carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 11s NFC!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 25 November 2021

Yang murah dan berkualitas, apapun itu barangnya, sudah pasti akan menarik banyak perhatian. Tidak terkecuali sebuah smartphone. Seperti Infinix Hot 11s NFC ini contohnya, yang menawarkan banyak fitur penting dan menyenangkan terlepas harganya yang hanya sekitar 2 jutaan.

Kok bisa? Ya jelas saja, ia merupakan salah satu produk besutan Infinix, sang perusahaan benda elektronik asal Hong Kong yang terkenal karena harga-harga smartphone-nya yang ekonomis. Kalau tidak percaya, simak saja daftar HP Infinix terbaru. Murah-murah semua, bukan?

Infinix Hot 11s NFC juga hadir sebagai peningkatan dari Infinix Hot 11 yang dirilis secara nyaris bersamaan. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak spesifikasi, harga rilis di Indonesia, serta kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11s NFC. Apakah HP ini akan menjadi daily driver Anda yang berikutnya?

Spesifikasi Infinix Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Hot 11s NFC

Mau tahu apa saja hal-hal yang jadikan HP ini unik dan menarik? Langsung cari tahu saja pada poin-poin kelebihan Infinix Hot 11s NFC ini, ya!

1. Main Genshin Impact Lancar Berkat Helio G88

Ilustrasi chipset Helio G88

Pastinya, sebuah smartphone harus kuat untuk menunjang aktivitas yang cukup berat. Kini tuntutan untuk dapat memainkan game bergrafis tinggi pun tidak hanya dijatuhkan pada HP mahal saja. Dan di zaman sekarang, banyak HP entry level yang tawarkan performa tinggi. Infinix pun termasuk salah satu brand yang tidak mau ketinggalan.

Adalah Infinix Hot 11s NFC, sang HP 2 jutaan yang ditopang dengan chipset MediaTek Helio G88 sebagai dapur pacunya. SoC tersebut merupakan hasil peningkatan dari Helio G85, namun keduanya menyuguhkan tingkatan performa yang kurang lebih sama.

Baik Helio G85 maupun Helio G88 sama-sama dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm dan mendukung tipe memori internal eMMC 5.1. Bahkan keduanya masih pakai set arsitektur yang sama, yakni konfigurasi octa-core dengan dua unit performa ARM Cortex A75 (2 GHz), serta enam unit hemat daya Cortex A55 dengan frekuensi 1.8 GHz.

Helio G85 dan G88 pun sama-sama dibekali dengan GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali-G52 MP2 yang berlari pada frekuensi 1000 MHz.

Yang membuat Helio G88 lebih unggul adalah kemampuannya mendukung resolusi kamera utama maksimal 64 MP alih-alih 48 MP. Juga, kini Helio G88 mendukung layar FHD+ dan laju penyegaran 90 Hz sekaligus. Sekadar informasi, bahwa salah satu HP pertama yang memiliki Helio G88 adalah Redmi 10.

Sementara untuk kapasitas RAM dan memorinya, Infinix Hot 11s NFC tersedia pada varian RAM 4 GB/64 GB dan RAM 6 GB/128 GB. RAM ponsel ini mengusung jenis LPDDR4x Dual Channel sedangkan memori internal dengan standar eMMC 5.1.

Infinix Hot 11s NFC juga tentunya andalkan software yang mendukung untuk menunjang permainan, seperti Dar-Link Ultimate Game Booster yang dapat memacu kinerja CPU dan GPU, serta fitur lain yang dapat mematikan notifikasi saat permainan berlangsung.

Chipset Helio G88 sendiri mampu memainkan game berat seperti Genshin Impact, meskipun pada pengaturan grafis terendah (Lowest). Hal ini dibuktikan pada video YouTube lctfix.net yang menggunakan Redmi 10 (menggunakan chipset yang sama) untuk menjalankan game open-world tersebut.

Pada video, terlihat permainan berjalan dengan cukup lancar walau terkadang ada beberapa frame drop, terutama pada adegan yang intens. Kendati ini merupakan hasil pengujian Redmi 10, namun performa yang bisa Anda rasakan pada Infinix Hot 11s NFC kurang lebih sama karena sama-sama diotaki Helio G88.

2. Layar Lebar FHD+ dengan Refresh Rate 90 Hz

Layar Infinix Hot 11s NFC

Berkat penggunaan Helio G88, akhirnya Infinix Hot 11s NFC pun dikemas dengan layar Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz. Pasalnya, Helio G85 belum mendukung keduanya terjadi secara bersamaan.

Besarnya layar memang selalu jadi sorotan utama ponsel Infinix, contohnya saja seperti Infinix Hot 10s dengan layar 6,82 inci. Rupanya, Infinix Hot 11s NFC kembali dihadirkan dengan layar cukup lega, walau tidak selega pendahulunya.

Dengan bentang diagonal 6,78 inci, pengguna bisa merasakan kenikmatan content consumption dengan lebih khusyuk dan terhanyutkan. Sebagai informasi lanjutan, layar perangkat ini hadir pada aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel 399 ppi. Tidak berbeda jauh dengan Infinix Hot 11 reguler.

Untuk membuat layarnya terhindar dari kerusakan akibat tergores atau retak, Infinix menghadiahi ponsel ini sebuah lapisan pelindung NEG Dinorex T2X-1. Kaca pelindung ini bisa dianggap sebuah alternatif dari Gorilla Glass, dan dimaksudkan untuk perangkat yang membutuhkan layar dengan tingkat ketahanan terhadap goresan dan tindihan yang baik.

Dilansir dari PCMag, Dinorex disinyalir tidak hanya dapat menahan kaca dari goresan melainkan juga lebih jernih dan tanpa warna, sehingga kualitas warna dan ketajaman tampilan pada layar tidak terpengaruh oleh lapisan kaca tersebut.

Lebih lanjut lagi, Infinix Hot 11s NFC dilengkapi dengan touch sampling rate 180 Hz yang mampu hadirkan responsivitas sentuhan yang tinggi, baik saat navigasi maupun ketika sedang bermain game.

3. Salah Satu HP Termurah dengan Fitur NFC

Multi-functional NFC pada Infinix Hot 11s NFC

Di Indonesia, mulanya fitur NFC masih menjadi "barang mahal" yang sulit dijangkau. Awalnya ia hanya dimiliki oleh HP flagship terbaik, lalu mulai pada bermunculan pada ponsel mid-range.

Lambat laun, akhirnya cukup banyak ponsel murah yang mulai dibekali dengan fitur ini, termasuk Infinix Hot 11s NFC. NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang dapat menjalankan berbagai macam fungsi unik, salah satunya adalah bertukar data antar perangkat (keduanya harus sudah mendukung NFC), mengecek saldo pada eMoney dan eToll, dan masih banyak lagi.

Semua fitur NFC bisa diakses dengan hanya melakukan tap pada bagian belakang ponsel. Dan lagi, fitur yang hadir pada Infinix Hot 11s NFC adalah NFC Multifunction yang artinya ia bisa digunakan untuk menyalin kredensial kartu apartemen dan kantor. Sehingga, Anda bisa membuka pintu tanpa perlu bawa kartu akses. Tinggal tempelkan ponsel dan pintu pun terbuka.

Cara mengaktifkan fitur NFC pun cukup mudah. Anda bisa mengetahuinya pada artikel ini (beserta seluk-beluk mengenai fitur apa saja yang menjadi mungkin berkat adanya NFC).

4. Baterai 5.000 mAh yang Super Awet

Baterai Infinix Hot 11s NFC yang awet

Infinix Hot 11s NFC ditopang dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang terbilang besar. Meski lebih rendah ketimbang Infinix Hot 11 biasa, namun 5.000 mAh adalah kapasitas yang cukup untuk bisa mentenagai ponsel seharian penuh. Tentunya awet tidaknya baterai tergantung pada pemakaian juga.

Pihak perusahaan mengklaim jika Infinix Hot 11s NFC ini dapat bertahan hingga 60 hari lamanya pada mode siaga (stand-by). Tentu sebuah durasi yang awet sekali, bukan?

Lalu saat ponsel dipakai bermain game, baterai bisa bertahan sekitar 13 jam. Adapun pemakaian lainnya seperti pemutaran musik, bisa bertahan selama 142 jam dan saat melakukan panggilan pun Infinix Hot 11s NFC tetap hadirkan durasi panjang yakni 51 jam.

Besarnya durasi penggunaan tidak lain tidak bukan karena adanya fitur Teknologi Power Marathon yang diklaim dapat meningkatkan ketahanan baterai saat sedang berada di angka 5%.

5. Pemindai Sidik Jari di Samping

Infinix Hot 11s NFC sensor sidik jari di samping

Tanpa adanya sensor sidik jari, pengguna harus mengandalkan PIN, kata sandi, atau pattern untuk membuka kunci layar. Alternatif lainnya adalah dengan gunakan Face Unlock, namun inipun tidak setiap saat bisa diandalkan, terutama saat di luar rumah di mana semua orang selalu memakai masker.

Maka dari itu, tentu sebuah kabar baik bahwa Infinix Hot 11s NFC sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari di samping alias side-mounted fingerprint. Seperti ponsel dengan sensor sidik jari di samping pada umumnya, Infinix juga menyatukan sensor ini dengan tombol power.

Dibandingkan dengan Infinix Hot 11 biasa yang menaruh sensor ini di belakang, Infinix Hot 11s NFC terlihat lebih bagus dan elegan. Sebab, tidak ada ceruk atau indentation sama sekali di bodi belakang sehingga membuatnya tampak lebih bersih, mulus, dan simpel.

6. Kemampuan 50 MP Triple Camera yang Solid

Kemampuan Kamera Infinix Hot 11s NFC yang Solid

Jika mencari HP murah yang bisa sekaligus digunakan untuk alat fotografi, Infinix Hot 11s NFC terbilang cukup bagus. Resolusi lensa utama 50 MP jelas merupakan peningkatan drastis dibanding Infinix Hot 11 yang hanya dibekali kamera utama 13 MP.

Keberadaan sensor 50 MP di ponsel 2 jutaan mengingatkan kami akan Redmi 10 yang memang punya banyak kesamaan dengan HP ini. Cukup jarang ponsel dengan harga ekonomis yang hadirkan resolusi tinggi. Itu mengapa Redmi 10 dan Infinix Hot 11s NFC sungguh membekas di benak kami.

Kamera 50 MP ini memiliki bukaan diafragma f/1.6 yang disandingkan dengan dua lensa pendamping yakni sensor depth (kedalaman) berkekuatan 2 MP, serta satu lensa kamera yang kurang begitu jelas besaran resolusi dan fungsinya. Namun jika menilik pada landing page resminya, lensa ini disebut sebagai Lens AI untuk fungsi pengenalan scene.

Bukan itu saja, di samping ketiga kamera tersebut, ada Quad LED Flash yang akan semakin meningkatkan kualitas dan hasil foto, terutama pada kondisi minim pencahayaan. Kemampuan kamera yang baik juga turut dirasakan pada sensor depan berkekuatan 8 MP f/2.0 yang hadir dengan Dual Star Light agar hasil selfie tetap jernih dan memukau pada malam hari.

Dan untuk memberikan hasil rekaman video yang lebih tajam, kamera depan dan belakang HP ini mendukung resolusi hingga 2K. Rasanya ini menjadi sebuah aspek kamera yang unik, terutama untuk HP entry level yang seringkali hanya menghadirkan fitur kamera yang biasa-biasa saja.

7. Desain Mewah dengan Kamera Depan Punch Hole

Desain bodi dan varian warna purple Infinix Hot 11s NFC

Ponsel seharga 2 jutaan umumnya masih menggunakan desain waterdrop notch alias poni tetesan air sebagai rumah bagi kamera selfie. Bentuk desain seperti itu juga bisa dinamakan sebagai Infinity-U Display.

Kendati demikian, Infinix Hot 11s NFC rupanya tidak ingin sama dengan yang lain. Ia pun hadir dengan desain punch hole yang lantas menjadikannya terlihat mewah dan memiliki harga lebih mahal daripada kenyataannya.

Berkat sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol Power di samping, bodi belakang pun terlihat lebih berestetika dan mudah dibuat matching dengan warna casing yang Anda pilih.

Bodi HP ekonomis ini tentunya terbuat dari bahan material plastik polikarbonat. Walau tidak terlihat premium seperti HP dengan material kaca, namun bahan plastik akan membuat ponsel lebih kokoh dan membuatnya tidak sulit dalam mendapatkan sinyal seluler.

Untuk menjaga agar bodi tidak mudah ternodai bekas sidik jari, Infinix Hot 11s NFC juga dikemas dengan bodi berpola garis vertikal. Sedangkan untuk varian warnanya, HP ini menawarkan opsi Green Wave, Polar Black, dan Purple.

8. Dual Stereo Speaker yang Menggelegar

Kehadiran stereo speaker pada Infinix Hot 11s NFC

Selain menawarkan 3.5 mm jack audio port yang bisa dihubungkan dengan aksesoris audio eksternal seperti earphone dan speaker, Infinix Hot 11s NFC juga siap membuat hari-hari Anda lebih semangat dengan kehadiran stereo speaker. Di saat menonton film action yang penuh dengan keseruan, suara dari speaker ganda ini akan membuat semuanya lebih terasa nyata.

Speaker stereo tersebut ditenagai dengan teknologi DTS (Digital Theater System) sehingga tipe suara bisa dipersonalisasikan pada kegiatan-kegiatan spesifik, seperti menonton film ataupun mendengarkan lagu. DTS juga akan meningkatkan kualitas suara agar terdengar lebih menggelegar sekaligus jernih.

Kekurangan Infinix Hot 11s NFC

Konon katanya, tidak ada gading yang tidak retak. Jelas saja hal ini bisa diterapkan pada Infinix Hot 11s NFC yang memiliki kodrat sebagai HP di harga terjangkau. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beli Infinix Hot 11s NFC.

1. Gyroscope Masih Berupa Software

Infinix Hot 11s NFC

Sensor pada smartphone berguna untuk menunjang beberapa fungsi penting. Infinix Hot 11s NFC sendiri telah dibekali dengan e-compass, proksimitas, sensor cahaya, serta akselerometer. Perangkat ekonomis ini juga sebenarnya sudah mengantongi sensor gyroscope yang berguna untuk mendeteksi adanya rotasi dan pergerakkan pada perangkat.

Imbasnya, gyroscope pun jadi sebuah aspek penting pada permainan PUBG Mobile, yakni untuk mengontrol arah bidikan crosshair dengan cara menggerakkan ponsel. Yang jadi permasalahan, fungsi gyroscope pada Infinix Hot 11s NFC diemulasikan dengan software, sehingga kinerjanya pun tidak akan semulus sensor gyroscope sungguhan.

2. Fast Charging 18W, Bukan yang Terbaik di Kelasnya

Infinix Hot 11s NFC 18W Fast Charging dan USB-C Blind Mating

Di zaman yang perkembangannya serba pesat seperti sekarang, kini warga pun tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi daya smartphone. Oleh karena itu banyak perusahaan yang berusaha memboyong fitur fast charging pada setiap produknya, baik itu yang berada di rentang harga murah, menengah, maupun premium.

Infinix Hot 11s NFC sendiri dihadirkan dengan kemampuan pengisian daya 18W yang tampaknya dapat mengisikan baterai ponsel hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam lebih. Sayangnya, ini bukanlah kemampuan fast charging terbaik yang bisa Anda temukan di rentang harga segini.

Sudah ada Redmi Note 10 dengan fast charging 33W yang tampaknya akan lebih cocok untuk Anda jika memang mencari ponsel yang cepat diisi hingga penuh tanpa buat kantong jebol.

Simpulan

Sudah jelas, bahwa Infinix Hot 11s NFC layak dianggap sebagai rajanya entry level berkat beragam fiturnya yang tidak mengecewakan. Di harga termurahnya (MSRP) yang sebesar Rp2.099.000,- (RAM 6 GB + penyimpanan 64 GB), kapan lagi Anda bisa dapatkan fitur NFC?

Juga, pengguna turut akan rasakan performa canggih berkat chipset Helio G88 berkualitas yang siap memainkan game-game eSport ternama dengan lancar, seperti MLBB ataupun PUBG Mobile. Dan bila butuh layar yang bisa berikan immersion secara mendalam, layar 6,78 inci milik Infinix Hot 11s Pro ini tentu akan jadi teman menonton paling menghibur.

Apalagi dikombinasikan dengan kualitas suara stereo speaker yang berkualitas, sungguh sebuah paket lengkap untuk muda-mudi yang hobi binge-watching dan mejeng di aplikasi TikTok. Ada pertanyaan seputar Infinix Hot 11s NFC? Jangan sungkan hubungi kami lewat kolom komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram