carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50A

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 19 November 2021

realme memperbarui katalog ponselnya dengan meluncurkan tiga produk baru di Indonesia pada November 2021. Salah satu produk yang mereka luncurkan adalah realme narzo 50A, sebuah ponsel yang khusus dijual secara online. HP kelas menengah ini adalah penerus dari realme narzo 30A.

Masuknya realme narzo 50A ke Indonesia tentu saja turut memanaskan persaingan HP di kelas 2 jutaan. Apalagi, kelas harga tersebut merupakan pasar yang cukup gemuk karena peminatnya banyak. HP 2 jutaan menawarkan spesifikasi yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari, tetapi tidak membuat kantong jebol.

Nah, dalam artikel ini Carisinyal bakal memjabarkan apa saja kelebihan dari realme narzo 50A. Kami juga akan menyertakan catatan-catatan tertentu yang bisa jadi merupakan kekurangan dari si ponsel. Ulasan dalam artikel ini memang tidak bersifat mutlak, Anda tentu boleh punya pendapat sendiri.

Namun, ulasan ini hadir untuk memberi informasi secara menyeluruh kepada mereka yang ingin tahu seperti apa realme narzo 50A, baik luar dan dalamnya. Baiklah, untuk memulai pembahasan, silakan simak spesifikasi utama si ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi realme narzo 50A

realme narzo 50A
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan realme narzo 50A

Dalam catatan kami, ada enam hal menarik alias kelebihan yang ditawarkan realme narzo 50A. Jumlah itu cukup keren untuk kelas harganya. Nah, apa saja kelebihan-kelebihan HP ini? Berikut penjelasannya.

1. Desain

realme narzo 50A

Tidak ada perubahan yang signifikan pada desain narzo 50A dibanding pendahulunya. Ciri layar dengan gaya ala tetesan air masih dipertahankan. Meski begitu, realme tetap memberi sentuhan baru yang membuat narzo 50A tampak segar.

Sentuhan itu ada di modul kamera belakangnya yang berkelir hitam. Modul kamera ini dibikin lebar, sehingga tidak cuma lensa kamera yang ditampungnya. Ada logo "narzo" dan pemindai sidik jari yang ikut bergabung ke dalam modul. Desain modul kamera yang seperti ini belum pernah dipakai realme pada HP-HP mereka terdahulu.

Kemudian, pola garis-garis diagonal layaknya narzo 30A masih ada. Namun, porsinya dikurangi dan ditaruh segaris dengan modul kamera. Sementara itu, separuh wilayah di penutup belakang yang tak dikenai pola garis-garis diagonal, polos saja dengan polesan matte.

realme menyediakan dua opsi warna untuk narzo 50A, yakni Oxygen Blue dan Oxygen Green. Adapun menurut kanal YouTube asal Filipina, TechBeans, build quality HP ini termasuk bagus. Ia terasa kokoh dan nyaman saat dipegang. Pengalaman yang nyaman saat dipegang kemungkinan besar karena rangka HP ini berbentuk melengkung.

2. Tampilan

realme narzo 50A

realme menyematkan layar berpanel IPS LCD untuk sektor tampilan narzo 50A. Bentang layar ini cukup lebar, 6,5 inci, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Refresh rate alias laju penyegarannya standar, 60 Hz.

Resolusi yang sekadar HD+ bukanlah sebuah masalah. Resolusi yang rendah malah bisa meringankan kinerja SoC dan membuat HP jadi irit konsumsi daya. Bahkan layar HP ini ternyata bisa memutar video di YouTube hingga resolusi 1440p (2K) 60 fps, berdasarkan pengujian kanal YouTube TechBeans. Ketajamannya pun terjaga.

David Brendi dalam kanal GadgetIn bilang bahwa kualitas warna yang diberikan layer narzo 50A enak dilihat. Adapun Irfan Hilmy, pemilik kanal YouTube GontaGantiHape, menilai bahwa sensitivitas layar narzo 50A tak memiliki masalah saat HP dipakai main gim.

Masalah kecerahan, realme mengklaim bahwa layar narzo 50A bisa mencapai level kecerahan 570 nit pada mode terang. HP dengan level kecerahan minimal 500 nit umumnya sudah enak dipakai untuk kondisi outdoor.

Sementara itu, realme tidak mengungkap kaca proteksi apa yang disertakan pada HP ini. Namun, layar narzo 50A sudah dipasangi lapisan mika antigores sejak HP dibuka dari kardusnya.

3. Performa

MediaTek Helio G85

realme narzo 50A ditenagai oleh SoC gaming kelas menengah yang populer dipakai oleh banyak smartphone. SoC ini populer karena mampu memberikan performa yang sip. SoC yang dimaksud adalah MediaTek Helio G85. Anda mungkin sudah sering mendengar soal SoC yang satu ini.

Namun, kami tetap akan jelaskan sedikit profilnya. Helio G85 merupakan SoC dengan CPU delapan inti. Dua inti di antaranya adalah Cortex A75 (2,0 GHz), sedangkan enam inti sisanya merupakan Cortex A55 (1,8 GHz). Cortex A75 adalah inti performa, sementara Cortex A55 bertugas sebagai inti efisiensi.

Helio G85 juga mengandung beberapa komponen lain seperti modem LTE dan GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz). Semua komponen disatukan melalui proses fabrikasi 12 nm.

Nah, di sektor dapur pacu narzo 50A, Helio G85 dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal eMMC 5.1, baik 64 GB ataupun 128 GB. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube GontaGantiHape, skor AnTuTu 8 narzo 50A tembus 208 ribuan.

Skor tersebut terbilang oke untuk HP kelas menengah. Meski begitu, skor benchmark sintetis seperti AnTuTu 8 kadang-kadang tidak menggambarkan performa nyata si HP dalam penggunaan sehari-hari. Untuk mengetahui hal itu, mari kita rujuk pengalaman dari para penguji.

Kanal YouTube GadgetIn menyatakan bahwa HP ini bisa dengan stabil memperoleh frame rate 60 fps (mulus) saat memainkan gim Mobile Legends. Setelan grafis yang dipakai pun "rata kanan". Masih menurut GadgetIn, gim PUBG Mobile juga mulus dijalankan pada setelan grafis smooth ultra.

Adapun kanal YouTube TechBeans juga merasakan pengalaman serupa. Gim Call of Duty Mobile yang lancar dimainkan pada setelan grafis medium dengan frame rate high. Tidak ada kejadian frame drop.

TechBeans juga menjajal gim mobile paling berat di dunia, Genshin Impact. Hasilnya, gim tetap bisa dijalankan dengan setelan paling rendah 30 fps, dan tentu saja ada patah-patah khas smartphone kelas entri.

Para penguji mengaku bahwa realme narzo 50A tetap adem setelah dipakai main gim beberapa sesi. Hal ini membuktikan bahwa resolusi HD+ pada layar HP ini berdampak bagus. Tidak membuat GPU bekerja ngos-ngosan dan performa keseluruhan pun lancar.

4. Kamera

realme narzo 50A

realme meningkatkan spesifikasi kamera pada narzo 50A. Kini kamera utama HP ini punya resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera utama didampingi kamera makro dan lensa kedalaman yang sama-sama beresolusi 2 MP, f/2.4.

Sebelumnya, narzo 30A hanya dibekali kamera utama 13 MP, f/2.2 plus sensor kedalaman 2 MP, f/2.4 pada sektor belakang. Meski begitu, kamera depan narzo 50A masih sama dengan sang pendahulu, yakni 8 MP, f/2.0.

Satu lampu flash mendampingi tiga kamera belakang narzo 50A. Adapun baik kamera utama maupun kamera depan HP ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps. Lantas, bagaimana kualitas foto yang dihasilkan?

Ternyata cukup keren. Kanal YouTube GontaGantiHP bilang bahwa foto yang dihasilkan instagrammable. Foto tampak tajam, penuh detaill, komposisi warnanya menarik, dan rentang dinamisnya luas.

Menurut kanal YouTube TechBeans, warnanya memang bisa sama persis dengan objek nyata. Namun, itu sudah cukup bagus untuk dipamerkan ke media sosial. TechBeans juga menyatakan, warna kulit bisa ditampilkan dengan bagus.

Adapun kamera makro narzo 50A bisa menghasilkan foto yang cukup detail pada level pencahayaan cukup, menurut GontaGantiHape. Walau begitu, ketajamannya agak kurang mengingat resolusinya hanya 2 MP.

Masih menurut GontaGantiHape, kamera depan HP ini punya karakter warna yang hangat. Sementara itu, kualitas videonya cukup, terlebih soal warna, detail, dan keluaran suaranya. Hanya saja, sistem penstabilnya bekerja kurang efektif, sehingga gambar tampak goyang.

Berikut contoh jepretan kamera realme narzo 50A:

5. Baterai

Quick Charge realme narzo 50

realme narzo 50A kembali menggendong baterai besar sebagaimana pendahulunya. Baterai yang dibawanya punya kapasitas 6000 mAh. Baterai litium polimer ini didukung teknologi pengisian cepat 18W dan pengisian balik.

Klaim realme mengindikasikan bahwa daya tahan baterai ini memang bagus. Pasalnya, baterai 6000 mAh disebut bisa membuat narzo 50A bertahan selama 27 jam saat dipakai memutar video di YouTube. Daya tahannya membengkak jadi 111 jam saat ponsel dipakai untuk memainkan musik di Spotify.

Adapun GadgetIn menyatakan bahwa baterai HP ini berkurang 6% saat dipakai main gim Mobile Legends, kurang 8% ketika dipakai buat main PUBG Mobile, dan minus 10% kala digunakan main Genshin Impact. Masing-masing gim dimainkan selama 30 menit.

Nah, soal pengisian dayanya, kanal YouTube GontaGantiHape bilang bahwa setiap satu jam pengecasan mampu menaikkan kapasitas baterai jadi 39%. Saat diuji, kapasitas baterai HP ini meningkat ke level 54% dari yang semula 15%.

6. Sensor dan Port

realme Narzo 50A

realme narzo 50A dibekali sensor-sensor yang cukup lengkap. Mulai dari sensor pemindai sidik jari, akselerometer, cahaya, proksimitas, hingga kompas. Sayangnya, giroskop dan NFC belum ada.

Sementara itu, HP 4G ini sudah menggunakan port UBS C dan tetap menghadirkan jack audio 3,5 mm. Anda pun tak perlu beli konverter USB C ke jack audio saat ingin menggunakan earphone kabel. Adapun realme narzo 50A juga dibekali dua slot nanoSIM plus slot microSD khusus. Kartu microSD paling besar yang bisa dipasang adalah 256 GB.

Kekurangan realme narzo 50A

Sebuah smartphone tidak bisa tampil sempurna di semua sisi, itu adalah hal yang wajar. Ketika ada hal yang dilebihkan, mestinya muncul pula kekurangan sebagai kompensasi. Namun, beberapa hal yang dijelaskan di bawah ini sifatnya subyektif. Anda bisa saja setuju, tapi bisa juga tidak dan menoleransinya.

1. Berat dan Tebal

realme Narzo 50A

Adalah hal yang lazim bagi sebuah ponsel yang punya bobot yang berat ketika baterainya besar. Ya, dengan baterai 6000 mAh, bobot realme narzo 50A mencapai 207 gram. Angka itu naik 2 gram dari bobot narzo 30A.

Dengan bentang layar yang hanya 6,5 inci, narzo 50A memberi kesan lebih berat saat digenggam tangan. Kesan berat mungkin tidak dirasakan HP lain yang punya bentang layar lebih lebar, meskipun secara berat sama.

Secara sederhana, benda dengan dimensi lebih pendek memang terasa lebih berat ketimbang benda lain yang lebih panjang, walaupun keduanya memiliki berat serupa. Hal ini karena titik tumpu massa pada benda yang lebih panjang terdistribusi lebih merata.

Makin berat bobot ponsel, makin cepat lelah pula tangan saat lama-lama menggenggamnya. Selain cukup berat, realme narzo 50A juga cukup tebal: 9,6 mm. Meski demikian, ketebalan ini sudah berkurang 0,02 mm ketimbang narzo 30A.

2. Lolos Berbagai Tes, Kecuali Ketahanan Air

realme Narzo 50A

realme memang memberlakukan tes ketat untuk menginspeksi kualitas akhir narzo 50A. Jumlah tes ada lebih dari 320 jenis. Salah satunya adalah uji pemakaian pada kondisi suhu tinggi dan kondisi dengan kelembaban tinggi, masing-masing 14 hari.

Semua tes dilakukan untuk menjamin daya tahan si ponsel ketika dipakai dalam jangka waktu panjang. Meski begitu, tidak diketahui apakah HP ini punya desain atau sertifikasi ketahanan percikan air seperti IP53, IP52, atau IPX4. Karena itu, sebaiknya Anda tidak coba-coba mengguyur narzo 50A dengan air.

3. Kamera Ultrawide Absen

realme Narzo 50A

Para penguji memuji kualitas jepretan realme narzo 50A. Kamera utama dan depannya mampu menghasilkan gambar yang oke pada pencahayaan cukup. Kamera makronya pun bekerja dengan baik sesuai dengan kapasitasnya.

Hanya saja, HP ini belum bisa memfoto dengan sudut pandang lebar karena tidak punya kamera ultrawide. Kamera ultrawide ini tentu saja perannya jauh lebih besar ketimbang kamera makro atau sensor kedalaman.

Sebab, selain bisa menghasilkan foto dengan sudut pandang lebar, kamera ultrawide bisa menggantikan peran kamera makro untuk memfoto objek jarak dekat. Sementara itu, tanpa sensor kedalaman, HP zaman sekarang sudah bisa menghasilkan foto bokeh dengan mengandalkan kamera utama dan AI (kecerdasan buatan).

4. Speaker Mono

realme Narzo 50A

Beberapa produsen HP sudah menyadari bahwa konfigurasi speaker ganda (stereo) itu penting. Sebab speaker stereo dapat menghadirkan pengalaman terbaik saat pengguna menonton video atau main gim. Karena itu, HP-HP dengan speaker stereo mulai bermunculan pada kelas harga 1-2 jutaan.

Sayangnya, speaker yang dimiliki narzo 50A masih tunggal alias mono, terletak di sebelah kanan port USB C. Menurut kanal YouTube GontaGantiHape, suara yang dihasilkan speaker HP ini tidak terlalu ngebass dan tidak terlalu nyaring. Meski begitu, power-nya cukup. Suaranya juga terkontrol sehingga tidak cempreng pada level volume tertinggi.

Simpulan

realme narzo 50A merupakan lanjutan dari narzo 30A. Sebuah ponsel yang menawarkan kemampuan mumpuni dalam hal performa dan daya tahan baterai. Namun, pada narzo 50A, realme juga melakukan peningkatan signifikan untuk sektor fotografi.

Hal itu membuat narzo 50A cukup oke diandalkan sebagai perangkat pengabadi gambar dalam momen-momen penting. Di kelas Rp2 jutaan, HP ini adalah opsi menarik yang tak boleh Anda kecualikan. Namun, Anda juga mesti menoleransi beberapa hal yang tidak dipunyai HP ini.

Mulai dari kamera ultrawide, speaker stereo, dan sertifikasi ketahanan cipratan air. Bobot HP ini pun cukup berat sebagai konsekuensi dari baterai besar. Di sisi lain, jika catatan-catatan itu bukan masalah yang berarti, realme narzo 50A tetap untuk layak dibawa pulang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram