carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20 Play, Pas Buat Gaming

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada Oktober 2022, Infinix kembali memperkenalkan varian HP gaming baru, yakni Infinix Hot 20 Play. Melengkapi seri Hot 20 yang dirilis sebelumnya, ponsel ini menyasar segmen pengguna yang butuh HP gaming dengan harga murah namun spesifikasi tetap melimpah.

Meski dipasarkan di kelas entry-level, HP Infinix seri Hot ini sudah dilengkapi sejumlah keunggulan. Salah satu keunggulan HP ini ialah layarnya yang lebar. Lalu, apa saja beberapa catatan lain yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Simak tabel berikut ini, ya.

KelebihanKekurangan
Desain lebih segar
Layar IPS 90Hz
Sensor keamanan lengkap
Baterai 6000 mAh yang awet
Konektivitas lengkap
Sisi minus desain
Chipset hemat daya
Tanpa kamera makro dan kamera ultra-wide
Banyak bloatware
Tidak ada NFC

Pembahasan selengkapnya terkait HP ini akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 20 Play, setelah informasi spesifikasi ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20 Play

Infinix Hot 20 Play
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G37
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Hot 20 Play

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada HP seri Infinix Hot terbaru ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Desain Lebih Segar

infinix hot 20 play 2_

Desain Infinix Hot 20 Play kini dibuat lebih segar dibanding seri Hot yang lain. Hal ini nampak dari sisi bodi belakang yang kini tampak lebih mewah dengan bodi berwarna matte dan modul kamera berwarna glossy

Kalau terkena cahaya, bagian bodi belakang ini akan memancarkan kilauan yang cukup menarik mata. Lebih detail lagi, bodi belakang ini ternyata memiliki tekstur garis-garis. Tekstur ini dihadirkan agar HP lebih kuat digenggam kala bermain game.

Sayangnya, dibagian tengah bodi masih ada sensor sidik jari. Penempatan sensor ini sebagai tanda bahwa ponsel ini memang dipasarkan untuk kelas entry-level.

Lebih lanjut, desain modul kamera si ponsel yang berbentuk persegi panjang vertikal kini terletak lebih ke pojok dan tampak lebih elegan dan lebih besar. Dalam modul ini terdapat kamera utama serta kamera AI dan Quad LED. 

Sedikit membahas area depan, HP ini sudah menggunakan layar yang mengusung desain kamera punch hole. Layarnya hadir dengan bezel yang tipis di semua sisi. Ini membuat kesan layar lebih luas dan mewah.

Bodi HP ini juga sangat nyaman digenggam meski memiliki dimensi besar 171 x 78 x 8,9 mm dengan berat 209,6 gram. Dibanding Infinix seri Hot 20 lain, seperti Hot 20 5G dan Hot 20s, HP ini lebih besar dan lebih berat. Walaupun demikian, hal ini tidak akan mengganggu kenyamanan Anda dalam bermain di posisi HP mode landscape.

2. Layar IPS 90Hz

Infinix HoT 20 Play_

Sebagai sebuah HP gaming, Infinix merasa perlu untuk memakai layar berukuran lebih lebar, yakni 6,82 inci pada seri Hot 20 play ini. Pemilihan ukuran ini sangat mendukung untuk hiburan karena mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas. 

Selain itu, layar yang luas membuat pergerakan jari jemari Anda kala bermain juga lebih nyaman. Anda tidak akan kesulitan menemukan tombol-tombol yang dibutuhkan kala bermain game.

Untuk spesifikasi lainnya, produsen menyadari bahwa ponsel ini untuk kelas entry-level. Karena itulah mereka menggunakan resolusi HD+ untuk layarnya. Tentu, resolusi layar ini sudah cukup memberikan pengalaman visual yang lebih baik. Pas untuk nonton video, browsing, dan bermain game

Selanjutnya, layar HP ini juga sudah dibekali fitur Full Screen Sunlight Display dan Reading Mode terbaru. Fitur ini membuat layar akan tetap mudah dilihat meski di bawah sinar matahari sekali pun. Meskipun kecerahan layarnya mentok hingga 500 nits, layar ini tetap nyaman dipakai di dalam maupun luar ruangan.

Sebagai HP gaming murah, Infinix Hot 20 Play sudah menggunakan refresh rate tinggi 90 Hz, serta touch sampling 120 Hz. Selain itu, ada ultra touch mode yang membuat layar kian nyaman dipakai. Tak hanya itu, layarnya pun kian responsive saat digunakan bermain game.

Tidak lupa, layar ponsel ini masih disokong sejumlah teknologi seperti menampilkan warna 10 bit dengan 100% DCI-P3.

3. Sensor Keamanan Lengkap

infinix hot 20 play 1_

Tidak jauh berbeda dengan seri Infinix Hot sebelumnya, Infinix Hot 20 play juga sudah dibekali sistem keamanan yang lengkap. Meski produk HP gaming murah, Infinix Hot 20 Play sudah dibekali fingerprint scanner dan face recognition.

Untuk peletakan sensor sidik jari di HP ini masih berada di tengah bodi belakang. Penempatan sensor ini dirasa wajar, mengingat HP ini memang diperuntukkan di kelas entry-level.

Walaupun demikian, sensor ini dapat membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Sensor ini nyatanya lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

Selain itu, Infinix juga menghadirkan fitur pengenal wajah di kamera depan. Nantinya, Anda cukup mengarahkan wajah Anda ke kamera depan untuk menyalakan layar HP. 

4. Baterai 6000 mAh yang Awet

Infinix Hot 20 Play baterai_

Infinix mencoba menghadirkan sebuah HP gaming murah yang tahan lama digunakan. Maka dari itu, produsen ini mengkombinasikan chipset yang tidak boros dan kapasitas baterai yang besar, ditambah layar IPS yang hemat.

Membedah lebih dalam, ternyata Infinix Hot 20 Play dibekali dengan baterai  kapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut sedikit lebih besar untuk standar ponsel masa kini, yakni 5000 mAh. 

Adapun untuk mengisi daya cepat, Infinix Hot 20 Play dilengkapi dengan teknologi pengisian 18W. Dengan charger bawaan itu, HP Android 4G ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 2 jam dari 0–100%.

Agar lebih tahan lama digunakan main game, Infinix menyematkan teknologi penghemat baterai bernama Power Marathon. Fitur ini akan mengaktifkan mode ultra power saat baterai HP tersisa 5% saja. Dengan menyalanya mode ini, Anda akan mendapatkan tambahan baterai yang dapat digunakan hingga 15 jam.

5. Konektivitas Lengkap

Infinix HoT 20 Play layar_

Infinix tampak serius untuk menghadirkan HP gaming murah berkualitas. Maka dari itu, HP Android ini dibekali konektivitas lengkap guna mendukung bermain game secara online dengan mulus.

Infinix Hot 20 Play mendukung konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFi dual-band, dan Bluetooth 5.0. Dengan modul 4G yang terdapat di SoC MediaTek, konektivitas 4G di HP ini cukup cepat dan akurat.

Bila itu belum cukup, Infinix juga sudah menghadirkan fitur giroskop. Meski ini bukanlah hardware, sensor giro yang dihadirkan cukup membantu kala bermain game

Kekurangan Infinix Hot 20 Play

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP Infinix Hot 20 Play ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung bagaimana pandangan Anda dalam melihat HP ini.

1. Chipset Hemat Daya, Tidak Ada Cortex A7x

Infinix HoT 20 Play chi[pset_

Infinix memakai chipset MediaTek Helio G37 di Infinix Hot 20 Play.

Ini merupakan chipset buatan MediaTek yang hadir dengan performa yang cukup oke. Performanya memang tidak terlalu kencang Akan tetapi, ia membantu menghemat daya baterai. Chipset ini masih sama dengan chipset murah lainnya menggunakan fabrikasi 12nm.

Dalam chipset ini tersemat prosesor octa-core. Prosesornya terdiri dari 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz untuk performa dan 4 core Cortex A53 dengan kecepatan 1,8 GHz untuk hemat daya. Tidak ada core Cortex A7x yang biasanya jadi otak untuk performa kencang.

SoC ini memakai GPU PowerVR GE8320 disokong fitur HyperEngine 2.0 Lite untuk pengolah grafis.

Lebih lanjut lagi, Infinix menghadirkan RAM besar di seri Hot 20 Play, yakni 4 GB. Agar performa ponsel Infinix ini tidak lemot, Infinix menambahkan fitur extended RAM

Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB, 2 GB atau 3 GB. RAM virtual ini diambil dari memori internal HP. Dengan fitur ini, RAM HP ini menjadi lebih besar dan memberikan performa yang lebih kencang.   

Saatnya membahas performa. Menurut laman resmi Infinix, HP Infinix Hot 20 Play mencetak skor AnTuTu 118.264. Dari data tersebut, tampak performa Infinix Hot 20 Play memang kencang untuk HP gaming kelas bawah. 

Ketika digunakan bermain game Mobile Legends, HP ini cukup lancar dan tanpa kendala. Sayangnya, untuk pengaturan grafis tinggi masih terkunci.

Di sektor memori penyimpanan, Infinix menyediakan pilihan memori 64 GB atau 128 GB. Bila itu belum cukup, Anda bisa menambahkan kartu memori.

2. Sisi Minus Desain

Infinix Hot 20 Play_

Ponsel dengan layar di atas 6 inci umumnya punya bobot yang cukup berat. Hal ini tampak pada Infinix varian Hot 20 Play yang beratnya hingga 200 gram lebih. 

Tak hanya berat, ponsel Android terbaru ini juga memiliki dimensi yang cukup besar. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda ketika hendak membawa atau menyimpan HP ini dalam setiap kegiatan.

Selain bobot dan dimensi, hal yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah desain kamera modulnya. Infinix sudah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. Hanya saja, modul kamera ini sedikit menonjol. 

Hal ini tentu membuat bagian kaca kamera mudah tergores bahkan pecah seperti di beberapa kasus HP Infinix sebelumnya. Selain itu, bodi belakang HP ini juga mudah kotor.

3. Tanpa Kamera Makro dan Kamera Ultra-wide

Infinix HoT 20 Play camera_

Sebagai HP murah, Infinix memang tidak menghadirkan sektor kamera yang berkualitas di seri ini. Ponsel entry-level ini hanya memakai dua kamera belakang dan sebuah kamera depan, dengan penggunaan teknologi Ultra Night Camera di kamera utamanya.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang resolusi 13 MP dengan ukuran sensor 1/3,1 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.8, dilengkapi autofocus dan Quad LED Flash.

Lalu, kamera kedua memiliki resolusi 0,3 MP memiliki fungsi sebagai kamera AI. Untuk kamera depan, hanya ada kamera 8 MP dengan single LED Flash. 

Kamera Infinix Hot 20 play ini memang terbilang minimalis hanya ada kamera utama dan kamera AI. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultra-wide atau kamera makro.

Terlepas dari jumlah kamera belakang yang sedikit dan minimnya fitur serta mode dalam aplikasi kamera bawaan, rupanya hasil kamera Infinix ini cukup memuaskan dan tidak terlalu jelek, masih bisa di-posting di media sosial Anda.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.  

Ada sejumlah fitur yang disematkan pada aplikasi kamera Infinix Hot 20 Play. Mulai dari short video, AI Cam, Beauty, Portrait, AR Shot, Panorama, Slow-motion hingga Time Lapse. Sekilas, fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Namun, kalau Anda jeli, ternyata tidak ada mode malam, mode profesional dan mode makro pada HP gaming ini.

Ya, sebagai sebuah HP gaming, tentu ketiga mode yang hilang tersebut tidaklah berpengaruh. Namun tentu, bila Infinix menambahkan mode tersebut semakin membuat sektor kamera HP entry-level ini lebih menarik.

4. Banyak Bloatware

infinix hot 12 pro xos 10.6_

Infinix Hot 20 Play dibekali sistem operasi Android 12 dengan balutan software antarmuka XOS 10.6. Ada banyak fitur menarik yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa. Beberapa di antaranya adalah fitur Extended RAM hingga fitur Chromebook Connection.

Sayangnya, pengalaman mengoperasikan ponsel dengan software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi atau iklan yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut. 

Tidak hanya itu, ketidakjelasan akan update sistem Android juga menjadi kekurangan HP ini. Padahal beberapa produk HP lain sudah memberikan garansi akan mendapat update sistem hingga 2 tahun ke depan.

5. Tidak Ada NFC 

Infinix HOT 20 Play RAM_

Di era digital saat ini, banyak smartphone sudah dibekali fitur NFC atau Near Field Communication. Infinix sebenarnya biasa menghadirkan fitur NFC di beberapa produk khususnya seri Note, dan beberapa di seri Hot. Sayangnya, Anda tidak bisa menemukan fitur ini di Infinix Hot 20 Play.

Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya. Alhasil, tidak adanya fitur NFC menjadi salah satu kekurangan Infinix Hot 12 play ini. 

Simpulan

Seperti yang sudah-sudah, Infinix selalu menghadirkan banyak varian dalam produknya. Seperti Infinix varian Hot 20 Play yang dihadirkan sebagai varian terendah untuk menemani Infinix Hot 20 5G dan Infinix Hot 20s.

Sebagai HP murah, Infinix menghadirkan desain yang lebih segar dan kokoh agar kian menarik untuk dibawa beraktivitas. Guna memberikan pengalaman main game yang seru, HP ini juga sudah menggunakan layar yang lebar.

Sayangnya, dapur pacunya tergolong biasa, karena diotaki dengan chipset MediaTek Helio G37 dan RAM 4 GB. Produsen juga sudah menambahkan sistem pendingin baru dan baterai jumbo agar HP ini dapat lebih lama digunakan tanpa kendala.

Sayangnya, HP ini hanya dibekali konektivitas 4G. Selain itu, sektor kamera yang dihadirkan juga tidaklah mengesankan. Tampak sekali, HP infinix ini hadir dengan fokus untuk bermain game. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram