mengalami perubahan dari vivo Y21T, kecuali bukaan kamera depannya. Sebelumnya, vivo Y21s menggunakan kamera depan dengan bukaan f/2.0.

Menurut pengamatan kami dari jepretan-jepretan yang diambil Ramesh Bakotra, HP ini bisa menghasilkan foto yang cukup baik. Warna yang ditampilkan alami, detailnya cukup. Rentang dinamisnya cukup untuk kamera belakang, tetapi kamera depannya justru sedikit lebih baik.

Berikut contoh jepretan vivo Y21T:

Sampel vivo Y21TSumber: Tech Jacky

4. Kelengkapan Sensor

sensor y21t

vivo Y21T mengandung sensor yang cukup lengkap. Mulai dari akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas, pemindai sidik jari, dan giroskop. Keberadaan sensor cahaya membuat HP ini bisa secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis.

Sementara itu, sensor kompas menjadikan HP ini bisa digunakan untuk menentukan arah mata angin, sekalipun tidak sedang tersambung dengan koneksi internet. Fungsi ini penting jika Anda hendak mengetahui arah, misalnya arah kiblat.

5. Baterai

Pengecasan vivo Y21T

Baterai yang dikandung vivo Y21T cukup besar untuk ukuran masa kini, yakni 5000 mAh. Ukuran yang besar ini menjadi modal penting buat si ponsel agar bisa menyala lama. Selain itu, komponen-komponen di HP ini juga irit konsumsi daya.

Seperti layar IPS LCD yang hanya memiliki resolusi HD+, serta SoC Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. Menurut vivo, SoC tersebut punya pengelolaan daya 20% lebih efisien. Maka secara teori vivo Y21T bisa menemani penggunanya sehari penuh hanya dengan sekali cas.

Kekurangan vivo Y21T

Beberapa catatan di bawah ini sifatnya subjektif. Ada yang bisa menoleransinya, tetapi ada yang tidak. Catatan-catatan berikut adalah hal yang menurut kami semestinya bisa lebih dari vivo Y21T.

1. Belum 5G

Belum 5G vivo Y21T

Ponsel seharga Rp3 jutaan dengan konektivitas 4G memang tidak salah. Namun, di kelas harga ini, sudah cukup banyak bermunculan HP-HP dengan dukungan jaringan 5G. Anda bisa jadi akan dibingungkan dengan situasi tersebut saat melirik vivo Y21T.

Hanya saja, lihat kembali kebutuhan dan prioritas Anda. Apabila di daerah Anda belum tersedia layanan 5G, maka ponsel ini sah-sah saja untuk dimiliki. Toh 5G yang dikembangkan di Indonesia bertipe mmWave yang frekuensi dan infrastrukturnya mendompleng 4G. Oleh sebab itu, ponsel 4G masih akan punya napas panjang.

2. NFC Absen

vivo-nfc

Ketiadaan dukungan 5G mungkin masih bisa dimaklumi, tapi tidak dengan NFC. Sebab, fitur ini tak lagi eksklusif buat ponsel-ponsel mahal. Berbagai jenama pun berlomba-lomba menghadirkan NFC pada HP-HP murah. Sayang, vivo Y21T belum punya NFC.

Oleh sebab itu, ketika hendak membeli HP ini, pastikan Anda bukan pengguna yang sering melakukan transaksi non tunai menggunakan e-money. Misalnya, transaksi yang dilakukan di gerbang jalan tol.

3. Sisi Minor Layar

Layar Y21T

vivo Y21T menggunakan layar berjenis IPS LCD dengan bentang 6,51 inci. Ukuran ini sudah cukup luas dan enak untuk dipakai menonton film. Main gim pun nyaman. Kendati demikian, resolusi yang diusung HD+ (720 x 1600 piksel) dengan refresh rate 60 Hz.

Spesifikasi ini berbeda dari Y21T versi India yang memakai layar IPS LCD 6,58 inci Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz. Hal ini cukup disayangkan karena resolusi HD+ membuat tampilan jadi kurang tajam. Sementara itu, refresh rate yang sekadar 60 Hz bikin pengalaman scrolling tak semulus 90 Hz.

Para pesaing vivo Y21T umumnya memilih antara memakai layar AMOLED 60 Hz atau IPS dengan refresh rate 90 Hz atau lebih tinggi. Baik itu menggunakan resolusi HD+ atau Full HD+. Hanya saja, Y21T tidak masuk dalam standar yang dipakai para pesaingnya.

4. Kamera Ultrawide Absen

Kamera dua y21T

Tidak ada kamera ultrawide yang terpasang di modul kamera belakang vivo Y21T. vivo lebih memilih duet kamera makro dan sensor kedalaman sebagai pendamping kamera utama. Banyak pengulas menyayangkan keberadaan dua kamera itu.

Pasalnya, dua kamera itu tidak lebih fungsional ketimbang kamera ultrawide. Fungsi kamera makro bisa digantikan oleh kamera ultrawide yang punya autofokus. Sementara itu, ada atau tidak ada sensor kedalaman tidak terlalu berpengaruh pada kemampuan kamera utama menghasilkan foto bokeh.

5. Pengisian Daya

Pengisian vivo Y21T

Teknologi pengisian cepat 18W sudah cukup cepat sebetulnya. Hanya, jika kapasitas baterai si ponsel mencapai 5000 mAh, mustahil proses pengecasan butuh waktu satu jam saja. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Ramesh Bakotra, enam menit pengecasan hanya meningkatkan kapasitas baterai sebesar 7%.

Maka Bakotra memperkirakan, 30 menit mengecas HP ini hanya akan membuat indikator menunjukkan kapasitas 35%. Hasil itu diraih jika pengecasan dimulai saat sisa baterai 10%. Bisa dibayangkan untuk mengisi baterai vivo Y21T dari kosong sampai penuh butuh waktu lebih dari 2 jam.

Simpulan

vivo Y21T bisa dibilang sebagai peningkatan minor dari vivo Y21s. Upgrade SoC dan RAM yang didapat membuat ponsel ini jadi lebih gegas. SoC Snapdragon 680 yang dipakai juga hemat daya, waktu pakai HP ini pun jadi lebih panjang. Hal ini penting jika Anda adalah orang dengan mobilitas tinggi yang jarang bertemu dengan colokan listrik.

vivo Y21T pun tidak melepaskan ciri khas Y21 Series dengan desainnya yang mewah. HP ini bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri Anda ketika sedang nonkrong di kafe bersama teman. Sementara itu, sebagai alat pengabadi gambar yang ringkas, vivo Y21T cukup bisa diandalkan.

Hanya, di kelas harga Rp3 jutaan, vivo Y21T belum bisa menyamai ponsel-ponsel lain di beberapa aspek. Mulai dari konektivitas, kualitas layar, kelengkapan kamera, dan kecepatan pengisian baterai. Nah, kalau menurut Anda bagaimana, apakah HP ini cukup layak dihargai Rp3 jutaan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram