carisinyal web banner retina

Ketahui 7 Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i

Tren game Android yang kian seru membuat banyak produsen menghadirkan smartphone – smartphone berspesifikasi gaming. Hal ini coba dilirik produsen asal Hongkong, Infinix Mobile dengan menghadirkan produk ponsel gaming dengan harga yang terjangkau melalui Infinix Hot. 

Nah, untuk 2022 ini, Infinix sudah merilis produk baru Infinix Hot 12. Ponsel Infinix ini bahkan sudah dibekali RAM 6 GB dan chipset kelas menengah yang handal untuk gaming.

Tidak hanya versi reguler saja, Infinix juga merilis Infinix Hot 12i. Memiliki embel-embel “I” di belakang namanya, ponsel Android terbaru ini merupakan versi murah dalam jajaran seri Hot 12. Walaupun mengusung spesifikasi yang lebih sederhana dibanding seri regulernya, Infinix mengklaim produk ini tetap nyaman dan lancar untuk bermain game. 

Nah, apa saja perbedaan realme Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i? Apakah Infinix Hot 12i mampu bersaing dengan ponsel gaming di kelas harga murah lainnya? Simak poin–poin dibawah ini.

Spesifikasi Infinix Hot 12

infinix hot 12
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (AI) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Hot 12i

Infinix Hot 12i
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 0.2 MP (AI) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.554.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i

Sama–sama mengusung konsep HP gaming murah, Infinix menghadirkan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan dalam kedua perangkat ini. Biar kamu tidak salah pilih, simak poin–poin perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i.

1. Desain Sedikit Berbeda Namun Tetap Mewah

Infinix Hot 12

Bagian desain menjadi perbedaan Infinix Note 12 dan Infinix Hot 12 yang cukup terlihat. Sekilas kedua HP infinix ini mirip dari sisi depan dan belakang. Namun kalau diperhatikan secara detail, kamu akan menemukan perbedaan yang mencolok. 

Infinix masih masih menghadirkan desain yang elegan dan khas ala gaming yang tidak murahan. Kedua ponsel hadir dengan bodi belakang yang halus dengan material plastik yang tidak mudah kotor.

Menengok bagian belakang Infinix Hot 12 dan Infinix Hot12i menggunakan modul kamera yang lebih minimalis dengan komposisi 2 buah kamera utama yang cukup besar dengan sebuah kamera tambahan di bawahnya. 

Terdapat juga LED flash dengan desain unik. Yang berbeda, pada Hot 12i terdapat sensor sidik jari di bagian tengah bodi belakang. Sedangkan sidik jari pada Hot 12 berada di samping menyatu dengan tombol power. 

Untuk kamera depan, Infinix Hot 12 menggunakan model punch a hole, sedangkan Hot 12i menggunakan model waterdrop.

Membahas dimensi, Infinix Hot 12 memiliki ukuran bodi 170,5 x 77,6 x 8,3 mm dengan berat 195 gram. Untuk Infinix Hot 12i memiliki ukuran 164,8 x 76,4 x 8,8 mm dengan berat 190 gram.

Dengan dimensi yang tidak jauh berbeda, kedua HP cukup nyaman digunakan untuk bermain game maupun harian. Namun, secara tampilan Hot 12 lebih elegan dan bersih karena menempatkan sensor sidik jari di bagian samping. 

2. Perbedaan di Bezel Layar

infinix hot 12i layar_

Untuk kamu pecinta film, tentu akan sangat menikmati menikmati kala menonton film di HP infinix terbaru ini. Pasalnya, kedua HP sudah menggunakan layar berukuran lebar meski berbeda sedikit. Infinix Hot 12 menggunakan layar panel IPS berukuran 6,82 inci. Sedangkan Infinix Hot 12i menggunakan layar yang lebih kecil yakni 6,6 inci. Layar ini sama-sama sudah menggunakan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. 

Untuk Hot 12, layar ini sudah dibekali fitur refresh rate 90 Hz yang membuat layar nyaman digunakan untuk bermain game maupun harian. Ini menjadi keunggulan HP ini karena masih jarang HP Android murah menggunakan refresh rate 90 Hz.

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i justru pada bagian bezel layar. Hot 12i dibekali bezel sekeliling layar yang cukup tipis dan rapi. Ini membuat layar tampak lebih lebar. Kamu pun dapat nyaman bermain game atau menonton film di HP tanpa terganggu pinggiran layar. Sayangnya, kedua layar HP gaming murah ini belum dilengkapi anti gores.

3. Mediatek Helio Beda Versi 

Helio-G85

Sejak pertama dirilis, Infinix Hot series memang dipersiapkan sebagai smartphone gaming murah. Hal ini juga berlaku pada varian Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i. Sayangnya, perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i dalam bagian mesin sangatlah jauh.  


Seperti yang tampak pada dapur pacu Infinix Hot 12. Ponsel ini menggunakan Mediatek Helio G85 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki konfigurasi octa - core terdiri dari 2 inti Cortex A75 (2,0 Ghz) dan 6 inti Cortex A55 (1,8 Ghz). Chipset ini juga dibekali kartu pengolah grafis Mali G52 MC2. Dengan spesifikasi ini, Chipset diklaim lebih hemat daya namun tetap cepat untuk multitasking.

Hal berbeda terlihat dalam Infinix Hot 12i. Meski mengusung tagline “Fast and Fun”, performa dari HP Android murah ini sangat jauh dari versi regulernya. Hal ini disebabkan karena Infinix hanya memasang chipset Mediatek Helio A22. 

Mediatek Helio A22 adalah chipset dengan performa terendah dalam jajaran chipset Mediatek. Chipset ini memiliki konfigurasi quad-core yang terdiri dari 4 buah prosesor Cortex A53 dengan kecepatan 2 Ghz. Untuk pengolah grafis terpasang GPU PowerVR GE8320.

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i tampak di bagian RAM dan memori penyimpanan. Seri Hot 12i hanya menggunakan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan seri Hot 12 menggunakan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Menariknya kedua HP ini sudah dibekali fitur RAM tambahan sehingga performa smartphone tetap lancar untuk multitasking.

4. Kamera

Infinix Hot 12

Sebagai smartphone gaming, Infinix seri Hot memang hanya dibekali kamera kualitas standar. Kedua HP Infinix ini sama-sama mengusung tiga kamera belakang dengan spesifikasi yang berbeda.

Dalam Infinix Hot 12, kamu akan mendapati 3 kamera belakang yakni kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8. Untuk kamera kedua ialah kamera depth 2 MP dengan bukaan f/2.4. Dan kamera ketiga merupakan kamera AI QVGA.

Sementara Infinix Hot 12i juga dibekali 3 kamera belakang dengan komposisi kamera utama 13 MP bukaan f/1.8. Untuk kamera kedua dan kamera ketiga merupakan kamera AI QVGA 0,2 MP. 

Untuk kamera depan, Infinix masih percaya diri menggunakan kamera 8 MP di kedua HP murah ini. 

5. Baterai Sedikit Mirip

infinix hot 12i baterai_

Infinix membekali kedua HP ini kapasitas baterai 5000 mAh. Kapasitas ini memang sudah umum digunakan di banyak smartphone saat ini karena dianggap masih memadai untuk penggunaan harian. 

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i terletak pada fitur fast charging. Dimana, Infinix Hot 12 sudah dibekali fitur fast charging 18 W. Sedangkan Hot 12i tidak memiliki fitur fast charging. Ini membuat Infinix Hot 12 lebih cepat dalam pengisian daya.

6. Konektivitas

wifi 5

Konektivitas kedua HP Infinix terbaru ini juga tidak berbeda jauh. Kedua HP kelas entry-level ini sama- sama sudah menggunakan jaringan 4G. Kedua HP juga sudah mendukung wifi dual-band sehingga ketika terhubung wifi dapat lebih stabil dan cepat. 

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i lainnya ada di bagian port. Dimana Infinix Hot 12 sudah menggunakan port USB Type C dan Hot 12i masih menggunakan port micro USB biasa. 

7. Harga di Kelas Entry-Level

Infinix Hot 12

Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i selanjutnya ialah harga. Kedua HP ini ada di kelas harga entry-level tetapi harganya sedikit berbeda. Infinix Hot 12 dipasarkan dengan harga Rp2.100.000 untuk RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Untuk infinix Hot 12i dipasarkan dengan harga Rp1.544.000 untuk RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Simpulan

Demikianlah perbedaan infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i yang bisa digunakan sebagai referensi untuk memilih HP baru. Sayangnya, kali Infinix dirasa masih setengah hati dalam menghadirkan spesifikasi. Sebut saja Infinix Hot 12i yang menggunakan chipset versi terendah sehingga performa gamingnya kurang terasa. 

Walaupun demikian untuk urusan baterai dan memori internal, HP infinix ini sudah cukup unggul dibanding ponsel Android murah lainnya. Untungnya, Infinix Hot 12 hadir dengan layar yang responsive, mesin gaming mumpuni dan fitur fast charging. Produk ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk HP gaming dengan harga murah. 

Mau memilih Infinix Hot 12 atau Hot 12i kembali ke kebutuhan dan dana yang kamu miliki. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram