Carisinyal / Samsung 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A7 2020

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A7 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ngomong-ngomong soal tablet, Samsung dikenal sebagai produsen yang mampu menghadirkan produk tablet yang menarik. Terlebih produk tablet Samsung kelas atas mampu menawarkan performa yang baik dan bisa memberikan pengalaman seperti memakai laptop. Contohnya ada di Samsung Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus.

Namun, produk tersebut dibanderol dengan harga belasan juta. Tentu tidak semua orang memiliki dana belasan juta untuk membeli sebuah tablet. Karena itu, Samsung menawarkan solusi dengan menghadirkan tablet yang lebih terjangkau, Samsung Galaxy Tab A7 2020.

Samsung Galaxy Tab A7 2020 atau mari sederhanakan jadi Samsung Galaxy Tab A7 adalah tablet Samsung yang dibanderol dengan harga Rp4 jutaan. Harga yang lebih masuk akal dibandingkan mengambil kocek belasan juta.

Lantas, seperti apa Galaxy Tab A7 ini? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 2020 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7

 

  • Layar: IPS LCD 10,4 inci 1200 x 2000 piksel
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 662
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot) up to 1 TB
  • Kamera Belakang: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 7.040 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A7

Dengan berada di kelas menengah, seperti apakah Samsung Galaxy Tab A7 ini? Untuk mengetahuinya, mari simak poin kelebihan dari Samsung Galaxy Tab A7 berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai yang Baik

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 hadir menawarkan baterai berkapasitas 7.040 mAh. Baterai ini tergolong cukup malah bisa dikatakan lebih dari yang dibutuhkan.

Pasalnya, berdasarkan pengalaman Tomsguide, tablet ini dapat bertahan sampai 13 jam 13 menit pada pengujian yang dilakukan Tomsguide.

Sementara pada pengujian internal yang dilakukan Engadget, Galaxy Tab A7 mencatatkan waktu 11 jam 35 menit pada ted video. Hasil serupa juga ditunjukan Sammobile yang mendapatkan waktu 10 sampai 12 jam dengan penggunaan menonton Youtube, Netflix, bermain gim dan internetan.

Berdasarkan hal tersebut, jelas jika Samsung Galaxy Tab A7 ini merupakan tablet dengan daya tahan baterai yang lebih dari 10 jam. Hal tersebut menunjukan jika daya tahan baterai ponsel ini benar-benar bagus.

2. Build Quality Premium

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan ketebalan yang hanya 7 mm saja. Hal ini membuat desain laptop ini memang lebih slim sehingga mudah di bawa kemana-mana. Apalagi bobotnya hanya 477 gram.

Desain yang slim ini pun dikombinasikan dengan bahan material logam di bagian belakang. Sesuatu yang jarang diterapkan untuk tablet di kelas harganya. Dengan penggunaan material logam ini jelas membuat tablet ini terasa lebih premiun dan kokoh untuk kelas harganya. Satu kelebihan tersendiri yang tentunya tidak bisa dilewatkan.

3. Kualitas Speaker Dolby Atmos

samsung galaxy tab a7

Satu hal yang membuat tablet ini tergolong bagus adalah dukungan kualitas audio Dolby Atmos. Dengan teknologi ini, Galaxy Tab A7 dapat menghadirkan kualitas suara yang baik. Tomsguide menyebut jika Galaxy Tab A7 memberikan suara yang bagus untuk pengalaman streaming Anda berikutnya.

Kualitas audio yang baik bukan hanya karena Dolby Atmos tetapi juga karena kehadiran empat speaker, yang terbagi menjadi dua di tiap sisi. Efeknya, Galaxy Tab A7 dapat menghasilkan kualitas stereo berkualitas tinggi.

Kalau menurut Sammobile, kualitas speaker tablet ini tidak sebagus yang ada pada ponsel Samsung. Namun, mempertimbangkan harganya, kualitas audio yang dihasilkan patut dipuji. Masih menurut Sammobile, pengalaman audio di Tab A7 adalah salah satu kelebihannya dan salah satu alasan mengapa ada orang yang harus memilih tablet ini.

5. Kamera Oke untuk Kebutuhan Kekinian

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan kamera depan 5 MP yang posisinya pas, yakni di posisi sisi yang memanjang. Hal ini membuat tablet ini terasa pas ketika ada di posisi horizontal. Dengan posisi ini, tablet ini dapat dimaksimalkan untuk kebutuha rapat daring, konferensi online, atau video call.

Sementara untuk hasil fotonya, baik kamera depan maupun kamera belakang tablet ini dapat menghasilkan foto yang tergolong cukup untuk ukuran tablet. Ngomong-ngomong, tablet ini hadir dengan kamera belakang 8 MP.

Menurut Sammobile, kualitas kamera di tablet ini tergolong lumayan untuk ambil foto dan video. Sesuatu yang bisa ditoleransi karena sebuah tablet. Tapi yang menarik kualitas panggilan video di tablet ini tergolong bagus sehingga tablet ini memang bisa diandalkan untuk kebutuhan panggilan video saat meeting ataupun belajar online.

6. Facial Recognition Sebagai Keamanan

samsung galaxy tab a7

* sumber: www.tomsguide.com

Kamera depan 5 MP di Samsung Galaxy Tab A7 ini dapat dimanfaatkan sebagai proses face recognition atau sensor pengenalan wajah. Dengan hadirnya sensor ini, Galaxy Tab A7 mendapatkan privasi dan keamanan yang tentu tergolong baik untuk sebuah tablet di kelas harga terjangkau. Malah ada perangkat sejenis yang harganya 2,5 kali lipat tetapi tidak menghadirkan sensor pengenalan wajah.

7. Mumpuni untuk Kebutuhan Produktivitas dan Hiburan

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 hadir sebagai tablet yang tidak hanya dapat diandalkan untuk kebutuhan kerja dan belajar zaman sekarang, tablet ini juga bisa diandalkan untuk hiburan.


Tablet ini sendiri dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662. Ini adalah salah satu chipset yang ditujukan untuk ponsel menengah ke bawah. Karena itu penggunaan untuk kerja ringan maupun belajar sudah cukup memenuhi. Apalagi untuk hiburan. Bahkan, tablet ini masih bisa diandalkan untuk main gim kompetitif seperti Free Fire, Mobile Legends, dan sebagainya.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7

Selain kelebihan, adapun kekurangan yang dimiliki tablet ini yang mungkin bisa membuat Anda sedikit kecewa. Berikut kekurangannya.

1. Layar Besar Tetapi Kurang Maksimal

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan layar 10,4 inci. Layar yang tergolong bagus untuk sebuah tablet dan sangat pas untuk kebutuhan sehari-hari.

Layarnya ini memiliki rasio 5:3 sehingga rasio yang ditawarkan tergolong tidak umum, yakni 2.000 x 1.200 piksel. Layarnya sendiri memakai panel IPS dan bukan AMOLED. Hal yang membuat laptop ini terasa kurang menarik.

Kenapa? Karena penggunaan IPS membuat tampilan layar tablet ini terasa kurang maksimal. Seperti yang diutarakan Engadget yang mengatakan bahwa sudut pandang layar jadi terasa sempit ketika kecerahan ada di 50 persen atau di bawahnya. Mereka mengatakan layar di tablet ini seperti teknologi layar di tahun 2015.

Namun, pendapat berbeda diungkapkan Tomsguide. Mereka mengatakan jika layar tablet ini dapat menghasilkan warna yang layak. Pendapat tersebut memang sedikit berbeda. Bisa jadi secara tampilan warna tergolong bagus tetapi dari sisi sudut pandang layar, tampilan tablet ini kurang maksimal.

2. Charger Bawaan Tidak Fast Charging

samsung galaxy tab a7

Satu hal yang jadi kekurangan dari tablet ini adalah tidak adanya charger 15W di kotak penjualan. Samsung menyediakan charger di kotak penjualan tapi bukan charger cepat 15W. Alhasil, pengisian tablet ini memakai charger bawaan tergolong lambat.

Selain itu, tablet ini masih menawarkan port USB 2.0 yang artinya kecepatannya terbatas. Wajar jika Engadget mengeluhkan kecepatan pengisian daya tablet ini yang lambat meski dalam waktu 30 menit saja. Solusinya jelas, pengguna harus membeli charger 15 watt agar pengisian bisa lebih cepat.

2. Kurang Oke untuk Performa Berat

samsung galaxy tab a7

* sumber: www.tomsguide.com

Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan Snapdragon 662 dan sokongan RAM 3 GB. Hal ini membuat tablet ini cocok untuk kebutuhan penggunaan dasar. Sayangnya, untuk penggunaan berat semacam bermain gim Asphalt 9 dan Genshing Impact akan sangat kurang memuaskan.

Snapdragon 662 jelas bukanlah chipset kencang. Chipset ini merupakan chipset dengan GPU Adreno 610 dan mengandalkan konfigurasi prosesor octa core. Prosesor-prosesor ini terdiri dari empat buah Kryo 260 Gold berbasiskan ARM Cortex A73 (2.0 GHz) serta empat buah Kryo 260 Silver berbasiskan ARM Cortex A53 dengan clock speed 1.8 GHz.

3. Storage Kecil untuk Kebutuhan Saat Ini

samsung galaxy tab a7

Samsung Galaxy Tab A7 memang menawarkan pengalaman penggunaan yang menarik untuk kebutuhan belajar, streaming video, dan produktivitas ringan. Sayangnya, tablet ini hanya dibekali storage 32 GB saja. Belum ada opsi storage lain. Jikapun ada, harganya jelas bakal sedikit naik.

Untuk kebutuhan saat ini, storage 32 GB bukanlah kapasitas penyimpanan yang buruk tetapi tergolong pas-pasan. Apalagi jika pemakainya menumpuk data foto.

Simpulan

Samsung Galaxy Tab A7 bisa dikatakan sebagai tablet yang memang mumpuni untuk kebutuhan belajar. Tablet ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan saat ini yang mengharuskan banyak kegiatan daring. Namun, tablet ini bukanlah tablet yang sempurna untuk kebutuhan kerja yang berat.

Karena itu, tidak hadirnya dukungan Samsung DeX misalnya tidak dikeluhkan karena memang tablet ini ada di kelas harga yang lebih terjangkau. Dengan harga di bawah Rp5 jutaan, rasanya tablet ini masih cukup oke untuk dilirik untuk kebutuhan multimedia dan kerja ringan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *