Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan realme C30

Ditulis oleh Aris Wibowo

realme memperkenalkan realme C30 pada awal Juli 2022. HP ini dirancang sebagai ponsel entry-level andalan baru realme. HP ini diklaim menghadirkan desain paling stylish di tengah menjamurnya HP Android murah dengan desain yang tampak sama dan membosankan.

Sektor yang paling ditonjolkan realme pada realme C30 yaitu layar berkualitas dan baterai yang awet. Dua sektor ini memang menjadi hal yang dicari konsumen kelas entry-level. 

Walau begitu, realme C30 juga memiliki kemampuan kamera yang mumpuni meski bukan yang terbaik di kelasnya. Sebagai salah satu HP murah realme, ponsel ini dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek. 

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan dan kekurangan yang dipunyai realme C30? Simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi realme C30

realme C30
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C30

Ada tujuh poin kelebihan yang kami temukan pada realme C30. Tujuh poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel Android murah ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Stylish

realme c30

Penampilan bagian depan realme C30 sekilas sangat mirip dengan ponsel entry-level pada umumnya. Posisi kamera depan juga sama-sama berada pada bagian tengah atas layar menggunakan model waterdrop

Namun, saat melihat sisi belakang ponsel, tampaklah perbedaannya. Benar, realme C30 mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian bodi dan modul kamera.

Modul kamera si ponsel kini berbentuk persegi dengan konsep minimalis. Di dalam modul berkelir sewarna bodi itu terdapat kamera utama dan LED Flash. Permukaan bodi belakang dibuat bertekstur ala koper, bergaris vertikal. Desain modern ini diklaim tidak licin dan tidak mudah kotor di tangan. 

Selain modul kamera dan desain bodi yang lebih segar, realme C30 juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 164,1 x 75,6 x 8,5 mm dengan bobot 182 gram. ini membuat HP terasa sangat kokoh di genggaman jemari tangan.

2. Layar HD+ 

layar realme c30

Sebagai ponsel 1 jutaan, realme hadir dengan spesifikasi layar yang cukup baik. Layar HP ini berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan refresh rate 60 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif. Layar ini sudah cukup untuk sekadar browsing, mengakses sosial media hingga bermain game ringan.

Menariknya, meski menggunakan panel IPS, saturasi warna yang dihadirkan sudah baik. Bahkan untuk penggunaan luar ruangan masih aman meski agak kurang terang. Screen ratio HP ini juga cukup besar sehingga layar tampak lebih luas.

Realme juga menambahkan mode Video Display Enhancement. Mode ini membuat warna lebih cerah dan vivid dari sejumlah aplikasi seperti Youtube dan Google Photo. Ada juga opsi untuk mengubah keseimbangan warna putih di pengaturan.  

3. Speaker Mono yang Keras

realme c30

Suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Nah, sebagai sebuah ponsel entry-level, realme C30 memang hanya dibekali speaker mono saja. Speaker utama C30 ini ditaruh di bagian bawah dekat port micro USB.

Walau tidak ada teknologi tambahan untuk memperkuat kualitas audio, nyatanya speaker HP ini mampu menghasilkan suara yang keras dan masih nyaman di telinga, meski tidak terlalu ngebass. Setidaknya speaker tunggal ini cocok untuk memutar konten di youtube.

4. Dapur Pacu Mumpuni

unisoc t612 realme c30_

Realme C30 diperkuat oleh SoC Unisoc Tiger T612. Chipset ini sudah digunakan realme pada realme C31 dan Narzo 50A Prime. Kamu mungkin belum familier dengan SoC yang satu ini. Padahal performa chipset ini cukup baik untuk penggunaan harian dan terkenal irit baterai. 

Sebelum membahas mengenai performa realme C30, perkenankan kami membahas sedikit mengenai profil Unisoc Tiger T612. SoC ini merupakan chipset kelas menengah ke bawah yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm.

Unisoc T612 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core Cortex A75 (1,8 GHz) dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz) untuk penggunaan hemat energi. Kalau diperhatikan komposisinya, Unisoc Tiger T612 mirip dengan SoC Mediatek Helio G70.

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57 dan teknologi HyperEngine. Pada dapur pacu HP realme ini, chipset didukung RAM 2 GB atau 4 GB dan memori internal  32 GB atau 64 GB berjenis UFS 2.2.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh situs 91mobiles.com.

Pada AnTuTu , realme C30 mencetak skor 145.589 Skor tersebut tentu biasa saja dibanding ponsel entry-level lainnya yang menggunakan SoC Mediatek maupun Snapdragon. Dalam pengujian lainnya, HP Android murah ini hanya mampu menghasilkan frame rate rata-rata 24 fps. Itu artinya HP Android murah ini tidak bisa memainkan game kelas tinggi. 

Dalam pengujian di kondisi nyata, penguji mengaku terkesan dengan performa realme C30. Ponsel ini disebut mampu melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game ringan.

5. Kamera Sederhana

kamera realme c30

Bila kamu perhatikan beberapa tahun terakhir, kamera belakang smartphone selalu diisi kamera lebih dari satu. Nah hal berbeda coba ditawarkan realme dalam seri C30 ini. Pasalnya dalam HP terbaru ini hanya dilengkapi dengan kamera belakang satu buah saja dengan resolusi 8 MP bukaan f/2.0 dan teknologi AI. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram