carisinyal web banner retina

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20i Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Kini telah hadir ponsel penerus dari Infinix Hot 12i yang sempat diluncurkan pada kuartal dua tahun 2022. Ponsel penerus ini bernama Infinix Hot 20i000. HP dengan elemen huruf "i" di namanya menandakan bahwa ia merupakan versi ringan dari Infinix Hot 12 reguler.

Identitas brand Infinix sendiri sungguh lekat dengan segmen ponsel entry-level dan menengah. Nama Infinix juga sering dikaitkan dengan brand ponsel lain seperti realme dan Xiaomi lantaran sama-sama suguhkan value for money yang baik di setiap produknya.

Oleh karena itu, hadirnya Infinix Hot 20i menjadi hal baik dalam industri smartphone kelas terjangkau. Pengguna jadi punya opsi tambahan yang bisa dipertimbangkan kala tidak punya budget cukup untuk beli HP di atasnya.

Infinix Hot 20i sendiri memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki pesaingnya. Hal sebaliknya pun sama, ia memiliki beberapa gap yang membuatnya kalah saing dibandingkan HP lain di kelas yang sama. Anda bisa mengacu pada beberapa poin di tabel berikut ini sebagai acuan.

KelebihanKekurangan
Layar IPS LCD Besar dan Terang
Baterai Besar
Menyediakan Sensor Pemindai Sidik Jari
Hadir dengan Fitur Reverse Charging dan OTG
Mendukung WiFi Dual Band
Tersedia 3-Card Slot + RAM Extension
Dirilis dengan XOS 10.6 yang Kaya Fitur
Performa Kalah Saing
Minim Peningkatan dari Generasi Sebelumnya
Sisi Fotografi Kurang Kuat di Kelasnya

Melihat tabel di atas, Infinix Hot 20i memang tidak dapat dikatakan yang terbaik. Namun bukan berarti ia tidak dapat memuaskan kebutuhan konsumen melebihi pesaingnya.

Beberapa highlight yang ditonjolkan HP ini adalah hadirnya sensor pemindai jari, baterai badag, dan juga layarnya yang cukup terang. Supaya dapat mengetahui HP ini lebih mendalam, sebaiknya simak "review" singkat dari Infinix Hot 20i berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20i

Infinix Hot 20i
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI) MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Hot 20i

Apakah Infinix Hot 20i layak dianggap sebagai salah satu yang terbaik di harga entry-level? Ketahui jawabannya setelah melihat poin-poin di bawah ini.

1. Layar IPS LCD Besar dan Terang

infinix hot 20i layar_

Layar jadi salah satu pertimbangan penting untuk dipertimbangkan saat memilih smartphone. Di kala platform seperti Netflix dan Disney+ semakin marak, ponsel jadi sarana menggiurkan untuk aktivitas menonton.

Belum lagi kegiatan muda-mudi yang semakin dinamis, mengharuskan layar bisa dibaca saat di bawah terik matahari. Sambutlah Infinix Hot 20i, salah satu HP 1 jutaan terjangkau yang hadirkan layar menawan di kelasnya.

Ukurannya sedikit di atas rata-rata yaitu 6.6 inci, sehingga dapat memperlihatkan konten dengan lebih besar pula. Diketahui panel IPS LCD yang diusungnya mendukung hingga 16,7 juta warna guna berikan impresi baik saat menikmati konten.

Aspek rasionya adalah 20:9 dengan kerapatan sekitar 267 ppi (pixel per inch). Layar masih gunakan resolusi HD+ alias 720p, sebuah hal yang patut diwajarkan di kelas harganya yang murah. Kendati tampilkan grafis yang agak choppy atau kotak-kotak, kualitas layar masih tetap tajam jika tidak diperhatikan secara mendalam.

Ponsel ini bisa dikatakan cukup menarik, karena suguhkan fitur Erdal Engine 3.0 yang dapat mengoptimalkan jaringan untuk menonton video pendek tanpa buffering. Fitur ini disebutkan dapat meningkatkan kelancaran menonton hingga 10%.

Layar juga mendukung tingkat kecerahan puncak hingga 500 nit sehingga tetap dapat menampilkan ketajaman dan detail yang baik meski di bawah terik sinar matahari.

2. Baterai Besar

infinix hot 20i baterai_

Untuk baterainya, Infinix Hot 20i tidak berbeda dengan Infinix Hot 20 reguler ataupun puluhan smartphone lainnya. Sama-sama pakai kapasitas 5.000 mAh. Bedanya, tidak ditemukan port USB Type-C atau fast charging 18 W di ponsel ini, melainkan hanya gunakan daya pengecasan 10 W.

Kapasitas baterai di HP ini disinyalir dapat membuatnya tahan hingga tiga hari penggunaan. Soalnya, ada beragam fitur penghematan daya yang dapat memperpanjang masa guna ponsel sehari-hari.

Yang pertama adalah Power Boost Mode yang dapat menghemat sebanyak 25% baterai ketika diaktifkan. Jika membutuhkan penghematan daya yang lebih ekstrim lagi, bisa gunakan Smart Power Saving Scenes yang akan membuat ponsel berada dalam mode sleep atau stand by (siaga).

Di mode tersebut, baterai bisa di-conserve selama mungkin namun dalam kondisi tidak dapat digunakan. Selain itu ada juga short video mode yang akan menghemat daya sebanyak 10% ketika dipakai menonton konten video pendek.

Perangkat gunakan port pengecasan microUSB 2.0 dengan daya 5V/2A alias 10 W. Ya, Anda tidak dapat menunggu sejam atau dua jam untuk mengisinya hingga penuh. Perlu waktu setidaknya 3 jam agar baterai terisi hingga 100%, dan ini bukan waktu yang sebentar.

Jika memang tidak ada waktu di sela-sela aktivitas, usahakan untuk selalu ingat mengecas pada malam hari sebelum tidur. Agar keesokan paginya baterai terisi penuh dan Infinix Hot 20i siap menunjang segala keseharian Anda.

3. Menyediakan Sensor Pemindai Sidik Jari

infinix hot 20i sensor sidik jari_

Ada kesulitan tertentu saat harus memilih HP Rp1 jutaan. Pasalnya, tidak semua HP di kelas harga ini menyuguhkan pemindai sidik jari. Bahkan, yang menyediakannya bisa dihitung dengan jari. Beda halnya saat memilih ponsel 2 jutaan di mana sensor tersebut sudah tidak asing lagi keberadaannya.

Inilah yang membuat Infinix Hot 20i istimewa, karena sudah suguhkan sensor sidik jari di belakang (rear-mounted fingerprint). Bersama dengan Face Unlock, sensor ini akan mempermudah pengguna membuka kunci layar agar tidak perlu lagi gunakan PIN dan pola.

4. Hadir dengan Fitur Reverse Charging dan OTG

infinix hot 20i otg dan reverse charging_

Tidak hanya suguhkan ketahanan baterai yang tokcer, Infinix Hot 20i juga hadir dengan fitur pengecasan terbalik yang dapat mengisi daya perangkat lain. Fitur ini dinamakan reverse charging, gunakan daya 5 W.

Melalui port pengecasan microUSB, pengguna dapat mencolokkan kabel microUSB ke microUSB/USB Type-C (tergantung port HP yang dicas) sehingga ponsel ini dapat digunakan sebagai power bank.

Bukan itu saja, kini Infinix Hot 20i sudah mendukung antarmuka OTG alias on the go. Gunanya adalah untuk mendeteksi aksesoris lain seperti flashdisk, mouse, dan bahkan kabel ethernet.

Berkat adanya OTG, Anda juga dapat menghubungkan kabel kontroler gim ke HP dengan cara plug and play. Cocok nih untuk yang hobi memainkan emulator konsol. Tidak semua HP 1 jutaan hadirkan OTG, lho.

5. Mendukung WiFi Dual Band

infinix hot 20i wifi dual band_

Di harganya yang begitu terjangkau, rupanya Infinix masih cukup dermawan dalam hadirkan konektivitas unggul di HP ini. Kendati masih gunakan Dual SIM LTE alih-alih 5G yang sedang berkembang di Tanah Air, ponsel ini mendukung WiFi Dual Band 802.11 a/b/g/n/ac.

Dengan begini, Infinix Hot 20i tidak hanya dapat tersambung dengan pita jaringan 2,4 GHz melainkan 5 GHz juga. Keuntungannya cukup beragam, salah satunya adalah bisa mengunduh file atau streaming film lebih cepat.

Pita jaringan 2,4 GHz hanya mendukung kecepatan transfer hingga 400 sampai 600 Mb per detik, sedangkan 5 GHz mendukung hingga 1300 Mb per detik. Namun, 5 GHz memang punya jangkauan lebih sempit dan mudah terhalangi oleh benda padat seperti tembok dan pilar.

6. Tersedia 3-Card Slot + RAM Extension

infinix hot 20i memori internal_

Di saat para pesaingnya masih mentok di kapasitas storage 32 GB, Infinix Hot 20i sudah cukup layak karena suguhkan 64 GB di harga 1 juta. Bahkan, tersedia juga opsi memori internal up to 128 GB di HP ini.

Hal tersebut membuat Infinix Hot 20i lebih layak dibandingkan Infinix Hot 12i yang hanya hadirkan storage 64 GB. Selain itu, ponsel memiliki fitur penambahan RAM secara virtual yang dapat "meminjam" dari kapasitas memori internal sebanyak 3 GB, sehingga total RAM yang digunakan adalah 7 GB.

Tipe storage memori internal yang digunakan tentu hanya eMMC 5.1 dan bukan UFS 2.2 seperti ponsel lain di kelas atas. Sementara itu, RAM-nya menggunakan tipe LPDDR4x Dual Channel yang bisa berikan tambahan performa saat membuka banyak aplikasi.

7. Dirilis dengan XOS 10.6 yang Kaya Fitur

XOS 10 infinix

Infinix Hot 20i dikemas dengan sistem operasi Android 12 yang diselimuti antarmuka XOS 10.6. Antarmuka ini memiliki segudang fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Sebut saja fitur-fitur power saving mode yang dapat membuat ponsel lebih awet dari biasanya.

Juga, ada fitur Phone Master yang berguna untuk memberikan storage dan mode penghematan data. Tidak hanya meningkatkan performa keseluruhan, fitur ini juga dapat mengoptimalkan penggunaan data.

Kemudian, jika Anda memiliki anak, ada fitur yang cocok digunakan yaitu Kids Mode. Fitur ini dapat menyeleksi aplikasi apa saja yang bisa diakses, sekaligus mengatur waktu penggunaan serta membatasi data yang diunduh.

Infinix Hot 20i juga sediakan solusi bagi Anda yang sering mengalami isu WiFi lemot di rumah. Soalnya, ada LinkPlus 1.0 Game Network Auto-Adjuster yang dapat secara otomatis berpindah ke sinyal jaringan seluler yang lebih kuat guna terhindar dari lag.

Untuk versi RAM kecil, perangkat juga tersedia dalam opsi Android 12 Go Edition yang menghadirkan pengalaman navigasi yang gesit dan punya ukuran lebih ringan.

Kekurangan Infinix Hot 20i

Untuk Anda yang lebih selektif dalam menilai ponsel, kekurangan-kekurangan di bawah ini mungkin akan membuat Anda berpaling menjauh.

1. Performa Kalah Saing

MediaTek-Helio-A22-Chipset-1024

Menghadirkan dua opsi chipset Helio A22 dan Helio G25 berfabrikasi 12 nm, Anda tidak dapat menikmati pengalaman gaming yang nyaman dengan HP ini. Terlebih jika berniat memainkan gim berat seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact.

Keduanya merupakan chipset dengan performa terendah yang dimiliki oleh MediaTek. Helio A22 hanya menawarkan konfigurasi prosesor quad core berisikan empat inti Core A53 dengan kekuatan 2.0 GHz.

Sementara, Helio G25 hadir dengan octa core yang meliputi empat unit Cortex A53 (1.5 GHz) dan empat unit Cortex A53 (2.0 GHz). Meski hadir dengan dua klaster, kedelapan inti tersebut merupakan unit hemat daya, alias tidak menghadirkan unit high performance sama sekali.

Pengguna masih dapat menikmati pengalaman gaming yang tergolong lancar pada beberapa gim tertentu, seperti Candy Crush, Free Fire, Subway Surfer, dan sebagainya.

Sungguh tidak disarankan untuk memainkan gim berat seperti PUBG Mobile apalagi Genshin Impact. Dan, buang juga harapan untuk memainkan emulator PSP atau PS2, karena frame rate yang didapat dipastikan rendah.

2. Minim Peningkatan dari Generasi Sebelumnya

infinix hot 20i fingerprint_

Infinix Hot 20i menyuguhkan spesifikasi yang unggul di kelasnya, seperti layar besar dengan kecerahan tinggi, ketahanan baterai di atas rata-rata, hingga hadirnya sensor sidik jari di belakang.

Walau begitu, nyaris tidak ada perubahan yang berarti dibandingkan dengan Infinix Hot 12i yang jadi pendahulunya. Kedua ponsel masih gunakan spesifikasi layar, kamera, dan bahkan chipset yang sama.

Satu-satunya yang berubah hanyalah opsi memori internal yang kini meningkat hingga 128 GB, versi Android yang digunakan saat rilis, serta penambahan fitur OTG + reverse charging.

Desain bodi belakang dibuat agak berbeda, kini dengan dua lensa besar yang dibuat berjarak dan mengimpit satu lensa kecil. Ini berbeda dengan Infinix Hot 12i yang lensa besarnya dibuat berdempetan, menyisakan satu kamera kecil di bawahnya.

Sehingga, jika Anda berniat hijrah dari Infinix Hot 12i ke generasi berikutnya, kami sarankan pilih opsi HP lain saja.

3. Sisi Fotografi Kurang Kuat di Kelasnya

infinix hot 20i kamera_

Seperti pendahulunya, Infinix Hot 20i juga dibekali dengan konfigurasi Triple Camera meskipun hanya satu kamera yang benar-benar berfungsi untuk fotografi. Ketiga kamera ini mencakup satu lensa utama berkekuatan 13 MP (f/1.8) yang disuguhkan AF, serta dua kamera AI Lens.

Di sisi belakang mencakup satu Dual LED Flash yang dapat membantu penerangan saat pemotretan malam hari. Selain itu, ponsel juga sediakan kamera depan 8 MP untuk keperluan vlogging dan online meeting.

Yang bikin menarik, resolusi perekaman video 1080p@30fps tidak hanya berlaku di kamera belakang melainkan di kamera depan juga. Padahal, ponsel realme C30 yang jadi salah satu rivalnya hanya sanggup hadirkan resolusi 720p di kamera depan.

Konfigurasi kamera di HP ini tergolong kalah saing di kelasnya, terlebih di saat sudah ada pesaingnya yang sudah gunakan kamera 50 MP di harga 1 jutaan. Sebut saja Infinix Hot 20 4G versi reguler.

Kamera dengan resolusi besar memang tidak selamanya membuat kualitas foto jadi bagus, namun setidaknya bisa lebih baik dalam menyerap cahaya.

Simpulan

Dikutip dari laman spesifikasi GSM Arena, Infinix Hot 20i dibanderol dengan harga rilis 120 euro alias sekitar Rp1,8 jutaan setelah dikonversi. Di harga tersebut, Infinix Hot 20i masih menjadi opsi yang layak dipertimbangkan, mengingat layarnya yang lebar dan sudah mendukung kecerahan cukup tinggi.

Konfigurasi kamera yang ditawarkan tentu kalah saing dibandingkan HP 1 jutaan lain yang sudah pakai 50 MP. Namun, ponsel ini sanggup bertahan dengan lebih lama berkat baterai yang besar dan dukungan fitur penghematan daya yang memadai.

Terlepas dari hal tersebut, kami lebih rekomendasikan Anda mempertimbangkan versi regulernya, yakni Infinix Hot 20. Dengan rentang harga yang sama, Infinix Hot 20 lebih sanggup suguhkan performa kencang dengan Helio G85. Kameranya pun sudah pakai 50 MP, dan sensor pemindai jarinya diletakkan di samping. Selamat memilih.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram