carisinyal web banner retina

Cara Membuat Dynamic Island Ala iPhone di HP Android

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Dynamic Island menjadi salah satu inovasi yang menyabet banyak perhatian saat perilisannya. Fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh iPhone 14 Pro Series pada September 2022. Singkatnya, fitur ini mampu mengubah bentuk punch hole berbentuk pil sesuai dengan aktivitas yang dilakukan, misalnya menjadi memanjang, melebar, atau membesar.

Fitur ini lantas menjadi perbincangan hangat dan banyak mendapatkan respons positif. Bahkan, beberapa brand Android pun mulai membuat fitur yang mirip dengan Dynamic Island ini, tentu saja dengan penyesuaian. Namun, fitur ini baru muncul di HP Android yang rilis sekitar pertengahan Maret 2023 dan seterusnya.

Meski begitu, Anda sebenarnya tidak harus membeli HP Android baru yang sudah memiliki fitur mirip Dynamic Island ini. Sebab, beberapa aplikasi juga sudah banyak yang menawarkan fitur ini. Benar, HP Android Anda bisa memiliki fitur seperti Dynamic Island hanya dengan menggunakan aplikasi saja. Jadi, silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Sekilas Tentang Dynamic Island

iphone 14 pro dynamic island_

Sebelum membahas bagaimana cara mengubah atau membuat Dynamic Island di HP Android, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Dynamic Island. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa fitur Dynamic Island ini pertama kali diperkenalkan oleh iPhone 14 Pro Series saat perilisannya pada September 2022.

Namun, jika kita mundur lagi, iPhone mulai menggunakan notch berbentuk poni sejak perilisan iPhone X pada Desember 2017. Desain ini terus digunakan, sampai akhirnya fitur Dynamic Island hadir dan mengubahnya menjadi punch hole berbentuk pil. Bentuk desain ini tampaknya akan terus digunakan iPhone untuk semua modelnya seperti pada iPhone 15 Series.

Sederhananya, fitur Dynamic Island ini mampu membuat punch hole berbentuk pil menjadi lebih dinamis. Bentuknya bisa berubah-ubah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya menjadi lebih memanjang, melebar, atau membesar.

Dengan bentuknya yang dinamis, Anda jadi lebih mudah dalam memantau atau mengontrol aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Misalnya saat memutar musik, membuka peta, hingga melakukan panggilan telepon atau FaceTime. Tentu saja beberapa aktivitas sederhana juga bisa ditampilkan seperti saat mengisi daya, merekam, atau sekadar notifikasi.

Fitur Bawaan di HP Android yang Mirip Dynamic Island

realme c55 nfc mini capsule

Melihat respons yang sangat baik untuk fitur Dynamic Island ini, beberapa brand HP Android mulai berlomba membuat fitur yang sama. realme menjadi brand pertama yang membuat fitur mirip Dynamic Island ini dengan nama Mini Capsule.

Fungsi yang dimiliki oleh Mini Capsule ini sebenarnya mirip seperti Dynamic Island milik iPhone. Namun, realme menggunakan notch punch hole berbentuk titik saja.

Selain itu, fungsinya juga mungkin tidak selengkap apa yang ditawarkan Dynamic Island. Hanya fungsi sederhana saja seperti saat melakukan pengisian daya, perekaman, panggilan telepon, hingga untuk notifikasi. Hal ini wajar mengingat fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Tidak hanya realme, beberapa brand lain juga kini sudah menawarkan fitur unik ini. Misalnya Infinix dengan nama Magic Ring serta itel dengan nama Dynamic Bar.

Menariknya, HP Android ini tidak harus memiliki notch punch hole untuk bisa memiliki fitur semacam ini. Misalnya saja itel A70 atau realme Note 50 yang memiliki desain notch water drop. Kedua HP ini masih memiliki fitur Dynamic Bar dan Mini Capsule. Hanya saja, tampilannya mungkin tidak akan semenarik dengan notch punch hole.

Cara Buat "Mirip Dynamic Island" untuk Semua HP Android

Infinix Smart 8

Setelah mengetahui sedikit mengenai Dynamic Island, lantas bagaimana cara membuatnya untuk HP Android yang tidak memiliki fitur serupa. Sayangnya, tidak ada pengaturan bawaan yang bisa mengubah notch HP Anda menjadi seperti Dynamic Island. Namun, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ketiga untuk membuat notch Anda jadi lebih dinamis.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan, misalnya dynamicSpot, Dynamic Island iOS 16, dan Dynamic Island iOS Notch. Ketiga aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store dan bisa digunakan untuk semua merek HP Android. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

1. Dynamic Island - dynamicSpot

cara membuat dynamic island

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat Dynamic Island adalah dynamicSpot. Aplikasi yang dikembangkan oleh Jawomo ini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Sama seperti namanya, aplikasi ini menawarkan pengalaman multitasking yang lebih menyenangkan dengan notch dinamis.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan beberapa kustomisasi yang bisa Anda atur bebas. Misalnya aplikasi mana saja yang akan menggunakan fitur ini, durasi untuk menampilkan pop-up, mengubah warna dan gaya, dan sebagainya. Nah, agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Dynamic Island-dynamicSpot melalui Google PlasyStore.
  • Setelah berhasil diinstal dan dibuka, Anda akan diminta untuk mengatur beberapa hal terlebih dahulu.
cara membuat dynamic island
  • Misalnya memilih aplikasi yang akan menggunakan fitur ini, silakan pilih menu “Select apps”.
  • Di sini, Anda bisa memilih beberapa aplikasi sekaligus sesuai keinginan Anda.
cara membuat dynamic island
  • Anda diminta untuk memberikan izin agar fiturnya bisa digunakan dengan baik.
  • Jika semua pengaturan telah tercentang berwarna biru, silakan tekan tombol “DONE!” untuk melanjutkannya.
  • Anda bisa langsung mencoba fiturnya dengan menekan ikon segitiga atau play di bagian kanan atas.
cara membuat dynamic island
  • Jika posisi pop-up-nya tidak sesuai, Anda bisa menyesuaikannya dengan memilih menu “Position”.
  • Anda bisa atur posisinya atau tampilan pop-up-nya saat diketuk.
cara membuat dynamic island
  • Jika HP Android Anda masih menggunakan notch water drop, Anda juga bisa mengubah gayanya dengan masuk ke menu “Appearance”.
  • Setelah itu, aktifkan toggle di samping menu “Show as notch”.
cara membuat dynamic island
  • Setelah selesai mengatur, silakan coba fitur ini dengan menyetel lagu, merekam, atau aktivitas lain menggunakan aplikasi yang Anda izinkan sebelumnya.
cara membuat dynamic island
  • Aplikasi ini sebenarnya masih memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, tapi Anda harus melakukan pembayaran untuk mendapatkan versi Pro-nya.

2. Dynamic Island iOS 16

cara membuat dynamic island

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan adalah Dynamic Island iOS 16. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apps Genz dan sudah mendapatkan total unduhan lebih dari 1 juta. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menawarkan pengalaman menggunakan Dynamic Island milik iPhone di HP Android Anda.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur menarik di dalamnya. Anda tetap bisa menyesuaikan tampilannya sesuai dengan HP Android yang Anda gunakan. Nah, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Dynamic Island iOS 16 melalui Google Play Store.
  • Silakan buka aplikasi tersebut sampai ke halaman utamanya.
  • Di halaman utamanya, silakan tekan togle yang ada di samping nama “Enable Dynamic Island” untuk mengaktifkannya.
cara membuat dynamic island
  • Setelah itu, Anda akan dimintai untuk mengaktifkan beberapa perizinan agar bisa digunakan, silakan aktifkan dengan mengikuti arahannya setelah menekan tombol "Turn on".
cara membuat dynamic island
  • Jika semua perizinan sudah berhasil diberikan, tekan kembali togle di samping nama “Enable Dynamic Island” hingga berwarna hijau.
  • Jika posisinya tidak pas, Anda bisa mengaturnya dengan memilih menu “Display”.
cara membuat dynamic island
  • Setelah itu, atur dan sesuaikan agar pas menutupi notch kamera depan Anda.
cara membuat dynamic island
  • Jika sudah sesuai, silakan coba fitur tersebut dengan untuk melihat tampilannya.
cara membuat dynamic island

3. Dynamic Island iOS Notch

cara membuat dynamic island

Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat Dynamic Island adalah Dynamic Island iOS Notch. Aplikasi ini dikembangkan oleh Cards dan sudah mendapatkan pengunduhan lebih dari 1 juta. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menawarkan pengalaman menggunakan notch ala iPhone atau dengan sistem operasi iOS.

Dynamic Island iOS Notch ini juga dibekali beberapa fitur menarik yang ditawarkan. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, silakan unduh terlebih dahulu Dynamic Island iOS Notch melalui Google Play Store.
  • Setelah berhasil terunduh, silakan buka aplikasi tersebut.
  • Untuk mengaktifkannya, silakan tekan toggle yang ada di samping menu “DISPLAY NOTCH”.
cara membuat dynamic island
  • Anda akan diminta untuk mengaktifkan atau memberikan izin agar aplikasi bisa berjalan lancar.
cara membuat dynamic island
  • Jika posisinya tidak sesuai, Anda bisa langsung mengaturnya agar bisa berada tepat menutupi notch HP Android Anda.
cara membuat dynamic island
  • Setelah pas, Anda bisa mengecek apakah fitur ini sudah aktif atau belum dengan menerima pesan, memainkan musik, atau mengisi daya.
cara membuat dynamic island

Nah, itulah beberapa cara atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Dynamic Island di HP Android. Aplikasi tersebut juga bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store. Namun, Anda bisa mendapatkan fitur atau manfaat yang lebih banyak dengan melakukan pembelian atau upgrade ke mode Pro.

Memanfaatkan aplikasi pihak ketiga menjadi cara yang paling efektif untuk menikmati fitur ini. Apalagi untuk Anda yang belum bisa upgrade ke HP yang sudah dibekali fitur mirip Dynamic Island milik iPhone. Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram