carisinyal web banner retina

Wajib Tahu, Inilah 7 Perbedaan Infinix Note 10 dan Note 11

Barangkali Anda menyukai brand-brand ber-value tinggi seperti Xiaomi dan realme. Jika iya, tidak ada salahnya juga mengetahui seluk-beluk tentang dua HP Infinix yang tidak kalah bagusnya. Adalah Infinix Note 10 dan Note 11, dua model dari seri Note dari perusahaan asal Hong Kong yang banyak menarik minat khalayak pencinta gadget.

Keduanya juga merupakan varian reguler alias non-Pro dari masing-masing serinya, yang pastinya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Namun jangan khawatir, walau lebih murah dibanding Pro, Infinix Note 10 dan Infinix Note 11 sama-sama suguhkan spesifikasi buas untuk bermain game. Yuk, ketahui perbandingan keduanya berikut ini!

Spesifikasi Infinix Note 10

Infinix Note 10
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.849.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Note 11

Infinix Note 11
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Infinix Note 10 dan Infinix Note 11

Daripada berlama-lama penasaran dan keburu HP Infinix-nya habis di pasaran, lebih baik ketahui perbedaan antara dua ponsel ini sebagaimana berikut.

1. Layar IPS LCD vs. AMOLED

infinix note 11 layar_

Punya budget tipis sesungguhnya tidak perlu jadi halangan untuk mendapatkan ponsel dengan layar berkualitas. Meskipun panel AMOLED awalnya hanya dimiliki oleh ponsel kelas menengah atau kelas atas, namun kini sudah banyak jajaran HP entry level yang memilikinya. Tidak terkecuali Infinix Note 11.

Malah dibandingkan Infinix Note 11 Pro yang jadi "kakak"-nya, hadirnya layar AMOLED jadi sebuah kebanggaan mengingat varian Pro hanya gunakan IPS LCD. Untuk diketahui, layar AMOLED pada HP Infinix Note 11 memiliki gamut warna 100% DCI-P3 dan kontras rasio 100000:1. Tambah lagi, ia mengusung puncak kecerahan layar hingga 650 nit.

Ya, panel layar AMOLED memang lebih digemari karena menyuguhkan warna yang lebih menyala, serta kecerahan yang lebih bisa diandalkan saat berada di bawah terik matahari. Mengingat Infinix Note 11 adalah varian Note pertama yang hadirkan AMOLED, jelas saja Infinix Note 10 yang jadi pendahulunya masih gunakan IPS LCD.

2. Helio G85 vs. Helio G88

Ilustrasi chipset Helio G88

Perbedaan tidak hanya terletak dari sisi layar melainkan juga chipset yang digunakan. Adalah Helio G85, SoC kelas menengah ke bawah dari MediaTek yang ditujukan untuk keperluan gaming. Lalu pada Infinix Note 11, dapur pacu yang digunakan adalah Helio G88 yang, dilihat dari penomorannya, semestinya punya keunggulan ketimbang Helio G85.

Lantas, apakah Helio G88 lebih powerful dibandingkan Helio G85? Rupanya tidak juga, mengingat keduanya hadirkan konfigurasi CPU delapan inti yang sama persis yakni mencakup dua unit berperforma tinggi ARM Cortex A75 (2.0 GHz) beserta enam buah inti hemat daya ARM Cortex A55 (1.8 GHz).

Kedua chipset yang sama-sama dibuat dalam proses fabrikasi 12 nanometer ini juga mengusung kartu pengolah grafis (GPU) yang sama yakni Mali G52 MC2 (1000 MHz). Kurang lebih sama seperti perbandingan Helio G96 dan G95, begitu pun dengan Helio G88 dan G85 yang tidak mengalami perbedaan dari segi kinerja CPU-nya.

Keistimewaan Helio G88 lebih terletak di sisi dukungan layar dan fotografi, di mana ia mendukung laju penyegaran 90 Hz di resolusi Full HD+ serta resolusi kamera hingga 64 MP alih-alih 48 MP seperti pada Helio G85.

Berdasarkan pengujian benchmark AnTuTu v9 yang dilansir dari nanoreview.net, justru malah Helio G85-lah yang lebih besar di angka 230.433 sementara Helio G88 hanya dapat skor 222.379. Tapi ini 'kan hanya perbandingan benchmark sintetis. Pada kenyataan aslinya, Anda tidak akan merasakan perbedaan dari segi performa game.

3. Dimensi Layar

infinix note 10 layar_

Pemerhati dunia gadget pasti tahu brand Infinix seringkali terkenal karena apanya. Ya, apalagi kalau bukan ukuran layar yang mentereng. Ini sungguh terlihat pada Infinix Note 10 dengan ukuran layar 6,95 inci, nyaris menyerupai tablet. Bahkan ia sudah berada pada resolusi tajam Full HD+.

Berbeda dengan Infinix Note 11 yang hanya tawarkan layar berukuran 6,7 inci saja. Tampaknya memang ukuran layar yang tidak sebesar Note 10 adalah harga yang harus dibayarkan jika ingin memiliki panel layar AMOLED.

Dan entah mengapa, meskipun Helio G88 pada Note 11 mendukung 90 Hz, nyatanya Infinix tidak memanfaatkan hal tersebut. Nyatanya baik Infinix Note 10 dan 11 sama-sama dibekali dengan laju penyegaran standar 60 Hz. Barangkali ini dilakukan demi membuat harga Infinix Note 11 tetap murah.

4. Konfigurasi Kamera Belakang

infinix note 11 kamera_

Jika melihat dari perbedaan resolusi kamera utama, kita jadi tahu alasan sesungguhnya Infinix membubuhkan Helio G88 pada seri Note 11. Ini karena, lensa utama yang dibawakan adalah 50 MP (f/1.6), serta dengan dua kamera pendamping 2 MP (f/2.4, depth sensor) serta kamera QVGA.

Nah, karena Helio G85 pada Infinix Note 10 hanya mendukung hingga 48 MP, maka sebesar itu pula resolusi kamera utamanya. Perlu diketahui, Infinix Note 10 turut mengemas Triple Camera yang terdiri atas lensa utama 48 MP, kamera sensor 2 MP (f/2.4), serta kamera monokrom 2 MP (f/2.4).

Kedua perangkat mengemas kemampuan resolusi perekaman video hingga 1440p pada frame rate 30 FPS. Sedangkan, di bagian depannya sama-sama tersemat kamera selfie berkekuatan 16 MP dengan fitur perekaman 1080p.

5. Kemampuan Fast Charging

infinix note 11 fast charging_

Sebagai ponsel yang punya kinerja cukup tinggi untuk main game, Infinix Note 10 dan 11 sama-sama dilengkapi dengan kemampuan fast charging serta kapasitas baterai yang mumpuni. Kapasitas baterai kedua ponsel adalah 5.000 mAh dengan port pengisian daya USB-C.

Namun, kemampuan fast charging keduanya berbeda, yakni 33 W pada Infinix Note 11 dan 18 W pada Infinix Note 10. Ini artinya, Infinix Note 11 seharusnya mendapatkan durasi pengisian daya yang hampir dua kali lipat lebih tinggi dibanding Infinix Note 10.

6. Poni Tetesan Air vs. Punch Hole

INFINIX NOTE 10 DAN 11

Meski keduanya hadir di tahun yang sama, namun Infinix Note 10 dan Infinix Note 11 punya bentukan desain yang berbeda. Entah mengapa, Infinix Note 11 yang justru hadir sebagai penerusnya malah menggunakan desain poni tetesan air atau yang biasa disebut waterdrop notch.

Padahal, desain poni seperti ini terasa so last year mengingat tren ponsel zaman sekarang sudah mengusung desain bertompel alias punch hole, seperti Infinix Note 10 contohnya.

Ponsel dengan desain kamera depan bertompel dinilai mampu menampilkan lebih banyak konten karena useable surface yang lebih luas. Berbeda dengan waterdrop notch yang keberadaannya lebih notice-able sehingga bisa sedikit mendistraksi pandangan ke layar.

7. Harga Rilis

infinix note 11 NFC

Pengguna dengan budget terbatas sudah dapat memiliki ponsel berkualitas dengan dua pilihan ini. Varian termurah dari Infinix Note 10 yang menggunakan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB dibanderol seharga Rp1.849.000,-.

Sementara itu, Infinix Note 11 dihadirkan dengan harga yang sedikit lebih mahal. Masih dengan konfigurasi memori yang sama, varian termurah dari HP ini dijual seharga Rp2.299.000,-. Sedikit lebih mahal dari seri pendahulunya.

Simpulan

Begitu mengetahui perbedaan dari kedua HP ini, Anda dijamin jadi lebih tahu pilihan mana yang lebih tepat buat Anda. Dengan harga yang sedikit lebih mahal, Infinix Note 11 yang hadirkan fast charging 33 W dan panel layar AMOLED sudah bisa berada di genggaman Anda.

Namun jika Anda tidak membutuhkan layar AMOLED, ingin punya layar yang lebar, dan lebih menyukai adanya sisa uang kembalian saat membeli ponsel, maka Infinix Note 10 merupakan pilihan yang tepat. Yang pasti, keduanya sama-sama mampu mengangkat game berat seperti PUBG M berkat dukungan Helio G85 dan Helio G88.

Ya, Infinix memang selalu hadirkan yang terbaik dengan banderol harga ekonomis, terkadang membuat brand lain bergidik ngeri. Kalau mau cari tahu lagi soal HP Infinix, Anda bisa baca daftar HP Infinix terbaru yang senantiasa di-update. Selamat memilih!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram