carisinyal web banner retina

Inilah 7 Perbedaan Infinix Note 10 Pro dan Note 11 Pro

Siapa yang tidak mengenal Infinix? Pecinta gadget mana pun pasti sudah tidak asing dengan brand asal Hong Kong yang begitu banyak dinikmati kaum mendang-mending. Pasalnya, di harganya yang begitu terjangkau, ia sungguh mampu bersaing dengan brand lain. Tidak hanya pada satu segmen harga yang sama, melainkan juga pada kelas yang lebih atas.

Contohnya saja seperti Infinix Note 10 Pro dan juga penerusnya, Infinix Note 11 Pro. Keduanya disematkan dengan layar yang begitu imersif berkat ukurannya yang hampir menyerupai tablet. Keduanya juga hadir dengan baterai besar 5.000 mAh yang awet seharian beserta fast charging 33 W yang membuatnya cukup ngebut saat berusaha mencapai baterai 100 persen.

Nah, para khalayak tentunya penasaran dengan perbedaan yang dimiliki keduanya. Jika melihat dari segi angka, siapa pun akan langsung menyangka Infinix Note 11 Pro lebih layak dibandingkan Note 10 Pro. Nyatanya, tidak juga. Agar tidak salah kaprah, lebih baik simak poin-poin perbedaan Infinix Note 10 Pro dan Note 11 Pro. Manakah yang akan menjadi daily driver Anda berikutnya?

Spesifikasi Infinix Note 10 Pro

infinix note 10 pro nfc_
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.749.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.969.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan Infinix Note 10 Pro dan Infinix Note 11 Pro

Jangan sampai terlalu lama memilih, nanti produknya keburu habis di pasaran. Yuk, simak saja poin-poin perbedaan Infinix Note 10 Pro dan Note 11 Pro berikut ini!

1. Helio G95 vs Helio G96

helio g96Sumber: realme

Sebagai ponsel dengan price to performance ratio yang tinggi, baik Infinix Note 10 Pro dan Note 11 Pro ditenagai oleh chipset bertenaga yang sulit ditandingi pesaingnya. Contohnya saja pada Infinix Note 10 Pro yang diotaki SoC dari MediaTek seri Helio Gaming, yakni Helio G95.

Di sisi lain, Infinix Note 11 Pro sedikit lebih unggul dengan menghadirkan Helio G96 yang jadi generasi penerusnya. Nah, kendati G96 lebih tinggi dari G95, sebenarnya Anda tidak akan merasakan perbedaan performa secara signifikan di penggunaan nyata.

Karena, kedua SoC (System-on-Chip) tadi dibekali dengan konfigurasi octa core yang sama yaitu mencakup dua inti performa tinggi ARM Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz serta enam unit inti hemat daya berupa ARM Cortex A55, berlari pada frekuensi 2.0 GHz.

Malahan, justru bukan Helio G96 yang terdengar lebih mampu mengangkat game berat, melainkan Helio G95 yang memiliki kartu pengolah grafis lebih mutakhir. Diketahui, Helio G95 membawakan GPU berupa Mali G76 MC4 dengan frekuensi 900 MHz, serta memiliki 4 unit eksekusi dan 64 unit shading.

Ini jelas berbeda dengan Helio G96 yang menghadirkan Mali G57 MC2 sebagai kartu pengolah grafisnya, berlari pada frekuensi yang lebih rendah di angka 850 MHz. Lanjut lagi, GPU ini membawakan jumlah execution unit dan shading unit yang dua kali lipat lebih rendah dari GPU pada Helio G95, menurut yang dilansir dari NanoReview.net.

Satu-satunya perbedaan signifikan yang dihadirkan Helio G96 hanyalah dukungan terhadap resolusi kamera utama hingga 108 MP serta kemampuan menghadirkan layar FHD+ sekaligus laju penyegaran 120 Hz secara bersamaan. Di luar itu, perbedaan performa lebih tergantung pada optimasi chipset pada masing-masing smartphone yang diuji.

Justru jika kita menilik sumber NanoReview, Infinix Note 10 Pro punya skor benchmark AnTuTu v9 sebesar 354.607 yang notabene lebih besar ketimbang Infinix Note 11 Pro dengan skor 352.669 poin.

Namun dari segi pengukuran Geekbench 5, Infinix Note 11 Pro-lah yang lebih unggul di skor 523 (single core) dan 1806 (multi-core), sedangkan Infinix Note 10 Pro hadir dengan skor 443 (single core) dan 1141 (multi-core).

2. Quad vs Triple Camera

kamera-infinix-note-10-pro

Mungkin awalnya Anda berpikir, lebih banyak lensa lebih baik. Namun, hal ini tidak berlaku pada perbedaan Infinix Note 10 Pro yang hadir dengan Quad Camera, dengan Infinix Note 11 Pro yang "hanya" Triple Camera saja. Apakah lantas seri sebelumnya dinilai lebih unggul dari segi kemampuan kamera? Tunggu dulu, ferguso.

Nyatanya, konfigurasi kamera pada Note 11 Pro lebih lengkap dan fungsional dibanding Note 10 Pro. Kedua ponsel sama-sama hadirkan kamera utama beresolusikan 64 MP pada ukuran sensor 1/1.72 inci. Bedanya, Note 10 Pro punya tiga lensa pendamping berupa kamera 8 MP ultrawide (FOV 120 derajat), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan terakhir kamera monokrom 2 MP (f/2.4).

Sedangkan pada Infinix Note 11 Pro, tersemat kamera pendamping berupa lensa telefoto 13 MP (f/2.5) dengan sensor berukuran 1/3.1 inci serta lensa depth sensor 2 MP (f/2.4) untuk mengambil foto bokeh.

Ya, Infinix Note 11 Pro memang tidak menyuguhkan kamera ultrawide, namun memiliki lensa telefoto yang arguably lebih "bernilai". Ini karena, nyaris tidak ada (atau bahkan tidak ada sama sekali) HP lain semurah Infinix Note 11 Pro yang sudah hadirkan lensa telefoto tersebut.

Infinix Note 11 Pro sendiri akhirnya memiliki kemampuan zoom hingga 30x, cocok untuk fotografer profesional atau jurnalis yang seringkali harus mengambil foto dari kejauhan dengan tuntutan hasil foto yang berkualitas.

Adapun dari segi kemampuan perekaman video, Infinix Note 10 Pro mendukung hingga resolusi 4K pada frame rate 30 FPS sedangkan Note 11 Pro hanya mendukung hingga 1440p @ 30 FPS.

Tidak ada yang berbeda dari segi kamera depan, sama-sama menawarkan sensor 16 MP dengan kemampuan rekaman beresolusi 1080p @ 30 FPS, sensor ini sama-sama mengusung desain punch hole di atas tengah layar.

3. 90 Hz vs 120 Hz

infinix note 11 pro layar

Sebelumnya sempat disebutkan kalau Helio G96 pada Infinix Note 11 Pro mendukung layar dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 120 Hz sekaligus. Dan rupanya, Infinix memanfaatkan hal ini untuk mendatangkan laju penyegaran tersebut di Note 11 Pro.

Ini tentu jadi sebuah hal yang menarik, karena tampilan pada layar akan terasa begitu licin dan smooth, 2x lipat lebih tinggi dibandingkan 60 Hz konvensional. Berbeda dengan Infinix Note 10 Pro yang hanya suguhkan refresh rate 90 Hz saja.

Entah itu saat melakukan scrolling di media sosial, ataupun bermain game-game yang mendukung refresh rate tinggi seperti Temple Run dan Subway Surfer, tampilan layar sungguh akan lebih memanjakan indera visual.

Terlebih lagi, ukuran layar kedua ponsel memang sangat mendukung untuk hadirkan pengalaman gaming yang imersif, mengusung bentang layar 6,95 inci beresolusikan Full HD+ (1080 x 2460 piksel) dengan panel layar IPS LCD. Adapun tingkat kerapatan pikselnya berada di angka 387 ppi. Lebih lanjut, kedua layar turut hadirkan touch sampling rate sebesar 180 Hz.

4. Desain Bodi

infinix note 11 pro kamera

Mengingat ukuran layar keduanya yang begitu besar, tentu wajar jika bodinya pun mengalami "pembengkakan" di bagian bobotnya. Infinix Note 10 dan 11 Pro sama-sama memiliki bobot 209 gram, kendati dengan dimensi panjang, lebar, dan ketebalan yang sedikit berbeda.

Dimensi pada Infinix Note 10 Pro adalah 172,8 mm (panjang) x 78,3 mm (lebar) x 7,8 mm (ketebalan). Sedangkan, Infinix Note 11 Pro hadir dengan dimensi lebih tebal yakni 8,7 mm. Adapun panjang dan lebarnya adalah 173,1 mm dan 78,4 mm.

Beralih ke bentukan bodinya, keduanya punya desain yang agak-agak mirip. Sama-sama suguhkan modul kamera persegi panjang di pojok kiri atas bodi. Akan tetapi, desain Infinix Note 10 Pro lebih mengarah ke tampilan yang umum, dengan warna hitam yang menjadi latar belakangnya serta bilah kecil di bawahnya.

Adapun pada Infinix Note 11 Pro, warna modul mengikuti pilihan warna bodi sehingga tampilannya pun terlihat lebih menyatu dan seamless. Tersedia warna hitam, ungu, dan Nordic Secret pada Infinix Note 10 Pro. Sementara itu, Infinix Note 11 Pro tersedia dalam varian warna Mithril Grey, Haze Green, dan Mist Blue.

5. Varian Memori Internal dan RAM

infinix-note-11-pro-featured_

Sudah semestinya HP keluaran zaman sekarang dihadirkan dengan kapasitas memori internal yang besar. Dilansir dari katadata.co.id, Infinix Note 10 Pro yang tersedia di Indonesia dijual dalam varian penyimpanan 64 GB dan 128 GB , sementara RAM-nya terbagi menjadi 6 GB dan 8 GB.

Barulah pada Infinix Note 11 Pro, Anda hanya mendapatkan satu kombinasi RAM dan memori internal yakni 128 GB dan 8 GB. Setidaknya, Infinix Note 11 Pro ini masih menyuguhkan slot memori eksternal secara terpisah, begitu pun dengan Infinix Note 10 Pro. Diketahui, slot microSD pada kedua perangkat mendukung hingga kapasitas 2 TB.

6. Ketersediaan NFC

NFC

Saat kami menelusuri spesifikasinya dari GSM Arena, Infinix Note 10 Pro memang tidak disebutkan memiliki NFC sebagai salah satu sensor yang dibawakannya. Akan tetapi, varian yang masuk ke Indonesia diketahui memiliki nama Infinix Note 10 Pro NFC, yang artinya memang menyediakan fitur berguna tersebut.

Perlu diketahui, hadirnya NFC (Near Field Communication) akan sangat berguna bagi pengendara mobil yang suka parkir di mall ataupun melewati jalan tol. Pasalnya, NFC memungkinkan pengguna untuk mengecek serta mengisi saldo eMoney dan eToll dengan hanya menempelkan kartu ke bodi HP.

Sayangnya, Infinix Note 11 Pro yang hadir sebagai penerusnya justru tidak memiliki fitur NFC ini. Kami sudah mengonfirmasikan hal ini dengan menelusuri laman penjualan resmi di salah satu marketplace, dan di situ tertera bahwa Infinix Note 11 Pro memang tidak hadirkan NFC.

7. Harga Rilis

infinix-note-11-pro-layar_

Saat pertama hadir di pasar Indonesia, Infinix Note 10 Pro dibanderol dengan harga rilis Rp2,7 jutaan untuk versi 64 GB + RAM 6 GB, serta Rp2.999.000,- untuk varian 128 GB + RAM 8 GB.

Ya, karena ia suguhkan varian RAM dan memori internal lebih rendah, maka konsumen pun diberikan opsi harga yang lebih murah pula. Berbeda dengan Infinix Note 11 Pro yang memang hanya hadir pada satu varian saja yakni 128 GB + RAM 8 GB seharga Rp3.199.000,-.

Simpulan

Sudah pasti, keduanya merupakan perangkat yang bernilai jual tinggi dengan harga termurah yang bisa Anda bayangkan. Dengan kemampuan Helio G95 dan G96 milik keduanya, permainan seperti Genshin Impact pun tetap bisa dijalankan dengan lancar.

Pecinta fotografi juga bisa jadi lebih condong pada Infinix Note 10 Pro yang punya sensor ultrawide, atau justru lebih menyukai Infinix Note 11 Pro dengan sensor telefotonya.

Kemudian, perbedaan lainnya yang cukup menentukan adalah di sisi ketersediaan NFC. Di zaman sekarang, tampaknya Anda akan ketinggalan jauh jika tidak gunakan ponsel ber-NFC yang membuat Infinix Note 10 Pro terasa lebih menggiurkan.

Dari segi performa dan layar, keduanya bagai pinang dibelah dua. Kini tinggal Anda yang tentukan, apakah NFC sepenting itu untuk Anda? Lebih penting mana antara sensor ultrawide atau telefoto? Selamat memilih.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram