carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Infinix Hot 40 Pro dan Infinix Note 40 Pro

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Pada Maret 2024, Infinix resmi memboyong dua HP terbarunya ke pasar Indonesia yaitu Infinix Note 40 Series. Infinix Note 40 Pro menjadi salah satu modelnya sebagai HP mid-range dengan keunggulan merata di setiap sektornya. Mulai dari layar, performa, hingga fitur pengisian dayanya.

Pada bulan sebelumnya yaitu Februari 2024, Infinix juga sempat meluncurkan HP Hot Series-nya yaitu Infinix Hot 40 Pro. Jika dilihat dari harganya, HP ini berada sedikit di bawah Infinix Note 40 Pro. Meski begitu, kedua HP ini tetap layak dijadikan sebagai opsi HP Infinix terbaik dengan harga terjangkau.

Dalam artikel ini, tim Carisinyal sudah menyiapkan beberapa perbedaan yang ada antara Infinix Hot 40 Pro dan Infinix Note 40 Pro. Daftar perbedaan ini mungkin akan membantu Anda yang kesulitan dalam menentukan pilihan. Silakan simak perbedaannya setelah informasi spesifikasi berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 40 Pro

Infinix Hot 40 Pro_
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi Infinix Note 40 Pro

Infinix Note 40 Pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Infinix Hot 40 Pro dan Note 40 Pro

Meski berada di kelas yang berbeda, Infinix Hot Series dan Infinix Note Series sering kali mampu bersaing. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan Infinix Hot 40 Pro dan Infinix Note 40 Pro yang patut dipertimbangkan.

1. Layar IPS LCD vs AMOLED Cerah

infinix note 40 pro

Kedua HP ini dibekali layar berukuran 6,78 inci dengan desain punch hole. Namun, Infinix Note 40 sudah menggunakan desain layar curved dengan bezel tipis. Hal ini membuatnya terlihat lebih luas dengan rasio layar ke bodi 89,6 persen. Sedangkan Infinix Hot 40 Pro menggunakan layar datar dengan bezel masih tebal, rasio layar ke bodinya hanya 84,5 persen.

Ukurannya yang terasa lebih luas tentu akan meningkatkan kepuasan selama penggunaannya. Apalagi Infinix Note 40 Pro sudah menggunakan panel AMOLED untuk layarnya. Kejernihan serta kemampuannya dalam menghasilkan warna sudah sangat baik. Apalagi resolusinya yaitu 1080 x 2436 piksel yang membuatnya terlihat makin tajam.

Sementara itu, Infinix Hot 40 Pro masih menggunakan jenis panel IPS LCD untuk layarnya. Meski tidak memiliki kemampuan menghasilkan warna seperti AMOLED. Layar HP ini sudah mendukung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel. Ketajaman kontennya sudah cukup baik di kelas harganya.

Perbedaan lainnya ada pada kemampuan kecerahan layarnya. Infinix Note 40 Pro jelas lebih unggul dengan kecerahan puncak mencapai 1300 nit. Hal ini membuatnya lebih cocok jika digunakan di luar ruangan yang terik. Sedangkan Infinix Hot 40 Pro memiliki kecerahan puncak sekitar 500 nit saja.

Agar penggunaan layar bisa lebih leluasa, terutama saat bermain game. Layar Infinix Note 40 sudah dibekali perlindungan dari Gorilla Glass. Keberadaannya mampu mengurangi risiko goresan atau retak pada benturan. Sedangkan Infinix Hot 40 Pro tidak dibekali perlindungan apapun di bagian layarnya.

2. Magic Ring dan Active Halo

infinix note 40 pro

Sebagai HP yang hadir di 2024, Infinix tentu saja sudah menyematkan fitur Magic Ring pada Infinix Note 40 Pro. Fitur ini juga dimiliki oleh Infinix Hot 40 Pro sebagai HP Infinix Hot Series pertama yang memilikinya.

Sebagai informasi, fitur Magic Ring ini memiliki fungsi mirip Dynamic Island milik iPhone. Beberapa HP Android lain juga sudah mengadopsi fitur ini dengan penamaan yang berbeda. Misalnya realme dengan Mini Capsule, itel dengan Dynamic Bar, dan Tecno dengan Dynamic Port.

Bahkan, jika HP Android Anda belum mendukung fitur semacam ini, Anda juga masih bisa menikmatinya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sudah banyak aplikasi gratis untuk membuat Dynamic Island ala iPhone di HP Android.

Selain Magic Ring, Infinix Note 40 Pro juga memperkenalkan fitur baru yang bernama Active Halo. Fitur ini berupa lampu hologram yang menyala di area lampu LED flash. Warna yang ditampilkan juga bervariasi dengan pergerakan dinamis yang unik.

Fitur Active Halo ini mengingatkan Saya kepada lampu LED notifikasi yang sudah jarang dibawa oleh smartphone. Benar, fitur ini akan menyala ketika menerima notifikasi, mengisi daya, panggilan masuk, mendengarkan musik, bahkan bermain game.

3. Keberadaan OIS di Sektor Kamera

infinix note 40

Beralih ke sektor kamera, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan di sektor ini. Keduanya dibekali konfigurasi tiga kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya memiliki resolusi cukup tinggi yaitu 108 MP (f/1.8). Ketajaman serta detail yang dihasilkannya sudah cukup baik di kelas harganya.

Bedanya, kamera utama Infinix Hot 40 Pro hanya didukung oleh autofocus saja. Sedangkan Infinix Note 40 Pro sudah menyematkan fitur PDAF dan OIS (Optical Image Stabilization) untuk kamera utamanya.

Keberadaan fitur OIS ini mampu menstabilkan dan meningkatkan fokus saat proses pengambilan gambar. Anda akan sangat jarang menemukan gambar buram karena bergerak atau tangan Anda bergetar.

Sayangnya, baik Infinix Hot 40 Pro atau Infinix Note 40 Pro, keduanya hanya mengandalkan kamera utamanya saja. Baik itu untuk pemotretan jarak dekat atau jarak jauh. Dua kamera lainnya hanya sebagai pelengkap saja dengan masing-masing 2 MP.

Tidak ada perbedaan lainnya untuk sektor kamera ini. Kedua HP ini sama-sama dibekali kamera depan 32 MP (f/2.2) untuk kebutuhan selfie-nya. Kemudian perekaman video kamera belakang dan depannya bisa mencapai 2K atau 1440p dengan 30 fps. Meski begitu, kemampuannya sudah cukup baik, lagi-lagi untuk HP di kelas harganya.

4. Fitur Pengisian Daya

infinix note 40 pro

Infinix Note 40 Pro memiliki fitur pengisian daya yang cukup menarik untuk kelas harganya. Mulai dari fast charging 70W yang mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam 20 menit saja. Anda tidak perlu lagi menunggu terlalu lama untuk bisa menggunakan HP kembali.

Fitur pengisian daya utamanya ini juga menawarkan tiga mode pengisian daya. Misalnya Low-Temp dengan kecepatan rata-rata tapi memiliki perlindungan yang lebih baik. Bahkan, saat dibandingkan dengan Hyper Mode, HP ini memiliki suhu baterai lebih rendah hingga 10 derajat saat mengisi daya.

Kedua adalah mode Smart Charging. Mode ini jadi yang paling netral dengan menjaga kecepatan pengisian daya serta suhu yang dihasilkan. Terakhir adalah Hyper mode. Mode ini akan memaksimalkan daya dan kecepatan yang diberikan untuk mengisi daya dengan lebih cepat. Klaimnya bahkan mampu mengisi daya 50 persen dalam 16 menit saja.

Namun, mode ini biasanya akan berkompromi dengan suhu yang jadi sedikit lebih panas saat mengisi daya. Selain itu, performa yang dihasilkan selama prosesnya juga akan jadi lambat.

Fitur paling menarik dari pengisian daya ini adalah wireless charging 20W MagCharge yang sangat menarik. Infinix Note 40 Pro jadi salah satu HP murah yang sudah dibekali fitur yang biasanya hadir di HP kelas atas ini.

Bodi Infinix Note 40 Pro memang tidak terbuat dari metal sehingga Mag Pad atau Mag Power tidak bisa menempel langsung pada bodinya. Namun, Infinix sudah menyediakan Mag Case yang dibekali sistem magnetik. Sehingga Mag Pad atau Mag Power bisa menempel dengan kuat ketika Anda ingin mengisi daya secara wireless.

Satu hal yang perlu Anda garis bawahi, Infinix Note 40 Pro sudah menyertakan Mag Case hingga Mag Power di dalam kotak penjualannya. Jadi, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek untuk bisa menikmati fitur tersebut.

Sementara itu, Infinix Hot 40 Pro dibekali fitur fast charging standar yaitu 33W. Klaimnya HP ini bisa mengisi daya 20–75 persen dalam 35 menit saja. Keduanya juga dibekali fitur reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain.

5. Chipset dan Kualitas Suara

infinix note 40 pro

Soal performa, kedua HP ini cukup mirip dengan kemampuan gaming-nya yang memang luar biasa. Infinix Hot 40 Pro menggunakan chipset 4G terbaik di kelasnya yaitu MediaTek Helio G99. Sedangkan Infinix Note 40 Pro menambahkan title khusus pada chipset-nya yaitu Helio G99 Ultimate.

Meski begitu, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara kedua chipset ini. Bahkan, arsitektur pada CPU dan GPU yang dimilikinya pun masih sama saja. Embel-embel “Ultimate”-nya mungkin bukan ditujukan untuk performa, melainkan untuk komputasi yang berhubungan dengan AI guna membantu meningkatkan sektor lainnya.

Yang jelas, aktivitas gaming yang ditawarkan kedua HP ini sudah sangat baik. Apalagi Infinix Note 40 Pro dibekali speaker stereo yang disetel oleh JBL. Kualitasnya tentu sangat baik dan lantang saat digunakan bermain game atau menonton.

Sementara itu, meski tidak disetel JBL, Infinix Hot 40 Pro memiliki speaker stereo yang sudah cukup oke. Anda juga bisa menggunakan earphone dengan lebih mudah karena masih ada audio jack 3,5 mm. Sedangkan Infinix Note 40 Pro sudah tidak menyediakan port tersebut.

Selain itu, Infinix Hot 40 Pro juga masih menyediakan slot khusus untuk microSD. Anda bisa memperluas kapasitas memorinya untuk mendapatkan performa lebih optimal. Sedangkan Infinix Note 40 Pro tidak menyediakan slot microSD ini.

6. Sensor dan Ketahanan Bodi

infinix note 40 pro

Infinix Note 40 Pro berhasil memanfaatkan panel AMOLED dengan menempatkan sensor fingerprint di bawah permukaan layar. Hal ini membuatnya terasa lebih premium dan mudah dijangkau. Sedangkan Infinix Hot 40 Pro masih menyimpan sensor fingerprint-nya di bodi samping bersama tombol power.

Soal ketahanan bodinya, Infinix Note 40 Pro sudah dibekali sertifikasi IP54. Sertifikasi ini membuatnya mampu bertahan dari debu dan percikan air. Meski bukan yang terbaik, keberadaannya mesti diapresiasi. Sebab sertifikasi IP ini tidak akan Anda temukan di Infinix Hot 40 Pro.

7. Harga dan Ketersediaan

infinix hot 40 pro

Infinix Hot 40 Pro hadir di pasar Indonesia lebih dulu yaitu pada Februari 2024. HP ini menawarkan empat varian warna yang cukup menarik. Mulai dari Starfall Green, Horizon Gold, Palm Blue, dan Starlit Black. Sedangkan Infinix Note 40 Pro hadir pada Maret 2024 di Indonesia. HP ini menawarkan dua varian warna yaitu Titan Gold dan Vintage Green yang punya tekstur khas.

Untuk harganya, Infinix Hot 40 Pro dijual sekitar Rp2,1 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan internal 256 GB. Sedangkan Infinix Note 40 Pro memiliki harga yang sedikit lebih tinggi yaitu Rp3,4 jutaan untuk RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Simpulan

Infinix Hot 40 Pro menjadi salah satu terjangkau milik Infinix yang cukup menarik. HP ini memiliki performa oke dengan untuk aktivitas gaming atau multitasking. Selain karena chipset yang digunakannya, HP ini masih menyediakan slot microSD untuk memperluas kapasitas memorinya.

Harga yang ditawarkan Infinix Hot 40 Pro juga lebih murah, cocok untuk Anda yang budget pas-pasan. Namun, jika Anda masih memiliki budget lebih, tidak ada salahnya mempertimbangkan Infinix Note 40 Pro. Harganya yang lebih mahal tersebut cukup sebanding dengan yang ditawarkan.

Mulai dari layar AMOLED cerah dengan fingerprint di bawah permukaannya, Helio G99 Ultimate, hingga stereo speaker yang disetel oleh JBL. Kemampuan kameranya juga sedikit lebih baik karena dibekali OIS untuk stabilisasi saat pemotretannya.

Selain itu, Infinix Note 40 Pro jadi salah satu HP termurah yang punya fitur wireless charging. Bahkan, Anda bisa menempelkan Mag Power pada case-nya ala HP kelas atas. Selain itu, ada fast charging 70W dengan tiga mode pengisian daya yang bisa disesuaikan. Yang lebih penting, aksesori seperi charger hingga MagKit dari Infinix bisa Anda temukan di kotak penjualannya.

Setelah melihat beberapa perbedaan dari HP mid-range milik Infinix ini, mana yang lebih menarik perhatian Anda? Apakah Infinix Hot 40 Pro yang punya harga lebih murah atau Infinix Note 40 Pro yang layak dengan harganya? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram