carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11 dan Note 11 NFC


Infinix Indonesia kembali melakukan perilisan seri Note di 2021. Di Tahun tersebut, Infinix hadirkan seri Note 10. Kemudian, menjelang akhir 2021, Infinix Indonesia hadirkan Infinix Note 11 series. Di Indonesia, Infinix Note 11 yang hadir adalah Infinix Note 11, Infinix Note 11 NFC, Infinix Note 11s, dan Infinix Note 11 Pro.

Khusus Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 NFC, keduanya akan dibahas kelebihan dan kekurangannya pada artikel kali ini. Namun, harus diketahui jika Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 NFC adalah ponsel yang sama. Bedanya, satu tidak punya NFC dan satu lagi memiliki NFC.

Pembeda lain dari keduanya adalah soal konfigurasi memori. Infinix Note 11 hadir dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Sementara Infinix Note 11 NFC punya varian RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Pembeda ini berpengaruh pada harga jualnya. Infinix Note 11 dibanderol dengan harga Rp2.299.000 dan Infinix Note 11 NFC dibanderol dengan harga Rp2.499.000.

Dengan banderol tersebut, apakah ponsel ini layak dibeli? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Note 11

infinix note 11
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Spesifikasi Infinix Note 11 NFC

Infinix Note 11 NFC
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.466.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Kelebihan Infinix Note 11 dan 11 NFC

Yuk, simak poin-poin kelebihan Infinix Note 11 Pro berikut ini! Siapa tahu, ia bisa jadi daily driver yang selama ini Anda idYuk, simak poin-poin kelebihan Infinix Note 11 dan Note 11 NFC berikut ini! Siapa tahu, ia bisa jadi daily driver yang selama ini Anda idam-idamkan.

1. Layar AMOLED FHD

infinix note 11 layar_

Infinix kembali membubuhkan trademark-nya pada HP yang satu ini, yakni layar yang berukuran lega di atas rata-rata. Tidak hanya lega, layar yang ditawarkan HP ini benar-benar menarik. Bahkan, lebih menarik dibandingkan Infinix Note 11 Pro. 

Hal ini karena layar Infinix Note 11 hadir dengan panel layar AMOLED. Penggunaan layar AMOLED dengan bentang layar 6,8 inci jadi sebuah kebanggaan mengingat varian Pro hanya memakai IPS LCD. Untuk diketahui, layar AMOLED pada HP Infinix Note 11 memiliki gamut warna 100% DCI-P3 dan kontras rasio 100000:1. Tambah lagi, ia mengusung puncak kecerahan layar hingga 650 nit.

Layar AMOLED ini juga membuat ponsel ini punya nilai yang menarik karena hadirkan warna yang lebih menyala di kualitas layar FHD. Selain itu, layarnya punya  kecerahan yang lebih bisa diandalkan saat berada di bawah terik matahari. Kehadiran panel AMOLED ini juga membuat Infinix Note 11 menjadi HP Rp2 jutaan yang layak dipertimbangkan untuk dibeli. 

Yang lebih menarik, layar AMOLED di ponsel ini punya tingkat kecerahan 750 nites dan juga rasio kontras  100000:1. Selain itu, layar ini juga hadirkan kemampuan 100% DCI-P3 Color Gamut yang tentu memberi pengaruh pada tampilan layar ponsel yang lebih cerah. 

Kualitas layar yang baik ini dipuji oleh Smartprix. Menurut mereka, layar Infinix Note 11 ini hadirkan kontras dan pewarnaan yang enak. Terlebih ada mode Eye Care yang tentunya hadirkan kemampuan agar mata yang melihat lebih sehat.

2. Hadir dengan SoC Helio G88, Punya Performa Cukup Bagus

Helio G88

Infinix Note 11 dan Note 11 NFC dibekali dengan SoC gaming di kelas harga mid-range yakni MediaTek Helio G88. MediaTek Helio G88 ini punya konfigurasi yang hampir sama dengan MediaTek Helio G85. 

MediaTek Helio G88 hadir dengan delapan inti yang mencakup dua unit berperforma tinggi ARM Cortex A75 (2.0 GHz) beserta enam buah inti hemat daya ARM Cortex A55 (1.8 GHz). Chipset dengan fabrikasi 12 nanometer tersebut dibekali kartu pengolah grafis (GPU) Mali G52 MC2 (1000 MHz).

Dengan spesifikasi tersebut, kemampuan Infinix Note 11 tergolong cukup bagus untuk kelas harganya. Berdasarkan pengujian Smartprix, Infinix Note 11 punya nilai Antutu 9 sebesar 176 ribuan. Sementara untuk Geekbench 5, ponsel ini punya skor 366 untuk single core dan 1.311 untuk multi-core. 

Apakah skor tersebut mampu menjalankan gim berat? Tentu saja bisa namun dengan pengaturan tertentu agar mendapatkan frame rates tinggi. Smartprix juga sudah mencoba Infinix Note 11 untuk menjalankan gim seperti PUBG New State dan COD Mobile dengan pengaturan frame rates high. Hasilnya cukup bagus. 

Tentu karena perbedan RAM, performa ponsel Infinix Note 11 dan Note 11 NFC akan sedikit berbeda. Hanya saja jelas perbedaannya tidak akan terlalu signifikan.

3. Sensor Kamera 50 MP

infinix note 11 kamera_

Hal yang membuat Infinix memakai Helio G88 adalah karena chipset ini punya kemampuan untuk menghadirkan kamera kualitas tinggi. Helio G85 tidak bisa memenuhi hal tersebut karena dukungan kameranya hanya 48 MP.

Sementara dengan Helio G88, Infinix coba hadirkan Infinix Note 11 dengan kamera 50 MP dengan bukaan f/1.6. Selain kamera utama tersebut, ada juga dua kamera belakang yang sebenarnya hanya jadi aksesoris yakni kamera 2 MP dan QVGA.

Kualitas kamera ponsel ini sendiri tergolong bagus. Gimmick 50 MP tidak sekadar angka. Kameranya cukup oke untuk menangkap foto. Seperti yang terlihat dari hasil contoh kamera Infinix Note 11 berikut ini.

Hasil Kamera Infinix Note 11
Hasil Kamera Infinix Note 11 (2)

Kamera 50 MP pada ponsel ini menurut Smartprix adalah kamera yang mengikuti arus brand lain. Arus yang dimaksud adalah hadirnya kamera dengan resolusi tinggi di kelas harga terjangkau.  Terlebih kamera 50 MP ini cukup menarik karena menawarkan perekaman video 2K 30 fps. 

Selain itu, kamera ponsel ini punya pemotretan dalam pengaturan gelap dan juga hadirnya dukungan lampu quad-flash. Di aplikasi kamera, Anda juga mendapatkan hal-hal seperti mode Super Night, mode Potret, Mode Kecantikan, mode Video Pendek, mode 50MP penuh, HDR, integrasi Google Lens, pemindai Kode QR, dll.

Menurut mereka, hasil foto ponsel ini hadirkan kualitas foto  yang baik di bawah siang hari atau kondisi pencahayaan yang baik di dalam ruangan. Hasil mode 50 MP bahkan hasilkan foto lebih tajam. Foto pada mode malam hari juga tergolong baik, terutama untuk mode Super Night Mode. 

4. Kualitas Stereo Speaker yang Bagus

Infinix Note 11

Mencari ponsel murah dengan kualitas speaker yang mantap untuk aktivitas menonton di malam minggu? Infinix Note 11 sudah pasti jadi pilihan menarik. Ia disuguhi dengan dua speaker yang terletak di atas dan bawah bodinya (dalam posisi vertikal).

Speaker ganda tersebut sungguh dapat memberikan kualitas suara stereo yang bagus berkat teknologi DTS Sound. Fitur ini juga hadirkan mode suara yang dapat dipilih, serta fitur equalizer untuk mengatur kualitas suara yang Anda perlukan.

Smartprix sendiri menyebut jika kualitas suara dari ponsel ini tergolong bagus dari segi volume dan tingkat suara keseluruhan. Kualitas speaker yang bagus ini juga dimiliki Infinix Note 11 Pro.

5. Kemampuan Baterai 5.000 mAh yang Awet

infinix note 11 fast charging_

Infinix Note 11 hadir dengan baterai 5000mAh. Baterai ini didukung oleh pengisi daya 33W. Hal yang juga ditemukan di saudaranya, Infinix Note 11 Pro. Dengan baterai tersebut, Infinix Note 11 bisa dikatakan cukup awet. Dalam pengujian PCMark yang dilakukan Smartprix, baterai ponsel ini bertahan selama 11 jam 41 menit.

Namun, tentu yang jadi primadona adalah pengisian cepat 33 watt. Sesuatu yang jarang ditemukan di kelas harganya yang biasanya hanya hadirkan 18 watt.

Sementara situs Pinkvilla.com menyebut bahwa Infinix Note 11 dapat bertahan sepanjang hari. Bahkan, digunakan 6 jam lamanya bermain gim, daya tahan baterainya masih tersisa. Menurut mereka, daya tahan ponsel ini cukup mengesankan.

6. Varian NFC Lebih Menarik

NFCSumber: 99designs.com

Kebutuhan akan NFC (Near Field Communication) di Indonesia semakin besar. Terbukti dari hadirnya HP NFC murah yang berkeliaran. Termasuk Infinix Note 11 NFC ini. Tentu saja kehadiran NFC ini jadi daya tarik untuk membeli Infinix Note 11 NFC. Terlebih varian ini menawarkan RAM dan memori internal lebih besar. 

Keberadaan NFC ini justru membuat varian Infinix Note 11 NFC lebih disarankan untuk dilirik. Infinix Note 11 standar mungkin hanya jadi versi standar bagi mereka yang tidak butuh amat NFC.

7. Desain yang Apik

Infinix Note 11

Infinix Note 11 dan Note 11 NFC hadirkan desain yang menarik dan apik. Menurut Pinkvilla.com, ponsel ini punya desain yang memukau dengan panel belakang mengkilap yang melengkapi tonjolan tiga kamera di sudut kiri atas. Selain itu, tiap sudutnya membulat. Yang menarik, perangkat ini juga punya desain yang tipis dengan ukuran 7,9 mm. 

Di bagian samping kanan, ada tombol volume dan power. Tombol power ini jadi menarik karena sudah terintegrasi dengan sensor pemindai jari. Meskipun layar ponsel ini AMOLED, pemilihan sensor sidik jari di samping masih cukup berterima. 

Kekurangan Infinix Note 11 dan Note 11 NFC

Layar AMOLED besar, SoC mumpuni, baterai awet, NFC, tentu jadi kelebihan ponsel ini. Namun, tentu saja ponsel ini masih punya banyak kekurangan. Berikut beberapa poin kekurangannya.

1. Layar 60 Hz

Infinix Note 11

Infinix Note 11 dan varian NFC-nya memang hadirkan layar AMOLED yang menarik. Terlebih layarnya juga sudah Full HD, bukan HD+ seperti kebanyakan ponsel Infinix lainnya. Hal yang memang patut diapresiasi dari layar ponsel ini. 

Sayangnya, layar ponsel ini terasa kurang sempurna karena hanya hadirkan refresh rate 60 Hz saja. Tentu akan menarik jika Infinix Ntoe 11 menghadirkan refresh rate yang lebih kekinian, minimal 90 Hz.

2. Hanya Kantongi Sertifikasi Widevine L3

Infinix Note 11

Infinix Note 11 memang menawarkan ukuran layar yang sangat besar dan layar AMOLED. Meskipun begitu, rupanya ponsel ini hanya mendapatkan sertifikasi Widevine L3 yang membatasi dirinya pada resolusi 480p saja saat menonton konten-konten OTT (over-the-top) seperti Netflix dan Amazon Prime.

Sehingga, meskipun Anda sudah berlangganan akun Netflix yang mendukung resolusi HD, tetap saja perangkat hanya akan menampilkan film atau series pada resolusi seadanya. Hal yang cukup mengecewakan mengingat ponsel ini sudah punya layar yang ciamik untuk digunakan sebagai sarana menonton.

3. XOS dan Iklan

Infinix Note 11

Infinix Note 11 tentunya sudah hadir dengan Android 11 yang merupakan versi terbaru saat HP ini dirilis, diselimuti dengan antarmuka XOS 10 yang kaya akan fitur-fitur berguna.

Seperti ROM kebanyakan, tentunya XOS 10 hadir dengan beberapa bloatware yang mungkin tidak akan Anda gunakan sama sekali. Selain itu, XOS adalah salah satu UI yang punya iklan. Iklannya memang tidak mengganggu tetapi tentu jadi terasa kurang menyenangkan. 

Untungnya, XOS masih memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman. Mulai dari tema dan kustomasi, antarmukanya sungguh terasa begitu unik dengan visual yang cantik. Di HP ini, tersedia fitur Lightning Multi-window yang dapat mengecilkan jendela aplikasi menjadi picture-in-picture.

Kemudian, ada Smart Panel yang dapat memunculkan berbagai shortcut yang Anda butuhkan, bisa dikustomasi sesuka hati. Mirip dengan AssistiveTouch yang ada di iPhone, kendati dengan tampilan yang berbeda.

Simpulan

Infinix Note 11 dan Note 11 Pro memang bukan ponsel yang sempurna. Hanay saja di kelas harganya, ponsel ini masih punya hal-hal menarik untuk dilirik. Sebut saja layar AMOLED yang besar, chipset yang tangguh, dan baterai tahan lama. Meski ada beberapa kekurangan yang tentu perlu diperhatikan. 

Hal yang paling kurang menyenangkan jelas sertifikasi widevine L3 yang membuat ponsel ini kurang optimal untuk menonton Netflix di kualitas terbaik. Namun, terlepas dari itu, ponsel ini masih cukup layak untuk dipinang.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram