carisinyal web banner retina

Inilah 6 Perbedaan realme narzo 30A dan narzo 50A

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 20 November 2021

Siap untuk membawa aktivitas gaming Anda ke level berikutnya? Sudah ada realme narzo 30A dan realme narzo 50A yang akan memberikan kenyamanan ekstra saat bermain game, hadir dengan baterai besar, dapur pacu buas, dan spesifikasi lainnya yang begitu cocok untuk memainkan game terkini.

Dan kabar baiknya lagi, keduanya sama-sama menawarkan chipset Mediatek Helio G85 dan berada di rentang harga entry-level. Cocok bagi Anda yang terpentok budget namun tetap tidak mau ketinggalan memainkan game smartphone yang sedang ngetren.

Berbeda dengan realme series utama yang berada di kelas harga menengah dan spesifikasi yang all-rounder, seri realme narzo memang hadir untuk muda-mudi yang hobinya entertainment kelas berat.

Huruf "A" pada realme narzo 30A dan 50A juga menandakan keduanya adalah versi ringan dari realme narzo 30 dan realme narzo 50. Yang semula harganya berkisar antara 2-3 jutaan saja, kini Anda bisa ekspektasikan rentang harga 1-2 jutaan pada varian ringan tersebut.

Daripada menunggu lebih lama lagi, Carisinyal mengajak Anda untuk mengenali lebih dekat perbedaan antara realme narzo 30A dan narzo 50A. Pasalnya, keduanya hadir di tahun yang sama walau terpaut sekitar 7 bulan. Apakah narzo 50A membawakan spek yang jauh lebih meningkat daripada sebelumnya? Yuk, simak yang berikut ini!

Spesifikasi realme narzo 30A

realme narzo 30A
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi realme narzo 50A

realme narzo 50A
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.099.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan realme narzo 30A dan realme narzo 50A

Punya ponsel murah yang kuat untuk main game seharian adalah mimpi setiap mobile gamer di seluruh dunia. Yuk, perhatikan perbedaan narzo 30A dan narzo 50A di bawah ini!

1. Dual Camera vs. Triple Camera

kamera realme narzo 50A

Sejatinya, seri realme narzo lebih difokuskan pada area performa dan baterai yang menunjang untuk kebutuhan muda-mudi, khususnya kegiatan gaming. Namun ya tetap saja, sungguh tidak afdol jika smartphone Android tidak dibekali dengan kamera, bukan?

Secara spesifikasi, konfigurasi kamera realme narzo 30A is nothing to write home about. Ia hanya dibekali dengan Dual Camera yang mencakup lensa utama 13 MP pada bukaan f/2.2 dan ukuran sensor 1/3.06 inci yang didampingi dengan depth sensor 2 MP dengan bukaan f/2.4. Tentu saja, kamera belakang ini turut dibekali dengan lampu LED Flash, mode HDR, panorama, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan realme narzo 50A? Well, ini dia perangkat gaming yang sekaligus bisa menjelma sebagai ponsel fotografi! Di belakangnya, tersedia konfigurasi Triple Camera yang membawakan lensa wide-angle 50 MP f/1.8 sebagai lensa utamanya. Lalu untuk dua sensor pendampingnya, tersemat lensa 2 MP f/2.4 (makro) dan kamera 2 MP f/2.4 (depth atau kedalaman).

Singkat informasi, kamera makro bertujuan untuk menghasilkan foto-foto dengan detail tajam untuk objek-objek kecil (seperti tanaman dan serangga) yang diambil dengan jarak yang begitu dekat. Sedangkan, sensor depth punya fungsi untuk memberikan efek bokeh (background blur) pada latar belakang subjek.

Kedua fungsi lensa ini sebenarnya bisa diintegralkan ke dalam software kamera tanpa harus mendedikasikan lensa khusus. Keberadaan dua sensor ini sebenarnya lebih bertujuan untuk mendongkrak marketing.

Pasalnya, tidak mungkin kedua HP ini hanya memunculkan Single Camera saja, di mana para pesaingnya sudah hadirkan Dual, Triple, dan bahkan Quad Camera di rentang harga yang sama. Bisa-bisa jadi tidak laku di pasaran.

Selain konfigurasi kamera secara hardware, realme narzo 30A dan 50A juga sedikit berbeda dalam hal kemampuan perekaman video. realme narzo 30A diketahui mampu merekam pada resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS. Begitu pun dengan realme narzo 50A. Bedanya, realme narzo 50A juga sanggup untuk merekam pada frame rate 60 FPS.

2. Desain Bodi

sensor sidik jari realme narzo 50a

Tampaknya, perusahaan memutuskan untuk tidak memberikan banyak perbedaan pada kedua ponsel ini. Secara garis besar, keduanya punya bahasa desain yang serupa, dengan layar yang disematkan poni tetesan air sebagai rumah bagi kamera depan, serta kehadiran sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

Keduanya pun sama-sama dibekali dengan bahan plastik polikarbonat sebagai material penutup belakang, dan sama-sama mengusung tekstur bergaris secara diagonal agar pengguna tidak mudah meninggalkan noda sidik jari.

Akan tetapi, entah mengapa realme narzo 50A kini dibuat sedikit berbeda pada bagian modul kamera belakang. Luas modul tersebut terlihat jauh lebih besar dibandingkan yang ada pada realme narzo 30A. Juga, modul kamera realme narzo 50A "menyelimuti" bagian cekukan (indentation) sensor sidik jari.

Tampaknya realme ingin menyembunyikan penampakan sensor fingerprint pada narzo 50A, yang membuatnya jadi sedikit terlihat aneh dan tidak biasa. Tapi, ini kembali lagi ke selera masing-masing, sih. Padahal akan lebih oke jika sensor tersebut dipindahkan ke samping menyatu dengan tombol power daripada harus disembunyikan dengan cara seperti itu.

Secara varian warna, Anda diberikan opsi yang cukup terbatas pada kedua HP ini. Hanya ada masing-masing dua warna yang dimiliki narzo 30A dan 50A. Yakni, realme narzo 30A hadir dengan varian Laser Black dan Laser Blue, sedangkan narzo 50A tersedia pada warna Oxygen Blue dan Oxygen Green.

3. Varian RAM dan Memori Internal

3-card slot realme narzo 50a

Namanya juga smartphone, tidak mungkin 'kan Anda hanya menginstal satu atau dua aplikasi saja seumur hidup? Maka dari itu, dibutuhkan memori internal dan RAM dengan kapasitas memadai, agar jumlah aplikasi yang terinstal di HP jadi lebih banyak dan beragam.

Dalam hal ini, realme narzo 30A tampaknya tidak akan begitu membuat Anda tergiur karena hanya suguhkan satu kombinasi saja yakni RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Ini berbeda dengan realme narzo 50A yang hadir pada dua varian. Kedua kombinasi itu adalah RAM 4 GB + memori internal 64 GB, serta RAM 4 GB + memori internal 128 GB.

4. Sistem Operasi saat Rilis

realme UI 2.0

Tahukah Anda? Karena hadir di dua waktu yang berbeda, realme narzo 30A dan 50A rupanya dipasarkan dengan versi sistem operasi yang berbeda. Sementara realme narzo 30A dibekali dengan Android 10 pada antarmuka realme UI, realme narzo 50A lebih unggul berkat kehadiran Android 11 yang gunakan skin realme UI 2.0.

Ini bukanlah sebuah hal yang perlu dipikirkan terlalu dalam, karena niscaya realme narzo 30A pun akan kedapatan upgrade OTA pada versi-versi Android selanjutnya. Namun tetap saja, narzo 50A dalam hal ini terasa lebih praktis karena sudah dihadirkan dengan software dan fitur-fitur terbaru, langsung dari pabrikannya.

5. Dimensi dan Bobot

realme narzo 50a varian warna

Dikarenakan keduanya menggunakan baterai berkapasitas 6.000 mAh, kedua HP ini jadi punya bobot yang terbilang berat untuk seukuran HP entry level. realme narzo 30A punya berat sekitar 205 gram sedangkan narzo 50A sedikit di atasnya yakni 207 gram.

Adapun untuk dimensi bodi yang mereka miliki sedikit berbeda, dengan narzo 30A yang punya ukuran 164.5 x 75.9 x 9.8 mm sementara narzo 50A hadir dengan dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm. Ya, mereka punya panjang dan lebar yang sama, namun narzo 30A punya bodi yang sedikit lebih tebal.

Yang pasti, dari sisi ergonomis, keduanya dinilai bukan yang terbaik di kelas harganya. Masih banyak ponsel entry-level lain yang menawarkan bobot lebih ringan dan bodi yang lebih ringkas untuk memudahkan portabilitas serta menghadiran kenyamanan yang lebih saat digenggam.

6. Harga Rilis

harga rilis realme narzo 50a

Meski keduanya sama-sama dipasarkan sebagai ponsel entry level, realme narzo 30A rupanya lebih murah dibandingkan realme narzo 50A. Bahkan, kedua ponsel ini rupanya berada di rentang harga yang berbeda, lho!

realme narzo 30A yang duluan hadir di pasaran merupakan ponsel 1 jutaan, sedangkan narzo 50A yang jadi kakaknya ini punya banderol harga sekitar 2 jutaan.

Keduanya pun sudah memiliki harga resmi di Indonesia, yakni sebagai berikut ini:

  • Rp1.899.000,- (realme narzo 30A)
  • Rp2.099.000,- (realme narzo 50A, RAM 4 & Memori Internal 64 GB)
  • Rp2.299.000,- (realme narzo 50A, RAM 4 & Memori Internal 128 GB)

Hadirnya banderol harga pada realme narzo 50A cukup bisa dimaklumi, karena memang suguhkan kinerja kamera yang lebih baik dari narzo 30A, meskipun keduanya memiliki persamaan spesifikasi yang sama di sebagian besar parameternya.

Dan perlu diingat, harga-harga kedua ponsel ini akan berubah seiring berjalannya waktu. Bagi Anda yang juga tidak begitu membutuhkan sisi fotografi, Anda pun bisa menghemat budget dengan memilih realme narzo 30A.

Simpulan

Nyatanya, realme narzo 30A dan narzo 50A hadir dengan beragam spesifikasi yang sesuai dengan target pasarnya. Ini sungguh terlihat dari bagaimana keduanya dirancang untuk berikan ketahanan baterai 6.000 mAh yang luar biasa awet, serta dapur pacu kencang untuk jalankan aplikasi dan game berat.

Dan untuk menjaga agar harga keduanya tetap murah, realme memutuskan untuk tidak menawarkan spesifikasi kamera yang terlalu bagus. Meski begitu, tidak dipungkiri kalau realme narzo 50A dengan lensa utama 50 MP dan jumlah kamera lebih banyak hadir untuk sesekali menunjang aktivitas fotografi dengan kualitas yang lebih baik.

Mengingat keduanya hadir tanpa sensor ultrawide, ini sekali lagi menjadi salah satu kekurangan yang menegaskan bahwa keduanya memang bukan ponsel fotografi, melainkan ponsel gaming. Jadi, manakah yang menarik minat Anda? Akankah salah satu keduanya menjadi daily driver Anda yang berikutnya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram