Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero X Pro!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix merupakan brand ponsel pintar Android dengan salah satu perkembangan paling pesat di industri. Sejak kemunculannya di pasaran pada tahun 2013, Infinix kerap dikenal dengan harganya yang terjangkau, terutama pada seri Smart, Hot, dan Note.

Tapi tahukah Anda? Infinix juga memiliki seri yang terbilang premium, memberikan spesifikasi unggul di rentang harga menengah. Seri ini dinamakan dengan Infinix Zero. Dan seperti seri-seri lain pada umumnya, Infinix selalu memberikan pembaharuan portofolio produk secara berkala.

Di tahun 2021, lahirlah Infinix Zero X series yang terbagi menjadi tiga anggota yakni Infinix Zero X reguler, Infinix Zero X Pro, dan Infinix Zero X Neo. Di antara ketiganya, varian Pro adalah yang menawarkan spek paling bagus, terutama dari segi fotografinya.

Penasaran dengan apa saja kebaikan yang diberikan ponsel ini? Yuk, simak selengkapnya pada kelebihan dan kekurangan Infinix Zero X Pro berikut!

Spesifikasi Infinix Zero X Pro

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Zero X Pro

Mau tahu apa yang jadi daya tarik utama pada Infinix Zero X Pro? Yap, kali ini bukan terletak pada ukurannya yang besar seperti varian Note dan Hot, melainkan pada kameranya. Seperti apakah persisnya? Yuk simak kelebihan-kelebihan berikut ini!

1. Hadir dengan Lensa Utama 108 MP, Periskop Telefoto, dan OIS

Mencari HP Infinix yang bisa diajak berfoto ria secara profesional? Anda bisa pertimbangkan Infinix Zero X Pro yang memang dirancang untuk fotografi. Kamera utamanya menggunakan lensa 108 MP yang lebih besar dari varian regulernya (64 MP).

Lensa 108 MP tersebut memiliki bukaan f/1.8 pada ukuran sensor 1/1.52 inci, dan sudah mengemas fitur OIS (optical image stabilizer) agar kamera tidak begitu goyang akibat tangan pengguna yang tidak stabil. Alhasil, foto yang dihasilkannya pun aman dari blur.

Sebagai kamera keduanya, hadir lensa periskop telefoto berkekuatan 8 MP pada diafragma f/3.4 dengan focal length 125 mm dan fitur PDAF. Kemampuan zoom optiknya bisa dilakukan sampai 5 kali tanpa membuat fotonya buram.

Oh ya, tentu saja lensa jarak jauh ini sudah mengemas OIS juga. Di sisi lain, Anda pun juga bisa melakukan zoom hibrida maksimal hingga 60 kali.

Barulah pada lensa ketiga, dikemas kamera 8 MP pada fungsi makro yang memiliki bukaan f/2.3 dan ukuran sensor 1/4.0 inci, mampu memperluas bidang pandang kamera pada sudut 120 derajat.

Ketiga lensa ini merupakan konfigurasi Triple Camera yang daging banget, alias tidak ada satu pun lensa yang tidak penting seperti lensa depth ataupun makro yang sebenarnya bisa diintegralkan pada software. Ini menandakan bahwa sistem kamera pada Infinix Zero X Pro merupakan sebuah real deal dan bukan sekadar gimmick.

Kemampuan videonya pun unggul, meskipun ia tidak dapat merekam video HDR10+ recording seperti HP kelas atas pada umumnya, namun Infinix Zero X Pro sudah mendukung hingga resolusi 4K@30FPS. Dengan resolusi yang tinggi, video yang Anda rekam bisa dinikmati pada TV 4K saat ada acara keluarga.

Adapun di bagian kamera depan, tersemat lensa punch hole berkekuatan 16 MP (wide) yang dilengkapi dengan Dual LED Flash dan kemampuan perekaman video 1080p pada frame rate 30 FPS.

Kamera periskop telefoto di HP ini disebut dengan 60X Periscope Moonshot Camera, yang memang dikhususkan juga untuk mengambil gambar bulan di malam hari dengan hasil yang mendekati aslinya.

Ini berkat hadirnya Galileo Algorithm Engine yang mencakup beragam algoritme penting untuk bisa menangkap detail bulan dengan baik, seperti Lunar Exposure And Focus Locking System, Moon Revolution Elimination, Lunar Detail Protection, dan juga AI Deep Learning.

Hasil foto dari kameranya ini sangat bagus, menurut yang dipaparkan seorang YouTuber bernama Unbox PH. Baik itu kamera utama, pemotretan bulan, maupun mode malam, semua mampu memberikan hasil foto tanpa begitu banyak noise. Detil dan exposure-nya pun cukup baik di kelasnya. Berikut sampel foto yang dilansir dari Unbox PH.

Sumber: YouTube/Unbox PH
Main Camera
Sumber: YouTube/Unbox PH
60x Moonshot
Sumber: YouTube/Unbox PH
Night Mode

2. Kinerja Chipset Helio G95 yang Cukup Bertenaga

Dari segi performa, Infinix Zero X Pro ini tidak berbeda dengan varian regulernya, masih sama-sama mengandalkan MediaTek Helio G95 yang hadir dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini biasa digunakan pada ponsel mid-range, seperti yang digunakan pada realme 8, realme Narzo 30, dan juga Infinix Note 10 Pro.

Sebagai perbandingan, chipset Helio G95 ini memiliki kemiripan kinerja dengan Snapdragon 730. SoC yang juga menghadirkan kartu pengolah grafis Mali G76 MC4 ini hadir dengan delapan inti prosesor yang mencakup dua unit Gortex A76 (2.05 GHz) serta enam unit hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz).

Untuk menunjang aktivitas multitugas, Infinix Zero X Pro dikemas dengan kapasitas RAM 8 GB berjenis LPDDR4x Dual Channel dengan frekuensi 2133 MHz. Sedangkan pada memori internalnya, tersedia opsi kapasitas 128 GB dan 256 GB pada standar UFS 2.2. Anda pun dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan ini dengan microSD pada slot eksternal hingga 512 GB.

Ponsel yang beroperasi pada XOS 7.6 berbasiskan Android 11 ini dapat meraih skor benchmark cukup tinggi, seperti yang dilansir dari nanoreview. Pada benchmark Geekbench 5, ponsel ini meraih 447 (single core) dan 1164 (multi-core). Sedangkan untuk pengujian AnTuTu v8.3.4, ponsel mendapatkan skor 305.602.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram