10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan sebuah ponsel kelas atas dan banderol harga yang tergolong mahal. Ponsel ini  menawarkan banyak fitur dan spesifikasi yang lebih menarik jika dibandingkan Samsung Galaxy S20 lainnya, Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20 Plus.

Apa yang membuat Samsung Galaxy S20 Ultra terasa lebih spesial? Seberapa menarik ponsel ini jika menilik harganya? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan simak kelebihan dan kekurangan Galaxy S20 Ultra berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra 5G

[aps_product_specs id="64567"]

Kelebihan Samsung Galaxy s20 Ultra

Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Samsung Galaxy S20 Ultra jelas menawarkan banyak kelebihan Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Layar Berkualitas Tinggi

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy S20 Ultra datang dengan dimensi layar yang super besar. Ponsel ini menawarkan layar dengan dimensi 6,9 inci.

Layarnya menawarkan resolusi 1440 x 3200 piksel yang tentunya dapat diubah pengaturannya ke resolusi Full HD. Untuk panel, layarnya menggunakan panel yang Samsung sebut sebagai Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen.

Layar pada ponsel ini sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan Always-on display. Tidak ketinggalan, layar ponsel ini hadir dengan refresh rate 120Hz FHD. Sementara mode normalnya adalah refresh rate 60Hz QHD.

GSMArena memuji tampilan visual dari ponsel ini. Menurut mereka, layar ponsel ini adalah salah satu layar yang paling terang karena mampu mencapai 894 nits dalam kecerahan adaptive. Skor tersebut mengalahkan Galaxy Note10+ dan iPhone 11 Pro Max.

Situs Stuff.tv, menyebut jika layar AMOLED ponsel ini dapat memberikan visual dengan kecerahan sempurna dan warna yang tergolong vibrant. Sudut pandang layar ponsel ini juga tergolong bagus, apalagi dengan bezel yang lebih tipis.

Video HDR10+ dapat menampilkan visual yang indah. Dan tidak lupa, kemampuan layar ponsel ini di mode refresh rate 120 Hz adalah sebuah fitur terbaik karena mampu menampilkan pergerakan yang benar-benar halus. Pernyataan ini jelas menegaskan kalau layar pada ponsel ini benar-benar bagus.

2. Kualitas dan Fleksibilitas Kamera yang Baik

Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Galaxy S20 Ultra datang dengan kombinasi empat kamera belakang. Kombinasi empat kamera ini menjadikan Galaxy S20 Ultra lebih spesial karena Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus hanya dibekali dengan tiga kamera belakang.

Keempat kamera belakang di ponsel ini sendiri terdiri dari kamera ultrawide 108 MP, kamera Periscope 48 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera depth 0,3 MP. Bagaimana hasil tangkapan kamera dari Galaxy S20 Ultra ini? Untuk mengetahuinya, mari simak terlebih dahulu beberapa foto hasil tangkapan kamera belakang i Galaxy S20 Ultra berikut ini..

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik foto di atas, hasil tangkapan kamera belakang Galaxy S20 Ultra tergolong menakjubkan. Situs Stuff.tv bahkan menyebut jika kamera utama ponsel ini, yakni kamera 108 MP, mampu menghadirkan gambar foto dengan detail yang sangat baik dan HDR yang seimbang.

Pemotretan di mode malam juga tergolong bagus. Meskipun, masih menurut Stuff.tv, kualitasnya masih kalah dengan mode malam dari ponsel Google, seperti Google Pixel 4. Tetapi ada kemajuan dibandingkan seri Samsung kelas atas sebelumnya.

Hal yang lebih mengesankan justru adalah kamera ultra-lebar, yang hasilnya cocok dengan sensor utama untuk pencahayaan dan warna. Kamera ultrawide 12 MP ini bisa dibilang bagus jika dibandingkan kamera ultrawide 12 MP di ponsel pesaing.

Hal tersebut senada seperti yang disampaikan oleh Tomsguide. Menurut mereka, kamera ultrawide 12 MP di ponsel ini mampu menghadirkan foto yang luar biasa. Lebih bagus dibandingkan kamera ultrawide 12 MP ponsel lain yang biasanya kualitasnya kalah dibandingkan pesaing.

Fitur yang menarik dari Galaxy S20 Ultra lainnya adalah fitur Single Take Mode. Fitur ini memungkinkan kamera mengambil berbagai foto, dengan berbagai mode kamera, video 10 detik, mode portrait, bahkan Live Focus, hanya dengan sekali pencet saja. Benar-benar fleksibel dan menarik.

Fitur ini juga hadir di Samsung Galaxy S20 lainnya. Namun, karena kamera Galaxy S20 Ultra sedikit lebih beda, hasilnya tentu lebih menarik dibandingkan dua seri lainnya. Oh yah, jangan lupakan juga kalau kamera ponsel ini juga dapat merekam video beresolusi 4K.

Tidak ketinggalan, kamera depan ponsel ini juga tergolong bagus. Bagian depan Galaxy S20 Ultra hadir dengan kamera 40 MP. Kamera depan ini sebenarnya adalah kamera 10 MP yang mengalami teknologi Pixel Binning.

Hasil selfienya? Masih tergolong bagus. Seperti yang tertulis di situs Android Central, jika kamera depan ponsel ini bisa diandalkan untuk selfie dan hasilnya bagus, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

3. Kamera Periscope Telefoto yang Bagus

samsung galaxy s20 ultra

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram