carisinyal web banner retina

Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50A Prime

realme narzo merupakan lini ponsel yang fokus dijual untuk pasar online. Namun, lini ponsel ini selalu memunculkan hal berbeda ketimbang HP realme lain, misalnya realme C Series. Salah satu faktor pembedanya adalah desain yang segar dan atraktif.

Gara-gara itu, Anda bisa menemukan HP berdesain apik di level harga Rp1 jutaan. Contohnya adalah realme narzo 50A Prime yang akan Carisinyal bahas di artikel ini. Desain memang jadi salah satu alasan mengapa seseorang memilih sebuah ponsel.

Sebab, selain memiliki tujuan estetika, desain dipandang mampu meningkatkan rasa percaya diri. Namun demikian, narzo 50A Prime tentu tak cuma mengandalkan penampilan. Ponsel tersebut punya banyak sisi menarik yang akan kami jelaskan satu per satu. Karena itu, simak penjabarannya di artikel ini sampai kelar!

Spesifikasi

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme narzo 50A Prime

HP Rp1 jutaan biasanya dikhususkan untuk pemakaian sederhana. Hal itu memang benar, tetapi realme narzo 50A Prime punya beberapa faktor yang membuatnya istimewa. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Desain

realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime adalah salah satu HP 1 jutaan dengan penampilan paling stylish. Ada beberapa alasan yang dapat memperkuat pernyataan itu. Pertama, adalah bagian belakangnya.

Kover alias penutup belakang HP ini dicetak dengan tekstur garis-garis ala kevlar, seperti pada mobil balap. Selain menambah grip (cengkeraman), tekstur tersebut membuat penampilan penutup belakang jauh dari kata boring.

Kedua, modul kamera belakang narzo 50A memang luas sebagaimana pendahulunya, narzo 50A. Namun, modul tersebut terlihat lebih rapi dan simetris karena penataan kameranya mengikuti desain flagship realme GT2 Pro.

Hal lain yang membuat modul tersebut telihat rapi adalah karena sensor pemindai sidik jari telah diletakkan di sisi samping alias menyatu dengan tombol power.

Alasan kedua mengapa narzo 50A Prime punya penampilan stylish adalah rangkanya. Rangka HP ini mempunyai bentuk yang datar (flat), mengikuti penutup belakangnya. Rangka tersebut juga tipis, ketebalannya hanya 8,1. Ketebalan yang minim membuatnya jadi ponsel narzo paling tipis sepanjang sejarah.

Secara keseluruhan, dimensi HP ini adalah 164.4 x 75.6 x 8.1 mm dengan bobot 192,5 gram. Menurut Shivangi Agarwal dari Smartprix, ponsel ini terasa tipis, ringan, dan nyaman digenggam.

Satu-satunya hal yang mengganjal buat Agarwal adalah noda sidik jari yang mudah menempel. Hal ini terjadi karena realme narzo 50A memakai finishing glossy, baik varian warna Flash Blue maupun Flash Black.

Oleh sebab itu, Anda harus sering-sering mengelap bagian belakang ponsel ini agar kecantikannya tidak berkurang. Anda juga bisa memasang softcase supaya tidak perlu ribet harus mengelap.

2. Tampilan

realme narzo 50A Prime

Sektor tampilan narzo 50A Prime mengalami peningkatan dibanding narzo 50A. Bukan soal panel karena panel yang dipakai masih IPS LCD. Akan tetapi, peningkatan itu terletak pada resolusi, bentang layar, dan tingkat kecerahannya.

narzo 50A Prime kini memakai layar dengan bentung 6,6 inci, naik 0,1 inci ketimbang pendahulunya. Layar HP ini juga sudah mengusung resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel), sehingga tampilannya lebih tajam.

realme mengeklaim, layar dengan touch sampling rate 180 Hz ini mampu mencapai tingkat kecerahan 600 nit. Angka tersebut sudah cukup untuk menunjang pemakain ponsel di luar ruangan.

Untuk kegiatan multimedia, layar narzo 50A Prime sudah lebih dari cukup. Warnanya terlihat hidup menurut Shivangi Agarwal. Beberapa fitur pun dijejalkan ke layar dengan refresh rate 60 Hz ini.

Mulai dari mode vivid agar kedalaman warna mencapai rentang DCI-P3, dark mode, fitur pengubah temperatur warna, dan fitur lower resolution. Fitur yang terakhir berfungsi untuk menurunkan resolusi layar pada saat bermain gim, dengan tujuan menghemat konsumsi daya.

3. Dapur Pacu

realme narzo 50A Prime - unisoc tiger t612

realme narzo 50A Prime menggunakan SoC yang sama seperti realme C31. Ya, keduanya memakai SoC UNISOC Tiger T612. Karena itu, performa yang dihasilkan kurang lebih mirip. Anda bisa membaca artikel kelebihan dan kekurangan realme C31 untuk mengetahui gambaran lengkapnya.

Namun, secara singkat, narzo 50A Prime sudah nyaman untuk menjalankan tugas harian. Ia sigap dan tidak mengalami kendala saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Sementara itu, untuk bermain game, narzo 50A Prime cukup mumpuni. Berdasarkan pengujian yang dilakukan kanal YouTube Pizza Gadget, gim Mobile Legends dan PUBG Mobile dapat dijalankan dengan lancar pada setelan frame rate tinggi.

Adapun realme mengeklaim bahwa skor AnTuTu 9 yang diraih narzo 50A Prime mencapai 224.223. Skor tersebut sudah cukup oke buat SoC kelas entri.

4. Memori

realme narzo 50A Prime

Faktor lain yang membuat performa narzo 50A Prime cukup kencang adalah adalah memorinya. Benar saja, HP ini memiliki konfigurasi memori yang menarik, yakni RAM 4 GB plus memori internal 64 GB serta RAM 4 GB dengan penyimpanan 128 GB.

RAM 4 GB menjamin kelancaran multitasking dan loading file aplikasi dan gim. Sementara itu, memori internal narzo 50A Prime memiliki jenis UFS 2.2. Jenis tersebut punya kecepatan yang lebih kencang ketimbang eMMC 5.1, dalam hal ini kecepatan tulis dan bacanya.

Adapun narzo 50A Prime dibekali triple slot yang bisa menampung dua kartu SIM dan satu kartu microSD. Artinya, slot kartu SIM di HP ini bukan hybrid dan punya slot microSD khusus.

Keberadaan slot microSD khusus membuat pengguna punya opsi murah untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Kapasitas maksimal kartu microSD yang bisa dipasang adalah 1 TB. Besar bukan?

5. Kamera

realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime tidak mengalami perubahan konfigurasi kamera dibanding narzo 50A. HP ini pun masih memakai kamera utama 50 MP, f/1.8, dengan pendamping kamera makro 2 MP dan sensor kedalaman di sektor belakang.

Ketiganya ditemani satu lampu flash. Sementara itu, kamera selfie narzo 50A Prime memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Mengenai perekaman video, kamera utama HP ini bisa mencapai resolusi maksimal 1080p (Full HD) 30 fps, sedangkan kamera selfie-nya mencapai 720p (HD) 30 fps.

Shivangi Agarwal menilai, kamera utama narzo 50A Prime bekerja dengan baik pada kondisi siang hari. Foto tangkapan kamera utama HP ini disebut cerah, tajam, dengan warna yang oke. Satu-satunya hal yang mesti diperhatikan dari kamera utama ini adalah jeda waktu pemrosesan.

Setelah tombol jepret dipencet, sistem butuh waktu sekitar 1-2 detik sampai foto selesai diproses. Dalam kurun waktu tersebut, pengguna mesti menjaga kestabilan ponsel agar hasil akhir foto tidak blur. Demikian yang dirasakan oleh Agarwal.

Sementara itu, kamera selfie HP ini juga bekerja dengan baik. Foto yang dihasilkan detail dan menampilkan warna kulit yang natural. Berikut sampel foto kamera realme narzo 50A Prime.

narzo 50a primeSumber: Smartprix
Kamera utama
narzo 50a primeSumber: Smartprix
Kamera utama - low light
narzo 50a primeSumber: Smartprix
Kamera selfie

6. Baterai

realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime mengalami penurunan kapasitas baterai. Jika dulu narzo 50A menggendong baterai 6000 mAh, kini narzo 50A Prime hanya membawa 5000 mAh saja. Meski turun 1000 mAh, kapasitas baterai ponsel ini masih sesuai dengan standar HP-HP masa kini.

Dengan kapasitas 5000 mAh, narzo 50A Prime sudah ideal untuk menemani aktivitas penggunanya selama satu hari penuh. Bahkan, jika gaya pemakaian Anda moderat, HP ini bisa bertahan sampai 1,5 hari. Demikian seperti yang dirasakan Shivangi Agarwal.

Selama menguji daya tahan HP ini, Agarwal menggunakannya untuk menonton video di YouTube, mengenarkan lagu Spotify, membuka Twitter dan Instagram, sesekali bermain game, dan browsing. Adapun narzo 50A Prime juga didukung teknologi pengisian cepat 18W.

7. Sensor dan Port

realme narzo 50A Prime

Kelengkapan sensor narzo 50A Prime bisa dibilang cukup baik. Sensor-sensor esensial ada di HP ini. Mulai dari akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, sampai giroskop. Hanya saja, kinerja sensor giroskop HP ini masih kurang maksimal.

Hal ini dapat dilihat dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Pizza Gadget, khususnya di bagian pengujian gim PUBG Mobile. Bila giroskop bekerja dengan baik, kursor bidik tembakan dapat diarahkan dengan tepat dan stabil tanpa goyangan. Sayangnya, hal itu belum terjadi di narzo 50A Prime.

Sementara itu, narzo 50A Prime sudah memakai port USB C yang kekinian. Anda bisa mencolokkan kabel cas tanpa memedulikan posisi atas dan bawah. Menariknya lagi, HP ini masih memiliki jack audio 3,5 mm untuk yang suka mendengarkan musik dengan headset berkabel.

Kekurangan realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime merupakan salah satu pilihan yang menarik di segmen Rp2 juta ke bawah. Namun, saat memutuskan membeli HP ini, Anda mesti menoleransi beberapa hal berikut.

1. Sisi Minor Kamera

realme narzo 50A Prime

Sayang sekali realme lebih memilih memasang kamera makro dan sensor kedalaman untuk menemani kamera utama nrazo 50A Prime. Padahal, dua kamera itu minim fungsi. Daripada menaruh dua kamera itu, akan lebih baik jika menggantinya dengan satu kamera ultrawide.

Kamera ultrawide jelas akan lebih sering dipakai. Misalnya, pada saat foto bersama keluarga besar. Selanjutnya, hal yang kurang kurang dari sektor kamera narzo 50A Prime adalah perekaman videonya.

Sampel video yang diambil berbagai penguji memperlihatkan bahwa ada guncangan di sana-sini. Artinya, kamera HP ini belum bisa menghasilkan rekaman video dengan stabil.

2. Sistem Operasi

realme c31

Saat dirilis, realme narzo 50A Prime dipasangai sistem operasi Android 11. Sistem operasi tersebut dilapisi antarmuka realme UI edisi R yang ringan. Cukup disayangkan memang mengingat Android 12 sudah beredar pada saat HP ini meluncur.

Karena Android 12 belum ada di HP ini, maka beberapa fitur baru belum bisa dimanfaatkan. Fitur-fitur bawaan Android 12 itu seperti dashboard privasi. Fitur ini berfungsi untuk melihat izin akses setiap aplikasi yang terpasang.

Izin akses itu seperti izin untuk membagikan lokasi di mana Anda sedang berada. Dengan dashboard privasi, Anda juga bisa memberi atau mencabut izin masing-masing aplikasi.Fitur menarik selanjutnya di Android 12 adalah indikator kamera dan mikrofon.

Indikator ini akan memberi tahu secara otomatis ketika kamera atau mikrofon aktif saat pengguna membuka suatu aplikasi. Fitur ini tentu dapat meminimalkan aktivitas penyadapan yang tidak diinginkan oleh aplikasi tertentu.

3. Paket Penjualan

realme narzo 50A Prime

realme ikut-ikutan melakukan kampanye ramah lingkungan saat merilis narzo 50A Prime. Kampanye ini diwujudkan dengan peniadaan charger dalam paket penjualan si ponsel. Keputusan untuk meniadakan charger cukup disayangkan.

Namun, realme punya alasan penguat lain, sehingga keputusan ini dinilai bukan sekadar kampanye. Berdasarkan riset pasar yang mereka lakukan, calon pembeli ponsel saat ini sudah punya charger bawaan dari HP lama. Itu alasan penguat pertama.

Alasan penguat selanjutnya adalah demi menekan harga produk serendah mungkin. Maka jika ada orang yang beranggapan bahwa harga narzo 50A Prime cukup murah, berarti keputusan menghilangkan charger dalam paket penjualan sudah tepat.

Simpulan

realme narzo 50A Prime membawa nuansa baru. Pasalnya, HP realme di bawah Rp2 jutaan kini tidak melulu diisi smartphone dasar dengan baterai besar, tapi juga smartphone berpenampilan stylish. Hadirnya ponsel ini juga penting bagi kalangan sosialita.

Mereka tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan sebuah ponsel yang mampu meningkatkan rasa percaya diri. Di sisi lain, narzo 50A Prime bukan cuma jualan penampilan. HP ini juga unggul dalam hal layar, performa, hingga fotografi sederhana.

Namun, hal yang patut diperhatikan adalah HP ini dijual tanpa charger. Karena itu, sebaiknya Anda membeli narzo 50A Prime pada momen-momen flash sale agar mendapatkan harga terbaik.

Misalnya, varian 4/128 GB ponsel ini bisa didapat dengan harga Rp1.998.000 pada momen flash sale. Harga tersebut lebih murah sekitar 200 ribu ketimbang harga normalnya. Selisih Rp200 ribu itu tentu bisa Anda alokasikan untuk membeli charger jika memang belum punya. Bagaimana, tertarik dengan HP ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram