carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Smartphone / Mari Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 10 Pro

Mari Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 10 Pro

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Siapa yang tidak tahu Infinix? Yap, Infinix adalah sebuah vendor ponsel pintar asal Hong Kong yang beberapa tahun ini rutin menelurkan produk unggulan dengan suguhan teknologi mutakhir namun dengan harga terjangkau. Tepat pada Mei 2021, perusahaan ini secara resmi mengumumkan produk barunya yang bernama Infinix Note 10 Pro.

Membawa title 'Pro', perangkat ini tidak main-main dalam menyuguhkan konfigurasinya dalam banyak aspek. Ponsel dengan dimensi 172.8 mm x 78.3 mm membawa sejumlah sensor antara lain pemindai sidik jari samping, accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

Pada sisi bawah perangkat telah dimeriahkan oleh port USB-C, kisi-kisi speaker, dan jack audio 3,5 mm. Ponsel pintar yang punya cangkang berwarna gradien mulai dari Black, Purple, dan Nordic Secret, dapat kamu bawa pulang dengan menyiapkan dana sekitar Rp 2,9 jutaan untuk satu unitnya.

Bagi kamu yang penasaran akan spesifikasi dari ponsel garapan Infinix ini, langsung saja baca pembahasannya di bawah ini:

Spesifikasi Infinix Note 10 Pro

  • Rilis: Mei 2021
  • Layar: 6,95 inci, IPS LCD, Full HD+
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 6 GB, 6 8B
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Infinix Note 10 Pro 

Mengetahui seluk-beluk Infinix Note 10 Pro di atas, pastinya kamu secara tidak langsung telah bertemu dengan beberapa kelebihan dari ponsel ini. Akan tetapi, jangan khawatir bila kamu belum menyadari akan kelebihan dari perangkat tersebut karena Carisinyal telah merangkumnya untuk kamu berikut ini:

1. Tipis dengan Layar yang Masif

sumber: infinixmobility.com

Punya ketebalan yang tipis sebesar 7.8 mm, layar dari ponsel ini akan membuat penggunanya terpukau karena memiliki layar yang luas yaitu 6.95 inci atau hampir menyentuh 7 inci.

Ponsel pintar ini berkonsepkan Punch Hole mini di tengah atas layarnya dengan rasio layar-ke-bodinya mencapai 91%. Maka tidak heran, kalau ponsel ini sangat mendukung aktivitas gaming atau menonton film.

Pengalaman bermain gim atau menonton film semakin seru karena layarnya yang berpanelkan IPS LCD ini diusung oleh laju penyegaran tinggi yakni 90Hz dengan sampling rate 180Hz sehingga, ketika pengguna menggulirkan aplikasi atau konten tidak ada lagi kata lelet. Semua dapat berjalan dengan gesit!

Membawa resolusi 1080 x 2460 piksel, kamu bisa merasakan kerapatan gambar yang luar biasa pada ponsel pintar ini. Berbekal 387 ppi, maka kualitas layar yang dihasilkan akan menjadi lebih bagus dan tajam.

Selain itu, layar dengan rasio kontras warna 1500:1 ini telah meraih sertifikat rendah radiasi biru dari TÜV Rheinland, memberikan kenyamanan pada mata pengguna agar tidak mudah lelah.

2. Jeroan yang Lebih Pro

sumber: infinixmobility.com

Jargon "Much Faster" yang disodorkan pihak Infinix pada perangkat terbarunya ini tidak terlepas dari sokongan prosesornya yaitu MediaTek Helio G69 dengan proses fabrikasi 12 nanometer. Prosesor ini dirancang untuk menghadirkan peningkatan kinerja di seluruh aspek khususnya gameplay yang profesional dan superior.

CPU Octa-core dari chipset ini mempunyai dua inti Cortex-A76 yang kuat dengan kecepatan clock 2,05 GHz dan ditambah oleh enam core dari Cortex-A55 yang hemat daya lewat lajunya sebesar 2,0 GHz. Berkat jeroan ini, pengguna akan disuguhkan oleh efisiensi dan pengalaman menjalankan perangkat luar biasa dan bebas lag.

Menggunakan Mali-G76 MC4, kinerja dari kartu grafis ponsel ini mengalami peningkatan sampai 120,8%. Sehingga jangan kaget kalau saat menggunakan Infinix Note 10 Pro tampilan visual dan animasinya sangat maksimal karena punya kecepatan hingga 900 MHz.

Dalam menopang aspek penyimpanan, perangkat ini dibantu oleh teknologi UFS 2.2 dengan Write Booster. Dengan begitu, kamu bisa mengunduh aplikasi gim dan video berkapasitas besar hingga membidik foto beresolusi tinggi tanpa harus khawatir soal ruang penyimpanan. Apalagi ponsel ini menawarkan ruang penyimpanan yang besar mulai dari 6/64GB, 8/128 GB, dan 8/256 GB.

Hebatnya lagi, kamu dapat menanamkan microSDXC jika ruang penyimpanan yang ditawarkan masih dirasa kurang untuk menaruh data. Dengan jeroan yang terpatri tersebut, Infinix Note 10 Pro berhasil mengumpulkan poin AnTuTu v9 sebanyak 320.000, terbilang tinggi dan siap memanjakan pengguna lewat kecepatannya.

3. Konfigurasi Kamera Impresif

sumber: infinixmobility.com

Bila kamu perhatikan dengan seksama, kamera belakang milik Infinix Note 10 Pro dimeriahkan oleh enam lingkaran lensa. Enam bulatan yang disertai fitur HDR dan Panorama tersebut terdiri dari lensa primer 64 dengan bukaan f/1.8 disertai filter PDAF dan AI (Kecerdasan Buatan), siap menyuguhkan hasil gambar penuh detail.

Kemudian, ada lensa Ultrawide 8 MP beraperture f/2.25 yang bertugas untuk membidik gambar dalam sudut pandang yang lebih luas hingga 120˚. Dilanjutkan oleh lensa kedalaman 2 MP yang diafragmanya mencapai f/2.4 berfungsi untuk memberikan foto dengan efek bokeh yang rapi dan baik.

Bagi pecinta gambar hitam-putih, kamera belakang dari ponsel ini menyajikan lensa monokrom berukuran 8 MP yang aperture-nya f/2.4. Dua lingkaran terakhir yang nangkring di kotak hitam kamera belakang perangkat ini adalah lensa empat lampu flash dan sebuah lingkaran hiasan.


Sementara itu, untuk kamera depannya menggendong lensa berukuran 16 MP yang mampu menangkap gambar selfie terbaik baik saat tengah hari maupun malam hari. Terlebih dengan bantuan AI Beautify akan menciptakan hasil foto yang jauh lebih jelas bahkan di kawasan kurang pencahayaan.

Mengulik kategori videografi, ponsel ini melampirkan resolusi [email protected] baik pada kamera depan maupun belakangnya. Akan tetapi, terdapat tambahan resolusi [email protected] untuk kamera utamanya.

Tidak heran, bila kamu akan mendapatkan hasil rekaman yang berkualitas baik bak kamera DSLR. Konfigurasi dari videografi ponsel ini cocok bagi kamu yang suka nge-vlog.

4. Dukungan dari Baterai Badak

sumber: infinixmobility.com

Hari gini masih lama mendapatkan baterai 100%? Pertanyaan itu sudah tidak berlaku lagi bagi Infinix Note 10 Pro yang punya teknologi pengisian cepat 33W X-Charge, memungkinkan pengisian selama 5 menit membuat perangkat mampu hidup hingga 2 jam.

Teknologi ini sudah mendapatkan sertifikat dari TÜV Rheinland yang membuat pengguna tetap aman selama proses pengisian cepat.

Lalu, berapakah besaran daya dari baterai Infinix Note 10 Pro? Beruntung sekali bagi kamu yang memutuskan untuk membawa pulang ponsel ini karena baterainya sudah berukuran badak. Maksudnya, baterai Li-Po dari ponsel ini mempunyai kapasitas yang besar hingga 5.000 mAh.

Dengan kapasitas jumbo tersebut perangkat ini mampu bertahan hingga 49 hari dalam keadaan standby, 142 jam untuk memutar musik, 11 hari untuk menjalankan aplikasi permainan, hingga 58 jam untuk kegiatan menelepon.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu hilir mudik untuk mengisi daya baterai, karena sekali mengisi full maka perangkat mampu bertahan lama.

5. Kejutan dari Dual Speaker

dual stereo speaker

Untuk memberikan pengalaman yang mengesankan pada penggunanya, Infinix Note 10 Pro merancang Dual Speaker yang suara sinematiknya lebih baik dengan DTS. Kemunculan Dual Speaker pada Infinix Note 10 Pro menjanjikan audio yang diproduksi mempunyai kualitas membahana bahkan pada volume tinggi sekali pun.

Lebih jelasnya lagi, teknologi Dual Speaker pada Infinix Note 10 Pro ini memungkinkan saat pengguna bermain gim seakan-akan seperti tengah berada di arena pertandingan tersebut atau ketika mendengarkan musik layaknya datang ke suatu konser musik. Menarik bukan?

Kekurangan Infinix Note 10 Pro

Ternyata setelah dilakukan investigasi, ponsel pintar ini mempunyai kekurangan dalam beberapa aspek, lho! Penasaran kekurangan apa saja yang dimiliki Infinix Note 10 Pro? Berikut ini Carisinyal sudah merangkumnya secara lengkap untuk kamu:

1. Tidak Menghadirkan Teknologi NFC

NFC Transfer Data

Apakah kamu sedang mencari ponsel pintar dengan fitur NFC atau Near-field Communication di dalamnya? Jangan harap kamu menemukannya di Infinix Note 10 Pro, yah!

Pasalnya ponsel keluaran baru ini saat proses produksinya tidak menyematkan teknologi NFC. Bukan tanpa alasan Infinix sudah menciptakan edisi khusus NFC pada produknya bernama Infinix Note 10 Pro NFC.

Sebenarnya apa keuntungan sebuah perangkat dibekali fitur NFC? Ada beberapa faedah yang dapat dirasakan oleh pengguna ponsel pintar dari fitur NFC antara lain mempermudah proses transaksi secara digital, menyambungkan ponsel ke perangkat lain, melakukan transfer data (gambar, nomor telepon, dokumen, dll), mengakses informasi Smart Card, hingga menandai suatu lokasi.

2. Menghilangkan Fitur Infrared Port

Remote TV Infrared dari HP Carisinyal

Seperti yang kita ketahui, sekarang mulai bermunculan kembali ponsel pintar yang merancang tubuhnya dengan kehadiran landasan infrared. Bagi ponsel pintar yang menawarkan infrared port tentunya menjadi sebuah keuntungan tersendiri, sebaliknya tidak bagi perangkat yang memutuskan untuk menghilangkan port ini.

Seperti halnya Infinix Note 10 Pro yang tidak dibangun oleh infrared port, maka ponsel pintar ini tidak dapat merasakan manfaat dari fitur remote control. Yap, asalkan kamu tahu kegunaan dari infrared port sekarang bisa menjadi pengganti remote, tidak lain untuk mengontrol berbagai perangkat elektronik meliputi AC, TV, bahkan DVD Player.

3. Minus Proteksi Pada Layar

Gorilla-Glass-6

Sepertinya kamu harus berhati-hati saat bermain dengan Infinix Note 10 Pro. Bukan tanpa sebab, layar berukuran 6,95 inci-nya ternyata belum mendapatkan tameng dari screen protector seperti ponsel lain di kelas yang sama.

Salah satu screen protector yang sering berkontribusi dalam urusan menjaga keamanan layar di banyak ponsel pintar adalah Corning Gorilla Glass.

Apabila sebuah ponsel pintar mendapatkan lapisan dari Gorilla Glass maka memungkinkan layarnya tidak akan tergores oleh benda keras seperti batu, koin, kunci atau lain sebagainya.

Oleh karena itu, pengguna dari ponsel Pro ini sebaiknya tetap waspada dan salah satu caranya adalah dengan memasang lapisan anti-gores atau tempered glass yang biasa dijual di kedai elektronik khusus ponsel.

4. Tidak Mendukung Pengisian Nirkabel

Wireless-Charging

Satu lagi kekurangan dari ponsel yang mendapatkan julukan "Faster and Smoother" ini yaitu pada sistem baterainya tidak menyokong teknologi pengisian nirkabel atau wireless charging. Keuntungan ponsel pintar yang punya teknologi ini memungkinkan pengguna tidak repot lagi membawa kabel casan terlebih bagi mereka yang sering lupa.

Pengguna ponsel pintar berteknologi pengisian nirkabel jadinya tinggal menaruh perangkatnya di sebuah wireless charger. Selain itu, Infinix Note 10 Pro juga belum mendukung pengisian balik, yang memungkinkan perangkat dapat mengisi daya perangkat lain seperti smart watch, smart phone, dan lain-lain seperti layaknya sebuah power bank.

Simpulan

Bila kamu berminat untuk membeli Infinix Note 10 Pro, maka kamu harus siap menerima kekurangan dari perangkat tersebut. Seperti ponsel ini tidak mempunyai Infrared Port, belum didukung oleh pengisian nirkabel, tidak ada teknologi NFC, dan layarnya yang tidak dilapisi lapisan pelindung.

Namun, semua akan diobati dengan kelebihan yang diangkut oleh ponsel ini seperti kemunculan Dual Speaker, baterai yang melimpah, jeroan yang pro, layar yang baik, hingga konfigurasi kamera yang mumpuni untuk kegiatan fotografi maupun videografi.

Itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Infinix Note 10 Pro. Kira-kira apakah kamu berminat untuk membeli ponsel terbaru dari Infinix ini? Jangan lupa untuk ikuti Carisinyal supaya kamu tidak ketinggalan informasi seputar perkembangan dunia teknologi dan ponsel pintar, yah!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram