Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero X Neo Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Infinix memang belum pernah terjun ke segmen flagship dengan rentang harga Rp10 jutaan ke atas. Namun, mereka punya seri tertinggi yang konsisten dirilis tiap tahun. Seri itu adalah Infinix Zero. Indonesia pun selalu kebagian jatah HP ini sejak Infinix Zero 2 LTE meluncur pada 2015. Hanya beberapa seri Z saja yang sempat absen hadir di Indonesia.

Memasuki 2021, Infinix memperkenalkan tiga HP Infinix Zero X Series sebagai suksesor dari Infinix Zero 8. Dua HP di antaranya masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah Infinix Zero X Neo yang bakal kami bahas dalam artikel ini.

Kedatangan Infinix Zero X Neo membikin heboh para pencinta gadget. Alasannya tak lain karena HP ini dibekali kamera telefoto dengan kemampuan perbesaran optik. Hingga artikel ini ditulis, tidak ada satu pun HP di harga Rp3 jutaan dengan kamera jenis tersebut.

Keunikan pada sektor fotografi tersebut bisa jadi merupakan kelebihan dari Infinix Zero X Neo. Namun demikian, tentu HP ini punya hal menarik lain yang perlu Anda ketahui. Karena itu, simak artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Zero X Neo ini sampai habis guna mengetahui lebih dalam tentang si ponsel.

Spesifiksi Infinix Zero X Neo

Infinix Zero X Neo
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Infinix Zero X Neo

Infinix Zero Neo dirancang punya sebanyak mungkin keunggulan dibanding seri Infinix Smart, Hot, dan Note. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan keunggulan apa saja yang dimiliki si ponsel, sehingga membuatnya menarik untuk dimiliki.

1. Desain

desain zero x neo

Anda mungkin bakal pangling ketika melihat penampilan Infinix Zero X Neo yang tak seperti HP-HP kelas menengah lainnya. Pasalnya, HP ini mampu menawarkan kesan premium, khususnya untuk varian warna Bahamas Blue. Menurut kami, varian ini adalah yang paling spesial karena penutup belakangnya memiliki tekstur ala kulit sintetis.

Infinix mengklaim, materialnya memakai serat fiber. Tekstur yang ditimbulkan penutup ini mirip seperti OPPO Find X2 Pro. Beberapa penguji merasakan bahwa penutup belakang untuk varian Bahamas Blue menimbulkan kesan kesat, sehingga pengalaman menggenggam jadi menyenangkan. Selain itu, berkas sidik jari jelas gagal menempel.

Varian warna lain yang tidak kalah menarik adalah Nebula Black. Berbeda dari Bahamas Blue, Nebula Black memakai polesan glossy. Saat dilihat dari sudut yang berbeda, penutup belakang varian ini mampu menampakkan efek gemerlap bintang layaknya langit pada malam hari.

Satu varian lagi adalah Starry Silver. Varian ini punya penutup belakang dengan polesan warna dual tone, ada bagian yang punya warna dengan kontras tebal, ada yang diwarnai dengan kontras tipis. Bagi kami, varian ini adalah pilihan paling aman buat orang yang tak ingin neko-neko.

Beranjak ke modul kamera, tidak ada perbedaan ciri antarvarian. Semuanya memakai modul kamera dengan dua bagian. Bagian atas dengan kelir silver (perak), diisi satu lensa besar. Sementara itu, bagian bawah yang punya kelir hitam, disisi dua lensa kecil, lampu LED flash, dan keterangan soal spesifikasi kamera.

Tepi penutup belakang HP ini punya bentuk melengkung yang diteruskan ke area rangka. Pada area tersebut, Anda akan menemukan tombol pengatur volume dan tombol power di sisi kanan. Tombol power HP ini merangkap pula sebagai sensor pemindai sidik jari.

Geser ke bawah, ada jack audio 3,55 mm, mikrofon, port USB C, dan lubang speaker. Sisi kiri rangka HP ini ditempati laci dua kartu nanoSIM plus satu kartu microSD. Artinya, slot SIM di HP ini bukan hybrid.

Yang menarik, menurut pengamatan kanal YouTube TeknoLoGue, slot SIM HP ini sudah dilengkapi lapisan karet di bagian tepiannya. Hal ini memungkinkan agar ponsel terhindar dari insiden kemasukan air. Walau begitu, Infinix Zero X Neo memang belum punya sertifikasi ketahanan air. Adapun sisi atas HP ini mulus tidak ada apa-apa.

Balik ke area depan, gaya layar ala tetesan air tidak Anda temui pada Infinix Zero X Neo. Ya, layar si ponsel sudah mengusung lubang kamera (punch hole) di area tengah atas. Adapun pada bingkai atas layar si ponsel terdapat earpiece dan dua LED flash untuk kamera selfie khas Infinix.

2. Tampilan

layar Infinix Zero X Neo

Infinix Zero X Neo memang belum memakai panel AMOLED sebagaimana Infinix Zero X Pro. Panel yang dipakai adalah IPS LCD dengan bentang 6,78 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel). Kendati demikian, warna yang ditampilkan cukup vibrant (menyala) untuk kelas midrange.

Demikian seperti yang dituturkan Mouldie Satria dalam kanal YouTube Sobat Hape. Mouldie juga bilang bahwa layar HP ini juga responsif saat dipakai main gim.

Wajar bila itu terjadi, sebab menurut situs Kimovil, touch sampling rate Zero X Neo ada di angka 180 Hz. Tidak hanya itu, Infinix menjamin pengalaman navigasi yang mulus pada layar HP ini berkat dukungan refresh rate (laju penyegaran) 90 Hz.

Anda tidak perlu khawatir bila refresh rate tinggi bikin baterai jadi boros. Soalnya, Infinix sudah memberi akses di menu pengaturan agar Anda bisa menyetel refresh rate. Ada tiga opsi yang bisa dipilih, 90 Hz, 60 Hz, atau otomatis berpindah sesuai penggunaan.

Secara keseluruhan, kualitas tampilan di layar HP ini memang baik, bahkan ketika dipakai di luar ruangan kala siang hari. Kanal dari Malaysia, Lim Reviews, mengaku bahwa tampilan layar si ponsel cukup cerah. Seluruh konten yang ditampilkan bisa dilihat dengan baik meski berada di bawah terik matahari.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram