carisinyal web banner retina

6 Perbedaan Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play

Ditulis oleh Aris Wibowo

Beberapa tahun ini produsen Infinix mencoba hal yang berbeda dengan menghadirkan smartphone gaming dengan harga yang terjangkau melalui produk Infinix Hot. Nah, di 2022 ini, Infinix telah merilis produk terbaru Infinix Hot 12 Series. Salah satu varian ponsel yang dirilis adalah Infinix Hot 12 Play.

Bila dibandingkan dengan Infinix Hot 11 Play tentu model terbaru Infinix Hot ini telah mengalami peningkatan. Namun, Infinix masih menggunakan baterai dan layar yang sama.

Infinix Hot 11 Play dibekali chipset entry-level, Helio G35, yang cukup baik untuk bermain game. Bahkan kemampuan ponsel ini dapat memainkan PUBG Mobile terlepas dari frame rate-nya yang dibawah rata-rata.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan empat model Infinix Hot terbaru ini, kamu bisa baca dulu spesifikasinya berikut ini! Atau kamu bisa memahami kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12 pada artikel kali ini.

Spesifikasi Infinix Hot 11 Play

infinix hot 11 play (1)_
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Hot 12 Play

infinix hot 12 play
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play

Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play memang dipersiapkan untuk anak muda yang butuh HP gaming murah dengan baterai awet dan harga terjangkau.

Kalau kamu masih penasaran dengan kemampuan kedua HP Infinix ini, tenang, Carisinyal akan mengupas  perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain Modul Kamera Belakang dan Posisi Kamera Depan

infinix hot 12 play

Infinix kembali menghadirkan desain yang lebih segar, tetapi tetap khas. Dalam Infinix Hot 11 Play, terdapat desain bernama 3D Motion-Rhytm Design yang menampilkan corak garis-garis reflektif dan desain yang simetris. Desainya cukup estetik sebagai sebuah ponsel Android murah. 

Sementara Infinix Hot 12 Play, desainnya cukup elegan dan khas ala gaming yang tidak murahan. Ponsel 4G ini hadir dengan bodi belakang yang halus dengan material plastik yang tidak mudah kotor. 

Menengok ke bagian bodi belakang, kamu akan menemukan modul kamera model terbaru yang berbeda dengan modul kamera seri Hot 11. Modul kamera si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal. Dalam modul ini terisi tiga buah kamera berukuran sama besar dan LED Flash.

Sementara dalam modul kamera Hot 12 Play yang minimalis ini terdapat 2 buah kamera berukuran besar dan dua buah kamera tambahan dibagian bawahnya. Sayangnya, hanya 1 saja kamera kecil ini yang berfungsi. Terdapat juga quad LED Flash dengan desain unik untuk membantu pencahayaan kamera saat di kondisi minim cahaya.

infinix hot 11 fingerprint

Yang menjadi perbedaan lagi antara kedua HP Infinix murah ini ialah desain kamera depan. Infinix Hot 12 Play sudah menggunakan model kamera punch hole. Sedangkan Infinix Hot 11 Play masih menggunakan model kamera waterdrop

Penempatan sensor sidik jari di HP Android murah ini juga sama. Pada kedua HP Infinix Hot, pemindai sidik jarinya terletak di tengah bodi bagian belakang. Penempatan fitur sidik jari ini memang sedikit merepotkan kamu karena bodi HP ini cukup besar dan letak pemindai yang agak masuk ke dalam. 

Untuk dimensi, Infinix Hot 12 Play memiliki ukuran bodi yang lumayan besar yakni 170,5 x 77,6 x 8,3 mm dengan bobot 195 gram. Sedangkan Infinix Hot 11 Play memiliki dimensi yang lebih besar yakni 171,8 x 78 x 8,9 mm. Tentu untuk penggunaan harian Hot 12 Play memiliki dimensi yang nyaman di tangan karena lebih tipis.

2. Chipset MediaTek Helio G35 vs Helio P35

oppo a16k

Infinix terkenal sebagai produsen yang paling sering menggunakan chipset atau SoC buatan Mediatek. Apalagi dalam Infinix Hot yang merupakan smartphone gaming murah, SoC Mediatek ini dianggap memiliki performa yang bagus dikelasnya dan lebih hemat daya.

Perbedaan Infinix Hot 11 play dan Infinix Hot 12 Play tampak jelas di bagian chipset. Kedua HP menggunakan chipset Mediatek yang berbeda. Penggunaan chipset yang berbeda ini dimaksudkan agar kedua HP memberikan performa dapur pacu sesuai kebutuhan penggunanya. 

Membedah dapur pacu Infinix Hot 11 Play, ponsel Android 4G ini menggunakan SoC Helio G35. Ini merupakan konfigurasi prosesor octa-core yang terdiri dari empat core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 Ghz dan empat core Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 Ghz. 

Dalam SoC ini terpasang juga GPU PowerVR GE8320. Untuk menunjang pengalaman pembukaan banyak aplikasi sekaligus, smartphone ini dilengkapi RAM berkapasitas 4GB dengan memori internal 64 GB atau 128 GB.

Dengan dapur pacu tersebut, Infinix Hot 11 Play masih bisa digunakan bermain game grafis tinggi. Menurut akun Youtube YT Exotic, HP ini hanya meraih frame rate 25 fps saja pada pengaturan Balance-Medium atau Smooth-Medium dalam game PUBG Mobile.

Untuk Infinix Hot 12 Play menggunakan chipset Mediatek Helio P35. Chipset ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah empat core berbasis Cortex A53 (2,35 GHz) dan empat core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz). 

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU IMG PowerVR GE8320,  teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI terbaru hingga modul 4G terbaru untuk SIM 4G ganda. 

Pada dapur pacu infinix Hot 12 Play, Mediatek P35 ini didukung RAM 4 GB dan memori internal 128 GB berjenis UFS 3.1. Menariknya, Infinix menghadirkan fitur RAM tambahan 3 GB sehingga total RAM 7 GB. 

Lantas manakah yang memiliki performa terbaik? Bila merujuk pada hasil AnTuTu, Infinix Hot 11 mencetak skor 110.000 dan Infinix Hot 12 Play skor 128.696. Dari Angka tersebut, jelas Infinix Hot 12 Play memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan model lainnya.

3. Sistem Kamera

infinix hot 12 play

Sebagai sebuah smartphone gaming, Infinix memang tidak menghadirkan sistem kamera yang mewah pada produk Hot series. Walaupun demikian, Infinix menghadirkan teknologi AI terbaru dan teknologi image algorithm terbaru yang membuat kamera HP ini bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

Untuk komposisi kamera pun, antara Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play tidaklah jauh berbeda.

Untuk kamera utama Infinix Hot 12 Play, Infinix memasang sensor 13 MP dengan bukaan f/1.8, dilengkapi autofokus. Lalu kamera depth-nya memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4, ada juga kamera kecil berukuran 0,3 MP yang diklaim sebagai kamera AI.

Menengok Infinix Hot 11 Play, ponsel gaming murah ini dibekali 3 kamera belakang dengan komposisi yang berbeda. Infinix masih menghadirkan kamera utama 13 MP dengan bukaan f/1.8. Sedangkan untuk kamera kedua hanya kamera AI QVGA.

Terakhir mengenai kamera selfie, keempatnya menghadirkan kamera resolusi 8 MP (f/2.0) dan memiliki dual LED di Hot 12 Play. Sedangkan Hot 11 Play hanya satu LED Flash di kamera depan.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps. Kamu tidak bisa berharap banyak mengingat ponsel ini fokus di sektor gaming bukan videografi maupun fotografi.

Jika dilihat secara rinci, kamera Infinix Hot 12 Play memiliki kualitas yang lebih baik karena menggunakan kamera yang lebih dan chipset yang mendukung Kamera AI yang natural. 

4. Colokan dan Dukungan Fast Charging

infinix hot 12 play

Infinix terkenal sebagai produsen yang royal menghadirkan baterai berkapasitas besar yang awet digunakan bermain game dalam waktu lama. Untuk Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play ternyata memiliki perbedaan dalam sistem pengisian cepat.

Untuk kapasitas baterai masih sama, Infinix Hot 11 Play dan Hot 12 Play keduanya sudah mantap dibekali baterai berkapasitas 6000 mAh. 

Guna mendukung pengisian daya baterai, Infinix juga sudah menghadirkan fitur fast charging. Infinix Hot 12 Play sudah mendukung fast charging 18W lewat port USB C. Sayangnya Hot 11 Play tidak dibekali fitur fast charging dan masih memakai port microUSB.

Infinix Hot 11 Play hanya dibekali fitur penghemat daya Power Marathon Tech dimana fitur ini akan memberdayakan sisa baterai cadangan sebesar 25%. Fitur ini akan mengaktifkan ultra power mode saat baterai tinggal 5%. Ponsel pun mendapat durasi pemakaian ekstra selama 37 jam.

5. Sistem Operasi

XOS 10 infinix

Untuk kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua model Infinix Hot series, sebaiknya kamu memperhatikan detail sistem operasinya. Meski sepele, sistem operasi dalam ponsel sangat mempengaruhi kinerja aplikasi dan ponsel.

Dalam ponsel Infinix Hot 11 Play, ponsel ini menggunakan sistem XOS 7.6 dengan basis Android 11. Sementara Infinix Hot 12 Play menggunakan sistem yang lebih baru yakni XOS 10 dengan basis Android 12. Tentu XOS 12 menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih kekinian.

6. Harga Saat Perilisan

infinix hot 12 play

Untuk kamu yang mengidamkan infinix Hot 11 Play, kamu harus menyiapkan dana Rp1.600.000 untuk RAM 4 GB dan memori 64 GB. Untuk kamu yang mengincar Infinix Hot 12 Play RAM 4 dan memori 128 GB, siapkan dana Rp1.800.000.

Simpulan

Demikian informasi mengenai perbedaan Infinix Hot 11 Play dan Infinix Hot 12 Play. Kedua ponsel ternyata masih memiliki persamaan dan perbedaan yang cukup menarik.

Sebagai HP Android murah, Infinix Hot 11 Play hadir dengan desain layar yang cukup lebar ditemani dapur pacu Chipset G35. Untuk bermain game, memang performanya tidak terlalu buruk.

Sementara produk terbaru, Infinix Hot 12 Play dibekali chipset yang lebih bertenaga dan memori internal yang lumayan besar di kelasnya. HP ini juga memiliki kamera yang cukup baik untuk kelas HP entry-level. 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram