Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10s NFC!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Infinix telah melahirkan dua ponsel seri Infinix Hot 10 pada semester pertama 2021. Dua ponsel itu adalah Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 10s. Walau dua ponsel sudah meluncur, Infinix nyatanya belum puas.

Satu ponsel bernama Infinix Hot 10s NFC akhirnya menjadi anggota baru dalam keluarga seri Infinix Hot 10. Sebagaimana namanya, HP ini memiliki konektivitas NFC alias Near Field Communication.

Fitur NFC tentu saja menambah daya tarik si ponsel mengingat di kelas entri tidak banyak HP yang sudah mendukung. Umumnya NFC baru bisa ditemui pada HP di level menengah ke atas. Namun demikian, NFC bukanlah satu-satunya kelebihan yang dipunyai Infinix Hot 10s NFC.

Ada beragam kelebihan yang bakal Carisinyal uraikan dalam artikel ini. Catatan-catatan penting lain juga akan kami sertakan, yang mungkin saja itu menjadi poin kekurangan bagi Anda. Simak spesifikasi ringkas si HP berikut ini sebelum masuk ke topik utama.

Spesifikasi Infinix Hot 10s NFC

  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,82 inci, HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC, hingga 512 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + Lensa AI
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Infinix Hot 10s NFC

Produsen pasti sudah berpikir matang ketika hendak bersaing di segmen terjangkau. Harga harus murah, tapi fitur-fitur esensial tak boleh hilang. Hasilnya seperti Infinix Hot 10s NFC yang poin-poin kelebihannya segera Anda simak di bawah ini.

1. Desain Menarik

Desain dan bentuk Infinix Hot 10s NFC memang tidak ada bedanya dengan Infinix Hot 10s. Benar saja, bahkan Anda mungkin akan bingung jika diminta untuk mencari tahu mana yang Hot 10s dan mana yang Hot 10s NFC.

Jati diri desain Infinix Hot 10s NFC (dan juga saudara kandungnya itu) ada di penutup belakang. Infinix memberi corak berlian dengan motif kecil-kecil yang menyambung, mirip jaring-jaring.

Infinix menyebut, desain tersebut terinspirasi dari dataran garam terluas di dunia yang ada di Salar de Uyuni, Bolivia. Daerah indah tersebut dinilai sangat memukau karena penuh cahaya dan bayangan. Hal itu karena datarannya menjelma seperti cermin yang memantulkan apa saja yang ada di atasnya.

Corak penutup belakang yang indah tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi pemilik Infinix Hot 10s NFC. Infinix juga tidak mencoba neko-neko memberi aksen tertentu yang justru membuat si HP terlihat sederhana dan elegan.

Selain corak indah, sisi belakang HP ini terdapat modul kamera persegi panjang berkelir hitam dan sensor pemindai sidik jari. Keduanya menempati permukaan penutup belakang yang terbuat dari bahan polikarbonat.

Polikarbonat juga jadi bahan yang digunakan untuk rangka si HP. Sisi kanan rangka itu diisi tombol power dan pengatur volume. Sisi kiri ditempati slot dua kartu SIM plus satu microSD.

Sisi atas kosong, sedangkan sisi bawah terdapat jack audio 3,5 mm, mikrofon, port microUSB, dan lubang speaker. Sementara itu, bagian depan HP ini ada layar dengan gaya ala tetesan air.

Cekungan ala tetesan air itu jadi rumah buat kamera depan. Nah, tepat di atas kamera depan, ada earpiece dengan dua lampu flash di kiri dan kanannya. Dua lampu flash tersebut bisa difungsikan untuk menerangi wajah saat berfoto selfie serta jadi penanda notifikasi masuk.

Adapun pilihan warna yang diberikan untuk penutup belakangnya terbilang kalem. Pilihan warna itu yakni Morandi Green, 7° Purple, Heart of Ocean, dan 95° Black, sama seperti Infinix Hot 10s.

2. Tampilan 90 Hz

Layar dengan jenis panel IPS LCD menempati sektor tampilan Infinix Hot 10s NFC. Ukuran bentangnya 6,82 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1640 piksel). Ukuran tersebut tergolong besar, melebihi rata-rata ponsel masa kini.

Sebagian orang akan senang dengan layar yang besar, terutama mereka yang suka menonton video atau bermain game. Namun, bukan ukuran yang paling ditonjolkan Infinix pada ponsel ini.

Melainkan laju penyegaran (refresh rate) dan touch sampling rate-nya. Untuk laju penyegaran, layar Hot 10s NFC mendukung 90 Hz. Imbasnya, pengalaman bernavigasi, bermain gim, dan menyaksikan konten animasi akan kian mulus.

Jangan khawatir bila refresh rate 90 Hz bakal bikin baterai jadi boros. Pasalnya, Infinix sudah membekali HP ini dengan fitur Auto switch refresh rate.

Fitur ini secara otomatis akan menyetel refresh rate layar sesuai dengan konten yang ditampilkan. Kalau Anda sedang ingin berhemat daya, ada opsi menyetel sendiri ke mode 60 Hz di menu pengaturan.

Sementara itu, soal touch sampling rate, layar Infinix Hot 10s NFC sudah tembus 180 Hz. Memang belum setinggi HP gaming mahal yang umumnya 240 Hz ke atas. Namun, 180 Hz sudah lebih dari cukup untuk membuat layar HP ini cukup responsif dalam menerima perintah dari sentuhan jari Anda.

3. Performa Mumpuni

Infinix Hot 10s NFC memakai SoC yang sama dengan Infinix Hot 10s, yakni MediaTek Helio G85. Karena itu, performa yang muncul pastinya bakal mirip-mirip.

Helio G85 adalah SoC delapan inti yang dibikin dengan proses fabrikasi 12 nm. Di dalamnya terdapat dua klaster inti CPU. Inti performa diisi dua Cortex A75 2,0 GHz, sedangkan inti hemat daya memakai empat Cortex A55 1,8 GHz.

Keberadaan SoC Helio G85 menjadi daya tarik tersendiri bagi Hot 10s NFC Maklum saja, SoC ini diyakini mampu menghadirkan performa mumpuni dan tidak boros konsumsi daya.

Wajar bila banyak HP yang memercayakan sektor dapur pacunya pada Helio G80. Beberapa di antaranya bahkan punya harga jual mencapai dua kali lipat dari Hot 10s NFC, bahkan lebih.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram