Yuk Cari Tahun 7 Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12

Ditulis oleh Aris Wibowo

Di Juni 2022, Infinix Indonesia hadirkan Infinix Hot 12. Smartphone ini hadir dengan desain dan spesifikasi untuk meningkatkan pengalaman gaming pengguna khususnya anak muda masa kini. Tidak heran, dalam HP ini Infinix menghadirkan chipset Mediatek dan RAM besar guna memberikan performa yang lancar. 

Kehadirkan produk Hot 12 tentu membuat kamu yang hendak membeli produk ponsel Android terbaru bimbang. Pasalnya, di kelas yang sama, Infinix masih memiliki Infinix Hot 11, seri sebelumnya. 

HP Infinix  ini juga dibekali spesifikasi gaming yang ekonomis. Hal ini tampak dari terpasangnya chipset gaming entry-level, Mediatek Helio G70. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi baterai yang disinyalir dapat bertahan lebih lama di kelasnya.

Tentu akan menarik menyimak perbedaan Infinix Hot 11  dan Infinix Hot 12 sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli HP baru.

Spesifikasi Infinix Hot 11

Infinix Hot 11
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G70
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Hot 12

infinix hot 12
Layar TFT 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12

Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12 memang dipersiapkan untuk pengguna anak muda yang butuh HP gaming murah yang tahan lama dengan harga terjangkau. Apalagi, Infinix mengklaim bahwa seri Hot 12 membawa ubahan baru yang cukup dibutuhkan di zaman sekarang. Biar kamu tidak salah pilih, simak ulasan perbedaan dibawah ini.

1. Sisi Desain

Infinix Hot 11 dalam berbagai warna

Sisi desain memang masih menjadi nilai jual dari kedua produk HP Infinix ini. Infinix memang mencoba menghadirkan desain yang mewah pada kedua HP entry-level ini. Sayangnya, di bagian bodi belakang Infinix Hot 11 masih terdapat sensor sidik jari. Hal ini membuat bodi belakang tidak terlalu bersih. 

Berbeda dengan seri Hot 12 yang sudah menempatkan sensor sidik jari di samping, menyatu dengan tombol power. Bodi belakang Infinix Hot 12 tampak lebih elegan. Kedua ponsel hadir dengan bodi belakang yang halus dengan material plastik yang tidak mudah kotor. 

Pembeda desain bodi belakang Infinix Hot 11 terlihat di modul kamera yang berbentuk persegi panjang ramping yang berisi tiga buah kamera yang tersusun secara vertikal serta ada tambahan LED flash. Untuk kamera depan, kamera selfie berada di tengah atas layar model tetesan air.

Sedangkan, Infinix Hot 12 menghadirkan modul kamera yang lebih minimalis dengan komposisi 2 buah kamera utama yang cukup besar dengan sebuah kamera tambahan di bawahnya serta sebuah kamera lainnya. Terdapat juga LED flash dengan desain unik. Untuk kamera depan terpasang di bagian tengah atas layar model punch a hole.

Bicara dimensi, Infinix hot 11 memiliki ukuran bodi 164,7 x 76,2 x 8,9 mm dengan berat 201 gram. Untuk Infinix Hot 12 memiliki ukuran 170,5 x 77,6 x 8,3 mm dengan berat 195 gram. Untuk kenyamanan pengguna tentu saja Infinix Hot 12 lebih unggul. Ponsel entry-level ini tampil lebih tipis dan ringan. 

2. Tampilan

Layar Infinix Hot 11

Menengok bagian layar, Infinix Hot 11 sudah menggunakan layar panel IPS yang luas yakni 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Layar ini sudah dilengkapi refresh rate 60 Hz. Sama seperti seri Hot lainnya, produsen juga menghadirkan teknologi respons layar yang cepat sehingga HP terbaru Infinix ini nyaman digunakan oleh para gamer. Menariknya, layar HP ini menawarkan kecerahan layar mencapai 500 nit yang cukup tinggi di kelas ponsel Android murah.

Kemudian Infinix Hot 12 menggunakan layar panel IPS berukuran 6,82 inci. Layar ini sudah menggunakan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. Layar ini sudah dibekali fitur refresh rate 90 Hz. Ini membuat layar ini nyaman digunakan untuk bermain game maupun harian. Ini menjadi keunggulan HP ini karena masih jarang HP Android murah menggunakan refresh rate 90 Hz.

Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12 di bagian layar memang menarik. Pasalnya, layar kedua HP ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Dapur Pacu

Helio-G85

Infinix Hot memang dipersiapkan cukup serius oleh Infinix agar bisa bersaing di pasar ponsel Android murah saat ini. Maka tidak heran, kedua HP ini menggunakan chipset untuk gaming meski berbeda kelas.

Membedah dapur pacu Infinix Hot 11, kamu akan menemukan SOC Mediatek Helio G70. Ini merupakan SOC entry-level yang memiliki konfigurasi octa–core yakni 2 unit Cortex A75 (2 Ghz) dan 6  inti Cortex A55 (1,7 Ghz). Untuk menunjang performa gaming yang lancar, terpasang juga GPU Mali G52. 

Kemudian melihat dapur pacu Infinix Hot 12, Ponsel ini menggunakan SOC Mediatek Helio G85 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 2 inti Cortex A75 (2,0 Ghz) dan 6 inti Cortex A55 (1,8 Ghz). Chipset ini juga dibekali kartu pengolah grafis Mali G52 MC2. Chipset tersebut diklaim lebih hemat daya namun tetap cepat untuk multitasking.

Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12 tampak di bagian RAM dan memori penyimpanan. Seri Hot 11 menggunakan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan seri Hot 12 menggunakan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

4. Kamera

Infinix Hot 12

Beralih ke bagian kamera, tidak ada yang special di bagian ini. Mengingat ini merupakan HP gaming murah. Walaupun demikian, sektor kamera kedua HP sudah cukup untuk foto atau video ala media sosial.

Dalam Infinix Hot 11, kamu akan menemukan kualitas kamera yang ala kadarnya dengan 3 buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dengan bukaan  f/1.8 dengan fitur PDAF, untuk kamera kedua ada kamera depth QVGA, dan ketiga ada sebuah kamera yang kabarnya tidak memiliki fungsi. Menariknya, terdapat Quad LED flash yang bisa dipergunakan untuk memotret saat minim cahaya.

Membandingkan dengan kamera seri Hot 12, kamu akan mendapati 3 kamera belakang yang lebih update dari seri Hot sebelumnya yakni dengan kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8. Untuk kamera kedua ialah kamera depth 2 MP dengan bukaan f/2.4. Dan kamera ketiga merupakan kamera AI QVGA 0,2 MP.

Untuk kamera selfie, kedua HP Infinix ini masih menggunakan kamera depan yang sama yakni 8 MP bukaan f/2.0.

5. Baterai

Infinix Hot 11 baterai

Infinix memahami bahwa pengguna gadget saat ini semakin butuh smartphone yang awet digunakan. Pasalnya, semakin sering HP diisi daya, semakin terganggu pula kegiatan seseorang. Pasalnya, saat ini HP memang sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Maka dalam seri Hot, Infinix menghadirkan sektor baterai yang memadai.

Infinix Hot 11 dibekali baterai berkapasitas 5.200 mAh. Sayangnya seri ini tidak dilengkapi fitur fast charging. 

Berbeda dengan Infinix Hot 12 yang memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Untuk memudahkan pengguna, Infinix sudah membenamkan fitur fast charging 18 W. Meski tidak terlalu besar, fast charging ini cukup berpengaruh dalam mempercepat pengisian baterai.

6. Konektivitas

Infinix Hot 12

Konektivitas kedua HP Infinix ini juga tidak berbeda jauh. Kedua HP Android terbaru ini sama- sama sudah menggunakan jaringan 4G belum 5G. Untuk Bluetooth, Infinix Hot 11 dan Hot 12 dilengkapi Bluetooth 5.0. Kedua HP Android 4G ini juga belum dilengkapi fitur NFC. Namun, kedua Infinix Hot series ini sudah dibekali fitur USB Type C.

Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12 ada di bagian wifi. Infinix Hot 11 hanya mendukung single-band wifi, sedangkan Hot 12 sudah dual-band. 

7. Harga

Infinix Hot 12

Dipasarkan sebagai ponsel Android murah, perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12 selanjutnya ialah harga. Saat pertama rilis, Infinix Hot 11 dipasarkan dengan harga Rp1.849.000 RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan Infinix Hot 12 dipasarkan dengan harga Rp2.100.000 untuk RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Simpulan

Infinix cukup serius menghadirkan Infinix Hot 12. Hal ini tampak dari banyaknya ubahan yang dihadirkan dibanding seri sebelumnya, Infinix Hot 11. Perbedaan yang jelas tampak pada bagian dapur pacu dimana, Infinix menggunakan chipset yang lebih bertenaga serta RAM yang lebih besar. Tak lupa, terdapat fitur fast charging yang membantu pengisian baterai yang lebih cepat.

Walaupun produk lama, Infinix Hot 11 juga masih memiliki kelebihan. Kelebihan yang paling terasa tentu layarnya yang sudah Full HD+. Layar ini tentu dapat menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas dan detail. Untuk performa, HP Android 4G ini masih mumpuni untuk gaming ringan dan kegiatan harian lainnya.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram