Carisinyal / Samsung 2020 / Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samsung Galaxy S20 hadir sebagai sebuah ponsel kelas atas Samsung di 2020. Ponsel ini adalah ponsel yang harganya lebih murah jika dibandingkan dengan saudaranya, Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Sebagai yang termurah, ponsel Samsung ini bisa dibilang sebagai penerus dari Samsung Galaxy S10e. Meskipun seringkali dibandingkan dengan Galaxy S10. Lantas, seperti apa sebenarnya Samsung Galaxy S20? Apakah ponsel ini menarik? Untuk mengetahuinya, silakan simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2020
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM dan/atau eSIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    151.7 x 69.1 x 7.9 mm
  • Berat
    163 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Dynamic AMOLED 2X
  • Ukuran
    6,2 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi
    1440 x 3200 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~563 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 990 (7 nm+)
  • CPU
    Octa-core (2x2.73 GHz Mongoose M5 & 2x2.60 GHz Cortex-A76 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU
    Mali-G77 MP11

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    microSD hingga 1 TB (menggunakan slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    12 MP + 64 MP + 12 MP
  • Fitur
    - 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76", 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS
    - 64 MP, f/2.0, (telefoto), 0.8µm, PDAF, OIS, 3x hybrid optical zoom
    - 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.4µm, AF, Super Steady video
    Fitur: LED flash, auto-HDR, panorama
  • Video
    [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], HDR10+, dual-video rec., stereo sound rec., gyro-EIS & OIS

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • USB
    3.2, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    - Pengisian baterai cepat 25W
    - USB Power Delivery 3.0
    - Pengisian nirkabel Qi / PMA cepat 15W
    - Power bank / Pengisian balik nirkabel 9W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10
  • Sensor
    Fingerprint (ultrasonik, d bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
    - ANT+
    - Bixby
    - Samsung DeX
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Cosmic Grey, Cloud Blue, Cloud Pink
  • Lainnya
    Body:
    - Samsung Pay (Visa, MasterCard bersertifikat)
    - IP68 tahan debu / air (hingga 1,5 meter selama 30 menit)
    - Body belakang dilapisi Gorilla Glass 6

    Layar:
    - HDR10+
    - Always-on display
    - 120 Hz (hingga resolusi Full HD)

    Audio:
    - Audio 32-bit/384kHz
    - Tuned by AKG

    Catatan: Samsung Galaxy S20 versi Snapdragon 865 hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Kelebihan Samsung Galaxy s20

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20. Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Performa Kamera yang Oke

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy S20 hadir dengan tiga kamera belakang. Ketiga kamera belakang ini menawarkan berbagai fitur yang menarik. Kamera utama ponsel ini adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera ini sudah mendukung Dual Pixel PDAF dan OIS.

Kamera kedua adalah kamera telefoto 64 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera ini mendukung PDAF, OIS, dan 3x hybrid optical zoom. Kamera ketiga adalah kamera ultrawide 12 MP dengan bukaan f/2.2 dan memiliki fitur Super Steady video.

Dari spesifikasi kameranya, jelas kamera 64 MP tergolong menarik. Pasalnya, kamera 64 MP biasanya adalah kamera utama (normal). Kali ini, justru kamera 64 MP-nya digunakan di kamera telefoto. Lalu, seperti apa kualitas kamera dari Samsung Galaxy S20 ini? Untuk mengetahuinya, silakan simak beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang Galaxy S20 berikut ini.

hasil foto Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

hasil foto Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

Berdasarkan foto di atas, tampak kalau Galaxy S20 mampu menghadirkan foto dengan kualitas yang baik. Hasil fotonya menunjukan kalau memang hasil foto Samsung Galaxy S20 tergolong mumpuni.

Situs Android Central bahkan memuji-muji kualitas kamera dari Samsung Galaxy S20. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera dari Samsung Galaxy S20 jauh lebih baik dari Samsung Galaxy S10. Gambarnya bahkan lebih jelas jika dibandingkan dengan Google Pixel 4. Hanya saja, Google Pixel 4 tetap unggul soal fokus foto dan kondisi foto di malam hari.

Meskipun demikian, hasil foto di kondisi malam hari pada ponsel ini jauh lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Bisa dibilang, kualitas tangkapan Samsung Galaxy S20 mengalami peningkatan yang besar dari Samsung Galaxy S10.

Selain kualitas foto, Android Central juga memuji kualitas rekaman video dari Samsung Galaxy S20. Kualitas rekaman video 1080p ternyata tergolong lancar. Kualitas video 4K di ponsel ini juga tergolong bagus. Android Central pun memuji kualitas rekaman video 4k dengan sebuah kata: “overkill”

Situs Smartprix juga memuji kualitas foto dari kamera belakang Samsung Galaxy S20. Menurut mereka, kualitas foto dari ponsel ini memiliki detail yang luar biasa di siang hari. Fitur HDR juga bekerja dengan sangat baik.

Foto juga bisa menunjukan detail yang sangat bagus. Seperti foto bunga berikut ini yang mampu menghadirkan lalat dengan detail yang sangat-sangat baik.

hasil foto Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy S20 memang tidak memiliki optical zoom. Kamera di ponsel ini hanya memiliki zoom hibrida 3x dan bahkan zoom digital 30x. Dan menurut Smartprix, fitur zoom ini malah bekerja lebih baik dari yang diharapkan.

Hal ini jelas menunjukan kalau kamera belakang Samsung Galaxy S20 termasuk oke dalam menangkap gambar, baik di kondisi siang maupun di kondisi kurang cahaya. Selain itu, kamera belakang di ponsel ini mampu menghadirkan video dengan kualitas yang baik.

2. Fast Charging 25W

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy S20 sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat 25 W. Dengan teknologi ini, baterai ponsel dari kondisi kosong ke 100% hanya dibutuhkan waktu 75 menit. Sementara dalam waktu 30 menit, daya tahan baterai bisa terisi sampai 53%. Hasil ini menunjukan jika durasi pengisian baterai ponsel ini tergolong cepat.

3. Desain Ergonomis

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy S20 hadir dengan desain yang ergonomis. Situs Android Central memuji desain ponsel ini yang menarik dan tidak terlalu besar. Hal ini membuat Galaxy S20 termasuk ponsel yang tergolong nyaman digenggam dengan satu tangan.

Kenyamanan memakai Galaxy S20 juga dirasakan oleh Techradar. Menurut mereka, Samsung Galaxy S20 memiliki desain yang ergonomis dan menarik.

Sementara Smartprix memuji ukuran dari ponsel ini yang bisa dibilang sempurna. Ponsel ini memiliki desain andalan dengan tepian yang melengkung serta adanya logam yang berada di sekitar tepi. Tidak lupa, kaca pelindung Gorilla di bagian depan membuat ponsel ini tidak hanya ergonomis tetapi juga kokoh.

Jangan lupakan juga fakta kalau Samsung tetap memberikan sertifikasi tahan air IP68 pada ponsel ini. Sertifikasi yang hanya dimiliki oleh ponsel flagship tapi justru sering dibutuhkan konsumen.

4. Layar Luar Biasa

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

Layar adalah sektor yang mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Layar pada ponsel ini hadir dengan dimensi 6,2 inci. Layarnya menawarkan resolusi 1440 x 3200 piksel yang tentunya dapat diubah pengaturannya ke resolusi Full HD. Untuk panel, layarnya menggunakan panel yang Samsung sebut sebagai Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen.


Layar pada ponsel ini sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan Always-on display. Tidak ketinggalan, layar ponsel ini hadir dengan refresh rate 120Hz FHD. Sementara mode normalnya adalah refresh rate 60Hz QHD.

Dukungan refresh rate 120Hz FHD, jelas membuat pengalaman menikmati visual dari ponsel ini menjadi lebih menyenangkan. Apalagi, ponsel ini memang sudah memiliki kualitas layar yang baik.

Situs Tomsguide memberi pendapat soal layar ponsel ini. Menurut mereka, Galaxy S20 adalah salah satu ponsel dengan tampilan visual yang terang paling berwarna.

Mereka juga mencatat kalau layar OLED ponsel ini bisa mencapai 857 nits, lebih tinggi dibandingkan iPhone 11 Pro yang hanya 752 nits. Angka nits lebih tinggi artinya visual layar ponsel ini lebih terang.

Selain itu, ponsel ini juga memberi kemudahan untuk perpindahan mode layar. Hanya perlu diingat, mode layar 120 Hz hanya bisa digunakan pada mode layar Full HD. Sementara mode 60 Hz bisa memilih resolusi layar Full HD maupun Quad HD.

5. Performa Kencang

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.androidcentral.com

Samsung Galaxy S20 dibekali dengan chipset Exynos 990. Chipset ini merupakan chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi 7 nm+. Chipset ini merupakan chipset kelas atas Samsung. Dengan chipset ini, Samsung Galaxy S20 dapat menjalankan berbagai gim dengan sangat baik.

Apalagi Samsung Galaxy S20 sudah dibekali dengan RAM tipe LPDDR5 dan storage dengan tipe UFS 3.0. Dengan kombinasi ini, Samsung Galaxy S20 dapat menjalankan berbagai gim kelas atas dengan sangat lancar.

Situs GSMArena melakukan benchmark Geekbench 5.1 pada ponsel ini. Hasilnya, Galaxy S20 mendapat skor 2.750 untuk multi-core. Sementara untuk single-core adalah 931. Skor tersebut terbilang cukup tinggi. Skornya bisa mengalahkan skor Google Pixel 4 dan Galaxy Note 10. Data ini jelas menunjukan kalau performa dari ponsel ini tergolong kencang.

6. Kualitas Speaker Stereo yang Bagus 

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.androidcentral.com

Salah satu keunggulan yang jarang orang perhatikan adalah kualitas audio. Apalagi untuk sebuah ponsel kelas atas, kualitas audio pun tentu hal bagus. Dan dalam hal ini, Samsung Galaxy S20 berhasil. Menurut Smartprix, speaker stereo yang ada di ponsel ini sangat memuaskan. Kualitas speaker di ponsel ini tergolong jernih, jelas, dan bagus.

Kekurangan Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 hadir dengan beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Pendek

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy S20 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterai ini tergolong standar untuk sebuah ponsel zaman sekarang. Apalagi untuk sebuah ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S20.

Yang jadi pertanyaan, tinggal seberapa lama daya tahan baterai 4.000 mAh di ponsel ini? Apakah cukup lama? Daya tahan baterai ponsel ini bisa dibilang cukup pendek Disebutkan oleh Techradar, jika Samsung Galaxy S20 digunakan dengan penggunaan cukup berat sehari-hari, baterai akan tersisa 20%.

Daya tahan baterai Samsung Galaxy S20

* sumber: www.gsmarena.com

Daya tahan baterai Samsung Galaxy S20

* sumber: www.gsmarena.com

Dalam pengujian yang dilakukan oleh GSMArena, Samsung Galaxy S20 mendapatkan skor yang jelek. Seperti terlihat pada gambar di atas. endurance rating Samsung Galaxy S20 hanya  78h untuk mode layar normal (60 Hz). Sementara untuk mode refresh rate 120 Hz, endurance rating 71H.

Sebagai informasi, endurance rating yang bagus biasanya ada di angka 100h ke atas. Dan angka endurance rating di 78h dan 71h menandakan kalau daya tahan baterai ponsel ini tergolong jelek.

Situs Tomsguide juga memberi catatan soal daya tahan baterai dari ponsel ini. Menurut mereka, ponsel ini hanya mampu bertahan selama 9 jam 31 menit. Hasil tersebut pun didapatkan dengan mode layar refresh rate 90 Hz.

2. Software Kamera Selfie Perlu Peningkatan

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy S20 hadir dengan kamera depan 10 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.2 dan dukungan fitur Dual Pixel PDAF. Kamera depan alias kamera selfie ini memiliki kemampuan merekam video sampai 2160p 60fps.

Ukuran 10MP di kamera depan ponsel ini memang cukup kecil bila menilik ponsel lain yang menawarkan kamera depan dengan angka pixel yang besar. Namun, perlu diingat kualitas selfie ponsel ini masih cukup bagus. Hanya saja, software kamera selfie ponsel ini tidak optimal.

Kalau menurut Smartprix, kamera selfie di ponsel ini memiliki ketidakkonsistenan dan warna kulit yang cenderung melembut. Fitur Face Beauty di ponsel ini juga malah membuat selfie jadi terasa kurang menarik. Tentu faktor kekurangan ini bisa diperbaiki dengan pembaruan sistem.

2. Sensor Sidik Jari Lambat

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy S20 hadir dengan fitur sensor sidik jari di layar dengan sistem ultrasonik. Sistem sensor sidik jari di layar ini tergolong bagus. Hanya saja sayangnya, menurut Android Central, respon kecepatan sensor sidik jari di ponsel ini tergolong lambat. Malah sensor sidik jari di layar ini jarang digunakan.

3. Pengisian daya PD masih lebih lambat

galaxy s20

* sumber: bgr.com

Samsung Galaxy S20 memang memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat. Sayangnya, ponsel ini tidak dibekali dengan pengisian cepat mode lainnya. Pengisian Power Delivery (PD) misalnya tergolong lambat. Tapi hal ini masih tergolong cukup wajar.

4. Tidak Ada Audio Jack

Samsung Galaxy S20

* sumber: www.smartprix.com

Satu kelebihan yang dimiliki ponsel Samsung kelas atas adalah mempertahankan jack audio 3,5 mm. Sayangnya, semenjak Samsung Galaxy Note 10 series, Samsung sudah mulai meninggalkan port audio jack. Satu hal yang tentunya disayangkan.

Simpulan

Samsung Galaxy Note S20 adalah ponsel yang tergolong menarik. Menarik, karena ponsel ini adalah ponsel termurah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 seri lainnya.

Yang menarik dari ponsel ini adalah ukurannya yang tergolong ergonomis. Selebihnya, fitur yang ada di ponsel ini serupa dengan fitur ponsel kelas atas pada umumnya. Tertarik dengan Samsung Galaxy S20?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *