carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Pro, Apa Saja?

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Ponsel seharga Rp2 jutaan memang menawarkan daya tariknya tersendiri. Terkadang beberapa fiturnya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tanpa buat kantong bolong. Terlebih jika HP tersebut datang dari brand seperti Infinix.

Berspesialisasi dalam tawarkan value for money, perusahaan asal Hong Kong tersebut telah merilis Infinix Hot 12 Pro di rentang harga Rp2 jutaan. Sontak, hal ini membuat beberapa mata melirik. Tidak sedikit yang ingin tahu kehebatan apa yang ditawarkan ponsel terjangkau tersebut. Terlebih Infinix Hot 12 Pro juga mengisi jajaran ponsel Infinix yang masuk resmi ke Indonesia di 2022.

Pemberian nama "Pro" pada seri produk Infinix Hot juga termasuk fenomena yang jarang. Terakhir kali nama ini digunakan adalah pada Infinix Hot 9 Pro. Jadi, apakah Anda benar-benar dapat merasakan spesifikasi yang "Pro" di HP ini? Simak pada kelebihan dan kekurangannya berikut.

Spesifikasi Infinix Hot 12 Pro

Infinix Hot 12 Pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Hot 12 Pro

Punya kinerja unggul adalah salah satu kelebihan dari HP 2 jutaan ini. Lalu, apa saja sisanya? Ketahui pada poin-poin di bawah ini.

1. Performa Nyaman untuk Bermain Game

unisoc t616 infinix hot 12 pro_

Infinix Hot 12 Pro menggunakan chipset yang bukan berasal dari MediaTek ataupun Qualcomm, melainkan Unisoc. Chipset Unisoc sendiri sudah sering terdengar di telinga kita, lantaran sering dipakai oleh smartphone gaming kelas terjangkau.

Ponsel ini diotaki dengan Unisoc Tiger T616 yang bawakan arsitektur 12 nanometer. Kinerjanya sendiri jauh lebih gahar dibandingkan Snapdragon 665, serta tidak kalah dengan Helio G80.

Sebagai chipset yang dikhususkan untuk gaming, Unisoc Tiger T616 sudah dilengkapi dengan mikroarsitektur Cortex A7x series, menandakan bahwa ia dirancang untuk mengangkat gim berat dengan minim kendala.

Di dalamnya, tersemat formasi delapan prosesor dalam bentuk 2 + 6. Klaster pertamanya merupakan dua inti berkinerja tinggi Cortex A75 berkekuatan 2 GHz. Sedangkan, klaster kedua mencakup dua unit hemat daya berupa Cortex A55 dengan kemampuan 1.8 GHz.

Agar mampu mengangkat gim berat terkini dengan lancar, chipset ditemani GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali-G57 MP1 yang beroperasi pada frekuensi 750 MHz.

Pihak Infinix mengklaim bahwa chipset meraih skor benchmark AnTuTu sebesar 262.487 poin. Ini selaras dengan angka yang dilansir dari nanoreview, yakni sebesar 225.576 poin.

Skor AnTuTu v9 pada Infinix Hot 12 Pro juga dikatakan meraih 258.855 poin, dilansir dari Trakin Tech. Pada video pengujian yang dilakukan, disebutkan kalau permainan gim berlangsung dengan nyaman.

Melansir dari YouTuber bernama Kuliah Sore, pemain dapat memilih opsi grafis Smooth - Ultra atau HD - High.

Dikarenakan absennya sensor gyro, HP ini menggunakan sisi software untuk mensimulasikan gyro aim. Hasilnya, gyro berjalan dengan cukup lambat atau delay, meskipun delay ini masih bisa dikatakan minim.

Untuk kelancaran jalannya permainan, tidak terlihat adanya framing atau frame drop sepanjang permainan. Pemain niscaya dapat memainkan gim dari awal sampai akhir dengan pengalaman yang cukup nyaman. Disebutkan pula bahwa Unisoc T616 ini akan lebih lancar lagi untuk memainkan Mobile Legends.

2. Display Mendukung Refresh Rate 90 Hz

infinix hot 12 pro layar_

Hal yang dapat melengkapi pengalaman bermain gim adalah layar yang berkualitas. Infinix Hot 12 Pro nyatanya hadir dengan kualitas layar yang cukup oke di kelas harganya. Meski hanya tangguhkan panel IPS LCD ketimbang AMOLED, namun setidaknya punya ukuran yang cukup imersif di angka 6,6 inci.

Pengalaman scrolling di antarmuka ataupun aplikasi juga akan terasa lebih mulus, lantaran mengusung teknologi refresh rate tinggi 90 Hz. Tingginya laju penyegaran ini juga akan terasa pada beberapa gim yang mendukung, contohnya seperti Dead Trigger 2.

Untuk mendukung sentuhan yang lebih responsif saat bermain gim, layar juga memiliki touch sampling rate sebesar 180 Hz. Peningkatan TSR ini akan membuat layar lebih responsif dalam menerima sentuhan pemain, sehingga dapat menyampaikan serangan lebih cepat dibanding lawan meski keduanya menekan layar di saat bersamaan.

Layar Infinix Hot 12 Pro juga diketahui memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 480 nit. Dalam artian, Anda tidak akan merasa kesulitan yang berarti saat melihat konten di luar ruangan saat siang hari. Selain itu, tersemat juga lapisan proteksi Panda Glass yang dapat meminimalir risiko baret pada layar.

Secara keseluruhan, kondisi layar di ponsel ini terbilang layak untuk di harga 2 jutaan. Ditambah dengan fitur refresh rate tinggi yang terbilang masih jarang di kelasnya.

3. Memori Internal dan RAM Lega

infinix hot 12 pro ram dan memori internal lega_

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula aktivitas yang bisa dilakukan pada sebuah smartphone. Kini, nyaris semua hal bisa dilakukan via aplikasi; seperti menonton film, mengunduh file, memesan makanan, meng-order taksi daring, hingga membaca buku.

Untuk hal itu, Infinix pun memodali Hot 12 Pro dengan kapasitas memori internal 128 GB yang besar. Dilansir dari devicespecifications.com, bahkan storage tersebut sudah mengusung standar UFS 2.2. Lebih cepat ketika loading saat bermain gim atau menyalin data ketimbang eMMC 5.1.

Sementara itu, perangkat juga dapat menunjang aktivitas multi-tasking dengan lancar karena mengusung kapasitas RAM 8 GB LPDDR4X. Di harganya yang cuman 2 juta lebih sedikit, RAM sebesar ini jadi sebuah kelebihan yang sulit disaingi para rivalnya.

Infinix Hot 12 Pro juga memiliki fitur Extended RAM yang dapat memperluas RAM hingga 13 GB (8 GB + 5 GB). Fitur ini akan meminjam kapasitas sebanyak 2 GB, 3 GB, atau 5 GB dari memori internal untuk dipindahkan ke RAM untuk sementara.

Agar lebih memaksimalkan storage internal yang ada, sebaiknya simpan file-file seperti lagu, gambar, dan video pada memori eksternal. Ya, Infinix Hot 12 Pro sediakan slot microSDXC (hingga 1 TB) secara terpisah agar pengguna tetap mampu gunakan Dual SIM secara bersamaan.

4. Hadir dengan NFC Multi-functional

infinix hot 12 pro nfc_

Fitur NFC (Near Field Communication) merupakan fitur yang semula hanya dimiliki ponsel flagship dan mid-range. Fungsinya adalah menghubungkan dua perangkat (pasif dan aktif) secara nirkontak; agar pengguna bisa lakukan transaksi digital.

NFC seringkali digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo eMoney. Namun, Infinix Hot 12 Pro ini sedikit berbeda, karena sudah mengusung NFC Multufunctions.

Selain untuk transaksi digital, NFC ini bahkan bisa dipakai untuk "merekam" kartu akses pintu kantor/apartemen. Sehingga, Anda hanya perlu tempelkan bodi HP ke perangkat penangkap sinyal dan kunci pintu pun akan terbuka.

Selain NFC Multifunctions, Infinix Hot 12 Pro juga tawarkan konektivitas lain yang beragam. Yakni WiFi Dual Band (802.11 a/b/g/n/ac) yang dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, serta port pengecasan USB Type-C 2.0.

Infinix Hot 12 Pro juga bawakan sensor pemindai sidik jari di belakang, akselerometer, proksimitas, dan juga kompas. Namun cukup disayangkan, tidak tersedia gyroscope pada ponsel ini.

5. Baterai Super Awet dengan Fast Charging 18 W

infinix hot 12 pro baterai dan fast charging_

Rasanya sudah tidak zaman ponsel di kelas harga 2 jutaan untuk tawarkan baterai di bawah 5.000 mAh. Kecuali bagi smartphone berpanel AMOLED yang efisiensi dayanya lebih baik.

Infinix Hot 12 Pro untungnya sudah sediakan baterai badag 5.000 mAh. Sehingga, Anda bisa merasakan durasi penggunaan hingga seharian penuh pada satu siklus pengecasan.

Infinix Hot 12 Pro disinyalir sanggup menunjang aktivitas beragam kegiatan dengan sangat lama. Seperti pemutaran musik selama 79 jam, 41 jam durasi panggilan telepon, serta dapat dipakai main gim selama 12 jam. Malahan, ketahanannya dalam mode siaga mencapai 45 hari alias 1 bulan lebih.

Melalui video YouTube yang diunggah 91mobiles, Infinix Hot 12 pro terbukti punya ketahanan baterai yang baik saat memainkan PUBG Mobile. Kondisi pengujiannya adalah sebagai berikut: brightness nyaris maksimal, menggunakan mode 60 Hz, pada mode WiFi tanpa aktifkan mobile data.

Setelah dimainkan 30 menit, baterai hanya berkurang dari 100% menjadi 96%. Suhunya pun hanya meningkat sedikit: dari 35.5 menjadi 37.1 derajat celsius. Ini membuktikan bahwa besarnya baterai 5.000 mAh bukan hanya di atas kertas, namun benar-benar mampu sediakan durasi penggunaan panjang.

Apabila ponsel berhasil meraih kondisi baterai kosong, tersedia pula fitur fast charging 18 W yang dapat mempercepat proses pengisian daya. Dihimpun dari Tech Updates, ponsel dapat meraih baterai 12% dari 0% selama 15 menit.

Sedangkan untuk pengisian 30 menit, baterai meningkat menjadi 24%. Adapun ketika dicas selama 1 jam, tingkat baterai yang diraih mencapai 48%. Nah, jika ingin mengecas dari 0-100%, Infinix Hot 12 Pro membutuhkan waktu selama 2 jam 35 menit.

6. Penampilan Bodi yang Fresh dan Unik

infinix hot 12 pro desain_

Di saat masih banyak smartphone yang tampilkan modul kamera yang itu-itu saja, Infinix Hot 12 Pro tampil berani dan beda. Pulau kameranya tak lagi berwarna hitam namun sudah menyesuaikan dengan warna bodi keseluruhan.

Terdapat sebanyak dua lensa besar yang menghimpit satu lensa kecil. Di sampingnya, terlihat ada lampu LED Flash. Adapun tepat di sebelah camera island, terlihat adanya sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di belakang (rear-mounted fingerprint).

Keempat sudut bodi ponsel dibuat agak melengkung (rounded edge) alih-alih flat. Akan tetapi, untuk tingkatkan kenyamanan grip, bodi HP ini mengusung desain flat alias rata.

Varian warna HP ini tersedia dalam palet yang soft dan cerah untuk berikan kesan youth yang energetic. Warna-warna tersebut adalah Electric Blue, Lightsaber Green, dan Halo White. Bagi Anda yang lebih suka warna gelap, ponsel juga sediakan warna Racing Black dengan tampilan yang sama okenya.

7. Kamera dengan Resolusi Tinggi

infinix hot 12 pro kamera_

Bodi belakangnya memang tampilkan sebanyak tiga kamera. Namun sebenarnya, Infinix Hot 12 Pro hanya dilengkapi dengan Dual Camera. Konfigurasi tersebut mencakup satu lensa utama berkekuatan 50 MP dengan apertur f/1.6. Infinix menyebutkan bahwa kamera HP ini dapat hasilkan foto luar biasa pada kondisi minim cahaya.

Sementara untuk kamera keduanya, merupakan sensor QVGA atau bisa juga disebut lensa AI (Artificial Intelligence). Infinix tidak menyebut lebih lanjut mengenai peran persisnya lensa tersebut dalam hasilkan foto dan video. Bisa jadi, ia sekadar ada agar ponsel bisa miliki predikat Dual Camera alih-alih Single Camera.

Ia memilki fitur Super Slow Motion yang dapat merekam video pada frame rate 240 FPS. Tersedia juga fitur Fun Short Video yang dapat mengabadikan momen dalam bentuk video berdurasi pendek.

Untuk Anda yang suka selfie, disediakan juga sensor kamera depan 8 MP wide angle yang memiliki fitur LED Flash. Sementara untuk kemampuan perekaman video, resolusi yang didukungnya sungguh standar di kelasnya. Yakni, 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Kamera Infinix Hot 12 Pro, meski hanya ada satu yang benar-benar fungsional, namun masih dapat hasilkan foto berkualitas oke. Terlebih untuk kondisi siang hari atau dengan pencahayaan yang cukup. Berikut adalah beberapa sampel fotonya.

Meski bagus untuk pemotretan siang hari, namun Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan pada kondisi gelap gulita (pitch black) di malam hari. Sebagaimana ponsel 2 jutaan pada umumnya.

Akan tetapi, jika Anda berniat untuk sekadar hasilkan foto yang layak unggah ke medsos, atau menggunakan smartphone untuk lakukan video call, kamera Infinix Hot 12 Pro masih cukup jernih untuk itu semua.

8. Antarmuka XOS 10.6 yang Kaya Fitur

infinix hot 12 pro xos 10.6_

Salah satu antarmuka dengan fitur cukup beragam adalah XOS milik Infinix. Berbasiskan Android 12 berselimutkan XOS 10.6, Infinix Hot 12 Pro telah menyediakan fitur-fitur fungsional sehingga pengguna tak perlu lagi instal aplikasi pihak ketiga.

Sebagian orang yang tidak membutuhkannya memang akan menyebutnya sebagai bloatware. Namun menurut kami, besar kemungkinan Anda akan menggunakan fitur-fitur tersebut karena fungsinya yang cukup mendasar.

Misalnya saja Xvocal yang akan menyamarkan suara Anda ketika menggunakan mikrofon saat bermain gim online. Anda jadi bebas untuk berinteraksi di dunia maya sembari menjaga identitas Anda.

Selain itu, fitur keamanan pun cukup lengkap. Seperti XHide yang dapat menyembunyikan aplikasi media sosial dan perbankan, serta foto-foto personal agar tidak ada siapapun yang dapat mengaksesnya tanpa izin.

Ketika Anda sedang mengecas ponsel di lokasi yang cukup jauh, fitur Thief Alert akan akan membuat ponsel berbunyi ketika casan tercabut. Sedang nongkrong dengan teman yang usil? Bisa manfaatkan fitur Peek Proof yang akan sembunyikan sebagian isi layar agar teman di sebelah kesulitan membaca isinya.

Infinix Hot 12 Pro juga cocok digunakan anak-anak, lantaran ada fitur Kids Mode yang dapat membatasi durasi dan jenis aplikasi yang bisa dibuka saat digunakan oleh anak.

Sebagai intinya, XOS 10.6 merupakan salah satu antarmuka yang paling intuitive. Mampu hadirkan peningkatan pengalaman penggunanya.

Kekurangan Infinix Hot 12 Pro

Terlepas dari sederet daya tariknya, Infinix Hot 12 Pro tetap memiliki sejumlah kekurangan yang mesti jadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli. Yakni, sebagai berikut.

1. Resolusi Layar Masih HD+

infinix hot 12 pro featured image_

Layar Infinix Hot 12 Pro memang punya keistimewaan di harganya, karena sudah hadir dengan teknologi refresh rate tinggi. Akan tetapi, keberadaan resolusi layar HD+ alih-alih Full HD+ membuatnya tampak seperti HP 1 jutaan.

Ini karena HP 2 jutaa umumnya sudah hadirkan resolusi Full HD+ pada layarnya. Sehingga, tidak akan lagi terlihat gambar atau elemen visual yang "burik" alias choppy ketika dilihat dalam jarak dekat. Untungnya, layar ini hadir dengan tingkat kerapatan piksel 267 ppi yang cukup tinggi. Setidaknya, Anda masih dapat rasakan keterbacaan tulisan yang layak. Namun tetap saja, kami rasa HD+ akan menjadi deal-breaker bagi sebagian orang.

2. Tanpa Ultrawide

Begitu melihat Infinix Hot 12 Pro tampak memiliki dua lensa, kami buru-buru berharap ponsel ini hadirkan kamera ultrawide. Sayangnya tidak, Absennya fitur ultrawide akan menghambat pengguna dalam hasilkan karya foto pemandangan yang indah.

Hal ini juga berdampak buruk ketika berusaha mengambil foto grup, karena tidak dapat memuat banyak orang dalam satu frame. Padahal di kelas harganya, masih banyak alternatif yang hadirkan kamera ultrawide. Sebut saja Redmi 9T.

Simpulan

Apakah Infinix Hot 12 Pro termasuk dalam jajaran HP 2 jutaan terbaik? Kami rasa sih iya. Jarang-jarang di harganya sudah hadirkan RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB.

Selain itu, performa gimnya juga terbilang oke dan layak meski tidak dapat dikatakan sebagai yang terbaik. Layarnya pun termasuk bagus jika Anda sudah terbiasa gunakan laju 90 Hz dan tidak dapat kembali ke mode 60 Hz. Sayangnya, memang belum Full HD+.

Tampilan bodi yang sungguh oke dan menawan juga tidak akan membuat Anda terlihat seperti sedang gunakan HP murahan. Dan jika Anda hobi berfotografi, kamera di HP ini tawarkan detail yang cukup baik. Namun, jangan harapkan pemotretan malam hari yang super bagus. Karena HP 2 jutaan mana pun akan kesulitan untuk hal tersebut.

Infinix Hot 12 Pro sudah mulai dapat dipesan sejak Senin, 29 Agustus 2022 pada progam flash sale. Harganya dibanderol dengan sangat terjangkau yaitu Rp2.149.000. Tertarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram