carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 20

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix telah meluncurkan anggota berikutnya dalam seri Infinix Zero. Sebagai informasi, Infinix Zero adalah seri paling "flagship" yang mereka miliki, kendati segmen harga yang disasarnya adalah kelas menengah atau mid-range.

Setelah mewujudkan harapan konsumen akan HP 5G terjangkau di Infinix Zero 5G, kini konsumen kembali "dikejutkan" dengan keberadaan Infinix Zero 20. Pasalnya, HP tersebut hadir di segmen kelas menengah dengan berbagai spesifikasi yang bikin geleng-geleng.

Mulai dari kamera belakang 108 MP, kamera selfie 60 MP yang dipadankan dengan OIS, hingga hadirnya Helio G99 yang punya efisiensi daya sekaligus performa tinggi.

Infinix Zero 20 sendiri memasuki pasar Indonesia pada 7 Oktober 2022. Untuk Anda yang butuh ponsel menengah, sebaiknya simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Infinix Zero 20. Siapa tahu, HP ini akan menjadi daily driver Anda selanjutnya.

Lantas, apa saja plus minus Infinix Zero 20? Apa yang kurang dan apa yang unggul dari HP ini? Untuk menjawabnya bisa cek tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Kinerja Chipset Helio G99 yang Juara
Kamera Unggul - Resolusi 108 MP di Belakang, Resolusi 60 MP di Depan
Layar AMOLED Berkualitas Tinggi + Refresh Rate 90 Hz
Desain dan Build Quality yang Oke Punya
Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 45 W yang Ngebut
Hadir dengan NFC
Menawarkan Dual Stereo Speaker
Tidak Mendukung Perekaman 4K
Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping
Tidak Mendukung 5G

Jika ingin mengetahui lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 20, simak artikel ini sampai habis

Spesifikasi Infinix Zero 20

Infinix Zero 20
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 kerap dianggap sebagai kontestan yang layak untuk memenangkan titel "mid-range terbaik" di 2022. Lantas, apa saja kelebihannya? Simak di bawah ini.

1. Kinerja Chipset Helio G99 yang Juara

mediatek helio g99

Saat perilisan Infinix Zero 20, tampaknya chipset Helio G99 masih cukup asing di telinga kita. Sebelum HP ini, masih sedikit ponsel lain yang menggunakan chipset sama, contohnya Tecno Pova 4, vivo V25e, dan Infinix Note 12 Pro.

Helio G99 sendiri merupakan penerus dari Helio G96, membawakan peningkatan dari sisi proses fabrikasinya. Kendati menggunakan konfigurasi prosesor yang sama tidak berbeda jauh, Helio G99 punya efisiensi daya lebih tinggi lantaran dibangun atas manufaktur 6 nm TSMC alih-alih 12 nm.

Clock speed pada Helio G99 juga sedikit meningkat, yang semula 2.05 GHz kini menjadi 2.2 GHz. Namun, klaster inti performa tingginya masih sama yakni ARM Cortex A76 sebanyak dua buah. Di sisi lain, Helio G99 juga dibekali dengan empat buah inti ARM Cortex A55 sebagai klaster efisiensi daya, hadirkan clock speed 2 GHz.

Kartu pengolah grafis (GPU) yang disematkan pada SoC tersebut ialah Mali G57 MC2, turut dipadankan dengan dukungan RAM LPDDR4x up to 2.133 MHz dan memori internal UFS 2.2.

Berkat adanya chipset ini, produsen dapat menyematkan kamera utama dengan resolusi hingga 108 MP. Alhasil, Infinix sungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan ini untuk berikan kamera 108 MP pada Infinix Zero 20.

Vendor smartphone yang memilih chipset ini juga dapat merancang ponsel gaming yang ringan dan tipis, sekaligus mengemas layar Full HD+ serta refresh rate 120 Hz di dalamnya.

Oke, jadi bagaimana dengan performa Infinix Zero 20 ini? Pertama-tama, perlu diketahui bahwa Infinix Zero 20 dipadankan dengan RAM 8 GB serta dua opsi memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB. Hadir juga 3-card slot yang dapat perluas kapasitas storage agar ponsel dapat memuat microSD dan dua kartu SIM di saat bersamaan.

Dengan RAM yang besar, Anda bisa harapkan kinerja mulus, baik saat membuka banyak aplikasi atau ketika bermain gim. Kanal YouTube Tech Spurt mengatakan bahwa animasi pergerakan layar terlihat begitu mulus, dan aplikasi condong bertahan di latar belakang tanpa terjadi forced kill.

Infinix Zero 20 menghadirkan skor benchmark Geekbench 5 sebesar 548 poin untuk single core dan 1770 poin untuk multi-core. Lebih lanjut lagi, laman NanoReview mengungkapkan bahwa Helio G99 yang mengotaki HP ini bisa meraih skor 371.302 poin pada pengujian AnTuTu v9.

Secara performa, tampaknya HP ini akan lebih powerful dibandingkan smartphone yang gunakan Snapdragon 680. Juga, aman untuk berasumsi kinerja HP ini setara dengan pesaing yang gunakan Dimensity 700 lantaran sama-sama meraih skor 300 ribuan.

Tech Spurt telah mengujikan HP ini untuk bermain COD Mobile dan Genshin Impact. Khusus untuk gim pertama, kinerja yang didapat benar-benar mulus tanpa kendala, dengan frame rate tinggi dan stabil.

Pada Genshin Impact, pengalaman yang dirasakan juga cukup playable dengan frame rate yang tidak patah-patah. Kendati begitu, Anda memang perlu bertahan di setting-grafis Lowest (terendah) untuk experience yang maksimal.

Disebutkan pula bahwa bermain Genshin Impact dengan waktu cukup lama tidak membuat ponsel panas. Ini artinya, Anda dapat bermain gim dengan lebih lama tanpa merasakan overheating ataupun throttling (penurunan performa).

Prestasi tersebut menjadi mungkin karena Helio G99 memiliki tingkat efisiensi daya yang dapat diandalkan. Selain itu, terdapat sistem pendingin ruang uap (vapor chamber) dengan ukuran besar guna menjaga smartphone tetap dingin saat lakukan aktivitas berat pada durasi panjang.

2. Kamera Unggul - Resolusi 108 MP di Belakang, Resolusi 60 MP di Depan

infinix zero 20 kamera_

Kamera belakang dengan resolusi 108 MP sebenarnya bukan lagi barang baru di industri smartphone. Kita sudah sering melihat ponsel-ponsel papan atas Samsung seperti Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung Galaxy Note20 Ultra, dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Kamera 108 MP milik ponsel-ponsel tersebut menjadi salah satu daya tarik utama mereka. Lambat laun, kamera 108 MP turut diadopsi pada smartphone kelas menengah, sebut saja Redmi Note 11 Pro dan realme 9. Bahkan, kamera 108 MP juga sudah hadir di portofolio produk Infinix saat Infinix Note 12 VIP hadir ke pasaran.

Meski sudah menjadi standar baru di kelas menengah, hadirnya kamera 108 MP di Infinix Zero 20 tetap layak diapresiasi. Nyatanya, masih cukup banyak juga HP mid-range yang tidak menyediakannya.

Selain kamera 108 MP sebagai sensor utamanya, Infinix Zero 20 juga sediakan dua kamera pendamping yaitu 13 MP ultrawide dan 2 MP depth sensor. Ponsel juga hadir dengan quad LED Flash yang dapat bantu penerangan saat memotret di malam hari.

Ada tiga fitur kamera yang di-highlight di HP ini. Start Film Mode suguhkan template siap pakai untuk keperluan pembuatan film. Sky Remap dapat meningkatkan kualitas pengambilan gambar langit menjadi lebih cerah.

Lalu, ada kemampuan zoom hingga 10x yang dapat berguna untuk pemotretan jarak jauh, seperti saat di konser atau mengabadikan momen satwa liar. Tidak tersedia OIS ataupun stabilisasi gyro-EIS pada kamera belakang, menjadikan perekaman tanpa jello effect sebagai sebuah hal yang mustahil tanpa gimbal.

Terlepas dari hal tersebut, kreator konten akan sangat berbahagia mendengar Infinix Zero 20 mendukung resolusi hingga 2K di 30 FPS. Jika menggunakan resolusi Full HD+ alias 1080p, Anda bisa merekam pada frame rate hingga 60 FPS.

Berlanjut ke sisi depan ponsel, Anda akan menemukan desain waterdrop notch sebagai rumah bagi kamera selfie 60 MP. Ya, Infinix Zero 20 memiliki resolusi kamera depan tertinggi di segmen harga menengah.

Hingga saat artikel ini ditulis, hanya segelintir ponsel lain di dunia yang juga bawakan kamera depan 60 MP. Salah satunya adalah Motorola Edge 30 Pro 5G. Kedua ponsel tadi memiliki resolusi kamera depan tertinggi di dunia, diikuti oleh vivo V25 5G dengan kamera 50 MP dan Tecno Phantom X dengan dua kamera depan 48 MP + 8 MP.

Kamera depan Infinix Zero 20 sanggup merekam video dengan stabil lantaran sudah dikemas dengan OIS. Selain itu, kamera depan juga punya mendukung resolusi hingga 2K di 30 FPS.

Untuk membuat sesi pemotretan jadi lebih praktis, pengguna dapat nikmati AI Cam yang dapat mendeteksi adegan pemotretan. Misalnya ketika mendeteksi wajah, mode kamera akan langsung berpindah ke portrait.

Infinix Zero 20 juga punya mode beauty yang fungsinya cukup self-explanatory. Yakni, untuk membuat subjek tampak lebih cantik dalam foto.

Jenis modifikasinya cukup beragam, seperti mengecilkan pinggul, membuat pipi tirus, mengecilkan bahu, dan sebagainya. Dengan HP ini, Anda tidak perlu mahal-mahal operasi plastik. Oh iya, tidak ketinggalan, Anda juga bisa membuat bokong tampak lebih padat dan bulat. Teknologi zaman sekarang ada-ada saja, ya.

Di bawah ini, ada sejumlah sampel foto yang diambil menggunakan kamera Infinix Zero 20. Hasilnya cukup sesuai dengan ekspektasi penulis: punya detail yang sangat baik ketika memotret di dalam maupun luar ruangan.

Bagian pemotretan selfie juga terbukti hasilkan detail memukau dengan noise yang minim. Hanya saja, entah mengapa rentang dinamisnya terlihat cukup buruk. Tidak diketahui pasti apakah ini isu di dalam kameranya atau masalah pada software.

Infinix Zero 20 juga menghadirkan mode malam yang dapat meningkatkan kualitas pemotretan minim cahaya. Meski demikian, kualitas mode malam ini juga masih terbilang kurang baik dalam tingkatkan pencerahan.

3. Layar AMOLED Berkualitas Tinggi + Refresh Rate 90 Hz

infinix zero 20 layar_

Masih ingat di benak penulis saat konsumen harus memilih satu hal dan korbankan hal lainnya, yakni antara layar LTPS AMOLED atau refresh rate tinggi. Kini dengan adanya Infinix Zero 20, Anda bisa dapatkan keduanya secara bersamaan.

Infinix Zero 20 hadir dengan panel layar AMOLED berukuran 6.7 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Hadir dengan aspek rasio 20:9, layar tersebut mengusung rasio bodi-ke-layar ~86% serta kerapatan piksel 393 ppi.

Tidak lupa, ada refresh rate 90 Hz yang meningkatkan kemulusan pergerakan layar hingga 50%, baik itu saat scrolling ataupun bermain gim. Untuk menghemat daya, tersedia opsi refresh rate dinamis yang akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis.

Kualitas layar di HP ini dapat menampilkan gambar dengan warna yang begitu luas dan lengkap. Kontras rasio begitu indah ditampakkan, gambar punya detail yang sungguh bagus, dan viewing angle-nya luas, seperti yang diungkapkan YouTuber Tech Spurt.

Disebutkan juga bahwa layar punya kecerahan maksimum yang tinggi, sehingga pengguna tidak akan kesulitan melihat isi layar meski berada di luar ruangan pada siang hari.

Tersedia pilihan untuk melakukan kustomisasi tampilan layar, seperti mengubah temperatur warna, mengaktifkan eye care yang dapat mengurangi emisi cahaya biru, menyalakan HBM (High Brightness Mode), serta mengaktifkan kecerahan adaptif.

Di antara para pesaingnya di harga mid-range, layar Infinix Zero 20 sungguh berada di sisi terbaik. Malahan ia masih lebih oke dibandingkan vivo V23e di harga rilis 4 jutaan yang masih gunakan refresh rate standar 60 Hz.

Memang sih, refresh rate 90 Hz di Infinix Zero 20 tidak sebaik Infinix Zero 5G yang jadi pendahulunya. Tapi, Infinix Zero 5G yang punya refresh rate 120 Hz tersebut hanya dikemas dengan panel IPS LCD.

4. Desain dan Build Quality yang Oke Punya

infinix zero 20 desain bodi_

Infinix Zero 20 mengusung tema desain Symmetrical Geometric pada bentuk modul kameranya. Pulau kameranya sendiri berada di letak yang sering dijumpai pada ponsel mana pun, yakni pojok kiri atas.

Di dalamnya, terdapat dua lensa di sisi kiri dengan ukuran yang sama besarnya. Di sebelah kanannya, terdapat elemen visual berbentuk pil berisikan LED Flash dan satu lensa kecil di bawahnya. Barulah di sebelah kanannya lagi, tertera tulisan AI CAMERA 108 M.

Pada porsi bodi bagian bawah, ada tulisan ZERO. Sisanya, tidak ada lagi elemen visual apapun yang terlihat. Semuanya dibuat begitu minimalis namun tetap terkesan elegan.

Untuk varian warnanya sendiri, terbagi menjadi Space Grey (abu-abu yang tampaknya lebih mirip hitam), Green Fantasy (hijau toska), dan Glitter Gold.

Infinix Zero 20 punya desain yang mampu membuat siapa pun berdecap kagum atas keindahannya. Penulis pribadi menyukai varian warna Glitter Gold yang tampak kemilau. Warna kuningnya dapat berubah jadi kebiruan saat dilihat dari sudut pandang tertentu. Keren.

Kalau dilihat dari bentuknya, rupanya Infinix Zero 20 hadir dengan rancangan bangun datar alias flat. Bingkainya tidak menggunakan bahan plastik seperti ponsel kebanyakan di kelasnya, melainkan sudah metal. Ini memberikan kesan premium yang berlebih saat digenggam.

Pada sisi dimensinya, Infinix Zero 20 lebih condong ke arah bongsor dengan bobot 196 gram dan ketebalan 8 mm. Panjang dan lebarnya berada di angka 164.4 mm dan 76.7 mm.

Ya, memang bukan dirancang untuk kemudahan pengoperasian dengan satu tangan. Tapi setidaknya, dengan bodi yang tidak melengkung, Anda bisa menggenggam ponsel tanpa takut tergelincir dari tangan. Sejauh ini, bodi dari Infinix Zero 20 adalah salah satu yang paling oke di kelasnya.

5. Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 45 W yang Ngebut

infinix zero 20 baterai_

Infinix sempat membuat gempar dunia smartphone dari sisi baterai. Pasalnya, Infinix merupakan salah satu yang pertama yang hadirkan fast charging 120 W pada ponsel 4 jutaan, yakni Infinix Note 12 VIP.

Meski tidak seunggul sang "kakak" tersebut, Infinix Zero 20 tetap menyuguhkan kecepatan durasi pemakaian dan pengisian yang lebih oke dibanding para rivalnya di kelas yang sama.

Dilansir dari kanal YouTube Tech Spurt, Anda bisa menikmati durasi screen on time hingga berjam-jam pada satu kali siklus pengisian daya. Meski kapasitasnya yang di bawah rata-rata (hanya 4.500 mAh), baterai Infinix Zero 20 dapat bertahan lama lantaran mengusung chipset dengan efisiensi daya tinggi.

Selain itu, Infinix Zero 20 juga diketahui sanggup bertahan hingga 8 jam pada penggunaan intens, seperti yang dikutip dari hasil pengujian Techarena24.com. Selain itu, pihak Infinix juga mengklaim bahwa ponsel bisa bertahan hingga 28 jam ketika lakukan panggilan telepon 3G, dan selama 725 jam (30 hari) pada mode siaga (stand-by).

Ponsel seharga rilis 3 jutaan ini membawakan fitur fast charging 45 W yang sungguh menyegarkan. Tidak lagi bawakan daya 33 W seperti para pesaingnya, Infinix Zero 20 tidak hanya awet baterai tapi juga bisa mencapai durasi pengisian yang lebih singkat.

Techarena24.com berucap bahwa ponsel hanya makan waktu 50 menit untuk isi daya dari 0-100%. Durasi pengisian cepat tersebut akan sangat berguna jika Anda sedang menerjang hari dengan jadwal padat.

Infinix Hot 20 tidak sekadar membuat proses pengisian daya jadi secepat kilat, melainkan turut merancangnya agar tetap aman. Ini lantaran perangkat sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland. Sehingga, kemungkinan kerusakan akibat arus daya berlebih menjadi lebih minim.

6. Hadir dengan NFC

LOGO-NFC

Kini zaman tampaknya sudah berbeda. Penulis masih ingat masa-masa dahulu ketika NFC masih jadi "barang mahal", alias hanya dimiliki oleh smartphone kelas flagship saja.

Kini, bahkan ponsel 1 jutaan pun sudah cukup banyak yang hadirkan NFC. Fungsi NFC sendiri dapat berguna bagi konsumen yang sering mengendarai kendaraan roda empat, lantaran dapat mengisi dan mengecek saldo eMoney.

Alih-alih panik karena lupa isi saldo sebelum memasuki tempat parkiran atau gerbang tol, pengguna tinggal perlu tempelkan kartu eMoney ke bodi HP dan mengisi saldo dengan mudah. Tidak perlu ke minimarket atau ATM.

Infinix Zero 20 merupakan salah satu ponsel kelas menengah yang sudah hadirkan NFC tersebut. Selain itu, HP dengan harga rilis 3 jutaan ini juga dikemas dengan FM Radio, Bluetooth, WiFi Dual Band (802.11 a/b/g/n/ac), serta A-GPS.

Meski berada di rentang harga yang sama, rupanya Infinix Zero 5G yang jadi pendahulunya tidak menghadirkan NFC. Ini mempermudah Anda dalam mengambil keputusan jika mempertimbangkan salah satu dari kedua HP tersebut sebagai daily driver berikutnya.

7. Menawarkan Dual Stereo Speaker

infinix zero 20 stereo speaker_

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain gim, mendengarkan lagu, atau menonton film, satu speaker saja sudah tidak cukup. Infinix Zero 20 selangkah lebih maju dari para kompetitornya, karena menawarkan kualitas audio yang enak didengar dan seimbang berkat dual stereo speaker-nya.

Lagi-lagi HP ini menang satu poin dibandingkan Infinix Zero 5G yang hanya suguhkan mono speaker. Kualitas suara yang dihasilkan Zero 20 juga tergolong bagus lantaran didukung dengan pemrosesan audio oleh DTS.

Tidak hanya suguhkan speaker ganda, Infinix Zero 20 juga menawarkan 3.5 mm jack audio port agar dapat menghubungkan earphone kabel tanpa gunakan adapter.

Kekurangan Infinix Zero 20

Kendati banyak kelebihan, Infinix Zero 20 memang punya sejumlah celah yang membuatnya kalah saing. Berikut ini adalah sejumlah kekurangannya.

1. Tidak Mendukung Perekaman 4K

infinix zero 20 4k_

Fitur perekaman pada Infinix Zero 20 sebenarnya sudah di atas rata-rata. Di saat mayoritas hanya mendukung perekaman 1080p, HP ini sudah tawarkan resolusi 2K.

Meski begitu, pemenuhan standar untuk keperluan kreasi konten senantiasa meningkat. Alangkah baiknya ponsel bisa merekam resolusi 4K, supaya tidak pecah saat ada bagian yang ingin di-crop atau zoom.

Secara keseluruhan, resolusi 4K akan memberikan keleluasaan yang lebih untuk editor mengaplikasikan kreativitasnya. Jika menginginkan HP dengan resolusi perekaman 4K, Anda bisa pertimbangkan Infinix Zero 5G dengan harga rilis yang tidak jauh beda.

2. Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping

infinix zero 20 sensor sidik jari_

Ini bisa jadi deal-breaker bagi Anda, bisa juga tidak. Kendati hadir dengan panel AMOLED yang mestinya bisa hadirkan sensor sidik jari di dalam layar, Infinix Zero 20 justru malah gunakan side-mounted fingerprint.

Menyatukan sensor dengan tombol power di samping, hal ini lantas membuat Infinix Zero 20 jadi tidak berbeda dengan ponsel-ponsel lain yang masih pakai IPS LCD.

Lokasi sensor di layar juga memberikan pengalaman pembukaan kunci yang lebih natural ketimbang di samping. Pasalnya, kita tentu lebih sering menempelkan jari di layar ketimbang di tombol daya, bukan?

Di luar itu semua, lokasi di samping juga ada bagusnya. Jika diletakkan di layar, ada kemungkinan responsivitas dan akurasinya terganggu saat menggunakan tempered glass.

3. Tidak Mendukung 5G

infinix zero 20 tanpa 5g_

Sebagai salah satu ponsel menengah yang tawarkan spesifikasi paling unggul, kelemahan Infinix Zero 20 terletak pada konektivitasnya. Ya, ia hanya mendukung jaringan seluler Dual SIM LTE/4G alih-alih 5G.

Jika Anda berniat membeli ponsel untuk penggunaan jangka panjang, alangkah baiknya pilih yang sudah mendukung 5G. Apalagi di rentang harga 3 jutaan, sudah cukup banyak ponsel 5G yang worth it, sebut saja Infinix Zero 5G, Samsung Galaxy A23 5G, realme 9 Pro, atau vivo T1 5G.

Simpulan

Infinix Zero 20 dirilis dengan harga yang begitu terjangkau, yakni Rp3.399.000,-. Melihat dari beragam fiturnya yang unggul, ponsel ini layak dianggap sebagai salah satu opsi mid-range terbaik.

Keberadaan kamera depan 60 MP beserta OIS membuat HP ini salah satu yang terunik di industri smartphone. Juga, kinerja Helio G99 bisa menyuguhkan pengalaman bermain yang kompetitif, bahkan setara dengan chipset Dimensity di kelas menengah.

Desain pun menjadi salah satu daya jual utamanya, menyuguhkan material metal di frame-nya, ketika para pesaing masih dikemas dengan plastik. Dengan spesifikasi yang disuguhkan, penulis merasa Infinix Zero 20 masih bisa bersaing dengan HP di kelas atasnya.

Agak sulit menemukan kekurangan dari Infinix Zero 20. Jika saja HP ini menawarkan jaringan 5G, dijamin sih bisa menjadi auto buy. Absennya fitur perekaman 4K juga jadi kendala, walau untungnya pengguna masih disuguhkan perekaman 2K yang di atas rata-rata smartphone.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram