carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan HP 1 Jutaan realme C31

Mencari HP gaming 1 Jutaan bukanlah hal yang mustahil. Sebab, ada banyak pilihan ponsel yang memiliki mumpuni dalam menjalankan game. Salah satunya adalah realme C31. Ponsel ini diperkenalkan realme di Indonesia pada Maret 2022.

Kemampuan mumpuni realme C31 hadir berkat sokongan SoC UNISOC T612. Kemunculan HP ini memberi indikasi bahwa realme memiliki komitmen dalam menghadirkan smartphone yang kompetitif di kelas entri.

Hal yang sama telah mereka lakukan pada 2020, ketika merilis realme C3. Namun, apakah hanya performa yang jadi unique selling point dari realme C31? Pertanyaan tersebut akan segera Carisinyal jawab dalam artikel kelebihan dan kekurangan realme C31 ini. Oleh sebab itu, simak ulasannya sampai tuntas!

Spesifikasi realme C31

realme C31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme C31

Benar bahwa realme C31 merupakan smartphone kelas entri. Namun, HP ini memiliki kelebihan yang membuat konsumen merasa puas dengan uang yang dikeluarkannya. Berikut ini poin-poin kelebihan yang dimiliki si ponsel

1. Desain

realme c31

realme C31 dirancang dengan desain yang mengacu pada flagship realme GT2 Pro. Tengok saja pada modul kamera belakangnya yang mirip. Di dalam modul kamera HP ini terdapat lensa kamera yang ditata secara simetris. Itu keren!

realme menyebut, penutup belakang HP ini memiliki tekstur dinamis. Tekstur tersebut tentu saja membuat pengalaman menggenggam si ponsel jadi nyaman dan tidak terasa licin. Daya cengkeram terhadap HP pun didukung dengan adanya lengkungan di bagian tepi penutup belakang.

Lengkungan tersebut diteruskan ke bagian rangka ponsel. Dengan begitu, realme C31 tidak ikut-ikutan tren HP keluaran 2022 yang banyak memakai rangka datar (flat).

Penampilan HP ini pun terlihat bersih karena sensor fingerprint-nya terletak di sisi samping, menyatu dengan tombol power. Adapun realme C31 memiliki dimensi 164.7 x 76.1 x 8.4 dengan bobot 197 gram. Menurut Dadan Ramdhani dalam kanal YouTube Gayafone, bodi HP ini terbilang tipis dan punya build quality yang baik.

realme c31

Satu hal yang membuat desain realme C31 terlihat spesial di kelas harganya adalah sertifikasi keandalan tinggi dari TÜV Rheinland. Ya, karena mengantongi sertifikasi tersebut, realme C31 dijamin awet untuk pemakaian jangka panjang, setidaknya 3 tahun.

HP dengan material bodi polikarbonat ini lolos sertifikasi dari TÜV Rheinland setelan melewati berbagai skenario pengujian. Di antaranya meliputi 7 skenario pemakaian di lingkungan ekstrem, 6 skenario pengujian komponen, dan 10 skenario pengujian pemakaian sehari-hari.

2. Layar

realme c31

realme C31 dipasangi layar dengan bentang yang cukup lebar, yakni 6,5 inci. Panel yang dipakai adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Resolusi tersebut memang kurang jika dibandingkan HP-HP zaman sekarang yang sudah Full HD+.

Namun, menurut penguji Tech Advisor, Thomas Newton, tampilan layar realme C31 masih cukup tajam, terutama pada menu dan saat digunakan untuk browsing. Resolusi HD+ malah mempunyai sisi positif pada konsumsi daya yang irit.

Hal ini karena resolusi yang lebih rendah membuat beban kerja SoC jadi ringan. Sementara itu, soal kecerahan, layar HP ini sudah cukup memadai. Menurut Newton, di kondisi indoor maupun outdoor tampilannya oke.

Hal yang diapresiasi lagi oleh Newton soal layar realme C31 adalah responsivitasnya. Layar si ponsel bisa mengeksekusi sentuhan secara instan. Hal itu wajar dialami Newton mengingat touch sampling rate layar realme C31 mencapai 120 Hz.

3. Dapur Pacu

realme c31

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf pembuka, realme C31 ditenagai SoC UNISOC Tiger T612. SoC ini juga digunakan oleh realme narzo 50A Prime. Buat Anda yang belum kenal dengan Tiger T612, izinkan kami jelaskan sedikit mengenai SoC ini.

Tiger T612 merupakan SoC dengan CPU delapan inti. Dua inti pertama adalah klaster performa berupa Cortex A75 (1,8 Ghz). Enam inti sisanya adalah klaster efisiensi yang berupa Cortex A55 (1,8 Ghz).

Selain delapan inti CPU, SoC ini mengandung beberapa komponen. Di antaranya adalah GPU Mali-G57, ISP tiga inti, dan tentu modem 4G. Seluruhnya disatukan melalui fabrikasi 12 nm.

Yang menarik, Tiger T612 mendukung penyimpanan UFS 2.2. Maka dari itu, secara teori proses pembacaan dan penulisan file di dalam memori internal realme C31 akan jauh lebih kencang ketimbang ponsel lain dengan penyimpanan eMMC 5.1.

Nah, di dalam dapur pacu realme C31, SoC Tiger T612 dipadukan dengan dua konfigurasi memori. Pertama dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan yang kedua RAM 4 GB plus penyimpanan 64 GB.

Setelah membahas profil jeroan si ponsel, kini saatnya membicarakan performanya. Menurut klaim realme, HP ini memiliki skor AnTuTu 202.439. Klaim ini tidak jauh berbeda dari pengujian Gayafone, yang meraih 206.941.

Sementara itu, menurut pengujian yang dilakukan Thomas Newton dan tim Tech Advisor, skor multicore realme C31 di GeekBench 5 adalah 1317. Skor tersebut lebih tinggi dari Redmi 10 (1159) yang memakai SoC MediaTek Helio G88.

Lanjut ke pengujian memakai aplikasi GFX Bench untuk mengetahui kemampuan GPU. Hasil tes menunjukkan HP meraih skor rendering 10 fps pada GFX Car Chase dan 18 fps GFX Manhattan 3.1. Skor tersebut cukup wajar untuk SoC kelas entri.

Nah, itu tadi dari hasil benchmark sintetis. Sekarang mari kita bahas soal performanya di kondisi nyata. Menurut pengalaman Thomas Newton, realme C31 lebih dari cukup untuk menjalankan tugas-tugas harian.

Tugas-tugas itu seperti browsing, membuka aplikasi media sosial, berkirim pesan di aplikasi WhatsApp, hingga memutar lagu atau video. Lantas bagaimana performanya untuk main game?

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Gayafone, gim Call of Duty Mobile dapat dijalankan dengan baik pada setelan grafik "Medium" dan frame rate "High". Sementara itu, untuk gim PUBG Mobile, setelan maksimum yang bisa dipakai adalah grafik "HD" dengan frame rate "Medium".

Menurut Gayafone, gerakan (motion) di game tersebut terlihat agak kasar. Walau begitu, gameplay tetap berjalan lancar tanpa adanya lag. Gayafone lalu merekomendasikan agar setelan grafik diubah jadi "Smooth" supaya motion lebih mulus.

4. Kamera

realme c31

realme C31 memang dibekali dengan tiga kamera belakang. Namun, yang paling berguna bisa jadi cuma satu, yaitu kamera utamanya. Pasalnya, dua kamera pendamping kamera utama HP ini adalah kamera makro 2 MP, f/2.4 dan sensor kedalaman 0,3 MP, f/2.8.

Kedua kamera tersebut hanya bonus karena fungsinya minim. Adapun kamera utama realme C31 memiliki resolusi 13 MP, f/2.2, autofokus, dan disebut memakai sensor Sony.

Sementara itu, kamera depan HP ini memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera depan ini bisa merekam video hingga resolusi 720p (HD) @30 fps. Sedangkan kamera utamanya bisa menghasilkan video sampai resolusi 1080p (Full HD) pada 30 fps.

Hasil tangkapannya lumayan karena detail, eksposur, dan rentang dinamisnya oke. Warnanya juga tidak lebay. Sudah cukup untuk dipamerkan di media sosial. Berikut contoh jepretan kamera realme C31 yang bisa Anda nilai sendiri kualitasnya.

realme c31Sumber: Gayafone Channel
Kamera utama
realme c31Sumber: Gayafone Channel
Kamera utama - low light
realme c31Sumber: Gayafone Channel
Kamera selfie

5. Baterai

realme c31

realme C31 memperoleh baterai 5000 mAh sebagai komponen utama di sektor daya. Menurut klaim realme, baterai ini awet untuk menemani penggunanya sehari penuh. Klaim ini terbukti benar jika berkaca pada gaya pemakaian ala pekerja kantoran seperti Thomas Newton.

Kata Newton, kapasitas baterai HP ini biasanya tersisa sekitar 40-50% setelah dipakai untuk menemaninya bekerja kurang lebih 8 jam dalam sehari. Adapun dalam pengujian memakai aplikasi PC Mark skor daya tahan baterai realme C31 tembus 10 jam 19 menit. Hasil pengujian ini berarti daya tahan baterainya cukup.

6. Lain-Lain

realme c31

Pada poin ini, ada tiga hal yang dibahas, yakni sensor, slot, dan paket penjualan. Untuk sensor, realme C31 termasuk lengkap. Seluruh sensor-sensor esensial ada. Mulai dari akselerometer, proksimitas, cahaya, giroskop, hingga kompas.

Hanya saja, sensor giroskop di HP ini kurang stabil. Hal ini dapat dilihat saat Gayafone mengujinya pada gim PUBG Mobile. Ketika sedang membidik untuk menembak lawan, titik fokus dalam teleskop goyang-goyang. Masalah tersebut mungkin bisa diperbaiki realme dengan update software.

Lanjut soal slot, HP ini hadir dengan triple slot. Artinya, pengguna bisa memasang dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Jenis slot ini penting, utamanya jika Anda ingin menambah ruang penyimpanan si ponsel. Kapasitas maksimal kartu microSD yang bisa dipasang adalah 1 TB.

Terakhir mengenai paket penjualan, softcase dan lapisan pelindung layar memang belum ada. Namun, paling tidak charger 10W sudah ada. Hal ini membuat Anda tak perlu waswas bila memang belum memiliki charger.

Kekurangan realme C31

Enam hal yang sudah dijelaskan di atas menggambarkan hal-hal yang ditonjolkan oleh realme C31. Namun, Anda juga perlu memperhatikan poin-poin di bawah ini sebelum mengambil keputusan untuk membeli atau tidak.

1. Bobot dan Speaker

realme c31

Dimensi bodi realme C31 memang sudah cukup tipis. Namun, ponsel ini punya bobot yang mencapai 197 gram. Ponsel pun terasa agak berat, khususnya bagi Anda yang sehari-hari memakai HP dengan bobot 180 gram ke bawah.

Itu tadi catatan pertama mengenai sisi minor dari desain HP ini. Catatan selanjutnya adalah pemosisian speaker yang ada di sisi bawah penutup belakang. Posisi ini sebetulnya adalah posisi yang kurang ideal karena membuat keluaran suara tidak maksimal.

Terutama bila ponsel sedang ditaruh di atas meja. Namun, realme memberi semacam tonjolan di sekitar lubang speaker. Tujuannya demi menciptakan sedikit celah agar suara bisa keluar. Walau begitu, keluaran suaranya tetap kurang lepas jika dibanding dengan speaker yang ditaruh di sisi rangka ponsel.

Terakhir, realme C31 tidak memiliki sertifikasi tahan cipratan air. Karena itu, tidak ada jaminan HP ini akan baik-baik saja setelah terkena tetesan air hujan.

2. Kamera Ultrawide Absen

realme c31

Kamera ultrawide belum bisa dihadirkan pada kelas harga Rp1 jutaan. Itu wajar karena ponsel lain dari berbagai macam merek pun melakukan hal sama. Pemangkasan kamera ultrawide di realme C31 semakin bisa diterima mengingat chipset yang dipasangkan cukup bertenaga.

Satu lagi catatan di sektor kamera HP ini adalah perekaman videonya. Jika melihat sampel video di kanal YouTube Gayafone, kualitas perekaman audio biasa saja. Selain itu, videonya tampak goyang lantaran belum ada sistem stabilisasi yang mumpuni.

Namun, jika ingat berapa harga si ponsel, masalah perekaman video ini masih bisa diwajarkan.

3. Port dan Pengisian Daya

realme c31

Sayang sekali realme C31 belum dibekali port USB C. Ia masih memakai microUSB yang ketinggalan zaman untuk standar masa kini. Alhasil, Anda mesti memperhatikan dengan baik-baik posisi port saat hendak mengecas. Hal ini tidak seperti USB C yang bisa dicolok bolak-balik.

Sementara itu, soal pengisian daya, teknologi pengisian cepat belum ada buat HP ini. Praktis, daya maksimal yang bisa diterima adalah 10W, sesuai dengan charger yang diberikan. Menurut pengujian yang dilakukan Tech Advisor, butuh waktu 2 jam 43 menit untuk mengecas dari kondisi baterai kosong sampai penuh.

4. Sistem Operasi

realme c31

realme C31 dirilis dengan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI edisi R. Sangat disayangkan lantaran Android 12 sudah beredar pada saat HP ini dirilis. Fitur-fitur menarik di Android 12 pun belum bisa dinikmati pengguna.

Misalnya saja soal dashboard privasi. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat izin akses setiap aplikasi yang terpasang. Izin akses itu seperti izin untuk membagikan lokasi di mana Anda sedang berada. Dengan dashboard privasi, Anda juga bisa memberi atau mencabut izin masing-masing aplikasi.

Fitur menarik selanjutnya adalah indikator kamera atau mikrofon. Indikator ini akan memberi tahu secara otomatis ketika kamera atau mikrofon aktif saat pengguna membuka suatu aplikasi. Fitur ini tentu dapat meminimalkan aktivitas penyadapan yang tidak diinginkan.

Simpulan

realme C31 adalah HP 1 jutaan yang cukup menarik. HP ini menawarkan performa yang oke buat main game serta kamera yang lumayan untuk foto-foto. Desain HP ini pun menarik karena kalem dan tidak neko-neko - bisa diterima oleh banyak kalangan.

Daya tahan baterai realme C31 pun cukup untuk pemakaian sehari penuh. Namun, Anda mesti menyediakan waktu ekstra untuk mengecasnya. Paling baik mengecas si ponsel ketika malam hari menjelang tidur.

Dengan melihat berbagai poin kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, realme C31 rasanya sudah cukup pas untuk ukuran HP 1 jutaan. HP ini cocok buat pelajar yang suka main gim, cocok buat jualan online, dan bisa jadi andalan bagi driver ojek online. Bagaimana, tertarik dengan HP ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram