carisinyal web banner retina

Simak 5 Perbedaan Infinix Hot 10 Play dan Hot 11 Play Ini

Tahun 2021 merupakan waktu perilisan Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 11 Play. Ya, terlepas keduanya merupakan dua generasi yang berbeda, namun tetap dirilis di tahun yang sama. Maka wajar jika kita hanya mendapati perbedaan yang sedikit di antara keduanya.

Sekadar informasi, Infinix memang senantiasa hadirkan produk berkualitas di harga yang super terjangkau. Beberapa seri lainnya yang turut mereka rilis meliputi seri Note, Smart, dan juga Zero.

Infinix Hot 10 dan 11 Play tergolong pada seri paling murah di antara seri-seri lainnya, namun tetap masih di atas seri Smart. Lantas, apa sih yang membuat keduanya layak dipertimbangkan oleh konsumen Tanah Air? Yuk, ketahui selengkapnya pada poin perbedaan Infinix Hot 10 Play dan Hot 11 Play berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Infinix-Hot10-Play-Belakang-3-1-500x500_
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.295.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Hot 11 Play

infinix hot 11 play (1)_
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.629.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Perbedaan Infinix Hot 10 Play dan Hot 11 Play

Bagai pinang dibelah dua, nyatanya tidak banyak yang berbeda dari kedua HP 1 jutaan ini. Yuk, simak beberapa poin berikut ini!

1. Helio G25 vs. Helio G35

helio g35

Secara garis besar, memang tidak ada peningkatan yang berarti pada Infinix Hot 11 Play ketimbang Infinix Hot 10 Play yang jadi generasi pendahulunya. Dari segi performa SoC, varian yang hadir di tahun 2021 ini hanya mengubah Helio G25 pada Hot 10 Play menjadi Helio G35.

Keduanya adalah SoC untuk ranah ponsel entry-level, dan meskipun termasuk ke dalam Helio G Series, keduanya bukanlah pilihan ideal untuk menjalankan game-game berat zaman sekarang.

Dari spesifikasinya, Helio G25 membekali dirinya dengan konfigurasi delapan inti yang merupakan ARM Cortex A53 berkekuatan 2 GHz. Konfigurasi yang sama juga dimiliki Helio G35 namun dengan frekuensi yang sedikit lebih tinggi, yakni 2,3 GHz.

Sementara itu, parameter lainnya tetap sama. Contohnya seperti proses fabrikasi yang sama-sama 12 nanometer, TDP sebesar 5 W, dan juga kartu pengolah grafis berupa IMG PowerVR G38320. Namun, untungnya GPU pada Helio G35 punya clock speed lebih tinggi dibandingkan pada Helio G25 yakni 680 MHz alih-alih 650 MHz.

Jika menilik dari perbandingan benchmark AnTuTu 9 yang dilansir dari NanoReview, tampaknya pengguna akan mendapatkan performance boost pada Infinix Hot 11 Play. Pasalnya Helio G35 memiliki skor 123.902 poin yang 31 persen lebih baik ketimbang Helio G25 dengan skor 94.430 poin.

2. Varian Memori Internal dan RAM

infinix hot 10 play

Varian terendah dari Infinix Hot 10 Play hanya mengusung RAM sebesar 2 GB serta memori internal 32 GB. Apabila ini terasa kurang lega untuk Anda, maka bisa pula memilih varian 64 GB dengan RAM 4 GB.

Dibandingkan dengan Infinix Hot 10 Play, Hot 11 Play terbilang lebih dermawan karena suguhkan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB bukan sebagai varian tertinggi melainkan varian terendahnya. Anda pun masih bisa memilih varian ponsel ini yang hadirkan memori 128 GB dengan RAM 4 GB.

Sementara untuk dukungan memori eksternalnya, keduanya sudah dibekali dengan slot tiga kartu sehingga pengguna bisa menyelipkan kartu microSD tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua.

3. Sistem Operasi saat Rilis

android go edition

Setelah mengetaui besarnya opsi RAM pada Infinix Hot 10 Play, Anda mungkin sudah bisa menebak sistem operasi apa yang dipakai. Ya, ia mengantongi Android 10 Go Edition saat rilis.

Varian Go Edition ini sebenarnya punya fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan Android reguler. Bedanya, ia ditujukan untuk perangkat entry level yang memiliki RAM hingga 2 GB. Android 10 Go Edition dapat membuka aplikasi lebih cepat, dan pengguna juga akan dialihkan untuk menginstal varian Go dari aplikasi Google seperti Maps Go, YouTube Go, dan sebagainya.

Sementara pada Infinix Hot 11 Play, ia sudah menggunakan Andoid 11 biasa alih-alih Go Edition. Ini dikarenakan, Hot 11 Play sudah memiliki kapasitas RAM 4 GB yang cukup besar.

4. Varian Warna

infinix hot 11 play warna_

Mulai dari panjang, lebar, dan ketebalan, tidak ada yang berbeda antara dua ponsel 1 jutaan ini. Keduanya sama-sama memiliki dimensi 171.8 x 78 x 8.9 mm dengan bobot 207 gram. Alasan mengapa keduanya sangat berat dan tebal tak lain tak bukan adalah baterainya yang berkapasitas 6.000 mAh.

Bahkan dilihat dari bentukan desain bodinya, keduanya pun sungguh bagai pinang dibelah dua karena memiliki desain modul kamera, lokasi sensor sidik jari, serta desain poni layar yang sama.

Yang membedakan keduanya adalah varian warna dan corak desain. Infinix Hot 10 Play terlihat memiliki corak yang meliuk-liuk semacam bentuk geometris, sedangkan Infinix Hot 11 Play sendiri punya bentukan desain bodi belakang yang lebih standar dan minimalis namun tetap terlihat kece.

Adapun varian warna yang tersedia pada Infinix Hot 10 Play adalah Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black, dan Purple. Sementara, Infinix Hot 11 Play tersedia dalam varian Green, Gold, Blue, dan Black.

5. Harga Rilis

infinix hot 10 play dan 11 play

Meskipun kedua HP ini dirilis di tahun yang sama, namun keduanya memiliki banderol harga rilis yang berbeda. Infinix Hot 10 Play tersedia mulai dari harga Rp1.295.000,- untuk varian termurahnya sedangkan Infinix Hot 11 Play sedikit lebih mahal di banderol harga Rp1.619.000,-.

Yang menyebabkan harga Infinix Hot 11 Play lebih mahal adalah varian RAM-nya yang lebih besar serta dukungan dapur pacu yang lebih baik.

Persamaan Infinix Hot 10 Play dan Hot 11 Play

Karena perbedaannya yang terlampau sedikit, kami pun memutuskan untuk turut beberkan poin kesamaan di antara Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 11 Play, yakni sebagai berikut.

1. Ukuran Layar

infinix hot 11 play layar_

Infinix memutuskan untuk tidak hadirkan peningkatan dari segi layar pada Hot 11 Play. Ini dibuktikan pada perbandingan kedua layar yang sama-sama mengusung panel IPS LCD dengan ukuran 6,82 inci. Sayangnya, keduanya masih gunakan resolusi layar HD Plus 720p.

Kedua layar juga hanya mengemas laju penyegaran 60 Hz konvensional dengan tingkat kecerahan layar yang mencapai 440 nit. Diketahui, layar kedua smartphone Infinix ini memiliki rasio bodi ke layar sebesar 82,4 persen serta tingkat kerapatan piksel 263 ppi.

2. Baterai dan Fast Charging

infinix hot 11 play baterai_

Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 11 Play juga memiliki beragam kesamaan lainnya seperti dukungan terhadap WiFi dual band, Bluetooth 5.0, hingga FM Radio. Selain itu, mereka sama-sama dihadirkan dengan port pengisian daya microUSB 2.0 dengan daya 10 W.

Ada pun tingkat kapasitas baterai yang dimilikinya sungguh besar di atas rata-rata yakni mencapai 6.000 mAh. Dengan begini, baik Infinix Hot 10 Play dan Hot 11 Play sama-sama mampu mencapai hari kedua dalam sekali pengecasan.

Simpulan

Memang bukan rahasia lagi kalau Infinix Hot Play series memiliki spesifikasi yang sederhana, sekadar cukup untuk pemenuhan kegiatan harian. Namun jika Anda ingin miliki yang terbaik di antara keduanya, jawabannya jelas Infinix Hot 11 Play.

Memiliki ukuran RAM yang lebih lega, pengguna bisa melakukan navigasi dengan lebih nyaman serta membuka lebih banyak aplikasi tanpa takut tertutup secara paksa (force close).

Bagian dapur pacunya juga mendapatkan sedikit peningkatan berkat adanya Helio G35, jelas lebih baik dibanding Helio G25 pada Hot 10 Play. Sehingga, membuka aplikasi mana pun akan terasa lebih cepat.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram