carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Smartphone Infinix Hot 40 dan Infinix Note 40

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Pada Maret 2024, Infinix Note 40 resmi diluncurkan ke Indonesia di rentang harga Rp2 jutaan. Ponsel tersebut membawakan segudang fitur menarik untuk menunjang aktivitas sehari-hari pengguna.

Memiliki nama yang mirip dengan Infinix Hot 40, sebenarnya Infinix Note 40 adalah jenis smartphone yang sama sekali berbeda. Lebih tepatnya, Infinix Note 40 berada di kelas yang lebih tinggi dibandingkan Infinix Hot 40 punya kisaran harga Rp1 jutaan.

Nah, agar tidak salah memilih, ada baiknya ketahui dulu perbedaan fitur-fitur yang dimiliki Infinix Hot 40 dan Infinix Note 40. Umumnya sih ponsel dengan harga lebih tinggi tentu memiliki fitur lebih baik, tapi ini tidak selamanya berlaku. Simak berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 40

Infinix Hot 40
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Note 40

Infinix Note 40
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Hot 40 dan Infinix Note 40

Walau sama-sama memiliki unsur "40" di namanya, Infinix Hot 40 dan Infinix Note 40 adalah dua ponsel yang berbeda. Simak penjabaran perbedaannya sebagai berikut.

1. Desain Bodi Berbeda

infinix hot 40 vs note 40_
Infinix Hot 40 (kiri), Infinix Note 40 (kanan)

Melihat sisi belakang, Infinix Hot 40 dan Note 40 tampak memperlihatkan bulatan kamera yang sama besarnya. Hanya saja, susunan dan desainnya agak berbeda.

Infinix Hot 40 memiliki susunan kamera berbentuk zig-zag, kurang lebih mirip dengan ponsel iPhone Pro atau Pro Max. Camera Island yang melatarbelakangi susunan kamera tersebut memiliki luas yang lebih besar dibandingkan Infinix Note 40. Selain itu, keempat sudut modul berbentuk melengkung (rounded-edge).

Pada varian Infinix Note 40, modul kamera memiliki ukuran yang lebih kecil dan rapat. Keempat sudutnya kini berbentuk lancip dan tegas. Ketiga kameranya pun disusun dengan cara berbeda — dua lingkaran di atas dan satunya lagi di bawah.

Bagian belakang Infinix Note 40 menawarkan visual lampu berbentuk cincin. Ini merupakan fitur baru bernama Active Halo Design, dapat menyala ketika ponsel merespons sejumlah aktivitas tertentu, seperti saat charging, menerima telepon masuk, pemutaran musik, hingga menerima notifikasi.

Di antara keduanya, Infinix Note 40 adalah ponsel yang lebih tipis. Ketebalannya adalah 7,8 mm, mengalahkan ketebalan Infinix Hot 40 di angka 8,3 mm. Sementara untuk bobotnya, Infinix Note 40 juga lebih ringan dibandingkan Hot 40, yakni 190 gram melawan 196 gram.

Beralih ke sisi depan, kedua smartphone dibekali desain punch hole sebagai rumah bagi kamera depan. Bedanya, Infinix Note 40 menawarkan bezel yang lebih tipis pada keempat sisinya.

Jadi bila disimpulkan, Infinix Note 40 memiliki desain dan dimensi bodi yang lebih baik dari segala penilaian. Mulai dari sisi depan yang tampilkan layar lebih imersif, bobot dan ketebalan yang lebih compact, hingga penambahan fitur baru berupa cincin lampu.

Infinix Note 40 juga memiliki ketahanan bodi lebih unggul, karena dilengkapi sertifikasi IP54. Ini membuatnya lebih tahan terhadap debu dan percikan air dari segala arah. Sedangkan, Infinix Hot 40 yang tidak dibekali IP Rating sama sekali perlu lebih dijaga agar tidak terkena air demi menghindari kerusakan.

2. Panel Layar Berbeda (IPS LCD vs. AMOLED)

Infinix Hot 40 Series

Infinix Hot 40 dibekali panel layar IPS LCD, sementara Infinix Note 40 sudah menawarkan panel AMOLED. Di antara keduanya, Infinix Note 40 lebih mampu tampilkan visual yang lebih cerah dan berwarna.

Layar Infinix Note 40 juga memiliki refresh rate 120 Hz, lebih mulus ketimbang Infinix Hot 40 dengan refresh rate 90 Hz. Lalu pada kecerahannya, Infinix Note 40 sanggup meraih peak brightness hingga 1.300 nit. di saat Infinix Hot 40 hanya mencapai 500 nit.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, bezel sekeliling Infinix Note 40 lebih tipis, sehingga menghasilkan perbandingan bodi ke layar sebesar 89,9 persen. Untuk diketahui, rasio bodi ke layar pada Infinix Hot 40 sebesar 84,5 persen.

3. Chipset Berbeda (Helio G88 vs. Helio G99 Ultimate)

mediatek helio g99

Infinix Hot 40 menyediakan dapur pacu Helio G88 yang tergolong gahar di kelas harganya. Dengan chipset tersebut, pengguna bisa merasakan pengalaman gaming lancar pada permainan Mobile Legends, PUBG Mobile, dan game lain yang setara.

DI sisi lain, Infinix Note 40 jauh lebih berkinerja dengan cip Helio G99 Ultimate. Ini merupakan chipset 4G paling bertenaga, memiliki performa yang setara dengan chipset 5G.

Helio G88 yang dibangun pada manufaktur 12 nm ini menggunakan delapan inti prosesor sebagai dapur pacunya. Komponen-komponen yang menyertainya adalah dua inti high performance Cortex A75 (2 GHz) dan enam inti hemat daya Cortex A55 (1.8 GHz). Sementara, pengolah grafisnya (GPU) menggunakan Mali G52 MC2.

Menyoal cip yang mengotaki Infinix Note 40, Helio G99 Ultimate merupakan hasil tuning-an dari Helio G99 reguler, kendati diketahui memiliki spesifikasi yang tidak berbeda.

Hal istimewa pada Helio G99 adalah fabrikasi 6 nm yang membuatnya lebih hemat daya dibandingkan Helio G96. Chipset ini bahkan disinyalir 30 persen lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Helio G99 dibekali prosesor octa-core yang mencakup dua inti high performance Cortex A76 (2.2 GHz) dan enam inti hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz). Cip juga disokong dengan GPU Mali G57 sebagai pengolah grafisnya.

Dilansir dari Nano Review per Maret 2024, Infinix Hot 40 yang diotaki Helio G88 meraih nilai AnTuTu v10 sebesar 272.208 poin. Sedangkan, Infinix Note 40 mendapatkan skor 417.611 poin.

Dengan perbedaan performa tersebut, Infinix Note 40 dapat menjalankan permainan berat dengan frame rate lebih mulus. Melakukan pekerjaan sehari-hari pun akan terasa lebih cepat dan tanpa kendala. Sementara, Helio G88 pada Infinix Hot 40 akan lebih cocok untuk menunjang aktivitas grafis yang sifatnya ringan.

4. Resolusi Kamera Berbeda

infinix note 40

Infinix Hot 40 dibekali kamera utama 50 MP yang sudah dibekali autofokus. Di sisi lain, Infinix Note 40 lebih baik dengan kamera utama 108 MP dengan fitur PDAF.

Kamera 50 MP pada Infinix Hot 40 menggunakan teknologi quad bayer untuk hasilkan output gambar 12,5 MP, sedangkan resolusi 108 MP di Infinix Note 40 menggunakan teknologi nona bayer untuk hasilkan output 12 MP.

Pada kamera pendamping, kedua smartphone sama-sama dibekali sensor 2 MP dan satu sensor tambahan sebagai bonus/dekoratif.

Infinix Note 40 dibekali dengan kemampuan perekaman video 60 FPS pada 1080p. Lebih unggul dibanding Infinix Hot 40 dengan frame rate mentok di 30 FPS.

5. Ketersediaan 3.5 mm Jack Audio yang Berbeda

infinix note 40

Infinix Hot 40 dan Infinix Note 40 mengantongi dual stereo speaker. Namun, hanya Infinix Hot 40 yang dibekali port audio 3.5 mm. Pihak vendor smartphone tampaknya ingin menghilangkan fitur 3.5 mm secara perlahan. Semula hanya HP flagship yang tidak dibekali port ini, lalu lama-lama merambat ke ponsel mid-range.

Kini, Infinix Note 40 yang punya harga Rp2 jutaan saja sudah tidak dibekali port 3.5 mm. Satu-satunya cara hubungkan earphone kabel ke HP ini adalah via adapter. Atau, Anda juga bisa pilih menggunakan earphone Bluetooth (TWS).

6. Lokasi Sensor Sidik Jari Berbeda

Infinix Hot 40 Series

Melihat Infinix Hot 40 hanya dibekali panel IPS, hilang sudah kesempatan Infinix menyematkan sensor sidik jari di layar. Sebab, hanya panel AMOLED saja yang dapat disematkan sensor pemindai sidik jari.

Tanpa adanya lapisan backlight pada panel AMOLED, ini membuka ruang untuk sensor sidik jari agar bisa diselipkan di dalamnya. Dalam hal ini, Infinix Note 40 lebih unggul karena menyediakan in-display fingerprint scanner.

Infinix Hot 40 hanya dibekali dengan sensor sidik jari yang menempel di samping, bersamaan dengan tombol daya. Walau tidak terasa eksklusif seperti Infinix Note 40, sensor di samping (side-mounted fingerprint) menyimpan sejumlah kelebihan.

Sensor sidik jari di samping tidak akan terpengaruh sama sekali dengan jenis tempered glass yang dipasangkan di layar. Responsivitas sensor di samping juga umumnya lebih baik dan juga memiliki akurasi lebih tinggi.

7. Fitur Fast Charging Berbeda

infinix note 40

Infinix Note 40 dan Infinix Hot 40 sama-sama dibekali baterai 5.000 mAh yang awet seharian penuh. Bedanya, Infinix Hot 40 hanya disertai fast charging 33 watt sedangkan Infinix Note 40 hadir dengan daya 45 watt.

Infinix Hot 40 diklaim dapat terisi dari 20 persen hingga 50 persen dalam waktu 35 menit. Sementara, Infinix Note 40 hanya butuh 26 menit untuk isi baterai dari kosong hingga terisi setengahnya.

Hal berbeda lainnya adalah keberadaan fitur MagCharge pada Infinix Note 40, yang tidak dimiliki oleh Infinix Hot 40. Fitur MagCharge ini dapat mengisikan baterai Infinix Note 40 secara wireless menggunakan daya 20 watt.

Berbeda dengan protokol Qi dan PMA yang didukung mayoritas HP flagship, fitur MagCharge ini berjalan secara magnetis seperti fitur MagSafe pada produk besutan Apple.

Dengan MagCharge, Infinix Note 40 dapat terhubung dengan ekosistem aksesoris, seperti charging pad, power bank, hingga casing. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan MagCharge akan menjadi fitur yang selalu ada pada seri Infinix Note, serta mendapatkan dukungan aksesoris yang lebih beragam lagi.

Simpulan

Infinix Hot 40 rilis pada Desember 2023, namun tidak masuk pasar Indonesia. Yang rilis di Indonesia justru adalah varian Pro-nya dengan harga rilis Rp2.199.000, menggunakan chipset Helio G99.

Infinix Hot 40 reguler memiliki rentang harga di kisaran Rp1 jutaan. Sementara itu, Infiinix Note 40 dibanderol dengan harga resmi Rp2.799.000 di Indonesia.

Infinix Note 40 cocok dimiliki bagi pengguna yang ingin rasakan performa kencang untuk bermain game. Kendati lebih mahal, kameranya yang pakai resolusi 108 MP dan sudah didukung perekaman 60 FPS akan lebih suitable untuk Gen Z yang suka membuat konten.

Di sisi lain, Infinix Hot 40 juga memiliki daya tariknya tersendiri. Di rentang harga Rp1 jutaan, ponsel tersebut mampu berikan performa layak dengan Helio G88. Terlebih ia adalah opsi yang masih dibekali port audio 3.5 mm. Tertarik pilih yang mana?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram