carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Baca Dulu 11 Kelebihan dan Kekurangan vivo V25e

Ditulis oleh Aris Wibowo

vivo kembali menyegarkan jajaran produk HP mid-range miliknya dengan memperkenalkan vivo V25e. Kehadiran si ponsel dimaksudkan untuk menyasar pengguna harian yang butuh HP kelas menengah yang punya desain keren dan mumpuni. HP ini juga jadi penerus dari vivo V23e.

vivo V25e sendiri merupakan salah satu varian dari vivo V25 series. Saudaranya yang lain tersebut adalah vivo V25 5G dan vivo V25 Pro 5G.

vivo V25e sendiri masih menghadirkan desain dan fitur yang mirip dengan seri V25 lainnya. Namun, terdapat sejumlah penyesuaian dari sisi layar, chipset dan baterai agar HP ini bisa memiliki harga lebih terjangkau.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai vivo V25e? Apakah daya tariknya hanya sebatas desain baru dan harganya yang lebih murah saja? Apa juga kekurangannya? 

Anda bisa melihat sneak peek-nya dengan melihat rangkuman poin-poin di tabel berikut ini. 

KelebihanKekurangan
Desain Bodi Menarik dengan Perubahan Warna
Sertifikasi IP54
Layar AMOLED 90Hz dengan Kecerahan Tinggi
Fingerprint Under Display
Performa Oke di Kelasnya
Kamera 64 MP dengan OIS
Fast Charging 44W 
Layar Tanpa Gorilla Glass
Tanpa Kamera Ultrawide
Hybrid Dual SIM dan Jack Audio 3,5 mm
Belum Mendukung Jaringan 5G

Tentu kurang afdol jika hanya melihat poin-poin tersebut tanpa membaca lebih lanjut penjabarannya secara detail. Maka dari itu, yuk simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan vivo V25e berikut ini!

Spesifikasi vivo V25e

vivo V25e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo V25e

Ada tujuh poin kelebihan yang kami temukan pada vivo 25e. Tujuh poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel mid-range ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Bodi Menarik dengan Perubahan Warna 

vivo v25e

vivo V25e memang dipasarkan sebagai varian termurah dalam jajaran seri V25. Walaupun demikian bukan berarti vivo menghadirkan desain yang berbeda. Justru penampilan vivo V25e masih sama elegan dan mirip dengan V25 reguler. 

Menariknya, Bodi belakang HP vivo ini menampilkan warna yang cantik yang dapat berubah sesuai kondisi pencahayaan di lingkungan sekitar. Perubahan warna desain ini jelas jadi nilai jual tersendiri dari HP ini. 

Permukaan bodi ponsel ini pun tampak halus namun tidak licin di tangan. Selain itu, bagian bodi belakang dan bodi samping ini tergolong ergonomis dan nyaman di tangan.

Sama seperti seri V25 reguler, modul kamera vivo V25e berbentuk persegi dengan desain agak menonjol di bagian atas kiri. Sementara itu, di bagian bawah kiri ada tulisan vivo. vivo sendiri menggunakan konsep curved glass design dengan pinggiran bodi metal yang solid. 

Teknologi ini membuat HP nampak mewah di kelasnya. Apalagi, HP ini hanya memiliki tebal 7,8 mm dan berat 183 gram, lebih ringan dan lebih tipis dari seri sebelumnya. Anda pun tidak perlu khawatir merasa berat dan lelah kala membawa HP ini berkegiatan seharian. 

2. Sertifikasi IP54

vivo v25e

Yang membedakan seri ini dengan seri V25 lainnya ialah vivo memberikan keterangan bahwa HP ini sudah mendukung sertifikasi IP54 yang artinya HP ini punya ketahanan terhadap air dan debu. 

Hanya saja, perlu digarisbawahi, IP54 berbeda dengan IP57 atau IP58 yang memungkinkan HP bisa dibawa berenang pada kondisi tertentu. Untuk informasi soal sertifikasi antiair dan debu ini bisa simak “Jenis-jenis Sertifikasi Air

Dengan sertifikasi IP54, vivo V25e ini dapat terlindung dari masuknya debu yang cukup untuk mencegah produk beroperasi secara normal tetapi tidak kedap debu. vivo V25e juga terlindungi dari benda padat dan percikan air dari sudut manapun.

Itu artinya, jika terkena hujan atau aliran air dari samping atau atas, vivo V25e masih berjalan dengan baik. 

Kehadiran IP54 jelas membuat ponsel punya nilai lebih dibandingkan ponsel lain di kelas harga yang sama.

3. Layar AMOLED 90Hz dengan Kecerahan Tinggi

vivo v25e layar_

Layar vivo V25e hadir dalam ukuran yang cukup ideal yakni 6,4 inci. Layar ini sama seperti yang digunakan di seri V25 reguler. Layarnya kian mewah dengan bekal panel AMOLED dan resolusi Full HD+. Sejumlah peningkatan pun dihadirkan di sektor layar ini agar HP kian nyaman digunakan.

Peningkatan yang pertama ialah layarnya sudah menggunakan refresh rate 90 Hz. Dengan refresh rate yang tinggi, tampilan atau pergerakan animasi di layar akan lebih halus. Fitur ini sangat terasa ketika Anda menggunakan HP vivo untuk browsing, mengakses media sosial hingga bermain game.

Keunggulan layar yang kedua ialah kecerahan layar yang cukup tinggi yakni 1300 nits. Dengan kecerahan yang tinggi, Anda dapat menggunakan HP dalam kondisi dalam dan luar ruangan lebih nyaman.

Sebagai informasi tambahan, layar vivo ini sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

4. Fingerprint Under Display

vivo v25e

Karena sudah menggunakan panel AMOLED,  layar vivo V25e bisa digunakan sebagai fitur keamanan dengan menanam sensor pemindai sidik jari.

Memang vivo masih memakai teknologi optical standar. Walaupun  demikian, sensor ini terbukti cepat dan akurat membaca sidik jari. Apalagi, posisi sensor juga pas di area bawah layar yang mudah dijangkau. 

5. Performa Oke di Kelasnya

mediatek helio g99

Sebagai varian murah, vivo V25e diperkuat oleh SoC MediaTek Helio G99. Di atas kertas, performa chipset ini tentu cukup kencang dan mampu untuk multitasking dan bermain game. 

Chipset ini juga disokong pengolah grafis Mali G77. Dengan spesifikasi ini, ponsel dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar tanpa lag.

Apalagi, terdapat fitur untuk menambah RAM virtual sehingga performa kian kencang. Kehadiran virtual RAM ini membuat performa multitasking menjadi lebih baik, apalagi RAM virtual yang bisa ditambahkan mencapai 8 GB.

Hp vivo V25e yang resmi masuk Indonesia sendiri hadir dengan varian RAM 8 GB. Itu artinya, RAM total bisa mencapai 16 GB alias 8 GB RAM d+ 8 GB virtual RAM.

Dengan proses fabrikasi yang sudah ditingkatkan, MediaTek mengklaim chipset Helio G99 ini lebih hemat daya 30% dibanding chipset seri sebelumnya. Selain itu, MediaTek juga menghadirkan sejumlah fitur baru agar  HP ini dapat menunjang aktivitas gaming dengan lancar.

Agar performanya kian optimal, chipset ini disokong memori penyimpanan UFS 2.2. Soal memori penyimpanan, vivo V25e yang masuk resmi ke Indonesia hadir dengan dua varian. Ada varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB yang dibanderol dengan harga Rp3.999.000. Ada juga varian RAM 8 GB dengan memori internal 256 GB yang dibanderol dengan harga Rp4.299.000

Kini saatnya membahas performa si ponsel, Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube infofull dengan unit vivo V25e 8 GB.

Pada AnTuTu 9, vivo V25e mencetak skor 334.501. Skor tersebut sudah cukup tinggi untuk ponsel mid-range, walau belum setinggi seri v25 reguler.

Dalam pengujian di kondisi nyata, ponsel ini mampu mengerjakan tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa lancar.

Sementara itu, menurut akun Youtube Izze Boye, ketika HP ini digunakan untuk bermain game Call Of Duty dengan grafis medium dan frame rate tinggi, tidak ditemukan lag maupun gejala panas pada bodi HP. 

6. Kamera 64 MP dengan OIS

vivo v25e

vivo masih mengandalkan konfigurasi kamera V25 reguler dengan sedikit penyesuaian. Untuk kamera utama, vivo memasang sensor Samsung ISOCELL GW1 dengan ukuran 1/1,72 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.8, dilengkapi OIS, dan tentu saja autofokus PDAF.

Kehadiran OIS di kamera ini bakal membantu pengguna untuk mengabadikan foto yang bagus. Sekadar informasi, OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilization. 

OIS ini punya fungsi untuk membuat lensa di kamera HP mampu bergerak sejajar di bidang gambar. Dengan demikian, fitur ini dapat mengurangi hasil foto yang blur ketika pengguna sedang bergerak. Ini membuat hasil foto tetap baik meski ada sedikit guncangan saat memotret

Selain kamera utama, HP ini dibekali  kamera depth 2 MP dengan bukaan f/2.4. Terakhir, ada kamera makro 2 MP sensor Omnivision bukaan f/2.4.

Di bagian kamera depan, vivo menggunakan kamera resolusi 32 MP dengan sensor Samsung ISOCELL, bukaan f/2.0. Sensor ini juga digunakan pada kamera depan Samsung Galaxy A52s. 

Sensor yang diusung dalam kamera depan ini mampu menghasilkan foto yang detail. Menariknya, sensor ini membuat kulit wajah tampak natural. Tambahan teknologi AI terbaru membuat warna yang dihasilkan cukup tajam.

Perihal perekaman video, resolusi 1080p 60 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 1080p 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah Super Night  Portrait. Fitur ini mampu menghasilkan foto di kondisi minim cahaya dengan sangat mengesankan.  

Dengan teknologi diatas, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di semua kondisi pencahayaan. Untuk foto zoom pun sangat rapi dan natural. Sayangnya ketika memotret objek manusia, masih ditemukan blur dan noise pada latar belakang meski bukan mode portrait.

Sementara itu untuk kamera selfie, ketika mode beauty dimatikan tangkapannya memiliki warna yang natural. Terutama foto pada warna kulit. Tekstur pada area muka juga tidak diperhalus alias apa adanya. 

7. Fast Charging 44W 

vivo v25e fast charging

vivo V25e dibekali baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja bahkan terasa kecil. Walaupun demikian baterai tersebut ternyata cukup untuk vivo V25e menyala dari pagi sampai malam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus meski menggunakan layar AMOLED.

Adapun vivo menyematkan vivo V25e dengan teknologi pengisian cepat 44W. vivo juga sudah menghadirkan charger beserta kabelnya dalam paket penjualan.

Dengan charger bawaan itu, ponsel ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga 58%. Untuk terisi penuh membutuhkan waktu hingga 1 jam 10 menit.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. vivo V25 Pro 5G mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFi 5, dan Bluetooth 5.2. Keunggulan konektivitas HP ini berlanjut dengan adanya fitur NFC.

Kekurangan vivo V25e

Di samping tujuh kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap vivo V25e. lima hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Layar Tanpa Gorilla Glass

vivo v25e

Dipasarkan untuk pasar HP mid-range, HP vivo ini ternyata mengalami sejumlah pengurangan fitur. Salah satunya tidak adanya pelindung anti gores layar corning Gorilla Glass. Ini membuat layar HP vivo riskan tergores. Selain itu, tanpa adanya anti gores, kesan mewah pada HP pun akan berkurang. 

Tidak adanya lapisan anti gores ini tentu mengecewakan. Pasalnya layar adalah bagian penting dalam smartphone dan butuh perlindungan agar tidak mudah tergores atau rusak. Maka, hadirnya anti gores corning Gorilla Glass sudah menjadi hal wajib di beberapa smartphone. 

2. Tanpa Kamera Ultrawide

vivo v25e

Sektor kamera vivo V25e ini memang mengesankan dan sekilas mirip dengan vivo v25 reguler. Namun, ternyata vivo mengganti kamera ultrawide dengan kamera depth.

Tidak adanya kamera ultrawide ini memang menjadi kekurangan sektor kamera HP saat ini. Padahal masih banyak pengguna yang membutuhkan kamera jenis ini untuk memotret pemandangan atau memotret orang banyak sekaligus.

Selain itu, vivo juga menghadirkan perekaman video yang lebih rendah. Anda tidak lagi bisa merekam video 4K, namun hanya FHD. Kamera depan juga mengalami penurunan resolusi menjadi 32 MP yang awalnya 50 MP di seri V25 reguler.

Walaupun beberapa fitur kamera di kurangi, hasil foto dari HP Android ini masih cukup mumpuni untuk harian dan diunggah ke media sosial. 

3. Hybrid Dual SIM dan Jack Audio 3,5 mm

vivo v25e desain

Masih sama dengan seri vivo V25 sebelumnya, vivo serius menghadirkan kesan mewah dan elegan pada HP vivo V series ini. Alhasil, ada beberapa fitur yang dihilangkan termasuk tidak adanya slot microSD terpisah dan Jack Audio 3,5 mm. 

vivo V25e kini menggunakan Hybrid Dual SIM. Artinya, HP ini masih bisa menggunakan memori tambahan namun ditempatkan di slot SIM Card. Anda pun harus mengorbankan slot SIM Card kedua Anda untuk bisa menambah kartu memori. 

Untuk tidak adanya jack audio 3,5 mm, memang tidak berpengaruh banyak. Namun, tetap saja fitur ini berguna untuk Anda yang gemar mendengarkan musik menggunakan earphone berlama-lama.

4. Belum Mendukung Jaringan 5G

vivo v25e

Bila beberapa seri V25 lainnya seperti seri V25 biasa dan V25 pro sudah dibekali teknologi 5G, maka dalam seri vivo V25e masih menggunakan konektivitas 4G.

Hal ini menjadi kekurangan yang cukup mendasar mengingat HP ini hadir dengan harga yang lebih murah. Namun, cukup disayangkan saja, vivo tidak menghadirkan fitur 5G mengingat saat ini banyak produsen yang justru berlomba menghadirkan ponsel 5G terjangkau.

Simpulan

vivo V25e merupakan sebuah ponsel mid-range yang lengkap dari sisi desain dan spesifikasinya. Mengusung layar AMOLED, sertifikasi IP54, chipset MediaTek Helio G99, dan fast charging 44W, membuat HP ini cocok untuk digunakan harian maupun bekerja membuat konten.

Apalagi, vivo menghadirkan sektor kamera yang cukup apik baik di sisi kamera belakang dan depan. Anda pun bisa menghasilkan foto dan video dengan baik mengingat adanya fitur OIS. 

Sayangnya, mengingat chipset yang digunakan bukanlah chipset performa tinggi, HP vivo ini tidak cocok untuk memainkan game dengan grafis yang terlalu detail. Selain itu, meski kamera sudah dilengkapi OIS, hasil kamera di kondisi minim cahaya masih sedikit mengecewakan.

Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram