carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 11 Play

Infinix merupakan vendor smartphone asal Transsion Holdings yang berbasis di Hong Kong, salah satu pemain utama di kelas harga entry level. Hal ini otomatis menjadikannya pesaing bagi Xiaomi dan juga realme.

Dari tahun ke tahun, Infinix semakin sering mengeluarkan produk-produk terbarunya demi memberikan solusi komunikasi dan teknologi yang meluas pada masyarakat. Salah satu serinya yang paling diminati konsumen adalah Infinix Hot. Nah, pada akhir tahun 2021, lahirlah Inifnix Hot 11 Play.

Penamaan "Play" di sini mengartikan bahwa ia adalah varian yang lebih sederhana dibandingkan Infinix Hot 11 biasa. Mengingat banyaknya minat pada Infinix Hot 11 Play, Carisinyal pun memutuskan untuk membeberkan poin-poin kelebihan dan kekurangannya.

Sedikit bocoran, salah satu kelebihannya terletak pada ukuran layarnya yang segede gaban. Mau tahu lagi informasi selengkapnya? Langsung simak saja spesifikasi dan poin-poin kelebihan serta kekurangan di bawah ini.

Spesifikasi Infinix Hot 11 Play

infinix hot 11 play (1)_
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.619.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Hot 11 Play

Sebagai salah satu HP termurah dan terbaik, Infinix Hot 11 Play memiliki kualitas yang dijamin akan membuat Anda melongo. Apa saja? Berikut adalah poin-poin kelebihannya.

1. Baterai Berkapasitas 6.000 mAh

infinix hot 11 play baterai_

Tampaknya, Infinix kembali memutuskan untuk memberikan treatment yang sama terhadap varian Play dari seri Hot 11 ini. Karena seperti Infinix Hot 10 Play yang jadi pendahulunya, Infinix Hot 11 Play pun lagi-lagi mengemas baterai berkapasitas jumbo. Tidak tanggung-tanggung, kapasitasnya sebesar 6.000 mAh!

Menilik dari laman spesifikasi resmi, HP murah meriah tersebut mampu menunjang aktivitas talk time hingga 53 jam. Selain itu, perangkat Infinix tersebut juga bisa bertahan selama 55 hari dalam mode siaga.

Secara pemakaian umum, Infinix Hot 11 Play diniscayakan mampu bertahan hingga seharian hingga besoknya lagi, pada satu kali siklus pengisian daya. Dengan kata lain, Infinix Hot 11 Play adalah ponsel yang cocok digunakan orang dengan mobilitas tinggi seperti driver ojek online ataupun mereka yang senang bermain game seharian penuh.

Omong-omong bermain game, HP ini juga terbukti punya durasi panjang saat memainkan PUBG Mobile. Seorang YouTuber bernama PhoneBar memainkan game PUBG Mobile menggunakan ponsel tersebut selama 15 menit. Sebelum dimainkan, ponsel berada pada kondisi baterai 74%.

Setelah selesai dimainkan, rupanya baterai Infinix Hot 11 Play yang digunakan hanya berkurang 3% saja, alias masih menyisakan baterai sebesar 71%. Ini sungguh sebuah kinerja baterai yang mengagumkan, kini Anda tidak perlu lagi takut habis baterai saat hendak push rank seharian penuh di tempat tongkrongan.

Infinix Hot 11 Play juga memanfaatkan sebuah fitur penghematan daya yang bernama Power Marathon Tech. Fitur ini akan memberdayakan sisa baterai cadangan sebanyak 25% dengan cara mengaktifkan Ultra Power Mode di kala sisa baterai tinggal 5% lagi. Berkat fitur canggih ini, ponsel mendapatkan durasi pemakaian ekstra selama 37 jam.

2. Hadir dengan Fingerprint Scanner di Belakang dan Face Unlock

infinix hot 11 play sidik jari sensor

Keberadaan fitur pemindai sidik jari dan Face Unlock sudah menjadi hal lumrah di industri smartphone. Mulai dari HP flagship yang tawarkan sensor di dalam layar, ataupun ponsel entry-level yang menampilkan sensor tersebut di belakang bodi.

Untuk HP 2 jutaan sih, cukup wajar HP memiliki sensor sidik jari. Namun, perlu diakui bahwa mayoritas produsen smartphone masih enggan memberikan sensor berguna ini di HP 1 jutaan, contohnya saja seperti Samsung Galaxy A03 Core.

Maka dari itu, berbahagialah Anda yang berniat meminang Infinix Hot 11 Play karena ia sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di bagian belakangnya. Sensor ini tentu berguna untuk membuka kunci layar ataupun saat mengakses aplikasi fintech seperti OVO.

Kini tanpa perlu repot menginputkan nomor sandi ataupun pola, perangkat pun bisa langsung digunakan. Selain itu, Infinix Hot 11 Play juga telah dibekali fitur Face Unlock melalui kamera depannya.

Infinix Hot 11 Play hadir sebagai penambah pada jajaran ponsel 1 jutaan yang sudah pakai sensor sidik jari. Tanpa harus mengeluarkan kocek banyak, hidup Anda sungguh dipermudah berkat hadirnya ponsel Infinix tersebut.

3. Desain Bodi Belakang yang Atraktif

infinix hot 11 play warna_

Berbekal sensor sidik jari di belakang, mau tidak mau Anda akan menemukan sebuah ceruk atau indentation di punggung bodi yang tentunya berpengaruh pada sisi estetika ponsel keseluruhan.

Anda pun mau tidak mau harus rela mengerahkan upaya dalam menyesuaikan warna bodi dengan soft case yang ingin digunakan supaya matching. Untungnya saja, Infinix Hot 11 Play tersedia dalam varian empat warna yang kece-kece, yakni Sunset Gold, Exploratory Blue, Polar Black, serta Haze Green.

Tema desain yang diterapkan pada ponsel ini dinamakan 3D Motion-Rhytm Design yang menampilkan corak garis-garis reflektif dan desain yang simetris. Urusan penampilan, Infinix Hot 11 Play bukanlah opsi terburuk yang bisa Anda dapatkan di kelas harganya.

4. Ukuran Layar 6,82 Inci yang Lega

infinix hot 11 play layar_

Sebuah hal yang patut dilirik dari Infinix Hot 11 Play adalah ukuran layarnya yang nyaris menyerupai tablet. Ketika banyak pesaingnya hanya mentok di ukuran 6,5 inci, HP ini justru memiliki bentang diagonal 6,82 inci yang semakin membuatnya lebih menyenangkan untuk dipakai menonton film dan series kesukaan.

Pada aspek rasionya yang berukuran 20,5:9 ini, layar dihadirkan dengan jenis panel IPS LCD dengan rasio bodi ke layar sekitar 90,66%. Bezel hanya terlihat cukup tebal di bagian bawah, sedangkan di atasnya turut menampilkan sebuah ceruk sebagai rumah bagi kamera depan.

Diketahui, resolusi yang diusung layar tersebut adalah HD+ atau lebih tepatnya 720 x 1640 piksel. Memang bukan resolusi terbaik, mengingat beberapa HP yang harganya hampir menyentuh angka 2 juta sudah memiliki resolusi Full HD+ (1080p). Infinix Hot 11 Play juga mengemas tingkat kecerahan layar tipikal sebesar 440 nit.

5. RAM + Memori Internal yang Besar

infinix hot 11 play varian warna beragam

Sudah tidak lagi mengemas memori internal 32 GB dengan RAM 2 GB seperti Infinix Hot 10 Play, kini Infinix Hot 11 Play membuka opsi memori internal terendah di 64 GB. Sedangkan untuk varian keduanya, tersemat memori internal 128 GB. Kedua opsi ini sama-sama dipadukan dengan RAM 4 GB.

Dengan memori internal yang lebih luas, Infinix Hot 11 Play diyakini mampu menampung lebih banyak aplikasi dan file-file dibandingkan rivalnya. Memori internal berjenis eMMC 5.1 ini juga dapat diekspansi melalui memori eksternal pada slot terpisah. Diketahui, microSD yang dapat disematkan ke slot tersebut mendukung hingga kapasitas 512 GB.

6. Peningkatan Performa Chipset Ketimbang Generasi Pendahulu

helio g35

Tidak heran jika sebagian orang kecewa dengan performa Infinix Hot 10 Play yang hanya gunakan MediaTek Helio G25 sebagai dapur pacunya. Chipset tersebut merupakan varian paling murah pada seri Helio G yang dikhususkan untuk gaming.

Nah, Infinix pun meningkatkan kapabilitas kinerja dengan menyematkan chipset yang lebih bertenaga yaitu Helio G35. Meski keduanya sama-sama ditujukan untuk ponsel murah, namun Helio G35 memiliki peningkatan clock speed pada CPU-nya.

Secara spesifikasi, Helio G35 mengemas konfigurasi prosesor delapan inti yang terdiri dari empat inti powerful ARM Cortex A53 dengan kecepatan 2,3 GHz. Adapun untuk unit hemat dayanya, tersemat empat inti hemat daya ARM Cortex A53 pada kekuatan 1,8 GHz.

Helio G35 disertai dengan kartu pengolah grafis PowerVR GE8320 serta memiliki proses fabrikasi 12 nm. Untuk menunjang pengalaman pembukaan banyak aplikasi sekaligus, smartphone ini mengandalkan RAM berkapasitas 4 GB.

Dengan chipset tersebut, Infinix Hot 11 Play terbilang mampu dalam menjalankan game yang menuntut kemampuan grafis tinggi, contohnya seperti PUBG Mobile. Berdasarkan yang dipantau dari video YouTube oleh YT Exotic, Infinix Hot 11 Play dapat meraih frame rate sebesar 25 FPS pada pengaturan Balance - Medium ataupun Smooth - Medium.

Ya, frame rate 25 FPS mungkin tidak akan memberikan pengalaman yang cukup baik, namun tetap terhitung gahar mengingat harganya yang berada di rentang 1 jutaan. Sebab, beberapa rival di harga sama bahkan tidak mampu berikan frame rate sebaik ini saat memainkan PUBG Mobile.

7. Mendukung WiFi 5 dan Bluetooth 5.0

wifi 5

Konektivitas WiFi dan Bluetooth sudah jadi barang wajib pada setiap ponsel. Tanpa kedua fitur ini, ponsel akan terasa sulit mengirimkan atau menerima data antar perangkat. Infinix Hot 11 Play untungnya sudah menyajikan fitur WiFi 5 Dual Band yang dapat terhubung pada pita jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz.

Sementara itu, versi Bluetooth yang dimilikinya juga terbilang salah satu yang paling baru yaitu Bluetooth 5.0. Untuk diketahui, versi Bluetooth yang lebih umum pada kelas harga segini adalah Bluetooth 4.2.

Dengan hadirkan versi lebih baru, Infinix Hot 11 Play memiliki jarak pendeteksian lebih jauh serta memiliki latensi yang lebih rendah. Dalam arti lain, perangkat ini sungguh tidak akan mengecewakan saat dihubungkan pada earphone nirkabel. Suara yang diperdengarkan lebih sinkron.

Kekurangan Infinix Hot 11 Play

Sekalipun hadir dengan beragam kelebihan, tidak dapat dipungkiri kalau Infinix Hot 11 Play memang sebuah HP entry level dengan segala keterbatasannya. Jangan lupa simak kekurangannya di bawah ini sebelum beli daripada menyesal nantinya.

1. Tanpa Fast Charging

infinix hot 11 play

Ya, baterai Infinix Hot 11 Play memang sangat besar, siapa pun akan mengakui hal itu. Tapi hal ini jadi berimbas pada durasi pengisian daya yang berlangsung jauh lebih lambat dibandingkan ponsel lain pada umumnya.

Hal ini kian diperparah dengan sebuah fakta akan absennya fast charging, sebuah fitur yang seharusnya sudah dimiliki setiap ponsel. Nyatanya, Infinix Hot 11 Play hanya menawarkan daya pengecasan 5V/2A alias 10 W. Pada kapasitasnya yang 6.000 mAh, akan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih untuk mengisikannya hingga penuh.

Bagi pengguna yang memang merasa bahwa fast charging itu wajib ada, beberapa HP di harga 1 jutaan sudah menyediakan fast charging 18 W, dua di antaranya adalah Redmi 9T dan Infinix Hot 11s NFC.

2. Konfigurasi Kamera yang Terhitung Minim

kamera infinix hot 11 play

Bukan smartphone namanya kalau tidak disertai dengan kamera di depan serta di belakangnya. Sekalipun harganya murah, Infinix Hot 11 PLay turut dilengkapi dengan kamera yang dapat digunakan untuk memenuhi hasrat dan minat akan fotografi.

Tidak tanggung-tanggung, secara sekilas, Infinix Hot 11 Play terlihat memiliki konfigurasi tiga lensa di punggungnya. Kenyataannya, ponsel hanya mengemas konfigurasi dua kamera saja.

Itu pun, kurang begitu jelas apa yang menjadi fungsi dari lensa pendamping. Diketahui, Infinix Hot 11 Play mengemas kamera utama 13 MP f/1.8 dengan fungsi wide-angle pada ukuran sensor 1/3.1 inci. Sedangkan untuk kamera keduanya, hanya disebutkan sebagai Magic AI Portrait tanpa diketahui berapa resolusinya.

Tidak sedikit pula yang akhirnya lebih condong ke ponsel lain seperti Redmi 9C. Terlepas berada di rentang harga yang sama, tapi Redmi 9C sudah dibekali dengan kamera 13 MP (wide), 2 MP (macro), serta 2 MP (depth).

3. Tanpa NFC

NFC

Secara singkat, NFC yang kepanjangannya adalah Near Field Communication merupakan salah satu fitur penting pada ponsel sebagai sarana transmisi antar perangkat. Mirip-mirip Bluetooth. Bedanya, Bluetooth mengharuskan proses pairing terlebih dahulu sedangkan NFC tidak.

NFC juga dapat dengan mudah mendeteksi isi saldo pada kartu eMoney dan eToll, semakin mempermudah hidup Anda yang sering melakukan parkir kendaraan roda empat di basement ataupun berpergian ke luar kota.

Pada contoh tertentu, NFC bahkan bisa digunakan untuk menyalin kredensial dari kartu pintu kantor dan apartemen sehingga ponsel pun bisa dimanfaatkan untuk membuka kunci pintu. Biasanya fitur ini dnamakan NFC Multifunction.

Awalnya, NFC memang terkesan eksklusif karena hanya dimiliki oleh ponsel-ponsel kelas atas dan menengah saja. Seiring waktu, rupanya NFC mulai merambah ke HP-HP murah, tidak terkecuali pada rentang harga 1 jutaan. Namun sayang, Infinix Hot 11 Play tidak menyuguhkannya.

Infinix memutuskan untuk hadirkan NFC pada varian lain dari seri ini yaitu Infinix Hot 11s NFC. Walaupun pengguna bisa saja memilih Hot 11s NFC, namun harganya yang hampir menembus angka 2 juta menjadikannya opsi yang kurang menggiurkan.

Alternatif yang lebih sesuai adalah Tecno Spark 7 NFC yang hanya memiliki banderol harga Rp1,3 jutaan. Anda bisa ketahui lebih banyak pada daftar HP dengan NFC termurah.

Simpulan

Sekian informasi yang dapat Carisinyal berikan mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11 Play. Merupakan salah satu HP termurah, ia adalah salah satu kontestan terkuat bagi Anda yang mencari HP bagus tanpa keluarkan banyak budget.

Bahkan, layarnya yang begitu besar sulit disaingi oleh ponsel-ponsel 2 jutaan dan 3 jutaan sekalipun. Hadirnya baterai 6.000 mAh juga merupakan sebuah komplemen yang sesuai untuk menunjang besarnya layar.

Hadir dengan chipset Helio G35, Infinix Hot 11 Play tidak lantas menjadi HP yang berperforma buruk. Kemampuannya dalam memainkan PUBG Mobile adalah pertanda baik, terlepas dari frame rate-nya yang di bawah rata-rata.

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11 Play ini? Jangan lupa kunjungi juga daftar HP Infinix terbaru dan daftar HP 1 jutaan terbaik lainnya sebagai perbandingan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram