Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 20

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix telah meluncurkan anggota berikutnya dalam seri Infinix Zero. Sebagai informasi, Infinix Zero adalah seri paling "flagship" yang mereka miliki, kendati segmen harga yang disasarnya adalah kelas menengah atau mid-range.

Setelah mewujudkan harapan konsumen akan HP 5G terjangkau di Infinix Zero 5G, kini konsumen kembali "dikejutkan" dengan keberadaan Infinix Zero 20. Pasalnya, HP tersebut hadir di segmen kelas menengah dengan berbagai spesifikasi yang bikin geleng-geleng.

Mulai dari kamera belakang 108 MP, kamera selfie 60 MP yang dipadankan dengan OIS, hingga hadirnya Helio G99 yang punya efisiensi daya sekaligus performa tinggi.

Infinix Zero 20 sendiri memasuki pasar Indonesia pada 7 Oktober 2022. Untuk Anda yang butuh ponsel menengah, sebaiknya simak spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Infinix Zero 20. Siapa tahu, HP ini akan menjadi daily driver Anda selanjutnya.

Lantas, apa saja plus minus Infinix Zero 20? Apa yang kurang dan apa yang unggul dari HP ini? Untuk menjawabnya bisa cek tabel berikut ini.

KelebihanKekurangan
Kinerja Chipset Helio G99 yang Juara
Kamera Unggul - Resolusi 108 MP di Belakang, Resolusi 60 MP di Depan
Layar AMOLED Berkualitas Tinggi + Refresh Rate 90 Hz
Desain dan Build Quality yang Oke Punya
Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 45 W yang Ngebut
Hadir dengan NFC
Menawarkan Dual Stereo Speaker
Tidak Mendukung Perekaman 4K
Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping
Tidak Mendukung 5G

Jika ingin mengetahui lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 20, simak artikel ini sampai habis

Spesifikasi Infinix Zero 20

Infinix Zero 20
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 kerap dianggap sebagai kontestan yang layak untuk memenangkan titel "mid-range terbaik" di 2022. Lantas, apa saja kelebihannya? Simak di bawah ini.

1. Kinerja Chipset Helio G99 yang Juara

mediatek helio g99

Saat perilisan Infinix Zero 20, tampaknya chipset Helio G99 masih cukup asing di telinga kita. Sebelum HP ini, masih sedikit ponsel lain yang menggunakan chipset sama, contohnya Tecno Pova 4, vivo V25e, dan Infinix Note 12 Pro.

Helio G99 sendiri merupakan penerus dari Helio G96, membawakan peningkatan dari sisi proses fabrikasinya. Kendati menggunakan konfigurasi prosesor yang sama tidak berbeda jauh, Helio G99 punya efisiensi daya lebih tinggi lantaran dibangun atas manufaktur 6 nm TSMC alih-alih 12 nm.

Clock speed pada Helio G99 juga sedikit meningkat, yang semula 2.05 GHz kini menjadi 2.2 GHz. Namun, klaster inti performa tingginya masih sama yakni ARM Cortex A76 sebanyak dua buah. Di sisi lain, Helio G99 juga dibekali dengan empat buah inti ARM Cortex A55 sebagai klaster efisiensi daya, hadirkan clock speed 2 GHz.

Kartu pengolah grafis (GPU) yang disematkan pada SoC tersebut ialah Mali G57 MC2, turut dipadankan dengan dukungan RAM LPDDR4x up to 2.133 MHz dan memori internal UFS 2.2.

Berkat adanya chipset ini, produsen dapat menyematkan kamera utama dengan resolusi hingga 108 MP. Alhasil, Infinix sungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan ini untuk berikan kamera 108 MP pada Infinix Zero 20.

Vendor smartphone yang memilih chipset ini juga dapat merancang ponsel gaming yang ringan dan tipis, sekaligus mengemas layar Full HD+ serta refresh rate 120 Hz di dalamnya.

Oke, jadi bagaimana dengan performa Infinix Zero 20 ini? Pertama-tama, perlu diketahui bahwa Infinix Zero 20 dipadankan dengan RAM 8 GB serta dua opsi memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB. Hadir juga 3-card slot yang dapat perluas kapasitas storage agar ponsel dapat memuat microSD dan dua kartu SIM di saat bersamaan.

Dengan RAM yang besar, Anda bisa harapkan kinerja mulus, baik saat membuka banyak aplikasi atau ketika bermain gim. Kanal YouTube Tech Spurt mengatakan bahwa animasi pergerakan layar terlihat begitu mulus, dan aplikasi condong bertahan di latar belakang tanpa terjadi forced kill.

Infinix Zero 20 menghadirkan skor benchmark Geekbench 5 sebesar 548 poin untuk single core dan 1770 poin untuk multi-core. Lebih lanjut lagi, laman NanoReview mengungkapkan bahwa Helio G99 yang mengotaki HP ini bisa meraih skor 371.302 poin pada pengujian AnTuTu v9.

Secara performa, tampaknya HP ini akan lebih powerful dibandingkan smartphone yang gunakan Snapdragon 680. Juga, aman untuk berasumsi kinerja HP ini setara dengan pesaing yang gunakan Dimensity 700 lantaran sama-sama meraih skor 300 ribuan.

Tech Spurt telah mengujikan HP ini untuk bermain COD Mobile dan Genshin Impact. Khusus untuk gim pertama, kinerja yang didapat benar-benar mulus tanpa kendala, dengan frame rate tinggi dan stabil.

Pada Genshin Impact, pengalaman yang dirasakan juga cukup playable dengan frame rate yang tidak patah-patah. Kendati begitu, Anda memang perlu bertahan di setting-grafis Lowest (terendah) untuk experience yang maksimal.

Disebutkan pula bahwa bermain Genshin Impact dengan waktu cukup lama tidak membuat ponsel panas. Ini artinya, Anda dapat bermain gim dengan lebih lama tanpa merasakan overheating ataupun throttling (penurunan performa).

Prestasi tersebut menjadi mungkin karena Helio G99 memiliki tingkat efisiensi daya yang dapat diandalkan. Selain itu, terdapat sistem pendingin ruang uap (vapor chamber) dengan ukuran besar guna menjaga smartphone tetap dingin saat lakukan aktivitas berat pada durasi panjang.

2. Kamera Unggul - Resolusi 108 MP di Belakang, Resolusi 60 MP di Depan

infinix zero 20 kamera_

Kamera belakang dengan resolusi 108 MP sebenarnya bukan lagi barang baru di industri smartphone. Kita sudah sering melihat ponsel-ponsel papan atas Samsung seperti Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Samsung Galaxy Note20 Ultra, dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Kamera 108 MP milik ponsel-ponsel tersebut menjadi salah satu daya tarik utama mereka. Lambat laun, kamera 108 MP turut diadopsi pada smartphone kelas menengah, sebut saja Redmi Note 11 Pro dan realme 9. Bahkan, kamera 108 MP juga sudah hadir di portofolio produk Infinix saat Infinix Note 12 VIP hadir ke pasaran.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram