10 Kelebihan dan Kekurangan HP 1 Jutaan realme C31

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Mencari HP gaming 1 Jutaan bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada banyak pilihan ponsel yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalankan game. Salah satunya adalah realme C31. Ponsel ini diperkenalkan realme di Indonesia pada Maret 2022.

Kemampuan mumpuni realme C31 hadir berkat sokongan SoC UNISOC T612. Kemunculan HP ini memberi indikasi bahwa realme memiliki komitmen dalam menghadirkan smartphone yang kompetitif di kelas entri.

Hal yang sama telah mereka lakukan pada 2020, ketika merilis realme C3. Namun, apakah hanya performa yang jadi unique selling point dari realme C31? Pertanyaan tersebut akan segera Carisinyal jawab dalam artikel kelebihan dan kekurangan realme C31 ini. Oleh sebab itu, simak ulasannya sampai tuntas!

Spesifikasi realme C31

realme C31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C31

Benar bahwa realme C31 merupakan smartphone kelas entri. Namun, HP ini memiliki kelebihan yang membuat konsumen merasa puas dengan uang yang dikeluarkannya. Berikut ini poin-poin kelebihan yang dimiliki si ponsel

1. Desain

realme c31

realme C31 dirancang dengan desain yang mengacu pada flagship realme GT2 Pro. Tengok saja pada modul kamera belakangnya yang mirip. Di dalam modul kamera HP ini terdapat lensa kamera yang ditata secara simetris. Itu keren!

realme menyebut, penutup belakang HP ini memiliki tekstur dinamis. Tekstur tersebut tentu saja membuat pengalaman menggenggam si ponsel jadi nyaman dan tidak terasa licin. Daya cengkeram terhadap HP pun didukung dengan adanya lengkungan di bagian tepi penutup belakang.

Lengkungan tersebut diteruskan ke bagian rangka ponsel. Dengan begitu, realme C31 tidak ikut-ikutan tren HP keluaran 2022 yang banyak memakai rangka datar (flat).

Penampilan HP ini pun terlihat bersih karena sensor fingerprint-nya terletak di sisi samping, menyatu dengan tombol power. Adapun realme C31 memiliki dimensi 164.7 x 76.1 x 8.4 dengan bobot 197 gram. Menurut Dadan Ramdhani dalam kanal YouTube Gayafone, bodi HP ini terbilang tipis dan punya build quality yang baik.

realme c31

Satu hal yang membuat desain realme C31 terlihat spesial di kelas harganya adalah sertifikasi keandalan tinggi dari TÜV Rheinland. Ya, karena mengantongi sertifikasi tersebut, realme C31 dijamin awet untuk pemakaian jangka panjang, setidaknya 3 tahun.

HP dengan material bodi polikarbonat ini lolos sertifikasi dari TÜV Rheinland setelan melewati berbagai skenario pengujian. Di antaranya meliputi 7 skenario pemakaian di lingkungan ekstrem, 6 skenario pengujian komponen, dan 10 skenario pengujian pemakaian sehari-hari.

2. Layar

realme c31

realme C31 dipasangi layar dengan bentang yang cukup lebar, yakni 6,5 inci. Panel yang dipakai adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Resolusi tersebut memang kurang jika dibandingkan HP-HP zaman sekarang yang sudah Full HD+.

Namun, menurut penguji Tech Advisor, Thomas Newton, tampilan layar realme C31 masih cukup tajam, terutama pada menu dan saat digunakan untuk browsing. Resolusi HD+ malah mempunyai sisi positif pada konsumsi daya yang irit.

Hal ini karena resolusi yang lebih rendah membuat beban kerja SoC jadi ringan. Sementara itu, soal kecerahan, layar HP ini sudah cukup memadai. Menurut Newton, di kondisi indoor maupun outdoor tampilannya oke.

Hal yang diapresiasi lagi oleh Newton soal layar realme C31 adalah responsivitasnya. Layar si ponsel bisa mengeksekusi sentuhan secara instan. Hal itu wajar dialami Newton mengingat touch sampling rate layar realme C31 mencapai 120 Hz.

3. Dapur Pacu

realme c31

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, realme C31 ditenagai SoC UNISOC Tiger T612. SoC ini juga digunakan oleh realme narzo 50A Prime. Buat Anda yang belum kenal dengan Tiger T612, izinkan kami jelaskan sedikit mengenai SoC ini.

Tiger T612 merupakan SoC dengan CPU delapan inti. Dua inti pertama adalah klaster performa berupa Cortex A75 (1,8 Ghz). Enam inti sisanya adalah klaster efisiensi yang berupa Cortex A55 (1,8 Ghz).

Selain delapan inti CPU, SoC ini mengandung beberapa komponen. Di antaranya adalah GPU Mali-G57, ISP tiga inti, dan tentu modem 4G. Seluruhnya disatukan melalui fabrikasi 12 nm.

Yang menarik, Tiger T612 mendukung penyimpanan UFS 2.2. Maka dari itu, secara teori proses pembacaan dan penulisan file di dalam memori internal realme C31 akan jauh lebih kencang ketimbang ponsel lain dengan penyimpanan eMMC 5.1.

Nah, di dalam dapur pacu realme C31, SoC Tiger T612 dipadukan dengan dua konfigurasi memori. Pertama dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan yang kedua RAM 4 GB plus penyimpanan 64 GB.

Setelah membahas profil jeroan si ponsel, kini saatnya membicarakan performanya. Menurut klaim realme, HP ini memiliki skor AnTuTu 202.439. Klaim ini tidak jauh berbeda dari pengujian Gayafone, yang meraih 206.941.

Sementara itu, menurut pengujian yang dilakukan Thomas Newton dan tim Tech Advisor, skor multicore realme C31 di GeekBench 5 adalah 1317. Skor tersebut lebih tinggi dari Redmi 10 (1159) yang memakai SoC MediaTek Helio G88.

Lanjut ke pengujian memakai aplikasi GFX Bench untuk mengetahui kemampuan GPU. Hasil tes menunjukkan HP meraih skor rendering 10 fps pada GFX Car Chase dan 18 fps GFX Manhattan 3.1. Skor tersebut cukup wajar untuk SoC kelas entri.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram