Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50A

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

realme memperbarui katalog ponselnya dengan meluncurkan tiga produk baru di Indonesia pada November 2021. Salah satu produk yang mereka luncurkan adalah realme narzo 50A, sebuah ponsel yang khusus dijual secara online. HP kelas menengah ini adalah penerus dari realme narzo 30A.

Masuknya realme narzo 50A ke Indonesia tentu saja turut memanaskan persaingan HP di kelas 2 jutaan. Apalagi, kelas harga tersebut merupakan pasar yang cukup gemuk karena peminatnya banyak. HP 2 jutaan menawarkan spesifikasi yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari, tetapi tidak membuat kantong jebol.

Nah, dalam artikel ini Carisinyal bakal memjabarkan apa saja kelebihan dari realme narzo 50A. Kami juga akan menyertakan catatan-catatan tertentu yang bisa jadi merupakan kekurangan dari si ponsel. Ulasan dalam artikel ini memang tidak bersifat mutlak, Anda tentu boleh punya pendapat sendiri.

Namun, ulasan ini hadir untuk memberi informasi secara menyeluruh kepada mereka yang ingin tahu seperti apa realme narzo 50A, baik luar dan dalamnya. Baiklah, untuk memulai pembahasan, silakan simak spesifikasi utama si ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi realme narzo 50A

realme narzo 50A
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.399.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Kelebihan realme narzo 50A

Dalam catatan kami, ada enam hal menarik alias kelebihan yang ditawarkan realme narzo 50A. Jumlah itu cukup keren untuk kelas harganya. Nah, apa saja kelebihan-kelebihan HP ini? Berikut penjelasannya.

1. Desain

realme narzo 50A

Tidak ada perubahan yang signifikan pada desain narzo 50A dibanding pendahulunya. Ciri layar dengan gaya ala tetesan air masih dipertahankan. Meski begitu, realme tetap memberi sentuhan baru yang membuat narzo 50A tampak segar.

Sentuhan itu ada di modul kamera belakangnya yang berkelir hitam. Modul kamera ini dibikin lebar, sehingga tidak cuma lensa kamera yang ditampungnya. Ada logo "narzo" dan pemindai sidik jari yang ikut bergabung ke dalam modul. Desain modul kamera yang seperti ini belum pernah dipakai realme pada HP-HP mereka terdahulu.

Kemudian, pola garis-garis diagonal layaknya narzo 30A masih ada. Namun, porsinya dikurangi dan ditaruh segaris dengan modul kamera. Sementara itu, separuh wilayah di penutup belakang yang tak dikenai pola garis-garis diagonal, polos saja dengan polesan matte.

realme menyediakan dua opsi warna untuk narzo 50A, yakni Oxygen Blue dan Oxygen Green. Adapun menurut kanal YouTube asal Filipina, TechBeans, build quality HP ini termasuk bagus. Ia terasa kokoh dan nyaman saat dipegang. Pengalaman yang nyaman saat dipegang kemungkinan besar karena rangka HP ini berbentuk melengkung.

2. Tampilan

realme narzo 50A

realme menyematkan layar berpanel IPS LCD untuk sektor tampilan narzo 50A. Bentang layar ini cukup lebar, 6,5 inci, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Refresh rate alias laju penyegarannya standar, 60 Hz.

Resolusi yang sekadar HD+ bukanlah sebuah masalah. Resolusi yang rendah malah bisa meringankan kinerja SoC dan membuat HP jadi irit konsumsi daya. Bahkan layar HP ini ternyata bisa memutar video di YouTube hingga resolusi 1440p (2K) 60 fps, berdasarkan pengujian kanal YouTube TechBeans. Ketajamannya pun terjaga.

David Brendi dalam kanal GadgetIn bilang bahwa kualitas warna yang diberikan layer narzo 50A enak dilihat. Adapun Irfan Hilmy, pemilik kanal YouTube GontaGantiHape, menilai bahwa sensitivitas layar narzo 50A tak memiliki masalah saat HP dipakai main gim.

Masalah kecerahan, realme mengklaim bahwa layar narzo 50A bisa mencapai level kecerahan 570 nit pada mode terang. HP dengan level kecerahan minimal 500 nit umumnya sudah enak dipakai untuk kondisi outdoor.

Sementara itu, realme tidak mengungkap kaca proteksi apa yang disertakan pada HP ini. Namun, layar narzo 50A sudah dipasangi lapisan mika antigores sejak HP dibuka dari kardusnya.

3. Performa

MediaTek Helio G85

realme narzo 50A ditenagai oleh SoC gaming kelas menengah yang populer dipakai oleh banyak smartphone. SoC ini populer karena mampu memberikan performa yang sip. SoC yang dimaksud adalah MediaTek Helio G85. Anda mungkin sudah sering mendengar soal SoC yang satu ini.

Namun, kami tetap akan jelaskan sedikit profilnya. Helio G85 merupakan SoC dengan CPU delapan inti. Dua inti di antaranya adalah Cortex A75 (2,0 GHz), sedangkan enam inti sisanya merupakan Cortex A55 (1,8 GHz). Cortex A75 adalah inti performa, sementara Cortex A55 bertugas sebagai inti efisiensi.

Helio G85 juga mengandung beberapa komponen lain seperti modem LTE dan GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz). Semua komponen disatukan melalui proses fabrikasi 12 nm.

Nah, di sektor dapur pacu narzo 50A, Helio G85 dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal eMMC 5.1, baik 64 GB ataupun 128 GB. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube GontaGantiHape, skor AnTuTu 8 narzo 50A tembus 208 ribuan.

Skor tersebut terbilang oke untuk HP kelas menengah. Meski begitu, skor benchmark sintetis seperti AnTuTu 8 kadang-kadang tidak menggambarkan performa nyata si HP dalam penggunaan sehari-hari. Untuk mengetahui hal itu, mari kita rujuk pengalaman dari para penguji.

Kanal YouTube GadgetIn menyatakan bahwa HP ini bisa dengan stabil memperoleh frame rate 60 fps (mulus) saat memainkan gim Mobile Legends. Setelan grafis yang dipakai pun "rata kanan". Masih menurut GadgetIn, gim PUBG Mobile juga mulus dijalankan pada setelan grafis smooth ultra.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram