Carisinyal / Infinix 2020 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 8

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 8

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Infinix sudah cukup banyak merilis ponsel pada tahun 2020, sekarang ditambah lagi dengan kehadiran Infinix Zero 8 yang memasuki segmen harga mid-range.

Untuk pertama kalinya, Infinix menambahkan salah satu fitur unik yang tidak pernah dilakukan merk Tiongkok ini sebelumnya. Apakah Itu? Anda bisa mengetahuinya dengan membaca poin-poin kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 8 yang telah kami sajikan pada artikel ini.

Spesifikasi Infinix Zero 8

Infinix Zero 8

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.85 inches
  • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 68 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: Dual 48 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Infinix Zero 8

Kira-kira apakah Infinix Zero 8 mengungguli para pesaingnya di rentang harga yang sama? Ketahui beberapa kelebihan Infinix Zero 8 berikut ini.

1. Performa Chipset Menakjubkan

infinix zero 8 helio g90t

Untuk penggemar Infinix yang tak sabar mencicipi performa dari Infinix Zero 8, ada kabar gembira untuk Anda. Pasalnya, perangkat mid-range ini sudah dibekali dengan kehadiran chipset bertenaga di kelasnya, yakni MediaTek Helio G90T dengan manufaktur 12 nm.

Walau tidak membawa chipset Helio G95 seperti Realme 7, perbedaan performa di antara kedua SoC ini terlalu sedikit untuk dijadikan persoalan.

Sama seperti Helio G95, chipset G90T juga dibekali dengan 8 inti CPU yang terdiri dari 2 inti ARM Cortex A76 (2.05 GHz) dan 6 inti ARM Cortex A55 (2.0 GHz). Sementara itu, perangkat juga membawa GPU berjenis Mali G76 MC4 dengan clock speed 800 MHz.

Ini adalah salah satu chipset terbaik di kelas harga menengah, dan Anda pun dijamin mampu memainkan berbagai game berat ataupun aktivitas-aktivitas modern seperti mengedit foto dan video.

infinix zero 8 antutu8

* sumber: www.gsmarena.com

Dilihat dari perbandingan benchmark AnTuTu v8 di atas, Infinix Zero 8 cukup mampu berada di deretan atas di kalangan ponsel harga menengah, membawa skor 282.348 poin. Masih sedikit di bawah Redmi 6 dengan chipset yang sama, tapi skor ini tetap terbilang besar untuk HP sekelasnya.

GSMArena pun mengatakan bahwa pengguna bisa mengharapkan pengalaman yang mulus saat bermain game-game berat dan terbaru, menjadikan Infinix Zero 8 salah satu kontestan yang unggul dari segi performa.

2. Laju Penyegaran 90 Hz

infinix zero 8 laju penyegaran 90 hz

Bermain game di HP kini ada cara yang lebih menyenangkan, yakni menggunakan laju penyegaran tinggi pada layar. Ya, alih-alih sekadar menghadirkan 60 Hz yang standar dimiliki semua HP, Infinix Zero 8 juga menyediakan opsi refresh rate 90 Hz. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah ada laju penyegaran 90 Hz pada ponsel Infinix.

Keberadaan fitur ini sungguh menambah kenyamanan dan juga berpengaruh pada performa gaming, karena pergerakan layar bisa dilakukan dengan lebih cepat dan membuat tampilan terasa lebih mulus dari biasanya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan advantage saat bermain game secara serius, Infinix Zero 8 juga cocok dipakai berkat touch sampling rate yang sebesar 180 Hz. Dengan begini, layar pun bisa menangkap perintah jari tangan Anda dengan lebih cepat alias tanpa delay.

3. Kapasitas Baterai Besar

infinix zero 8 baterai

Ingin bermain game atau binge-watching berjam-jam? Gunakan saja Infinix Zero 8 yang sudah disertakan dengan baterai Li-Po berkapasitas 4.500 mAh.

GSMArena mengatakan kalau Infinix Zero 8 memiliki ketahanan baterai yang menakjubkan, baik saat berada di mode laju penyegaran 60 Hz maupun 90 Hz.

Tercatat bahwa Infinix Zero 8 mampu meraih endurance rating dengan durasi 116 jam pada 90 Hz. Sedangkan untuk refresh rate 60 Hz, durasi ini sedikit meningkat yakni selama 124 jam.

Seorang YouTuber bernama Izzi Boye pun membuktikan kebolehan Infinix Zero 8 dalam mempertahankan daya baterainya saat dipakai gaming. Perangkat dipakai memainkan sejumlah game berat seperti PUBG Mobile, COD Mobile, dan PES selama 2 jam dalam mode 90 Hz.

Hasilnya, Infinix Zero 8 menunjukkan sisa baterai di angka 53%. Ini tentunya merupakan sebuah ketahanan baterai yang cukup unggul pada laju penyegaran 90 Hz

4. Fast Charging Unggul

infinix zero 8 fast charging

Semua orang tentu menginginkan durasi pengisian daya yang cepat. Ini juga yang membuat Infinix Zero 8 sangat layak dipilih, karena ia membawakan fast charging berdaya 33W yang sangat unggul di kelasnya.


Untuk ponsel di harga Rp4 jutaan, rata-rata HP sudah termasuk kategoris bagus saat menawarkan daya 18 W. Nah, dengan pengisian daya 33W milik Infinix Zero 8, Anda bisa mengisi daya hampir dua kali lipat ketimbang HP lain kebanyakan.

Diketahui dari sebuah video pengetesan oleh Valor Reviews, bahwa perangkat ini bisa dicas hingga penuh hanya dalam waktu 1 jam 12 menit saja. Durasi pengisian daya yang cukup singkat dan patut diapresiasi.

5. Ukuran Layar Lebar

infinix zero 8 layar lebar

Infinix Zero 8 memiliki ukuran bentang layar yang terbilang tidak biasa. Bagaimana tidak? Sementara kebanyakan HP lain hanya menghadirkan ukuran tidak jauh dari 6,5 inci, perangkat ini malah membawakan layar IPS LCD 6,85 inci.

Kehadiran layar super lebar ini tentu sangat berguna untuk menonton film di HP bersama teman. Dan, kini melakukan aktivitas biasa seperti browsing dan bermedsos ria dijamin lebih puas.

Pasalnya, layar yang lebih besar bisa menampilkan konten lebih banyak lagi dalam satu tampilan layar. Adapun resolusi yang dihadirkannya merupakan Full HD+ alias 1080 x 2460 piksel, dengan kerapatan dot sebesar 392 ppi.

6. Dual Front Camera

infinix zero 8 dual front camera

Bagi Anda yang pecinta kegiatan selfie, pastinya tidak mau ketinggalan soal HP Infinix yang satu ini. Ya, Infinix Zero 8 memang dirancang agar pengguna dapat menikmati hasil selfie yang optimal berkat kehadiran dual front camera dalam bentuk punch hole.

Sebagai kamera utamanya, tersemat sensor sebesar 48 MP dengan ukuran sensor 1/2.0 inci dan apertur f/2.2. Anda pun dapat melakukan selfie dengan sudut keluasan yang lebar menggunakan sensor ultra-wide berkekuatan 8 MP.

GSMArena mengatakan kalau kemampuan kamera selfie-nya sangat bagus, dengan ketajaman, akurasi warna, serta kejelasan detil yang mengagumkan.

Autofokusnya pun mampu mendeteksi objek foto dengan cepat, dan fitur Auto HDR yang dimilikinya bisa menyeimbangkan komposisi cahaya pada foto, terutama saat sumber cahaya berasal dari belakang objek. Berikut adalah beberapa sampel hasil selfie-nya.

infinix zero 8 camera selfie ultra lebar hdr

* sumber: www.gsmarena.com

infinix zero 8 camera selfie

* sumber: www.gsmarena.com

7. Desain Bodi Belakang Stylish

infinix zero 8 design

Dengan tren HP berkamera empat yang sedang merajalela di pasaran belakangan ini, kebanyakan ponsel hampir memiliki desain modul yang sama. Entah itu modul persegi memanjang, ataupun berbentuk persegi. Nah, ada yang unik dengan HP Infinix yang satu ini, yakni desain bodi belakangnya.

Perangkat menghadirkan modul empat kamera belakang dalam bentuk berlian yang disimpan agak ke atas. Sementara di bawahnya, ada semacam guratan geometris yang memisahkan bagian atas dan bawah, menghadirkan dua warna yang terpisah. Dipadankan dengan tulisan Infinix pada bagian bawah, keseluruhan tampilan Infinix Zero 8 sangat terlihat bergaya dan premium.

Kekurangan Infinix Zero 8

Selain dari kelebihannya, Infinix Zero 8 rupanya memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kalah saing, seperti yang bisa Anda ketahui dari poin-poin berikut ini.

1. Kualitas Tampilan Layar Kurang Bagus

infinix zero 8 layar kualitas

Sebelumnya sempat dikatakan kalau Infinix Zero 8 menghadirkan layar dengan ukuran yang besar. Tapi sayangnya, besarnya ukuran tidak membuat layar ini mampu menghadirkan tampilan yang bagus.

Layar memiliki sedikit isu mengenai keterbacaan teks. Rupanya piksel pada layar memiliki kecepatan respon yang lambat, isu yang hadir pada laju penyegaran 60 Hz dan 90 Hz.

Selain tulisan yang menjadi sulit dibaca dari waktu ke waktu, ada juga masalah terkait dengan tingkat kecerahan layar di mana perangkat hanya meraih angka 450 nits.

2. Speaker Agak Mengecewakan

infinix zero 8 speaker

Untuk Anda yang sering mendengarkan lagu, bermain game, ataupun menonton film tanpa earphone, tentu memerlukan ponsel dengan kualitas speaker yang bagus. Infinix Zero 8 sendiri hanya dibekali dengan speaker mono, dan volume maksimal yang dihadirkan juga tidak begitu keras.

Kualitas suara yang dihasilkan agak cempreng, namun Anda bisa mengaktifkan DTS equalizer yang bisa sedikit menambah kualitas pada suara bass-nya. Secara keseluruhan, untuk HP pada harga yang ditawarkannya, Infinix Zero 8 kurang mampu memberikan kualitas suara yang layak.

3. Kamera Belakang Tergolong Kurang Baik

infinix zero 8 dual front camera

Walaupun Infinix Zero 8 memiliki kemampuan kamera selfie yang bagus, rupanya hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk mendeskripsikan kamera belakang. Infinix Zero 8 nampaknya memiliki masalah di bagian reproduksi warna, dan foto yang dihasilkannya kurang mampu menjaga detil.

Ini bukanlah ponsel dengan kamera terbaik jika Anda ingin warna-warna pada subjek untuk keluar dengan tajam. Walau begitu, kamera pada ponsel ini masih cukup layak untuk menjalankan fungsinya sehari-hari.

Sebagai informasi, konfigurasi empat kamera untuk ponsel ini terdiri dari sensor utama 64 MP F/1.9 dengan ukuran sensor 1/1.73 inci, kamera ultra lebar F/2.3, dan dua lensa lainnya beresolusikan 2 MP. Berikut adalah hasil contoh sampel dari kamera belakang.

infinix zero 8 kamera utama

Infinix Zero 8 kamera utama. * sumber: www.gsmarena.com

infinix zero 8 camera ultra lebar

Infinix Zero 8 kamera ultra lebar. * sumber: www.gsmarena.com

Simpulan

Infinix Zero 8 adalah ponsel yang sangat menarik untuk Anda yang hobi melakukan selfie. Hal ini berkat keberadaan kamera depan dengan lensa ultra-wide sebagai kamera kedua.

Di pasar harganya, ini adalah salah satu ponsel menengah terbaik yang menghadirkan fast charging cukup unggul dan ketahanan baterai cukup awet. Ditambah lagi, keberadaan laju penyegaran 90 Hz dan chipset Helio G90T membuat ponsel sungguh layak dipakai main game.

Hanya saja, cukup banyak keanehan yang terjadi pada layarnya dengan tingkat kecerahan yang kurang baik. Kamera belakangnya pun sayangnya terbilang kurang untuk HP selevel harganya. Apakah Anda tertarik? Miliki ponsel ini seharga Rp3,8 juta dengan mengklik link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *