carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12i 2022

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada Mei 2022, Infinix sebetulnya telah merilis varian Note 12i di sejumlah negara Afrika dengan spesifikasi kelas menengah yang mumpuni. HP ini melengkapi seri Infinix Note 12 seperti Infinix Note 12 dan Infinix Note 12 VIP.

Namun, September 2022, Infinix Indonesia menyegarkan Infinix Note 12i dengan nama infinix Note 12i 2022. HP ini mengusung spesifikasi yang sedikit berbeda dibandingkan Infinix Note 12i yang hadir di Afrika.

Dipasarkan dengan harga Rp2 jutaan di Indonesia, ada beberapa sektor yang coba diunggulkan pada Infinix Note 12i 2022. Selain desainnya yang lebih segar, keunggulan lainnya ialah penggunaan layar cukup lebar di kelasnya. Layar ini diklaim lancar dan nyaman untuk berbagai aktivitas seperti browsing, menonton video hingga bermain game.

Lalu, apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawabannya bisa disimak pada tabel kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12i 2022 berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain yang Lebih Segar untuk seri Note 12
Layar AMOLED yang Luas
Sensor Keamanan yang Cepat
RAM Virtual Tambahan 5 GB 
Sistem Android 12 
Pengisian Cepat 33W
DTS Dual Speaker
Bodi Mudah Kotor
Tanpa Kamera Ultrawide
Refresh Rate Standar

Kalau ingin menelisik lebih dalam soal Infinix Note 12i 2022, silakan simak artikelnya lebih detail di bawah ini.

Spesifikasi Infinix Note 12i 2022

Infinix Note 12i 2022
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Note 12i 2022

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Infinix Note 12i 2022 ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Lebih Segar

infinix note 12i 2022 desain_

Penampilan keseluruhan Infinix Note 12i 2022 memang berbeda dan lebih segar dibanding seri Note 12 reguler. Hal ini nampak dari sisi bodi belakang yang kini tampak mewah dan berkelas.

Perbedaan mencolok muncul di modul kamera si ponsel yang berbentuk persegi panjang vertikal. Sekilas, modul ini tampak sama dengan seri Note 12 reguler. Dalam modul ini terdapat kamera utama dan kamera kedalaman di bagian agak tengah modul, serta kamera AI dan LED dibagian bawah.

Yang agak berbeda, di samping modul ini, terdapat bagian bodi yang glossy berbentuk persegi yang membentang dari ujung bodi HP ke ujung bodi yang lain. Hal ini membuat HP menjadi terkesan memiliki modul kamera yang besar, atau memiliki dua bagian bodi yakni atas glossy, bawah matte.

Infinix Note 12i 2022_

Sedikit membahas area depan, HP ini menggunakan layar yang mengusung desain kamera waterdrop. Layar ini hadir dengan bezel yang cukup tipis di semua sisi, berbeda dengan HP Android murah lainnya yang memiliki bezel bawah yang agak tebal.

Untuk sebuah ponsel Android entry-level, HP Infinix terbaru ini memiliki build quality yang cukup bagus dan tidak kalah bersaing dengan ponsel 2 jutaan lainnya. Apalagi, bodi HP ini sangat nyaman digenggam meski memiliki dimensi besar. Pasalnya, HP ini lebih tipis dan lebih ringan dari seri sebelumnya.

2. Layar AMOLED yang Luas

infinix note 12i 2022_

Masih mengandalkan kesuksesan seri Infinix Note yang menggunakan layar berukuran luas yang mendekati ukuran layar tablet, Infinix memakai layar berukuran 6,7 inci pada seri Note 12i ini. 

Pemilihan ukuran ini dirasa pas karena tidak terlalu lebar yang justru mengganggu kenyamanan saat menggenggam HP.

Tentu layar yang lebar ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. Apalagi resolusi layar yang digunakan cukup mumpuni di kelas HP entry-level, yakni FHD+, sehingga tampilan bisa lebih detail dan jelas. 

infinix note 12 lyr_

Layar HP ini juga sudah dibekali fitur Full Screen Sunlight Display dan reading mode terbaru. Fitur ini membuat layar akan tetap mudah dilihat meski di bawah sinar matahari sekali pun. Meskipun kecerahan layarnya mentok hingga 500 nits, layar ini tetap nyaman dipakai di dalam maupun luar ruangan.

Sayangnya, untuk Infinix Note 12i 2022 hanya menggunakan refresh rate standar 60 Hz. Walaupun demikian, layar ponsel ini masih disokong sejumlah teknologi yang sama seperti seri Note lain dimana mampu menampilkan warna 10 bit dengan 100% DCI-P3.

3. Sensor Keamanan yang Cepat

Infinix Note 12i 2022 1_

Saat ini banyak pengguna yang menyimpan berbagai data penting di HP. Hal inilah yang memicu Infinix menghadirkan sistem keamanan yang lengkap pada setiap produknya.

Maka dari itu, dalam Infinix Note 12i di bagian bodi samping terdapat sensor sidik jari yang terbilang mudah digunakan. Sensor ini menyatu dengan tombol power, sehingga mudah ditemukan dan digunakan.

Menariknya, sensor ini dapat membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Anda pun bisa menggunakan sensor sidik jari yang lebih akurat dan lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

4. RAM Virtual Tambahan 5 GB 

Infinix Note 12i 2022 (2)_

Sama seperti seri Note lainnya, Infinix menghadirkan RAM besar di seri Note 12i, yakni 4 GB atau 6 GB. Penggunaan RAM besar ini dilakukan karena Infinix menyadari bahwa ukuran RAM yang kecil akan mempengaruhi performa ponsel.

Agar performa Infinix Note 12i 2022 tidak lemot, Infinix menambahkan fitur extended RAM. Dengan fitur ini Anda bisa menambahkan RAM virtual sebesar 5 GB pada HP varian RAM 6 GB yang diambil dari memori internal. Dengan fitur ini, RAM HP ini menjadi 11 GB dan memberikan performa yang lebih kencang.

infinix note 12i 2022 chipset_

Di HP ini, Infinix menggunakan chipset MediaTek Helio G85. Chipset ini memang fokus untuk gaming. Maka dari itu dalam chipset G series ini mengunggulkan GPU 1 GHz dan teknologi HyperEngine. 

SoC ini mampu menghasilkan kinerja tinggi sambil memaksimalkan umur baterai tanpa mengurangi pengalaman bermain game yang luar biasa. Selain itu, Infinix juga sudah menghadirkan sistem pendingin teknologi 6-layers graphene.

Untuk konfigurasi, MediaTek Helio G85 ini terdiri dari octa-core, yakni 2 prosesor Cortex A75 berkecepatan 2 Ghz dan 6 prosesor Cortex A55 berkecepatan 1,8 GHz. SoC ini juga dilengkapi GPU Arm Mali-G52 dengan kecepatan 1 GHz dan teknologi HyperEngine.

Saatnya membahas performa, menurut akun YouTube TeddyKho, Infinix Note 12i 2022 mencetak skor AnTuTu 256.246. Dari data tersebut, tampak performa Infinix Note 12i 2022 memang sederhana namun masih mumpuni untuk gaming kelas menengah ke bawah. 

5. Sistem Android 12 

android 12_

Infinix menghadirkan cukup banyak fitur menarik dalam ponsel terbarunya. Meski dipasarkan di harga Rp2 jutaan, performanya cukup baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game. Hal ini disebabkan HP Infinix ini menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka XOS 10.6.

6. Pengisian Cepat 33W

Infinix Note 12i 2022 (3)_

Meski memiliki harga yang terjangkau, Infinix Note 12i 2022 sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai ini sudah cukup baik untuk menunjang berbagai kegiatan, mulai dari browsing harian hingga main game

Keunggulan HP ini berlanjut di sektor pengisian cepat, dimana Infinix Note 12i 2022 menggunakan pengisian cepat 33 W yang sama seperti seri Note 12. Dengan kemampuan ini, baterai HP bisa terisi 15% hingga 100% dalam waktu 90 menit.

Sama seperti HP infinix lainnya, Infinix menyematkan Infinix Note 12i dengan teknologi penghemat baterai. Fitur ini akan mengaktifkan mode ultra power saat baterai HP tersisa 5% saja. Dengan menyalanya mode ini, Anda akan mendapatkan tambahan baterai yang dapat digunakan hingga beberapa jam.

7. DTS Dual Speaker 

Infinix Note 12i 2022 (5)_

Suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan baik jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus pula. Maka dari itu Infinix menghadirkan speaker stereo dalam seri Note 12i ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Speaker utama note 12i ini ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas - menyatu dengan earpiece. Dengan teknologi ini, suara yang dihasilkan terdengar menyebar seakan mengelilingi bodi.

Kekurangan Infinix Note 12i 2022

Di samping tujuh kelebihan di atas, ada tiga hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP Infinix Note 12i ini. Tiga hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Bodi Mudah Kotor

Infinix Note 12i 2022 (1)_

Sebagai ponsel entry-level, Infinix Note 12i 2022 memang hadir dengan desain bodi yang terkesan mewah. Padahal kalau diperhatikan bodi belakangnya masih menggunakan bodi berbahan plastik.

Nah, dibalik desainnya yang segar ternyata menyimpan sedikit kekurangan. Pasalnya, bodi plastik yang digunakan ternyata mudah kotor dan mudah tertempel sidik jari. Apalagi, bodi HP ini hadir dengan dua desain bodi yakni atas glossy dan bawah matte.

Bodi plastiknya juga terasa licin ketika tangan berkeringat. Ini bisa menjadi perhatian khusus bagi Anda yang hendak membeli HP ini. Ada baiknya, Anda langsung membungkus bodi HP infinix ini dengan casing, sehingga bodi HP bisa lebih nyaman digenggam.

2. Tanpa Kamera Makro dan Kamera Ultra-wide

Infinix note 12i 2022

Untuk sektor kamera seri Note 12i ini ternyata masih mirip dengan seri Note 12. Ponsel entry-level ini hanya memakai tiga kamera belakang dan sebuah kamera depan, dengan penggunaan teknologi Ultra Night Camera di kamera utamanya.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 50 MP dengan ukuran 1/2,8 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.6, dilengkapi autofokus PDAF.

Lalu, kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera depth. Kamera ini punya bukaan f/2.4, dan terakhir mengenai kamera kecil yang ada di paling bawah, kamera 0,3 MP yang belum jelas fungsinya. Untuk kamera depan, hanya ada kamera 8 MP.

Infinix Note 12i 2022 2_

Kamera Infinix Note 12i 2022 ini memang terbilang minimalis, hanya ada kamera utama dan kamera depth. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultra-wide atau kamera makro.

Kamera ultra-wide berfungsi untuk memotret dengan sudut pandang yang lebih luas. Ini cocok digunakan untuk memotret alam atau memotret objek besar dan banyak. Sementara itu kamera makro berfungsi untuk memotret jarak dekat agar lebih detail.

Selain itu, sistem stabilisasi kamera ini juga masih standar. Padahal kamera yang stabil dibutuhkan terutama dalam menghasilkan foto low light serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

Terlepas dari jumlah kamera belakang yang sedikit dan minimnya fitur serta mode dalam aplikasi kamera bawaan, rupanya hasil kamera infinix ini cukup memuaskan dan tidak terlalu jelek, masih bisa diposting di media sosial Anda.

3. Refresh Rate Standar

Infinix note 12i 2022 3_

Kekurangan Infinix Note 12i 2022 selanjutnya ialah penggunaan refresh rate layar yang standar. Bila dalam seri Note 12 dan Note 12 VIP, produsen menghadirkan refresh rate layar 90 Hz dan 120 Hz. Hal berbeda justru terdapat dalam seri Note 12i yang hanya dibekali refresh rate standar, yakni 60 Hz.

Penggunaan refresh rate yang tidak tinggi ini sebetulnya tidak mempengaruhi secara besar penggunaan ponsel Infinix dalam keseharian. Namun, untuk Anda yang peduli akan tampilan layar tentu refresh rate kecil sangat berpengaruh. Pasalnya, tampilan animasi menjadi kurang halus dan kurang responsif. 

Penggunaan refresh rate 60 Hz ini sekaligus mempertegas posisi HP ini yang menjadi varian termurah dalam jajaran Infinix Note 12 series.

Simpulan

Infinix Note 12i 2022 memang hadir sebagai varian termurah dalam seri Note 12. Padahal, HP ini hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik di sisi desain, layar, dan RAM. Walaupun demikian, kinerja HP ini berada di bawah seri Note 12 reguler. Alhasil, HP Android terbaru ini memang bukanlah HP yang bisa digunakan untuk aktivitas berat.

Dukungan dapur pacu yang sederhana, MediaTek Helio G85, menjadi alasan performa HP ini biasa saja meski RAM yang digunakan lebih besar. Memang Anda masih bisa memainkan beberapa game terkenal seperti PUBG hingga Mobile Legends. Namun, tentu dengan pengaturan grafis yang menengah.

Walaupun performanya tidak kencang, Infinix Note 12i 2022 tetap menjadi salah satu HP entry-level yang menarik. Apalagi, HP ini memiliki layar AMOLED, RAM besar dan pengisian cepat 33W. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram